7 Tips Agar Bisnis Kita Dikenal Secara Online

6 Tips agar bisnis kita dikenal secara online

Seni menawarkan atau menjual menjadi salah satu hal yang penting dipelajari dalam berdagang atau berjualan. Tidak hanya mental yang tangguh dan rasa  percaya diri, tetapi berbagai trik perlu dilakukan untuk menaikkan omset.
Dengan seiring berkembangnya jaman yang serba digital, maka diperlukan cara agar bisnis dan produk kita dikenal dengan mudah oleh masyarakat. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini

1. Endorsment


Seperti referral, endorsment adalah upaya mengajak orang mengenal dan menggunakan produk yang kita jual dengan cakupan yang lebih luas. Penikmat sosial media seperti Instagram, Facebook, atau YouTube pasti tak asing dengan istilah endorsment ini apalagi jika yang difollow atau diikuti adalah selebgram atau influencer. Influencer biasanya ditunjuk oleh agensi untuk menawarkan produk tertentu. Kita bisa memakai cara ini jika produk kita ingin dikenal luas. Kita juga bisa memanfaatkan jasa teman atau keluarga sendiri untuk menawarkan produk kita dengan memberinya produk gratis dan memintanya memberikan review  produk kita di sosial media.

2. Mendaftar sebagai seller di online shop


Tidak dipungkiri, ketika kita masuk di era 4.0 yang menuntut kita menggunakan gawai sebagai salah satu cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi membuat masyarakat mulai beralih berbelanja secara online daripada secara langsung dengan alasan jauh, macet dan tak punya banyak waktu. Masyarakat menjadi cenderung melihat dan memilih produk di online shop seperti shopee, lazada, Blibli, JD.ID , atau bahkan dari online shop yang tertera di sosial media. Maka, mulailah daftarkan produk kita dan mulailah berjualan secara online dalam situs belanja tersebut.

3. Manfaatkan iklan pay per click di sosial media


Cara lain untuk mengenalkan produk dan menawarkannya adalah memanfaatkan iklan yang ada di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan sosial media lain. 

4. Membuat akun berjualan di sosial media


Cara lain memasarkan produk adalah dengan membuat akun di sosial media. Cara efektif mengelola akun tersebut adalah dengan membagikan tips yang berhubungan dengan produk yang kita jual dan berteman dengan akun yang benar-benar berhubungan dengan produk kita. Buatlah akun di Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube agar terkesan lebih profesional dan dikenal luas. Semisal, berjualan kaktus, maka konten sosial media kita sebaiknya berisi tips merawat kaktus,berbagai jenis kaktus dan segala hal yang berhubungan dengan kaktus. Konten yang sesuai akan dicari oleh orang yang benar-benar membutuhkan informasi tersebut. YouTube juga bisa mendorong penjualan karena sekarang orang lebih cenderung melihat produk yang mereka ingin beli, bagaimana cara pemakaian dan perawatan sekaligus wujud aslinya melalui YouTube.


5. Review produk


Hampir sama dengan endorsment, review produk membuat produk kita makin dikenal masyarakat terutama pengguna sosial media. Jika endorsment 'memaksa' konten kreator memberi nilai positif , review produk justru menampilkan sisi positif dan negatif produk kita. Di sisi lain, cara ini menguntungkan sekaligus merugikan. Menguntungkan jika produk kita dinilai baik dan akan merugikan jika produk kita dinilai kurang layak, terlebih jika rating yang diberikan nilai kurang baiknya lebih banyak daripada yang baik.

6. Mendaftarkan produk dan alamat di Google bisnisku


Dengan mendaftarkan bisnis dan produk yang kita jual di akun google google , maka produk yang kita jual bisa dianalisis traffic-nya dan bahkan kita bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Alamat bisnis kita pun juga dijelajahi lewat google map jika telah terdaftar google bisnisku.


7. Membuat web atau blog

Blog atau website  ternyatap potensi lebih agar usaha kita dikenal. Tak hanya di satu kota, cakupan web sangat luas bahkan hingga ke mancanegara. Blog ini juga bisa memperkuat dan sebagai branding sehingga lebih dikenal luas.
Yuk, segera kenalkan bisnis dan produk kita agar semakin dikenal luas. Selamat mencoba

No comments