5 Tips meraup penghasilan bunda milenial dari rumah

5 Tips meraup penghasilan dari rumah untuk bunda milenial

Di postingan ini aku berbagi tips bagaimana bunda tetap berpenghasilan meski di rumah. 

Melepas gelar sarjana dan fokus membersamai anak-anak di rumah memang bukan perkara mudah jika tidak disiapkan secara matang. Salah-salah bukannya kita bahagia membersamai, justru lebih banyak mengeluh karena menjadi ibu rumah tangga itu bukan hanya butuh kesiapan fisik tetapi juga mental yang kuat dibarengi ilmu yang cukup tentunya.

Jika masalah utamanya adalah terkait mom shaming atau cibiran, maka tugas utama bunda adalah membentengi diri agar tak mudah terbawa emosi dan perasaan. Tetapi jika akar utamanya adalah penghasilan, maka bunda bisa kok mempersiapkan pekerjaan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan sambil membersamai anak di rumah. Berikut beberapa ide untuk menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga milenial:

1. Membuka Online shop


Memiliki online shop ibarat kita memiliki toko tapi tak perlu membayar sewa tempat. Kita bisa berjualan via sosial media seperti Instagram, Facebook atau melalui whatsapp. Cara lainnya adalah dengan mendaftarkan toko atau produk yang kita jual di market place seperti Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Apa yang bisa dijual? Apa saja, termasuk kebutuhan rumah tangga, baju, makanan dan minuman. Bahkan ada toko unik di Instagram dan marketplace yang menjual souvernir atau perkakas bengkel. Cara mendapatkan barangnya pun bisa dengan menjadi dropshiper atau reseller atau jika modal kita lumayan besar, kita bisa menjual produk dengan kulakan secara grosir.

2. Menjadi penulis dan content writer


Jika bunda suka menulis dan memiliki fasilitas internet di rumah, tidak ada salahnya bunda memanfaatkan kemampuan menulis dengan menjadi penulis baik penulis buku, sebagai blogger atau menulis melalui platform seperti Kompasiana, the Asian parent, atau yang lain. Sebetulnya jika kita mau menelisik lebih jauh, banyak kok tawaran job menjadi content writer.

3. Kerja Remote 


Kerja jarak jauh dengan memanfaatkan internet adalah hal lumrah yang dilakukan sekarang. Ada beberapa platform yang menampung semua skill pencari lowongan pekerjaan dan menemukannya dengan brand atau klien yang membutuhkan. Jenis pekerjaan yang disediakan pun macam-macam. Ada jasa fotografi, asisten, admin, data analyst, desain grafis, lay outer, content writer, programmer bahkan guru les privat via online. Beberapa platform penyedia berbagai macam lowongan pekerjaan tersebut antara lain Upwork, sribu, sribulancer, projects.co.id dan masih banyak lagi.

4. Mengerjakan survei Online


Bunda juga bisa lho, memanfaatkan gawai untuk mengerjakan survey. Berbagai platform survey bisa bunda daftar, tetapi hati-hati. Sebaiknya pilih platform survey resmi yang kredibel karena sebagian besar platform online memanfaatkan media sosial bunda sebagai otorisasi dan verifikasi yang berarti bisa berbahaya jika kita salah memilih platform.

5. Menjadi Content creator sekaligus influencer


Memiliki hobi memasak (Baking, cooking) , bebikinan DIY (Do itu Yourself) semacam menjahit, meronce, melukis atau jika bunda suka mendokumentasikan kegiatan sehari-hari bersama anak, atau suka jalan-jalan bunda bisa kok memanfaatkan hobi dan bakat bunda ini dengan merekamnya dan memonetisasi akun bunda sebagai penambah penghasilan.

Yuk bunda, bunda tetap bisa produktif kok meski di rumah. Selamat mencoba Yaa..

No comments