Writer's Block, ini cara mengatasinya

Writer's Block ini cara mengatasinya
Sebagai seorang newbie, menulis secara teratur memang menuntut banyak hal dari kita. Mulai dari konsisten, kreatif, rajin dan yang pasti manajemen waktu. Pernah mengalami saat menyalakan laptop, membuka draft blog tiba-tiba bingung mau nulis apa padahal besoknya harus setor tulisan karena mengikuti challenge menulis dari salah satu komunitas menulis. Pernah juga sudah ngetik, di tengah jalan tiba-tiba bingung meneruskan tulisan. Hal tersebut dalam dunia kepenulisan biasa disebut writer's Block.

Penyebab Writer' Block


Biasanya writer's Block terjadi karena beberapa alasan diantaranya

1. Perfeksionis


Berharap agar tulisan yang kita miliki bagus, akhirnya kita membuat terlalu banyak aturan dalam menulis. Akhirnya, bukannya jadi menulis, aturan tersebut membatasi ide dan menghalangi kreativitas kita dalam menulis.

2. Kurang percaya diri


Karena merasa tulisan yang kita buat kurang menarik, akhirnya kita jadi terpaku pada tulisan kita dan bukannya mencoba menyelesaikan justru kita menjadi gamang melanjutkan.

3. Kurang referensi


Kurang referensi bisa disebabkan karena kita kekurangan bahan tulisan. Bisa jadi karena kurang membaca buku, kurang bahan liputan, dan sumber yang terpercaya. Penyebab lainnya karena kita tak menyiapkan outline atau konsep tulisan dan menganggap ide itu mengalir begitu saja.

4. Terlalu banyak edit di awal


Ada baiknya, editing dilakukan di tahap akhir ketika tulisan telah selesai. Proses editing yang dilakukan sembari menulis selain menyebabkan tulisan menjadi tak segera selesai juga mengakibatkan kita menjadi ragu akan kualitas tulisan kita.

5. Panik atau gelisah


Gelisah dan panik bisa terjadi jika kita dikejar dateline, bisa juga disebabkan karena kita kekurangan ide untuk menulis. Cara mengatasinya adalah membuat rencana menulis, outline, bahan tuliasan, dan referensi. Cobalah mencari suasana dan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tulisan sehingga ide bisa mengalir dengan lancar.

6. Kelelahan


Jika penyebab utama tulisan kita tidak kunjung selesai dikarenakan kelelahan fisik atau mengantuk, sebaiknya atasi kelelahan tersebut dengan beristirahat. Jika penyebabnya adalah kelelahan psikologis, sebaiknya luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran, mengurangi beban masalah dengan berolahraga atau jalan-jalan, dengan begitu pikiran kembali segar.

Tips Mengatasi Writer's Block


Setelah mengetahui beberapa penyebab writer's Block, bagaimana caranya agar kita lancar menulis? Simak tips di bawah yuk

1. Manajemen waktu


Susun jadwal menulis dan pekerjaan lain sehingga kita merasa nyaman ketika mengerjakan tulisan.

2. Siapkan bahan bacaan


Sebagai penulis memang sudah seharusnya juga suka membaca buku. Apalagi untuk posting tulisan tertentu kita juga membutuhkan bahan bacaan atau referensi untuk melengkapi tulisan kita.

3. Menjalankan hobi atau olahraga


Ide bisa muncul dari mana saja saat pikiran kita tenang, menjalankan hobi atau olahraga bisa juga lhoo membuat kita menemukan ide menulis.

4. Cari tempat dan waktu yang pas


Setiap orang memiliki aturannya sendiri dalam mengerjakan sesuatu termasuk dalam hal menulis. Carilah tempat yang nyaman untuk mengerjakan dan usahakan di waktu produktif kita.

5. Siapkan outline dan penuhi


Menyiapkan kerangka tulisan dan menulis sesuai kerangka yang telah disusun membuat kita jadi mudah menentukan arah dan menyelesaikan tulisan kita. Susun outline dalam buku catatan maupun draft langsung di blog. Selanjutnya kembangkan draft tersebut menjadi sebuah artikel

Semoga tips di atas membantu kita menyelesaikan tulisan. Lagi-lagi semuanya kembali ke pribadi masing-masing penulis. Jadi, yuk semangat mengerjakan tulisan.

2 comments