Sunday, October 20, 2019

5 Makanan khas Salatiga yang perlu kamu coba

Rekomendasi makanan enak khas Salatiga
Liburan akhir tahun mau kemana? Sudah punya rencanakah? Atau ada tempat yang kamu idamkan mau dikunjungi? Jika tempat wisata atau liburan kamu ada di Salatiga, berikut aku rekomendasikan makanan khas Salatiga yang wajib kamu coba :

1. Wedang Ronde


Wedang penghangat badan yang berbahan dasar jahe dan daun pandan dengan topping bola ketan yang di dalamnya berisi kacang, dilengkapi agar-agar, kolang-kaling, dan kacang ini menjadi pilihan utama yang wajib kamu coba saat malam hari. Jika kamu menginap di sekitar hotel, biasanya minuman khas salatiga ini bisa ditemui di angkringan di sekitar kawasan hotel atau sepanjang pertokoan. Ada satu wedang ronde yang cukup terkenal di Salatiga karena rasanya yang enak yaitu Ronde Jago yang letaknya berada di belakang ruko Pasaraya 1 tepatnya di samping Polsek Pasaraya di jalan jenderal Sudirman.

2. Sate Sapi Suruh


Tak jauh dari wedang ronde jago, ada pula sate sapi yang legendaris dan rasanya begitu menggugah selera. Sate sapi dengan sambal kacang khas yang nikmat dan bisa dinikmati baik dengan nasi maupun lontong ini dibanderol dengan harga Rp. 37.000 per porsi yang berisi 10 tusuk sate Sapi. Bagi penikmat kuliner yang kurang suka sate, di depotnya Sate Sapi Suruh menyediakan bakso sapi yang rasanya cukup menggugah semangat makan.

3. Singkong Keju D-9


Jika kamu doyan pelesir, pasti tak asing dengan panganan satu ini. Singkong keju D-9 yang terletak di kawasan sentra pengolahan singkong ABC Salatiga ini begitu nikmat jika disantap hangat-hangat dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat sebagai teman ngobrol. Tersedia kemasan praktis tinggal goreng yang telah dibekukan jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh.

4. Keripik Paru


Pernah makan paru Sapi? Terkesan kenyal dan alot bukan? Tapi jika bahan makanan ini diolah menjadi keripik maka rasanya menjadi renyah dan nikmat. Keripik paru yang cukup populer di Salatiga ada di daerah Mrican Salatiga bernama kripik paru cap Lombok dan kripik paru cap Rambutan yang letaknya saling berhadapan. Makanan ini cocok sebagai teman nasi atau dinikmati sambil makan sayur lodeh yang rasanya jempol banget deh..

5. Gethuk Kethek


Berada di Sentra pengolahan makanan berbahan singkong Salatiga, ada satu makanan legendaris bernama gethuk kethek. Dinamakan demikian karena pemilik gethuk tersebut memiliki peliharaan kethek alias kera di depan rumahnya yang menjadi inspirasi nama panganan ini. Berbahan singkong yang rasanya yang manis dan lembut ini bisa menjadi pilihan sebagai oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Kawasan gethuk Kethek ini merupakan sentra oleh-oleh yang berdekatan dengan Singkong keju D-9, keripik singkong Cassava yang renyah dan empuk, Pie Susu Yummy dan beberapa pusat makanan yang terbuat dari singkong.

No comments:

Post a Comment

recent posts

Featured post

Belajar Hikmah perjuangan Cinta Hajar, Ismail dan Ibrahim

Dalam Idul Adha, kita bisa mengambil hikmah perjuangan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar bahwa ketaatan pada Allah adalah sumbe...

Popular Posts