Pengalaman mengurus pembatalan pendaftaran asuransi

Pengalaman pembatalan asuransi
Siang itu aku mengangkat telepon dari nomor tak dikenal setelah beberapa kali nomor asing dengan digit yang sama dan berasal dari greater Jakarta. Beberapa kali, nomor akhiran yang menelepon rata-rata berakhiran +621...2000, +621...1000 dan lainnya.
Ternyata aku ditelepon dari pihak mitra BNI karena waktu itu aku menggunakan rekening BNI. Pertama memulai percakapan, operator ini menanyakan beberapa pertanyaan yang membuatku berkata "iya" dan tiba saat si operator menanyakan sesuatu dengan suara pelan aku otomatis jawab "iya" karena tidak begitu jelas suaranya. Tiba-tiba operator tersebut mengucap terimakasih, sadar bahwa ternyata operator yang juga telemarketer ini ternyata mendaftarkan ku sebagai nasabah asuransi di BNI, aku lalu panik.
Hal pertama yang kulakukan, aku telepon ulang nomornya, tapi tak bisa. Lalu aku cari buku rekeningku dan besoknya aku ke BNI untuk membatalkan pendaftaran sebagai nasabah asuransi. Setelah antre sekian lama di CS, saat giliran ku aku menerangkan ke CS bahwa tak sengaja terdaftar sebagai nasabah asuransi dan berusaha mengajukan pembatalan. Tetapi dari pihak CS, justru aku diarahkan mendaftar paket asuransi BNI Life yang lain. Karena tak puas dengan hasilnya, aku malah diarahkan ke bagian sales BNI Life.
Di bagian sales BNI Life aku juga kurang mendapat jawaban yang memuaskan karena lagi-lagi aku diarahkan agar memindah paket asuransi yang telah didaftarkan ke BNI Life dan akan dibantu prosesnya. Sudah jelas, tujuan awalku ingin membatalkan tetapi justru diarahkan mendaftar paket asuransi lain. Akhirnya aku pulang dengan kecewa dan khawatir. Ingin rasanya semua uang di rekening aku tarik semua, tapi lalu aku punya ide menelepon Call Center BNI 1500046. Agak lupa sih waktu itu aku diarahkan ke layanan pelanggan. Memang sedikit sulit masuk ke bagian pembatalan asuransi karena line layanan yang sibuk waktu itu. Setelah berhasil, aku utarakan maksud pembatalan asuransi. Ternyata pendaftaran asuransi bisa dibatalkan sebelum 14 hari semenjak aku terdaftar dan belum menerima semacam kiriman booklet dari pihak asuransi karena jika telah menerima dan dibatalkan, berarti semakin sulit pula prosesnya. Karena berkas belum diajukan, proses pembatalan lebih mudah dan aku diminta menunggu 1x 24 jam atau menunggu menerima SMS. Tapi karena aku tak menerima SMS, aku telepon ulang dan diminta cek rekening bulan berikutnya apakah terpotong atau tidak. Bersyukur ternyata asuransiku benar-benar sudah dibatalkan. Bagian Call Center hanya berpesan jika ada nomor yang menawarkan asuransi lagi, sebaiknya langsung ditutup atau tak perlu diangkat sama sekali. Fiuh..ribet juga ternyata..

No comments