4 Rekomendasi Wisata Bernuansa Alam di Sekitar Salatiga

Libur telah tiba, horee..hatiku gembira..
Sebaris lagu dari Tasya Kamila mengingatkanku bahwa tinggal dua bulan lagi liburan tiba. Ehehe, akhir tahun selalu ditunggu-tunggu. Momen untuk bisa mudik atau liburan dengan keluarga sudah di depan mata. Kira-kira akhir tahun ini, keleyan mau kemana guys? Yuk, tentukan lokasi wisata yang mau kamu kunjungi. Aku punya beberapa rekomendasi Wisata Bernuansa alam di sekitar Salatiga yang bisa kamu kunjungi lho..

1. Ketep Pass
Ketep pass
Ketep Pass
Source : klikdieng.com

Berlokasi di Sawangan, Kabupaten Magelang Ketep Pass menyajikan pesona keindahan alam dari gardu pandang dimana kita bisa menyaksilan 5 gunung sekaligus, antara lain Merapi, Merbabu,l Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Berjarak sekitar 32 km dari Salatiga dan 35 km dari Kota Magelang, Ketep Pass selain menawarkan pesona pemandangan, juga mengajak wisatawan mengenal lebih dalam tentang kegunungapian. Di Ketep Pass ini pengunjung diajak mengenal lebih jauh tentang Vulkanologi dengan dihadirkannya Museum kegunungapian dan Ketep Volcano Theatre, pemutaran film seputar sejarah dan perjalanan gunung api Merapi. Untuk masuk ke Ketep Pass, pengunjung cukup membayar Rp. 7000,- di hari kerja dan dikenakan Rp. 10.000 saat akhir pekan. Tarif yang sama berlaku jika ingin menyaksikan pemutaran film kegunuapngapian. Agar bisa menyaksikan pemandangan tanpa tertutup kabut, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pagi hari.

2. Taman Bunga Celosia
Taman bunga Celosia
Taman bunga Celosia
Source : IG Zaenury_kun

Setelah menikmati keindahan Ketep Pass, ada salah satu taman bunga yang berlokasi di Bandungan Ambarawa, tepatnya di KM 5 jalan menuju Candi Gedong Songo. Tempat wisata yang menawarkan keindahan bunga-bunganya ini sangat instagramabel, cocok banget dipakai untuk foto prewedding. Tiket masuk taman bunga Celosia berkisar antara Rp. 20.000 - Rp. 25.000 dan pengunjung diminta menambah Rp. 20.000 lagi jika ingin menikmati keindahan ke -3 lokasi taman bunga Celosia yang masih satu kawasan. Berasa di taman bunga di Eropa, tetapi ketika berkunjung sebaiknya hindari hari libur atau akhir pekan jika ingin lebih leluasa menikmati karena biasanya pengunjung selalu penuh di akhir pekan.

3. Candi Gedong Songo

Masih satu jalur dengan taman bunga Celosia , belum lengkap rasanya ketika di Bandungan tidak mampir ke Candi Gedong Songo. Candi bernuansa Hindu ini dinamakan gedong songo karena memiliki 9 candi. Diantara gedong 3 menuju gedong 4 terdapat sumber air panas yang dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit gatal (soalnya mengandung belerang).

4. Mata Air Senjoyo
Ikan di mata air Senjoyo
Ikan di mata air Senjoyo
Source : IG Listyand

Menuju Salatiga, daerah pegunungan dengan suhu yang lebih hangat dari Kopeng dan Bandungan terdapat sebuah sendang stau pemandian mata air alami senjoyo. Sebelum dikelola dengan baik, sebelumnya Mata air Senjoyo biasanya dimanfaatkan untuk mandi, mencuci karpet dan pengaliran air bersih PDAM karena airnya yang begitu melimpah. Tak puas rasanya jika tak kecehan atau bermain air di tempat ini. Kini mata air Senjoyo berbenah, di beberapa sendang terdapat ikan yang akan nampak mengikuti kita ketika selfie. Ditawarkan wahana bebek air jika ingin menikmati keindahan sendang, atau jika ingin telusur sungai, masuklah ke kawasan setelah sendang. Sungai kecil berair jernih ini sangat segar dan bening, sebening kaca lhoo. Kulinernya tak kalah enak, sebagai daerah penghasil jembak ( nama lain selada air) di tempat ini ditawarkan gorengan bernama rolade jembak yang legendaris dan gurih jika dinikmati panas-panas.

4 comments

  1. Salam kenal dari London kak.
    Lengkap infonya ...Semoga nanti bisa ke salatiga

    ReplyDelete
  2. aq langsung nyari rolade jembak kayak apa mba sari..hihihi

    ReplyDelete
  3. Yang belum pernah kukunjungi mata air senjoyo. Sudah lama diagendakan belum keturutan. Semoga bisa ajak Kiya ke sana. 😍

    ReplyDelete