Thursday, October 31, 2019

Persami, perkemahan Sabtu minggu

October 31, 2019 1 Comments
Persami Perkemahan Sabtu Minggu
Persiapan PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu) kurang tiga hari lagi. Bu Merry membagikan secarik kertas berisi surat pemberitahuan akan diadakannya perkemahan ini sekaligus dilampirkan surat ijin Orangtua yang harus diisi dan dikembalikan besok pagi. Bu Merry juga membagi siswa menjadi beberapa kelompok putra dan putri serta memberikan list peralatan yang harus dibawa masing-masing kelompok. Nantinya, masing-masing tenda akan diisi 3 kelompok berdasarkan jenis kelamin dan nomor kelompoknya. Jadi, masing-masing tenda akan berisi 2 kelompok yang terdiri dari kelas 4,5 dan 6.

Masing-masing tenda akan dibimbing oleh 2 pembina pramuka yang juga guru sekolah mereka.
Rencananya, para siswa akan berkemah di Desa Bringin Kabupaten Semarang yang berjarak 20 km dari Salatiga. Lokasi yang dipilih adalah lapangan SD Pabelan 1 yang dekat dengan pemukiman warga sehingga memungkinkan akses air bersih dan tempat outbound yang dijamin menyenangkan.

Tiba ketika hari H, semua anak berkumpul di sekolah sebelum nantinya diangkut menuju bumi perkemahan menggunakan truk ABRI. Para guru mengabsen dan melakukan briefing kepada para siswa terlebih dahulu sebelum satu-persatu siswa menaiki truk. Setelah semua pengecekan dilakukan, para siswa siap menaiki truk.

Sesampai di lokasi yang perkemahan, para siswa dibantu guru menurunkan peralatan yang dibawa dan membawanya menuju tenda yang telah dipersiapkan sebelumnya. Tenda yang dipakai untuk berkemah ternyata lumayan luas. Tenda warna hijau daun yang dipakai merupakan tenda milik ABRI yang dipinjam pihak sekolah.

Setelah memasukkan tas dan merapikan peralatan dan perlengkapan yang dibawa di tenda, para siswa mengikuti upacara pembukaan PERSAMI yang dipimpin oleh Pak Ridwan, yang menjabat sebagai kepala sekolah .

Kejadian di kelas

October 31, 2019 12 Comments
Kejadian di kelas
"Sssssttt.." sambil memberi kode , Rian menarik tangan Ndaru yang mau masuk kelas
"Kenapa Ri?" Tanya Ndaru
"Nanti aku ceritakan, sekarang sebaiknya kamu ikuti aku saja!" Bisik Rian
Mereka berdua sedang mengawasi gerak-gerik mencurigakan Varo yang berulangkali mondar-mandir keluar masuk kelas. Gerak-geriknya yang mencurigakan saat masuk kelas membuat Rian, sang ketua kelas mengawasinya. Beberapa hari yang lalu kelas dikejutkan dengan hilangnya uang iuran sekolah Erina yang ditaruhnya di dalam tas. Erina tersadar akan menyerahkan iuran sekolah tersebut ketika bel istirahat pertama berakhir. Bergegas Erina yang saat itu bersama Nola menuju kelas dan didapatinya uang iuran tersebut telah raib. Setelah berusaha mencarinya dan tidak ketemu, akhirnya Erina ditemani Nola melapor ke bu Merry, wali kelasnya.
Karena kejadian itu, Bu Merry dibantu Pak Hadi melakukan sidak di dalam kelas. Anehnya, tak ada satupun siswa yang terbukti mencuri uang Erina. Berbagai pertanyaan dilontarkan Bu Erina kepada siswa-siswinya. Mulai dari yang tinggal di kelas saat istirahat hingga yang mendekati bangku tempat duduk Erina hingga akhirnya Bu Merry bertanya mengenai uang iuran sekolah tersebut ke Orangtua Erina yang saat itu tengah bersedih karena uangnya hilang
Benar saja, ketika dikonfirmasi ke orangtuanya, ternyata Erina betul-betul membawa uang iuran hari itu. Nola,teman sebangkunya pun sempat melihat juga saat Erina memasukkan lembar iuran tersebut ke tasnya. Peristiwa kehilangan ini  baru pertama kali terjadi di kelas 4A bahkan di kelas 4 sehingga Bu Merry tak bisa menduga siapa pelaku pencurian uang tersebut.
Tidak ada satu siswa pun yang menunjukkan perilaku janggal saat sidak tersebut berlangsung. Apalagi, kelas 4A selama ini dikenal sesebagai gudangnya siswa unggulan. Sudah sering siswa  kelas 4A diikutkan berbagai macam lomba , baik lomba mapel, lomba kesenian ,lomba qiroati, bahkan lomba sains. Kelas 4A juga turut menyumbang berbagai piagam penghargaan dan trophy selama tahun 2019.
Siapa sangka jika kelas 4A mengalami peristiwa pencurian tersebut. Hingga akhirnya berita itupun ramai di seantero sekolah. Berbagai opini dan persangkaan muncul tentang siapa pelaku pencurian di kelas 4A tersebut.

Writer's Block, ini cara mengatasinya

October 31, 2019 2 Comments
Writer's Block ini cara mengatasinya
Sebagai seorang newbie, menulis secara teratur memang menuntut banyak hal dari kita. Mulai dari konsisten, kreatif, rajin dan yang pasti manajemen waktu. Pernah mengalami saat menyalakan laptop, membuka draft blog tiba-tiba bingung mau nulis apa padahal besoknya harus setor tulisan karena mengikuti challenge menulis dari salah satu komunitas menulis. Pernah juga sudah ngetik, di tengah jalan tiba-tiba bingung meneruskan tulisan. Hal tersebut dalam dunia kepenulisan biasa disebut writer's Block.

Biasanya writer's Block terjadi karena beberapa alasan diantaranya

1. Perfeksionis

Berharap agar tulisan yang kita miliki bagus, akhirnya kita membuat terlalu banyak aturan dalam menulis. Akhirnya, bukannya jadi menulis, aturan tersebut membatasi ide dan menghalangi kreativitas kita dalam menulis.

2. Kurang percaya diri

Karena merasa tulisan yang kita buat kurang menarik, akhirnya kita jadi terpaku pada tulisan kita dan bukannya mencoba menyelesaikan justru kita menjadi gamang melanjutkan.

3. Kurang referensi

Kurang referensi bisa disebabkan karena kita kekurangan bahan tulisan. Bisa jadi karena kurang membaca buku, kurang bahan liputan, dan sumber yang terpercaya. Penyebab lainnya karena kita tak menyiapkan outline atau konsep tulisan dan menganggap ide itu mengalir begitu saja.

4. Terlalu banyak edit di awal

Ada baiknya, editing dilakukan di tahap akhir ketika tulisan telah selesai. Proses editing yang dilakukan sembari menulis selain menyebabkan tulisan menjadi tak segera selesai juga mengakibatkan kita menjadi ragu akan kualitas tulisan kita.

5. Panik atau gelisah

Gelisah dan panik bisa terjadi jika kita dikejar dateline, bisa juga disebabkan karena kita kekurangan ide untuk menulis. Cara mengatasinya adalah membuat rencana menulis, outline, bahan tuliasan, dan referensi. Cobalah mencari suasana dan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tulisan sehingga ide bisa mengalir dengan lancar.

6. Kelelahan

Jika penyebab utama tulisan kita tidak kunjung selesai dikarenakan kelelahan fisik atau mengantuk, sebaiknya atasi kelelahan tersebut dengan beristirahat. Jika penyebabnya adalah kelelahan psikologis, sebaiknya luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran, mengurangi beban masalah dengan berolahraga atau jalan-jalan, dengan begitu pikiran kembali segar.

Setelah mengetahui beberapa penyebab writer's Block, bagaimana caranya agar kita lancar menulis? Simak tips di bawah yuk

1. Manajemen waktu

Susun jadwal menulis dan pekerjaan lain sehingga kita merasa nyaman ketika mengerjakan tulisan.

2. Siapkan bahan bacaan

Sebagai penulis memang sudah seharusnya juga suka membaca buku. Apalagi untuk posting tulisan tertentu kita juga membutuhkan bahan bacaan atau referensi untuk melengkapi tulisan kita.

3. Menjalankan hobi atau olahraga

Ide bisa muncul dari mana saja saat pikiran kita tenang, menjalankan hobi atau olahraga bisa juga lhoo membuat kita menemukan ide menulis.

4. Cari tempat dan waktu yang pas

Setiap orang memiliki aturannya sendiri dalam mengerjakan sesuatu termasuk dalam hal menulis. Carilah tempat yang nyaman untuk mengerjakan dan usahakan di waktu produktif kita.

5. Siapkan outline dan penuhi

Menyiapkan kerangka tulisan dan menulis sesuai kerangka yang telah disusun membuat kita jadi mudah menentukan arah dan menyelesaikan tulisan kita.

Semoga tips di atas membantu kita menyelesaikan tulisan. Lagi-lagi semuanya kembali ke pribadi masing-masing penulis. Jadi, yuk semangat mengerjakan tulisan.

Sunday, October 27, 2019

Pengalaman anak tantrum karena cemburu

October 27, 2019 2 Comments
Tantrum pada anak

Ternyata memiliki dua anak kecil dengan usia yang berdekatan gampang-gampang susah Yaa...
Seperti  hari ini, pagi ketika bangun tidur adek agak rewel. Sambil menangis, adek menunjukkan kalau punggungnya pegal sehingga diangkat-angkat. 
Awalnya, aku dan suami berencana mengajak kakak dan adik pijat agar badannya menjadi nyaman lagi tapi rencana tersebut gagal karena kami pulang kesorean dari resepsi pernikahan saudara. Alhasil malam sebelum tidur, aku berusaha melakukan massage sendiri buat adek. Berbekal pengalaman massage ketika kakak bayi dan pengamatan saat bekerja di klinik tumbuh kembang aku mulai memijat adek.
Saat aku mengoleskan baby oil dan mulai memijat, tiba-tiba kakak marah.
"Ibuk gak boleh pijat adek, pokonya gak boleh"
"Cuma sebentar mbak, kasihan kan adek capek"
"Nggak boleh... pokoknya gakkk boleeeehhh.."
Sambil memukulku dengan tangannya sejadi-jadinya kakak menangis. Bapak yang menemani sambil mengantuk akhirnya melerai dan menggendong kakak keluar kamar. Kakak semakin marah dan kali ini kakak melempar ibu menggunakan lip balmnya. Menangis dan berteriak-teriak sambil bilang bahwa kakak gak sayang ibu, kakak benci ibu, ibu pergi saja...
"Ya udah, ibu sama adek tidur di kamar depan"
Tangis kakak mendengar ibuk berkata demikian semakin menjadi. Akhirnya ibuk meminta tolong bapak menggendong adek.
Kakak yang masih marah sambil berteriak-teriak akhirnya ibuk peluk. Kakak berusaha melepaskan pelukan tapi ibuk mencoba menahan dan berkata baik-baik sambil memijat kakak.
"Embak pengen dipijat juga ya kayak adek?"
"Enggak mau..aku benci ibuk.."
Ibu yang sebetulnya panik mencoba tenang dan mengajak kakak mengobrol pelan-pelan. Akhirnya kakak luluh hatinya.
"Kalau gitu, eskrim yang ada di kulkas punyaku semua, adek gak boleh"
"Iya..kan adek belum boleh minum eskrim dan minum yang manis-manis"
Adek yang datang masuk ke kamar dan berusaha mendekat ke ibuk tak diijinkan kakak. Akhirnya bapak kembali menggendong adek. Kakak yang minta ditemani tidur dan dipuk-puk akhirnya tertidur.
Akhirnya dari pengalaman tersebut aku jadi sadar bahwa kakak sudah mulai merasakan cemburu dan ego sehingga tak mau berbagi kasih sayang.

Cara mengatasi anak yang tantrum seperti kakak adalah
1. Tetap tenang
2. Kenali penyebab tantrumnya
3. Pelukan
4. Bujuk baik-baik
5. Untuk sementara waktu adeknya mengalah

Cara tersebut di atas ternyata cukup efektif mengatasi kakak yang sedang tantrum. Semoga ceritaku bermanfaat Yaa..


Alasan ayah wajib berbagi peran rumah tangga

October 27, 2019 0 Comments
Beberapa kejadian yang dimuat di media baik tv maupun media online membuat mata kita terbuka. Ternyata tidak sedikit kasus yang dialami perempuan akibat dirinya depresi yang kadang berujung pembunuhan, bunuh diri hingga sakit jiwa. Seperti kejadian beberapa waktu lalu, seorang ibu dengan tega mencekoki anaknya yang berusia 2 tahun dengan air hingga meninggal. Sang ibu kesal karena sering diancam suaminya akan dicerai karena dianggap tidak becus mengurus anak. Teruka karena dianggap tidak mampu dan sikap mertua yang kurang mendukung dan justru terlalu mencampuri dalam pengasuhan membuat ibu tersebut merasa gagal dan akhirnya melampiaskan segala kekesalan kepada anak yang akhirnya berujung penyesalan.
Sebenarnya, jika kita telisik lebih jauh. Depresi yang dialami bunda biasanya terjadi karena ada tekanan dari pihak luar. Bisa jadi, tekanan tersebut berasal dari suami, mertua, atau lingkungan sekitar. Nah, kira-kira apa alasan suami harus ikut andil dalam urusan rumah tangga :

1. Menumbuhkan kesadaran

Dengan berbagi peran, mau tak mau akhirnya membuat suami paham bagaimana tugas istri di rumah

2. Memberikan keteladanan

Membantu meringankan tugas istri selain bermanfaat membahagiakan istri juga memberikan keteladanan bagi anak sehingga anak memiliki rasa hormat kepada orang tua

3. Membuat istri bahagia

Dengan berbagi peran, istri bukan lagi dianggap seperti asisten rumah tangga tetapi sebagai istri seutuhnya. Dengan berbagi peran, istri akan merasa jika dirinya diperhatikan

4. Menumbuhkan empati

Dengan berbagi peran , sikap emosi dan rasa empati akan muncul setelahnya.


Contoh ragam permainan sensory play

October 27, 2019 17 Comments
Sensory plays
Setiap anak membutuhkan rangsangan yang tepat di usianya agar memiliki daya tangkap dan tanggap yang baik. Seperti Tito yang saat ini berusia 14 bulan, tentunya dengan memberikan aktivitas yang menyibukkan sekaligus membuatnya belajar mampu merangsang perkembangan otaknya.

Apa itu Sensory play?


Sebenarnya apa sih sensory play (permainan sensorik) itu? Permainan sensorik atau yang lebih dikenal dengan sensory play adalah kegiatan bermain yang memanfaatkan panca indera seperti penglihatan (mata), peraba (kulit), penciuman (hidung), pendengaran (telinga) dan pengecap (lidah) serta gerakan (otot dan sendi).

Manfaat Sensory Play


Ternyata kegiatan sensory play ini memiliki manfaat penting bagi perkembangan anak, antara lain :

1. Merangsang kerja otak
2. Mendorong kemampuan motorik
3. Membuatnya lebih tanggap dan tenang saat menerima stimulus atau rangsangan
4. Membantu meningkatkan kemampuan berbahasa
5. Meningkatkan kreativitas anak


Ragam kegiatan Sensory Play


Karena permainan sensorik ini tidak hanya memanfaatkan satu indera saja dalam beraktivitas, tentunya ada banyak ragam kegiatan yang bisa moms praktekan di rumah, diantaranya :

1. Bermain gelembung sabun

Permainan gelembung sabun menjadi aktivitas yang sangat disukai si kecil. Ajak anak bermain gelembung sebelum mandi sehingga selain membuat anak menyukai aktivitas mandi. Anak juga terangsang otaknya dengan kegiatan bermain yang menyenangkan.

2. Bermain kantong Sensorik

Jika aktivitas bermain di luar menyebabkan kotor. Cobalah bermain menggunakan kantong Sensorik. Caranya, bunda bisa mengisi kantong plastik transparan dengan berbagai macam isian, misal kantong pertama diisi dengan beras warna-warni, kantong kedua diisi dengan water berada (bubble), kantong ketiga dengan Aline, kantong keempat dengan baby oil yang diberi warna dan dicampur air, kantong enam dengan pom-pom dan sebagainya.

3. Permainan bunyi

Ajak anak mengenal berbagai macam sumber bunyi, misal bunda bisa memasukkan beras ke dalam botol plastik dan ke dalam kaleng dimana anak bisa menggoyangkan untuk menghasilkan bunyi berbeda.
Shaker atau penghasil bunyi
Sumber : IG creativeplayideas

4. Memasukkan sedotan atau benda kecil ke dalam kardus

Selain melatih ketenangan dan fokus, memasukkan benda kecil ke dalam kotak kardus juga merangsang motorik halus anak.

5. Mengenalkan tekstur kasar halus dengan kain

Sensory bag for baby
Kantung sensorik bisa diisi beragam mainan
Sumber : IG creativeplayideas


Saturday, October 26, 2019

Arsyad sakit perut

October 26, 2019 0 Comments
Gambar Mario bross, Arsyad sakit perut
Lima menit lagi jam istirahat pertama selesai. Arsyad segera mengembalikan buku bacaan yang ia baca di perpustakaan. Bergegas ia menuju kelas untuk mengikuti materi pelajaran selanjutnya.

Arsyad suka sekali membaca buku tentang militer. Ia hafal segala hal berbau militer mulai dari kendaraan, profesi dan senjata yang berhubungan dengan militer. Kegemarannya ini muncul karena Arsyad sering mendengar tentang perjuangan kakeknya dahulu semasa berperang melawan penjajah. Kakek seorang tentara pelajar yang selain bertugas di Medan perang juga berkewajiban belajar. Bahkan salah satu teman kakek pernah menjadi menteri di era orde baru.

"Ar, kamu sudah mengerjakan PR yang kemarin lusa ditugaskan Bu guru? " Tanya Anton seraya mengeluarkan buku PRnya
"IPA ada PR? Waduh...aku kok bisa gak tau ya? di buku PR ku tak ada catatan PR"
Seketika keringat Arsyad bercucuran saat Anton memperlihatkan PR yang diberikan Bu guru kemarin lusa. Perasaan Arsyad betul-betul panik kala itu.

Tiba-tiba Arsyad merasa mual, perutnya terasa perih kala itu. Ketika Bu guru datang memasuki kelas, keringat Arsyad semakin bercucuran. Wajahnya yang berubah menjadi pucat ternyata diketahui Bu Lani.

"Kamu baik-baik saja Ar?"
"Sepertinya saya kurang enak badan Bu, perut saya sakit" keluh Arsyad sambil menekuk perutnya yang nyeri
Bu Lani lalu meminta Adit, teman sebangku Arsyad  mengantar dan menemani Arsyad , menuju UKS. Di UKS, Arsyad menanyakan PR IPA tersebut kepada Adit. Dan ternyata Adit juga belum mengerjakan PR IPA tersebut. PR yang diberikan Bu Lani memang cukup banyak, ada sekitar 40 soal isian yang harus dijawab lengkap. Untuk mencari jawabannya murid-murid kelas 4 diminta  mencarinya lewat internet.

Arsyad yang kala itu mendengar kalau Adit juga belum mengerjakan PR merasa lega. Ternyata, ia mempunyai teman yang sama-sama tidak mengerjakan PR. Perut Arsyad yang tadinya terasa perih tiba-tiba menjadi nyaman. Dia merasa memiliki teman yang senasib sepenanggungan.

Saat istirahat kedua berlangsung, Anton, Tari dan Monika menemui Arsyad dan Adit di ruang UKS.
"Bagaimana Ar, masih sakit perut? " Tanya Monika
" Sudah enggak Mon, PR nya tadi dikoreksi Mon?
" Oh, PR IPA? tidak jadi dikoreksi sekarang Ar, Bu Lani memberikan materi pelajaran lagi dan PR nya akan dikoreksi Minggu depan"

Arsyad kaget mendengar kalau PR nya tak jadi dikoreksi hari ini. Saat PR tersebut diberikan, Arsyad dipanggil pak Raharja untuk gladi bersih upacara hari Senin. Arsyad yang sering ditugaskan menjadi pemimpin upacara terpaksa tak mengikuti mata pelajaran  jam terakhir hari Sabtu kemarin. Arsyad mendapati kelas dalam keadaan sepi, teman-temannya sudah pulang ketika latihan untuk persiapan upacara selesai.

Sesampai di rumah, Arsyad justru keasyikan bermain smartphone. Ibu yang berulang kali mengingatkan agar Arsyad belajar dan mengerjakan PR tak dipedulikannya. Arsyad memang jarang bermain di luar. Kebiasaannya yang gemar membaca buku dan bermain game membuatnya lupa menentukan prioritas seperti yang ayah dan ibu ajarkan padanya.

"Harusnya aku tanyakan kepada Anton dahulu perihal PR sebelum bermain handphone. Aku juga tak perlu menunda-nunda waktu belajar gara-gara
Handphone. Kuakui aku malu, sampai perutku sakit gegara kepanikan ku belum mengerjakan PR" keluh Arsyad. Dari kejadian itu Arsyad berjanji untuk selalu bertanya tentang pelajaran yang tidak bisa diikutinya. Kegagalan menentukan prioritas membuat Arsyad sakit perut di sekolah. "Besok, tidak lagi-lagi" ujar Arsyad meyakinkan diri.


 Oh My GOD..---

Tuesday, October 22, 2019

Mengentaskan Kemiskinan Melalui Kampung Zakat

October 22, 2019 0 Comments
Mengentaskan Kemiskinan Melalui Kampung Zakat

Berdasarkan data BPS tahun 2015, ternyata masih terdapat sekitar 28, 51 juta jiwa masih berada di garis kemiskinan padahal potensi zakat di Indonesia berkisar nilai triliunan rupiah.

Data tersebut tentunya akan bertambah besar dari tahun ke tahun jika kita, sebagai seorang muslim dan pemerintah hanya diam dan tidak tergerak melakukan perubahan. Zakat yang berarti bertumbuh, bersih, dan suci, secara luas  dapat diartikan sebagai harta dalam jumlah yang ditentukan yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat). Zakat sendiri dibagi menjadi dua yaitu
  • Zakat fitrah : Zakat yang dibayarkan ketika menjelang hari Idul Fitri yang besarnya sekitar 2,7 kg makanan pokok daerah setempat. 
  • Zakat Maal (harta) : Zakat yang wajib dibayarkan seorang muslim karena hartanya telah mencapai perhitungan dan waktu tertentu yang wajib dikenakan zakat. Zakat Maal mencakup harta yang dimiliki dari hasil perdagangan (perniagaan); pertanian,  perkebunan, dan kehutanan; emas, perak, dan logam mulia lainnya; uang dan surat berharga lainnya; peternakan dan perikanan; pertambangan; perindustrian; pendapatan dan jasa; dan rikaz. Dari masing-masing zakat mal ini nilai (nisab) nya telah diatur masing-masing.
Ada beberapa golongan yang berhak menerima zakat (Mustahik) antara lain fakir, miskin, gharim (orang yang tak sanggup membayar hutang), orang yang berjihad di jalan Allah termasuk da'i, orang yang safar (melakukan perjalanan) dan kehabisan bekal, mualaf (yang dengan hijrahnya membutuhkan penyesuaian untuk hidup), budak yang ingin memerdekakan dirinya, serta Amil (pembagi zakat) tentunya dengan aturan yang telah ditetapkan.

Manfaat Zakat

Islam melarang riba tetapi menghalalkan perniagaan atau berdagang. Praktik ekonomi konvensional yang mengajarkan memupuk kekayaan sebanyak-banyaknya mengakibatkan ketimpangan sosial yang cukup tinggi. Dengan adanya zakat dan perekonomian yang berbasis syariah, diharapkan kesejahteraan masyarakat adil dan merata sesuai sila kelima Pancasila. Zakat selain fungsi utamanya yang mampu mensucikan harta si pemberi, ternyata juga memiliki manfaat antara lain
  • Zakat mendorong distribusi kekayaan
Dengan berzakat tentu saja, kita juga ikut bergerak mencukupkan kebutuhan orang lain. Harta yang dizakatkan tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan bagi penerimanya.
  • Menjaga stabilitas sistem keuangan 
Dengan meningkatnya kesejahteraan penerima zakat melalui proyek-proyek pembangunan umat, pengoptimalisasian unit kegiatan masyarakat, pencerdasan umat, dan pendampingan usaha tentunya akan meningkatkan angka pendapatan nasional.  Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan berkurangnya angka kemiskinan, tentunya stabilitas sistem keuangan dapat terjaga.

Berdasarkan UU No 23 tahun 2011, dana zakat yang berasal dari Mustahik dapat dikelola dan didayagunakan untuk pemberdayaan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang berguna untuk kesejahteraan rakyat.

Pendistribusian Zakat dalam Bidang Ekonomi

Sesuai dengan UU No 23 tahun 2011, dana zakat dapat didayagunakan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat baik di bidang dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.
Ada yang menarik dari program yang dijalankan BAZNAS di bidang ekonomi, antara lain adanya Zakat Community Development, Micro finance,  pemberdayaan petani, serta pemberdayaan peternak.

Zakat Community Development sendiri merupakan program peningkatan Sumber Daya Daerah yang dijalankan oleh BAZNAS dengan memetakan  wilayah dan potensi daerah setempat. Program pemberdayaan desa tersebut terintegrasi dalam bidang dakwah, pembangunan, pendidikan, ekonomi dan sosial yang pada tujuan akhirnya meningkatkan kemandirian masyarakat dalam bidang ekonomi, kesehatan, kesejahteraan, sosial dan spiritual.

Dengan melihat potensi zakat yang begitu besar, maka dibentuklah kampung zakat. Di kampung zakat ini, BAZNAS mengkaji potensi daerah yang kemudian mendampingi dan membangkitkan potensi tersebut agar maju dan berkembang. Di bidang ekonomi, BAZNAS memberikan dana bergulir yang nantinya  keuntungan yang diperoleh tersebut akan dikembalikan dalam bentuk pemberian modal bagi yang membutuhkan sekaligus melakukan pendampingan usaha dimulai dari pemetaan potensi, perintisan usaha dan pendampingan termasuk dalam hal pengolahan, pendistribusian dan penjualan hasil usaha yang dikelola. Di tahun 2019, Ditjen Bimas Islam BAZNAS menetapkan 7 lokasi kampung zakat antara lain Kota Bekasi, Kab. Aceh Singkil, Kab. Indragiri Hilir (Riau), Kab. Bulukumba (Sulawesi Selatan), Kab. Nunukan (Kalimantan Utara), Kab. Buru (Maluku) dan Kab. Nabire (Papua). Wujud bantuannya pun beragam, ada yang berupa pendampingan dan penambahan modal untuk UKM, perintisan usaha, pemberian modal dan pendampingan peternakan, perkebunan, maupun pertanian . Dalam menjalankan tugasnya BAZNAS tak sendiri, tetapi merangkul beberapa lini baik dari pemerintah pusat maupun daerah sehingga terjadi sinergisitas yang membuat program kampung zakat ini lebih optimal.

Stakeholder Kampung zakat

Tak hanya di bidang ekonomi, BAZNAS juga turut membangun peradaban dengan mengikutsertakan seluruh aspek masyarakat hingga bagian terkecil yaitu keluarga. Dengan memberikan penyuluhan terkait pola hidup sehat, program wajib belajar dan pemberian beasiswa, peningkatan spiritual dan pendampingan masyarakat sekaligus pengkaderan kader lokal dari tiap daerah. Jika suatu daerah telah mandiri secara ekonomi, maka diharapkan angka kemiskinan berkurang dari tahun ke tahun.

Seperti di Kabupaten Gresik, melalui dana zakat yang dibayarkan Muzakki, BAZNAS memberdayakan desa dengan memberikan aset produktif berupa ternak dan kemudian melakukan pendampingan baik dalam hal ekonomi, pemberian pelatihan maupun penguatan spiritual. Tak hanya itu, setiap peternak juga dibantu bagaimana mendistribusikan maupun mengolah hasil ternaknya demi mewujudkan kemandirian desa dan mengentaskan kemiskinan.

Peresmian balai ternak BAZNAS di Gresik
Sumber : BAZNAS.go.id

Dengan mengetahui segala hal yang berkaitan dengan  pendayagunaan dan distribusi dana zakat yang dibayarkan, semoga semakin menambah keyakinan kita untuk mensucikan harta dan memberikan kebahagiaan bagi saudara kita. Untuk informasi mengenai program lain terkait pengelolaan dana zakat,  bisa diakses melalui website Bimasislam.kemenag.go.id dan literasizakatwakaf.com

5 Tips meraup penghasilan bunda milenial dari rumah

October 22, 2019 0 Comments
5 Tips meraup penghasilan dari rumah untuk bunda milenial
Melepas gelar sarjana dan fokus membersamai anak-anak di rumah memang bukan perkara mudah jika tidak disiapkan secara matang. Salah-salah bukannya kita bahagia membersamai, justru lebih banyak mengeluh karena menjadi ibu rumah tangga itu bukan hanya butuh kesiapan fisik tetapi juga mental yang kuat dibarengi ilmu yang cukup tentunya.
Jika masalah utamanya adalah terkait mom shaming atau cibiran, maka tugas utama bunda adalah membentengi diri agar tak mudah terbawa emosi dan perasaan. Tetapi jika akar utamanya adalah penghasilan, maka bunda bisa kok mempersiapkan pekerjaan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan sambil membersamai anak di rumah. Berikut beberapa ide untuk menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga milenial:

1. Membuka Online shop

Memiliki online shop ibarat kita memiliki toko tapi tak perlu membayar sewa tempat. Kita bisa berjualan via sosial media seperti Instagram, Facebook atau melalui whatsapp. Cara lainnya adalah dengan mendaftarkan toko atau produk yang kita jual di market place seperti Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Apa yang bisa dijual? Apa saja, termasuk kebutuhan rumah tangga, baju, makanan dan minuman. Bahkan ada toko unik di Instagram dan marketplace yang menjual souvernir atau perkakas bengkel. Cara mendapatkan barangnya pun bisa dengan menjadi dropshiper atau reseller atau jika modal kita lumayan besar, kita bisa menjual produk dengan kulakan secara grosir.

2. Menjadi penulis dan content writer

Jika bunda suka menulis dan memiliki fasilitas internet di rumah, tidak ada salahnya bunda memanfaatkan kemampuan menulis dengan menjadi penulis baik penulis buku, sebagai blogger atau menulis melalui platform seperti Kompasiana, the Asian parent, atau yang lain. Sebetulnya jika kita mau menelisik lebih jauh, banyak kok tawaran job menjadi content writer.

3. Menjadi Buzzer dan influencer

Jika bunda suka termasuk yang eksis di media sosial, ternyata media sosial milik bunda bisa dimanfaatkan sebagai penambah penghasilan, apalagi jika akun milik bunda sudah menjadi akun bisnis dan memiliki follower yang lumayan banyak.

4. Mengerjakan survei Online

Bunda juga bisa lho, memanfaatkan gawai untuk mengerjakan survey. Berbagai platform survey bisa bunda daftar, tetapi hati-hati. Sebaiknya pilih platform survey resmi yang kredibel karena sebagian besar platform online memanfaatkan media sosial bunda sebagai otorisasi dan verifikasi yang berarti bisa berbahaya jika kita salah memilih platform.

5. Menjadi Content creator

Memiliki hobi memasak (Baking, cooking) , bebikinan DIY (Do itu Yourself) semacam menjahit, meronce, melukis atau jika bunda suka mendokumentasikan kegiatan sehari-hari bersama anak, atau suka jalan-jalan bunda bisa kok memanfaatkan hobi dan bakat bunda ini dengan merekamnya dan memonetisasi akun bunda sebagai penambah penghasilan.

Yuk bunda, bunda tetap bisa produktif kok meski di rumah. Selamat mencoba Yaa..

Sunday, October 20, 2019

5 Makanan khas Salatiga yang perlu kamu coba

October 20, 2019 0 Comments
Rekomendasi makanan enak khas Salatiga
Liburan akhir tahun mau kemana? Sudah punya rencanakah? Atau ada tempat yang kamu idamkan mau dikunjungi? Jika tempat wisata atau liburan kamu ada di Salatiga, berikut aku rekomendasikan makanan khas Salatiga yang wajib kamu coba :

1. Wedang Ronde


Wedang penghangat badan yang berbahan dasar jahe dan daun pandan dengan topping bola ketan yang di dalamnya berisi kacang, dilengkapi agar-agar, kolang-kaling, dan kacang ini menjadi pilihan utama yang wajib kamu coba saat malam hari. Jika kamu menginap di sekitar hotel, biasanya minuman khas salatiga ini bisa ditemui di angkringan di sekitar kawasan hotel atau sepanjang pertokoan. Ada satu wedang ronde yang cukup terkenal di Salatiga karena rasanya yang enak yaitu Ronde Jago yang letaknya berada di belakang ruko Pasaraya 1 tepatnya di samping Polsek Pasaraya di jalan jenderal Sudirman.

2. Sate Sapi Suruh


Tak jauh dari wedang ronde jago, ada pula sate sapi yang legendaris dan rasanya begitu menggugah selera. Sate sapi dengan sambal kacang khas yang nikmat dan bisa dinikmati baik dengan nasi maupun lontong ini dibanderol dengan harga Rp. 37.000 per porsi yang berisi 10 tusuk sate Sapi. Bagi penikmat kuliner yang kurang suka sate, di depotnya Sate Sapi Suruh menyediakan bakso sapi yang rasanya cukup menggugah semangat makan.

3. Singkong Keju D-9


Jika kamu doyan pelesir, pasti tak asing dengan panganan satu ini. Singkong keju D-9 yang terletak di kawasan sentra pengolahan singkong ABC Salatiga ini begitu nikmat jika disantap hangat-hangat dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat sebagai teman ngobrol. Tersedia kemasan praktis tinggal goreng yang telah dibekukan jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh.

4. Keripik Paru


Pernah makan paru Sapi? Terkesan kenyal dan alot bukan? Tapi jika bahan makanan ini diolah menjadi keripik maka rasanya menjadi renyah dan nikmat. Keripik paru yang cukup populer di Salatiga ada di daerah Mrican Salatiga bernama kripik paru cap Lombok dan kripik paru cap Rambutan yang letaknya saling berhadapan. Makanan ini cocok sebagai teman nasi atau dinikmati sambil makan sayur lodeh yang rasanya jempol banget deh..

5. Gethuk Kethek


Berada di Sentra pengolahan makanan berbahan singkong Salatiga, ada satu makanan legendaris bernama gethuk kethek. Dinamakan demikian karena pemilik gethuk tersebut memiliki peliharaan kethek alias kera di depan rumahnya yang menjadi inspirasi nama panganan ini. Berbahan singkong yang rasanya yang manis dan lembut ini bisa menjadi pilihan sebagai oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Kawasan gethuk Kethek ini merupakan sentra oleh-oleh yang berdekatan dengan Singkong keju D-9, keripik singkong Cassava yang renyah dan empuk, Pie Susu Yummy dan beberapa pusat makanan yang terbuat dari singkong.

Pengalaman Cara Memandikan Bayi

October 20, 2019 0 Comments
Pengalaman Memandikan Bayi Baru lahir

Saat hamil anak kedua kemarin, aku dan suami memutuskan hidup  waktu mandiri.Kalau kakak berumur kurang dari seminggu, kebanyakan yang membantu memandikan kakak adalah embahnya. Nah, karena sekarang kita tinggal terpisah dari orangtua, mau gak mau saya harus bisa memandikan  bayi sendiri. Berikut  tahapan yang bisa dilakukan ketika memandikan bayi,

  1. Siapkan peralatan dan perlengkapan mandi bayi
  2. Tuang air hangat ke tempat mandi, atur suhunya agar nyaman untuk bayi
  3. Sebelum mandi, sebaiknya bersihkan mata, kemudian kening, wajah dan bagian belakang telinga bayi dengan bola kapas
  4. Lepas baju bayi 
  5. Basahi badan bayi menggunakan air ataupun washlap di tempat yang nyaman dan jangan memasukkan bayi dalam air hangat sebelum badannya bersih
  6. Bersihkan bayi perlahan dengan sabun mandi bayi
  7. Washlap atau bersihkan badan bayi dengan air 
  8. Bilas badan bayi dan masukkan ke dalam air hangat
  9. Tengkurapkan dan bersihkan bagian punggung dengan lembut
    Bayi mandi
    Bayi mandi
    Source : kumparan.com
  10. Pastikan tak ada sisa lemak diantara lipatan-lipatan tubuh bayi karena bisa menyebabkan iritasi.
  11. Angkat dan keringkan badan bayi dengan handuk bayi.
  12. Beri minyak telon pada bagian perut dan punggung bayi
  13. Taburkan bedak ke tangan dan oleskan ke perut dan punggung.
  14. Jangan gunakan bedak pada bagian perut ke bawah atau muka karena berbahaya jika terhirup atau masuk ke liang
  15. Gunakan bedak padat atau cair dan jangan gunakan bedak tabur untuk muka bayi
  16. Kenakan baju bersih yang telah disiapkan sebelumnya
Semoga bermanfaat.

Pengalaman mengurus pembatalan pendaftaran asuransi

October 20, 2019 0 Comments
Pengalaman pembatalan asuransi
Siang itu aku mengangkat telepon dari nomor tak dikenal setelah beberapa kali nomor asing dengan digit yang sama dan berasal dari greater Jakarta. Beberapa kali, nomor akhiran yang menelepon rata-rata berakhiran +621...2000, +621...1000 dan lainnya.
Ternyata aku ditelepon dari pihak mitra BNI karena waktu itu aku menggunakan rekening BNI. Pertama memulai percakapan, operator ini menanyakan beberapa pertanyaan yang membuatku berkata "iya" dan tiba saat si operator menanyakan sesuatu dengan suara pelan aku otomatis jawab "iya" karena tidak begitu jelas suaranya. Tiba-tiba operator tersebut mengucap terimakasih, sadar bahwa ternyata operator yang juga telemarketer ini ternyata mendaftarkan ku sebagai nasabah asuransi di BNI, aku lalu panik.
Hal pertama yang kulakukan, aku telepon ulang nomornya, tapi tak bisa. Lalu aku cari buku rekeningku dan besoknya aku ke BNI untuk membatalkan pendaftaran sebagai nasabah asuransi. Setelah antre sekian lama di CS, saat giliran ku aku menerangkan ke CS bahwa tak sengaja terdaftar sebagai nasabah asuransi dan berusaha mengajukan pembatalan. Tetapi dari pihak CS, justru aku diarahkan mendaftar paket asuransi BNI Life yang lain. Karena tak puas dengan hasilnya, aku malah diarahkan ke bagian sales BNI Life.
Di bagian sales BNI Life aku juga kurang mendapat jawaban yang memuaskan karena lagi-lagi aku diarahkan agar memindah paket asuransi yang telah didaftarkan ke BNI Life dan akan dibantu prosesnya. Sudah jelas, tujuan awalku ingin membatalkan tetapi justru diarahkan mendaftar paket asuransi lain. Akhirnya aku pulang dengan kecewa dan khawatir. Ingin rasanya semua uang di rekening aku tarik semua, tapi lalu aku punya ide menelepon Call Center BNI 1500046. Agak lupa sih waktu itu aku diarahkan ke layanan pelanggan. Memang sedikit sulit masuk ke bagian pembatalan asuransi karena line layanan yang sibuk waktu itu. Setelah berhasil, aku utarakan maksud pembatalan asuransi. Ternyata pendaftaran asuransi bisa dibatalkan sebelum 14 hari semenjak aku terdaftar dan belum menerima semacam kiriman booklet dari pihak asuransi karena jika telah menerima dan dibatalkan, berarti semakin sulit pula prosesnya. Karena berkas belum diajukan, proses pembatalan lebih mudah dan aku diminta menunggu 1x 24 jam atau menunggu menerima SMS. Tapi karena aku tak menerima SMS, aku telepon ulang dan diminta cek rekening bulan berikutnya apakah terpotong atau tidak. Bersyukur ternyata asuransiku benar-benar sudah dibatalkan. Bagian Call Center hanya berpesan jika ada nomor yang menawarkan asuransi lagi, sebaiknya langsung ditutup atau tak perlu diangkat sama sekali. Fiuh..ribet juga ternyata..

Friday, October 18, 2019

4 Rekomendasi Wisata Bernuansa Alam di Sekitar Salatiga

October 18, 2019 4 Comments
Libur telah tiba, horee..hatiku gembira..
Sebaris lagu dari Tasya Kamila mengingatkanku bahwa tinggal dua bulan lagi liburan tiba. Ehehe, akhir tahun selalu ditunggu-tunggu. Momen untuk bisa mudik atau liburan dengan keluarga sudah di depan mata. Kira-kira akhir tahun ini, keleyan mau kemana guys? Yuk, tentukan lokasi wisata yang mau kamu kunjungi. Aku punya beberapa rekomendasi Wisata Bernuansa alam di sekitar Salatiga yang bisa kamu kunjungi lho..

1. Ketep Pass
Ketep pass
Ketep Pass
Source : klikdieng.com

Berlokasi di Sawangan, Kabupaten Magelang Ketep Pass menyajikan pesona keindahan alam dari gardu pandang dimana kita bisa menyaksilan 5 gunung sekaligus, antara lain Merapi, Merbabu,l Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Berjarak sekitar 32 km dari Salatiga dan 35 km dari Kota Magelang, Ketep Pass selain menawarkan pesona pemandangan, juga mengajak wisatawan mengenal lebih dalam tentang kegunungapian. Di Ketep Pass ini pengunjung diajak mengenal lebih jauh tentang Vulkanologi dengan dihadirkannya Museum kegunungapian dan Ketep Volcano Theatre, pemutaran film seputar sejarah dan perjalanan gunung api Merapi. Untuk masuk ke Ketep Pass, pengunjung cukup membayar Rp. 7000,- di hari kerja dan dikenakan Rp. 10.000 saat akhir pekan. Tarif yang sama berlaku jika ingin menyaksikan pemutaran film kegunuapngapian. Agar bisa menyaksikan pemandangan tanpa tertutup kabut, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pagi hari.

2. Taman Bunga Celosia
Taman bunga Celosia
Taman bunga Celosia
Source : IG Zaenury_kun

Setelah menikmati keindahan Ketep Pass, ada salah satu taman bunga yang berlokasi di Bandungan Ambarawa, tepatnya di KM 5 jalan menuju Candi Gedong Songo. Tempat wisata yang menawarkan keindahan bunga-bunganya ini sangat instagramabel, cocok banget dipakai untuk foto prewedding. Tiket masuk taman bunga Celosia berkisar antara Rp. 20.000 - Rp. 25.000 dan pengunjung diminta menambah Rp. 20.000 lagi jika ingin menikmati keindahan ke -3 lokasi taman bunga Celosia yang masih satu kawasan. Berasa di taman bunga di Eropa, tetapi ketika berkunjung sebaiknya hindari hari libur atau akhir pekan jika ingin lebih leluasa menikmati karena biasanya pengunjung selalu penuh di akhir pekan.

3. Candi Gedong Songo

Masih satu jalur dengan taman bunga Celosia , belum lengkap rasanya ketika di Bandungan tidak mampir ke Candi Gedong Songo. Candi bernuansa Hindu ini dinamakan gedong songo karena memiliki 9 candi. Diantara gedong 3 menuju gedong 4 terdapat sumber air panas yang dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit gatal (soalnya mengandung belerang).

4. Mata Air Senjoyo
Ikan di mata air Senjoyo
Ikan di mata air Senjoyo
Source : IG Listyand

Menuju Salatiga, daerah pegunungan dengan suhu yang lebih hangat dari Kopeng dan Bandungan terdapat sebuah sendang stau pemandian mata air alami senjoyo. Sebelum dikelola dengan baik, sebelumnya Mata air Senjoyo biasanya dimanfaatkan untuk mandi, mencuci karpet dan pengaliran air bersih PDAM karena airnya yang begitu melimpah. Tak puas rasanya jika tak kecehan atau bermain air di tempat ini. Kini mata air Senjoyo berbenah, di beberapa sendang terdapat ikan yang akan nampak mengikuti kita ketika selfie. Ditawarkan wahana bebek air jika ingin menikmati keindahan sendang, atau jika ingin telusur sungai, masuklah ke kawasan setelah sendang. Sungai kecil berair jernih ini sangat segar dan bening, sebening kaca lhoo. Kulinernya tak kalah enak, sebagai daerah penghasil jembak ( nama lain selada air) di tempat ini ditawarkan gorengan bernama rolade jembak yang legendaris dan gurih jika dinikmati panas-panas.

Thursday, October 17, 2019

6 Tips Agar Bisnis Kita Dikenal Secara Online

October 17, 2019 0 Comments
6 Tips agar bisnis kita dikenal secara online
Seni menawarkan atau menjual menjadi salah satu hal yang penting dipelajari dalam berdagang atau berjualan. Tidak hanya mental yang tangguh dan rasa  percaya diri, tetapi berbagai trik perlu dilakukan untuk menaikkan omset.
Dengan seiring berkembangnya jaman yang serba digital, maka diperlukan cara agar bisnis dan produk kita dikenal dengan mudah oleh masyarakat. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini

1. Endorsment

Seperti referral, endorsment adalah upaya mengajak orang mengenal dan menggunakan produk yang kita jual dengan cakupan yang lebih luas. Penikmat sosial media seperti Instagram, Facebook, atau YouTube pasti tak asing dengan istilah endorsment ini apalagi jika yang difollow atau diikuti adalah selebgram atau influencer. Influencer biasanya ditunjuk oleh agensi untuk menawarkan produk tertentu. Kita bisa memakai cara ini jika produk kita ingin dikenal luas. Kita juga bisa memanfaatkan jasa teman atau keluarga sendiri untuk menawarkan produk kita dengan memberinya produk gratis dan memintanya memberikan review  produk kita di sosial media.

2. Mendaftar sebagai seller di online shop

Tidak dipungkiri, ketika kita masuk di era 4.0 yang menuntut kita menggunakan gawai sebagai salah satu cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi membuat masyarakat mulai beralih berbelanja secara online daripada secara langsung dengan alasan jauh, macet dan tak punya banyak waktu. Masyarakat menjadi cenderung melihat dan memilih produk di online shop seperti shopee, lazada, Blibli, JD.ID , atau bahkan dari online shop yang tertera di sosial media. Maka, mulailah daftarkan produk kita dan mulailah berjualan secara online dalam situs belanja tersebut.

3. Manfaatkan iklan pay per click di sosial media

Cara lain untuk mengenalkan produk dan menawarkannya adalah memanfaatkan iklan yang ada di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan sosial media lain. 

4. Membuat akun berjualan di sosial media

Cara lain memasarkan produk adalah dengan membuat akun di sosial media. Cara efektif mengelola akun tersebut adalah dengan membagikan tips yang berhubungan dengan produk yang kita jual dan berteman dengan akun yang benar-benar berhubungan dengan produk kita. Semisal, berjualan kaktus, maka konten sosial media kita sebaiknya berisi tips merawat kaktus,berbagai jenis kaktus dan segala hal yang berhubungan dengan kaktus. Konten yang sesuai akan dicari oleh orang yang benar-benar membutuhkan informasi tersebut.

5. Review produk

Hampir sama dengan endorsment, review produk membuat produk kita makin dikenal masyarakat terutama pengguna sosial media. Jika endorsment 'memaksa' konten kreator memberi nilai positif , review produk justru menampilkan sisi positif dan negatif produk kita. Di sisi lain, cara ini menguntungkan sekaligus merugikan. Menguntungkan jika produk kita dinilai baik dan akan merugikan jika produk kita dinilai kurang layak, terlebih jika rating yang diberikan nilai kurang baiknya lebih banyak daripada yang baik.

6. Mendaftarkan produk dan alamat di Google bisnisku

Dengan mendaftarkan bisnis dan produk yang kita jual di akun google google , maka produk yang kita jual bisa dianalisis traffic-nya dan bahkan kita bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Alamat bisnis kita pun juga dijelajahi lewat google map jika telah terdaftar google bisnisku.

Yuk, segera kenalkan bisnis dan produk kita agar semakin dikenal luas. Selamat mencoba

Wednesday, October 16, 2019

Tips keuangan ala Prita Ghozie

October 16, 2019 0 Comments
Tips keuangan Prita ghozie
Di jaman yang serba digital sekarang ini, kita dituntut cermat dalam mengatur keuangan. Mau tak mau, agar kebocoran keuangan alias besar pasak daripada tiang tak terjadi maka ada baiknya kita melakukan 3 tips yang Prita Ghozie bagikan dalam bincang WhatsApp kumparan Mom hari selasa, 15 Oktober 2019. Apa saja tipsnya :

1. Selalu atur rencana keuangan bulanan

Budgeting alias plot pemasukan dan rencana pengeluaran menjadi sangat penting agar kita membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Dahulukan semua hal yang menjadi kebutuhan pokok seperti biaya pendidikan, tagihan, simpanan jangka panjang dan investasi , serta dana darurat. Prita dalam instagramnya juga membagi cara mengatur keuangan antara lain untuk dana sosial 5%,dana darurat dan asuransi 10%, biaya hidup 60%, tabungan dan investasi 15%, serta kebutuhan gaya hidup 10%. Dalam merencanakan keuangan tersebut dibutuhkan kedisiplinan agar tidak terjadi bobol pengeluaran.

2. Memiliki 3 rekening

Sebenarnya, 3 rekening ini kita gunakan sebagai rekening tabungan yang digunakan untuk operasional, rekening investasi, dan rekening di dompet elektronik yang digunakan untuk hal yang sifatnya cashless. Jika kita kesulitan menabung, Prita Ghozie juga mengenalkan istilah HAPSARI (Hanya Perlu Selembar Sehari). Prita mencontohkan, jika kita menabung atau menyisihkan sepuluh ribu sehari, maka dalam setahun kita telah menyimpan dana sebesar 3.650.000 rupiah dan jika hal tersebut dilakukan selama kurun waktu lima tahun, dana yang terkumpul sebesar 20.168.550 ( dengan perhitungan suku bunga 5%) jika disimpan dalam bank dan menjadi sekitar 27.161.840 jika disimpan dalam bentuk investasi (perhitungan suku bunga 10%). Kalaupun dana tersebut tidak disimpan di bank atau digunakan untuk kebutuhan usaha, maka kita telah menyisihkan nilai yang cukup lumayan dengan kedisiplinan kita menyisihkan sehari satu lembar.
Hapsari hanya perlu selembar sehari
Hanya perlu selembar sehari (HAPSARI)
Sumber : Akun IG ZAP Finance

3. Disiplin

Bagaimanapun, serapi-rapinya kita membagi dan mengatur rencana keuangan bulanan akan menjadi tidak berguna jika dalam pelaksanaannya kita tidak disiplin. Alokasi gaya hidup 10% yang tadi diatur akan menjadi sia-sia jika kita mengikuti hawa nafsu, misal belanja atau pesan makanan online di jam kritis kantor ( sekitar jam 4-5 sore) atau membelanjakan lebih dari yang telah diatur.

Semoga tips-tips yang saya resume dari kulwap berguna. Selamat mencoba

Saturday, October 12, 2019

(Review) Buku Petualangan Rumi

October 12, 2019 0 Comments
Review buku petualangan Rumi

Rumi adalah singkatan dari Rumah Mungil. Sebuah mobil seukuran mini bus dan mirip seperti sebuah rumah, terdapat dapur dan kamar tempat beristirahat. Buku Petualangan Rumi menceritakan tentang perjalanan Moza, Angga dan papanya menyusuri pulau Jawa sambil menikmati kuliner di masing-masing daerah yang dikunjungi.
Berangkat dari Bogor, Moza, Agga, dan papanya menuju kota pertama yaitu Cirebon yang dikenal sebagai kota udang. Mereka mencoba masakan asli Cirebon dan kemudian melanjutkan ke kota lain seperti Pekalongan, Kendal, Semarang dan Banyuwangi. Di perhentian tak lupa mereka mencicipi beragam kuliner khas.
Lewat Petualangan Rumi, Dewie Rika, penulis buku yang sekaligus seorang blogger ini ingin mengenalkan ke anak-anak beragam kuliner di pulau Jawa dan Bali. Alur ceritanya yang maju membuat kita dibawa suasana seolah-olah sedang berada di latar cerita.
Cerita menjadi penuh haru ketika ada pencuri berusaha memasuki Rumi dan Agga dan Moza yang kala itu berada di dekat Rumi berteriak minta tolong. Penulis menceritakan dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami oleh anak-anak yang membacanya.
 Dilengkapi berbagai macam ilustrasi yang menarik, tebak-tebakan dan quiz sehingga selain mendapatkan manfaat dari membaca, anak-anak juga diajak beraktivitas dan menghafal berbagai macam kuliner Nusantara.

Merencanakan ulang hidup

October 12, 2019 0 Comments
Merencanakan ulang hidup

Pernah merasa hidup buntu dan tak tahu kemana arah tujuan? Jangan-jangan selama hidup kita, kita hanya berpikir seperti air mengalir alias like a water flow. Iya kalau arah air mengalirnya dari hulu sampai ke laut, salah-salah mengalir ke (maaf) selokan, Ups.. Ini hanya gambaran kecil kalau kita tak merencanakan apapun dalam hidup. Pernah mendengar slogan, Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan? Kira-kira demikian kalau kita mengabaikan apa yang menjadi tujuan kita hidup.

Setiap manusia lahir membawa dua tujuan. Tujuan jangka pendek dan panjang. Dalam tujuan jangka panjang, manusia hidup dengan tujuan untuk beribadah kepadaNYA. Seperti yang tertulis dalam QS. Adz-Dzariyat ayat 51, Tidaklah manusia dan jin diciptakan kecuali untuk beribadah kepada Allah. Sehingga jelas tujuan jangka panjang kita adalah untuk beribadah kepada Allah. Sedang tujuan jangka pendeknya adalah tujuan manusia selama hidup seperti mencapai gelar, keahlian atau misi hidup tertentu.

Lalu jika kita telah paham ke mana arah tujuan kita, selanjutnya bagaimana kita memulai?

1. Tetapkan impian dan sasaran

Jangan takut bermimpi, kalau kata Bung Karno, bermimpi lah yang tinggi maka jika kau  jatuh, kau akan terjatuh diantara bintang-bintang. Bermimpi itu gratis, kita bisa menetapkan impian dan menjadi seperti apa yang kita inginkan selama kita mau berusaha dan berdoa. Oya, jangan lupa tulis impianmu, atau bahkan akan lebih bagus jika disertai mindmap ya. Sehingga tujuan akhir kita akan lebih jelas. Jika mimpi sudah tertulis selanjutnya tugas kita adalah menetapkan sasaran. Misal, jika tujuan kita menjadi dokter atau programmer , maka sasaran kita adalah memiliki gelar sarjana kedokteran dan memenuhi tanggung jawab studi agar mendapat gelar dokter. Jika tujuan kita menjadi programmer, kita bisa belajar otodidak selama sekian tahun atau menempuh gelar kesarjanaan.
Mulailah menentukan sasaran hidupmu

2. Kejar sasaran

Jika telah menetapkan  sasaran, misal menjadi menjadi seorang  blogger profesional atau ahli, maka minimal kita memiliki 10.000 jam terbang yang artinya kita harus belajar sekitar 14 jam per hari jika ingin menjadi profesional dalam kurun waktu 2 tahun dan
6,8 jam per hari jika ingin menjadi ahli atau profesional dalam waktu 4 tahun. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha dan yakin usaha kita berhasil, tentunya tetap dibarengi doa dan tawakkal.

3. Mengubah setiap kelemahan dan kegagalan menjadi kekuatan untuk bangkit

Kadang, terlalu banyak alasan adalah salah satu hal yang justru membuat kita menjadi tidak yakin dan akhirnya membuat kita gagal.
Contoh alasan yang dimaksud :
- Aku miskin, mana mungkin aku bisa kuliah?
- Aku kan ibu rumah tangga dengan segudang aktivitas, mana mungkin aku bisa jadi profesional ?
- Aku tak punya laptop, smartphone atau buku penunjang aku belajar, lalu bagaimana aku bisa?

Intinya, mulai saja..semesta akan mendukung dan mengikuti mimpimu..begitu kira-kira prof Yohanes Surya pernah berkata.
Bahkan dalam Al Quran juga telah disebutkan..bahwa Allah mengikuti persangkaan hambaNYA. Selama kita yakin, otak kita akan bekerja mengarahkan berbagai potensi di sekitar kita dan membuka jalan kemungkinan. Yakin dan terus berdoa.
Pesan quote The dream dan come true of we have the courage to pursue

4. Tawakkal dan berserah diri

Setelah semua sasaran ditetapkan, ada baiknya kita barengi usaha sungguh-sungguh kita dengan doa dan berserah diri. Bahwa Allah-lah segala pemilik rencana. Bahwa Allah-lah pemberi jawab terbaik dari usaha dan doa kita. Bahwa tiada daya dan Kekuatan selain Allah. Laa Haula walaa Quwwata Illa Billah..

Cooking Class : Berkunjung ke Bakpao Kantil Salatiga

October 12, 2019 2 Comments
Bunda Desi sedang melakukan briefing kepada anak TK dan PAUD Al hikmah

Bulan ini, PAUD tempat kakak sekolah mengadakan cooking class. Di cooking Class kali ini, sekolah mengajak kakak mengunjungi rumah mas Hafidz. Mas Hafidz adalah salah seorang siswa di
sekolah tempat Uty belajar yang orangtuanya memiliki usah bakpao ini.

Setelah anak-anak berdoa dan menerima briefing yang disampaikan Bunda Desi, TK, PAUD dan Orangtua serta guru berangkat menuju pabrik bakpao Kantil dengan berjalan kaki karena ternyata rumahnya tak terlalu jauh dari sekolah. Di tempat tersebut, sebelum mulai bunda Desi dan pemilik menjelaskan perihal membuat bakpao dan meminta kami mengunci pintu yang menyebabkan bakpaonya kering dan butuh waktu lebih lama lagi untuk mengembang ketika bakpaonya kering.

Setelah bunda Fiya dan bunda Desi memberi nama masing-masing anak di kertas roti,  anak-anak mulai diberikan sejumput adonan. Dengan antre, anak-anak mulai mendapatkan kertas rotinya. Kakak mendapat giliran pertama bersama  teman lain Devina, Malik, Fadhil dan bunda guru. Anak-anak diajari membuat bakpao dari cara memasukkan usianya hingga menutupnya dan membentuknya sesuai isiannya. Ada isian coklat yang bentuknya lonjong, kacang hijau, blueberry yang cantik seperti bunga, ayam, strawberry dan kacang.
Beberapa anak menekan nekan adonan bakpao
Tepung adonan ditekan-tekan
Ayah mas Hafidz yang merupakan pembuat adonan menjelaskan bahwa beliau sudah membuat bakpao selama 15 tahun. Begitu mahirnya beliau membentuk adonan dan memberi contoh ke bunda-bunda guru. Ternyata memberi isian dan menutup bakpao tidak semudah dan secepat yang ayah mas Hafiz lakukan. Butuh tangan terampil dan terbiasa untuk menghasilkan bentuk dan rasa yang enak.
Membuat cekungan dan memberi isian coklat
Memberi isian coklat meises

Setelah semua adonan siap, mulailah satu persatu bakpao yang masih mentas dimasukkan ke dalam dandang kukus yang diameternya sekitar 50 cm. Dandang yang dipakai untuk mengukus ternyata berbeda dengan dandang yang digunakan untuk mengukus nasi pada umumnya. Berlayer-layer alias berlapis-lapis. Sekitar 15 kotak ditumpuk baru kemudian ditutup. Cara menutupnya pun unik, dengan bantuan katrol dan tali tambang karena 15 tumpukan tersebut tak mungkin bisa dijangkau tangan. Proses memasakpun dilakukan dan jika adonannya pas, tidak terlalu kering maka hanya sekitar 2 jam saja proses memasaknya, tetapi jika adonan kering karena pengaruh cuaca maka proses memasak bisa berlangsung hingga 3 jam lebih. Hasilnya, bakpao lembut dan mengembang yang enak dan siap dipasarkan di seluruh Salatiga. Hmmm..
Kukusan bakpao, bakpao yang telah jadi
Dari kiri ke kanan, kukusan bakpao, hasil bakpao yang sudah jadi, kakak menikmati bakpao coklat
Dok.pribadi

Setelah mencoba bakpao dan merasakannya kakak dan teman-teman nya berdoa dan kamipun pulang dengan membawa oleh-oleh bakpao Kantil yang super lembut. Hmmm

Friday, October 11, 2019

Bunda, Yuk Kenali 4 akibat suka marah

October 11, 2019 0 Comments

Gambar anak pemurung
Kalau ditanya, pernahkah marah pada anak? Maka sebagian besar ibu akan menjawab iya. Memarahi anak bisa berwujud ringan semacam teguran, bentakan hingga tindakan kekerasan yaitu memukul. Ih, ngeri juga ya kalau tangan kita sampai melayang dan menggores luka tak kentara pada si kecil. Padahal, mungkin alasan bunda marah hanyalah disebabkan hal sepele atau hanya karena hati bunda juga sedang terluka kala itu. Aih...

Lantas, bagaimana mengelola emosi agar tak cepat marah pada anak? Sebelum membahas tentang bagaimana menahan emosi, terlebih dahulu kita bahas hal-hal apa saja yang terjadi  ketika  kita memarahi anak. Kemarahan pada anak umumnya menyebabkan anak mengalami hal berikut :

1. Anak kehilangan milyaran sel otak

Ketika anak terkejut melihat reaksi bentakan bunda, milyaran sel otaknya akan mati. Sudah jelas bahwa marah bersifat destruktif terhadap sel-sel otak. Dikutip dari The Asian Parent,  Lise Gliot seorang peneliti yang melakukan penelitian  tentang akibat bentakan terhadap anak tersebut menggunakan anaknya sendiri sebagai obyek penelitian.  Guliot  menemukan bahwa suara bentakan juga mengganggu fungsi organ penting dalam tubuh sang anak. Citra visual seperti balon yang dihasilkan ketika anak menyusui pecah ketika anak mendengar bentakan.

 2. Anak  menjadi pemarah dan apatis

Melihat bunda yang suka marah, maka anak akan belajar bagaimana bunda menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan marah. Atau jika anak sudah paham apa sebenarnya marah, yang ada anak akan merasa tidak disayangi. Akhirnya anak akan melampiaskan kekesalannya dengan marah dan bersikap apatis pula.

3. Anak menjadi pribadi yang tertutup dan minder

Sering diperlakukan tidak menyenangkan, apalagi jika kita juga membandingkan anak dengan anak lain yang menurut kita lebih tepat dicontoh, alhasil anak akan merasa tidak percaya diri. Ketidakpercayaan terhadap diri sendiri ini akhirnya memicu anak menarik diri. Kasus lain akibat sering dimarahi, karena anak merasa tak pernah berperilaku benar di mata bunda maka anak menjadi takut jujur dan mengemukakan pendapatnya. Hal ini juga memicu anak berkata bohong. Widiww..

4. Anak menjadi takut mencoba hal baru

Begini salah, begitu salah karena sering dimarahi berakibat anak jadi takut mencoba karena takut salah..Ups..


Sumber : TheAsianparent

Thursday, October 10, 2019

Adalah wanita dan Hujan

October 10, 2019 0 Comments
Bangunan kota dan hujan

Wahai wanita
Bersama derasnya hujan
Bersenandung gulana
Air matanya mengalir
Bersama hujan

Biar tak seorangpun tahu
Kalbunya teriris kala itu
Bersama deru hujan
Dan amarah yang ia tahan
Basah kepalang basah
Basah air mata, basah air  hujan

Sudahlah sudah
Cukupkan pilunya
Gantikan senyuman
Yang aku nanti selalu
Bersama mentari
Yang bersinar pagi ini

Agar Allah gantikan
Dengan hikmah dan rahmatNYA
Bukankah hujan itu Rahmat
Maka tersenyumlah
Kala hujan turun

Maka nikmatilah
Setiap ujian yang datang
Bersama aroma tanah
Kala penghujan tiba

Sedih yang kau rasa
Lepas dan ikhlaskan
Agar jadi Penggugur dosa
Yang ringankan hisabmu
Di akhir nanti

Sudahlah sudah..
Ikhlaskan..




Kegagalan dan Self Esteem

October 10, 2019 0 Comments
Pagi ini, ketika membuka timeline di Instagram saya menemukan inspirasi yang cukup bagus dari seorang pelukis bernama Seruni Bodjawati. Seruni Bodjawati adalah seorang pelukis muda berbakat yang lukisannya telah mendunia. Berbagai penghargaan nasional dan internasional diraihnya.

Lahir di kota Yogyakarta dari pasangan perupa dan dosen Sri Harjanto Sahid dan Wara Anindyah, bakat seninya telah mengalir semenjak Seruni kecil. Bahkan di usia 10 bulan, Seruni telah menghasilkan karya pertamanya dan sempat terdokumentasikan sang ayah yang juga pelukis.
Seruni saat kecil dan dewasa
Seruni saat kecil dan dewasa
Sumber : Serunibodjawati.com

Seruni bahkan pernah dinominasikan sebagai Wanita paling inspiratif majalah Kartini tahun 2012 dalam kategori seni dan budaya, mengalahkan nomine lain termasuk Agnes Monica. Bahkan di tahun 2015, Seruni terpilih menjadi Museum Ambassador Yogyakarta. Tentu sebuah prestasi yang membanggakan. Selain sebagai pelukis, Seruni ternyata juga menjadi dosen di salah satu Universitas dan menjadi penulis. Salah satu bukunya yang baru saja dirilis bersama Esthi Susanti Budiono berjudul "Perempuan-perempuan Menggugat". Seruni juga bisa dikunjungi via blognya Https://www.Serunibodjawati.com.

Seruni berfoto dengan buku karyanya berjudul Perempuan-perempuan menggugat
Seruni dan Perempuan-perempuan Menggugat
Sumber : IG Seruni

Oiya, kembali ke tulisan inspiratifnya di laman Instagram, bahwa ternyata kegagalan itu juga dipengaruhi salah satunya oleh Self Esteem atau penghargaan terhadap diri sendiri. Seruni memaparkan bahwa dirinya gagal dalam melukis ketika setelah lama tidak gagal. Hal ini terjadi ketika Seruni membuat sketsa lukisannya yang baru saja 30 menit dibuatnya untuk dikritisi pelukis senior.

 Lukisannya yang dinilai kurang bagus membuatnya merasa kurang percaya diri dan yakin dengan dirinya ketika coba menyelesaikan lukisannya tersebut. Alhasil, lukisan yang dibuatnya menjadi benar-benar dirasa kurang bagus dan dia menganggapnya sebagai kegagalan.

Ternyata, kepercayaan diri dan keyakinan itu sangat dibutuhkan seseorang yang ingin dirinya berhasil, baik di dalam karir maupun sesuatu yang ia perjuangkan. Menilik dari kisah Seruni tersebut, dapat disimpulkan bahwa kritikan itu sebenarnya baik, yang harus dihilangkan adalah kepercayaan diri kita menerima kritikan dan tetap positif setelahnya. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Monday, October 7, 2019

Resep sushi homemade ala ibuk

October 07, 2019 8 Comments
Cara membuat sushi

Sushi, makanan asal negeri Sakura ini kini tengah menjamur dimana-mana. Makanan yang sebetulnya berbahan dasar ikan ini kini juga bisa dimodifikasi dan disesuaikan rasanya dengan lidah kita, orang Indonesia. Beberapa bahan yang dirasa tidak halal juga bisa diganti dengan bahan makanan yang halal.
Beberapa kali kakak selalu merengek minta dibelikan Sushi favoritnya, aku jadi punya ide bagaimana membuat sushi sendiri. Apalagi, sushi yang mudah cara membuatnya ini juga bikin kakak lahap makan nasi lhoo.
Bahan dan cara membuat nya cukup mudah, antara lain

Resep sushi homemade


Bahan

Nasi panas secukupnya
3 sdm  Kecap ikan 
4-6 lembar Nori/ rumput laut   ( aku pakai Nori mamasuka)
1 buah Telur                        

Isian


Keju cheddar dipotong berbentuk stik
1 buah Sosis dipotong dan dibelah jadi 2 melintang
Crabstick atau atau salmon secukupnya (bila suka)

Cara membuat

1. Siapkan nasi panas dan campur dengan kecap ikan lalu aduk
2. Tata nasi ke alat penggulung sushi
3. Siapkan sosis atau crabstick atau salmon yang telah digoreng atau direbus dan letakkan diatas nasi
4. Bubuhkan keju yang telah dipotong seperti stik
5. Bisa juga ditambahkan sayur berupa selada di bagian tengah (isi)
6. Gulung nasi menjadi roll sushi
7. Tempelkan Nori di bagian luar kulitnya
8. Baluri dengan telur yang sudah dikocok
9. Goreng hingga kecoklatan lalu angkat
10. Potong sushi menjadi bentuk bulat mirip rolade
11. Sajikan

Menu sushi untuk anak-anak isi sosis dan keju
Sushi isi sosis dan keju

Mudah banget kan cara membuatnya. Moms juga bisa kreasikan sushi sesuai isian yang disukai lho. Menu sushi ini bisa jadi salah satu alternatif agar anak yang susah makan dan tak suka nasi menjadi lahap makan nasinya. Selamat mencoba yaa..





Sunday, October 6, 2019

4 Tips Menghemat Uang Jajan Anak

October 06, 2019 15 Comments
Menghemat uang jajan anak

Galau karena anak jajannya banyak? Ini Caraku menghemat uang jajan anak, nanti kita sharing ya, gimana teman-teman mengelola kebutuhan dan keinginan anak..

Hai bunda, beberapa waktu lalu aku sempat gelisah. Bukan karena apa-apa sih, tetapi lebih karena Uty sudah mulai bisa bermain sendiri tanpa ditemani. Lho kok gelisah? Iya dong, karena sekarang anakku menjadi betah bermain seharian, kadang ibu perlu menjemput Uty untuk makan siang. Saya khawatir karena mainnya bukan di sekitar kompleks lagi tapi sudah berani keluar perumahan untuk sekedar menemani temannya membeli jajan. Udah gitu, Uty jadi sering merengek ke ibu minta jajan.

Kekhawatiran keduaku yaitu soal hobi jajan yang terlalu sering. Padahal sebelumnya Uty tak pernah jajan kecuali ketika pergi bersama orangtuanya atau neneknya. Kalau tak dituruti, Uty mungkin bisa jajan hingga 5-6 kali sehari padahal sebelumnya Uty hanya jajan sehari sekali dan selalu dalam pengawasan agar tak memilih jajan yang tidak sehat. Kebiasaan yang mulai harus dibatasi menurutku, karena jika dilanjutkan hingga besar bisa berujung pada gaya hidup berlebihan dan boros. Padahal Allah memerintahkan kita membelanjakan harta kita secukupnya.

Lalu langkah apa yang saya lakukan untuk mengatasi kebiasaannya jajan?

Berikut Pengalamanku Mengurangi Keinginan Jajan Anak :

1. Briefing

Aku mulai membiasakan briefing dulu ( hehe kayak pekerja kantoran aja) sebelum jajan. Biasanya dari pagi aku bilang ke Uty bahwa jatah jajannya sehari hanya sekali. Ini bertujuan untuk mengontrol hobi jajannya. Kejam mungkin, tetapi lebih baik kebiasaan mengatur jajan ini memang dikenalkan dari awal. Tapi cara ini bisa mengontrol keinginannya untuk jajan. Ketika anak akan jajan, tanyakan barang apa yang ingin dibeli. Jika yang dibeli makanan, perhatikan kesehatan dan kebersihan jajanan yang akan dibeli.

2. Keinginan dan kebutuhan

Sempat suatu saat ketika mengajak Uty ke supermarket, Uty mengambil jajan cukup banyak. Dari situ ibuk menjelaskan bahwa tidak semua keinginannya harus terbeli seluruhnya. Memberikan pilihan adalah cara yang bisa dilakukan. Kita bisa membatasi jajannya dengan memintanya memilih beberapa jajanan yang benar-benar diinginkan saja. Misal, ketika mengambil 5 jajanan dan 1 mainan, ajak anak menentukan pilihan. Memilih 1 jajanan dan 1 mainan atau 2 jajanan saja. Dengan mengajak anak menentukan pilihannya akhirnya anak mengerti konsekuensinya. Secara tak langsung, hal ini mengajarkan anak menjadi percaya diri saat keinginannya tak seperti teman-temannya.

3. Mulai mengajari menabung


Menabung anak dan ibu
Mengajarkan menabung dari dini
Dok. Pribadi

Biasanya, ketika Uty minta sesuatu yang kiranya tak bisa kubeli langsung aku menjelaskan terlebih dahulu kalau perlu menabung untuk membeli mainan atau barang yang ia inginkan. Aku juga mulai memberinya uang saku ke sekolah dengan tujuan dimasukkan ke tabungan.

4. Menyiapkan Makanan dan Cemilan Kesukaan


Sebelum bapak mertua meninggal, beliau sering berpesan bahwa agar anak menyukai masakan ibunya maka ibunya harus telaten membuat cemilan di rumah. Nah..lho..padahal waktu itu aku tak punya dasar ilmu membuat kue, cemilan, atau jajan pasar. Nah, dari situ aku mulai berlatih mengatur menu tiga hari dan berjanji pada diri sendiri bahwa tiap Sabtu dan Minggu aku membuat cemilan yang bisa dinikmati di rumah.

Itu tadi pengalamanku mengatur uang jajan Uty saat anakku berusia 4 tahun. Kalau teman-teman apa pengalamannya? Share di komentar yuk!..


Karena aku bukan Cindelaras

October 06, 2019 2 Comments
"Baiklah, ibu akan ceritakan lanjutannya", tukas ibu Cinderaras

Cinderaras merasa begitu penasaran dengan kisah hidupnya sejak ayam jago kesayangannya membawa pesan yang diselipkan oleh sang Patih. Dalam pesan tersebut, sang Patih memberitahukan bahwa ia adalah putra mahkota Kerajaan Jenggala. Dalam pesan tersebut disampaikan bahwa Cinderaras adalah anak laki-laki satu-satunya dari Raden Putra dan sang ibu adalah permaisurinya. Ayam jago ajaib ini mulanya adalah sebutir telur yang dibawa oleh elang dan akhirnya menetas menjadi seekor ayam yang tangguh. Keahliannya dalam berkokok dan tubuhnya yang tegap, memperlihatkan ketangguhan jago milik  Cinderaras. Setiap pagi, Cinderaras melatihnya di hutan dan memandikannya agar bulunya berkilau.
Meski ibundanya menyembunyikan jati diri dan asal muasal Cinderaras. Tetapi apa yang disembunyikan akhirnya berbau juga, ternyata sang ibu disembunyikan Patih kerajaan Jenggala. Sang Patih yang setia merasa bahwa Permaisuri Raja tidak bersalah dan justru istri kedua ayahnya lah yang berusaha menyingkirkan ibundanya. Istri kedua Raden Patah, Nyi pedes ini  merasa iri dengan kedudukan sang permaisuri dan ingin posisi tersebut ditukar untuknya. Istri kedua Raden Patah tersebut lantas menyusun rencana jahatnya. Dia berpura-pura sakit dan meminta seorang tabib yang telah ia siap memeriksanya. Sang Tabib lalu memberitahu Raden Patah bahwa sakitnya istri kedua Raja adalah akibat perbuatan permaisuri yang berusaha mencelakai istri kedua Raja. Fitnah yang disebabkan oleh istri kedua Raja tersebut lantas membuat permaisuri mendapat hukuman dari raja. Saking marahnya, Raden Patah meminta Patih untuk membunuh pemaisuri. Sang Patih yang paham bahwa ini hanyalah fitnah  dari Nyi Pedes justru membawa permaisuri yang saat itu sedang hamil menuju hutan. Waktu pun berlalu, hingga akhirnya permaisuri melahirkan anak bernama Cinderaras. Cinderaras tumbuh menjadi anak lelaki cerdas dan mandiri. Karena kesungguhannya melatih si jago dan memberinya berbagai temu dan racikan herbal, akhirnya si jago tumbuh menjadi ayam yang memiliki suara merdu.
Setelah bercerita panjang lebar, akhirnya Cinderaras mengemukakan maksudnya untuk menemuii ayahanda yang telah lama dirindukan. Sang ibu pun akhirnya merestui niat baik Cinderaras. Setelah berpamitan, Cinderaras pergi bersama ayam jago kesayangannya. Cinderaras menyusuri hutan dan sungai hingga akhirnya menemukan jalan menuju sebuah desa. Cinderaras mengistirahatkan badannya sejenak setelah berjalan hampir seharian. Di sebuah Surau, Cinderaras beristirahat dan shalat di sana. Selesai sembahyang, Cinderaras membuka bungkusan bekal yang disiapkan sang ibu ketika berangkat.
Setelah melepas penat, Cinderaras kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini, Cinderaras melewati sebuah desa yang penduduknya banyak bermaksiat. Dilihatnya sekumpulan orang berada di keramaian. Ternyata, Mereka sedang melihat aduan ayam dan berjudi di sana. Ada rasa geram pada Cinderaras, ia merasa bahwa mahluk hidup sudah seharusnya mendapatkan perlakuan yang baik. Teringat pesan Baginda Rasulullah tentang bahaya judi dan menyiksa binatang, akhirnya dengan santun Cinderaras memohon agar praktek adu ayam dihentikan. Tetapi, penjudi-penjudi justru naik darah.
"Hai kisanak, sebaiknya tak perlu kau ikut campur urusan kami, silahkan lanjutkan perjalanan atau kami tak segan mengambil tindakan" tukas salah seorang dari mereka
"Maafkan jika hamba turut campur, tetapi bukankah berjudi termasuk perbuatan dosa. Akan lebih baik bapak-bapak giat bekerja mencari uang halal. Agar berkah dunia akhirat" tutur Cinderaras dengan hati-hati.
Ternyata perkataan Cinderaras tersebut menimbulkan murka, salah seorang dari mereka hendak melemparkan pukulan ke wajah Cinderaras. Tetapi, tiba-tiba tangan tersebut tertahan oleh prajurit Raden Patah. Karena keadaan panas, mereka jadi tak mengetahui kalau Raden Patah beserta prajuritnya datang. Seketika seluruh penduduk bersimpuh.
"Maafkan kami Baginda "
" Janganlah kau ulangi lagi!"
"Tetapi Baginda, anak muda ini berusaha ikut campur urusan kami Baginda.."
Raden Patah akhirnya menanyakan perihal anak muda di hadapannya. Cinderaras pun menjelaskan bahwa ia akan pergi menuju Jenggala tetapi di jalan ia menemukan para penduduk justru banyak yang berjudi dan mengadu ayam. "Bukankah ini meresahkan Baginda?" Seru Cinderaras
"Lalu, kenapa kau membawa jago itu? Bukankah ayam jago biasanya dipakai untuk aduan? " Tanya Raden Patah
"Ini ayam jago kesayanganku, jago yang tangguh dan bersuara indah. Kemanapun aku pergi, aku akan membawanya." Tutur Cinderaras
Raden Patah takjub melihat ada ayam jago yang tegap dan bulunya seindah itu, karena rasa penasarannya itu ia lalu meminta jago tersebut berkokok.
Ketika semua di hadapan Raden Patah memasang mimik serius ingin mendengar Kokok ayam jago tersebut, sang jagopun menunjukkan suaranya.

recent posts

Featured post

Belajar Hikmah perjuangan Cinta Hajar, Ismail dan Ibrahim

Dalam Idul Adha, kita bisa mengambil hikmah perjuangan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar bahwa ketaatan pada Allah adalah sumbe...

Popular Posts