NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Cara Meningkatkan Trafik Blog Ala Grup Blogwalking Asik

Simak tips dan trik Bang Doel meningkatkan trafik dan memperbanyak jumlah visitor yang berkunjung ke blog kita, mau tau caranya? 

cara meningkatkan trafik blog

Meningkatkan trafik blog itu penting banget bagi seorang blogger yang salah satu tujuan ngeblognya tidak sekedar healing, berbagi informasi atau mengikat ilmu saja, tetapi menjadikan blog sebagai sarana berburu cuan. Kenapa? Dengan semakin banyaknya visitor yang berkunjung ke blog, nilai jual blog kita semakin tinggi. Rate card seorang blogger bisa ditentukan salah satunya dari jumlah page views maupun visitor yang berkunjung, semakin tinggi PV (page views) dan UV (unique views/ visitor), semakin tinggi pula harga tawar jasa blognya ke agensi atau brand. 

Selain itu, tingginya trafik juga akan mempengaruhi berapa rupiah yang akan diterima ketika teman-teman memasang iklan adsense dari google. Semakin banyak klik iklan atau views dalam suatu postingan, semakin banyak pula angka rupiah yang mengalir. Sayangnya, tidak semua blogger paham bagaimana meningkatkan kunjungan/trafik blog. 

Di pertengahan November lalu, grup Blogwalking Asik punya gawe dengan menghadirkan Bang Doel sebagai nara sumber yang juga merupakan anggota grup Blogwalking Asik. Harapannya diselenggarakannya webinar sekaligus challenge yang menyertainya agar anggota grup makin banyak yang berpartisipasi dan makin kompak.

Saya pribadi yang jarang nimbrung di grup meski gabung sejak grup baru pertama kali dibentuk jadi tertarik ikutan. Hehe, maafkan ya seringnya cuma sekedar baca notifikasi atau sekedar mengikuti blogwalking saja. Ini bukan karena berniat jadi Silent Reader, tetapi terkadang kesempatan membuka beberapa grup blog terbatas. Saya mah, i love u pull sama grup ini.. 😘😘😘

Bagi teman-teman yang belum tahu, Grup Blogwalking Asik adalah sebuah grup WhatsApp yang diinisiasi Mba RiniNoe untuk teman-teman blogger yang ingin berdiskusi tentang segala hal dalam dunia blogging, baik soal SEO, lomba blog, blogwalking, atau info-info menarik di dunia tulis menulis terutama di blog.

Pada kesempatan tersebut Bang Doel membagikan tips dan triknya meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan optimasi SEO secara lebih mendalam. Saya pribadi merasa terbantu karena ternyata banyak materi baru yang saya dapatkan ketika mengikuti zoominar tersebut. Berikut ringkasan materinya dan selamat menyimak ya!

Cara Meningkatkan Trafik Blog

Secara teori, meningkatkan trafik blog itu mudah dipelajari namun prakteknya ternyata tidak gampang. Saya menyadari hal tersebut karena memang butuh perjuangan keras untuk menaikkan trafik atau lalu lintas blog agar ramai dikunjungi. Selain tips dari Bang Doel, beberapa saya tambahkan sedikit berdasar pengetahuan yang saya pahami di dunia SEO.

Ternyata untuk membuat konten kita bermanfaat dan direkomendasikan google dibutuhkan persiapan sebelum, saat dan sesudah membuat konten agar ramah mesin pencari (SEO friendly) dan disukai google sehingga konten dan blog kita mendapat rangking yang baik di mesin pencari. Beberapa persiapan saat membuat konten blog agar lalu lintas pengunjung blog meningkat antara lain

Audit SEO On Page

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimation atau Optimasi mesin pencari, dalam hal ini google sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan. Bagian-bagian dari pengiriman SEO dalam blog meliputi meta description (deskripsi blog), url judul, alt image, internal link dan site speed atau kecepatan loading blog.

Audit SEO On Page merupakan salah satu cara memperbaiki dan mengoptimasi agar artikel dan blog kita SEO friendly, meliputi 

Kecepatan ( Page speed)

Teman-teman mungkin pernah berpikir menutup laman sebuah blog atau web karena loading yang lama. Semakin lamban sebuah blog dibuka, kemungkinan visitor meninggalkan blog semakin besar. 

Solusinya pilih template/ tema blog yang super ringan sehingga kecepatan loading blognya tinggi. Semakin ringan dan mudah dibuka, semakin besar kemungkinan visitor untuk bertahan dan melanjutkan menjelajah blog atau konten yang mereka tuju. 

audit page via webdev
Performa dan kecepatan blog via web.dev
Image source : presentasi Bang Doel

UI (User Interface) dan UX ( User Experience) 

Tampilan template yang bagus, responsif sekaligus nyaman bagi pengguna merupakan syarat pendukung agar pengunjung blog betah berlama-lama di blog kita dan mengunjungi lebih dari satu halaman

Struktur Halaman

Meliputi struktur H1-H6 yang terdapat dalam sebuah postingan atau blog. Struktur halaman memudahkan google untuk melakukan indexing dan crawling sekaligus membantu meningkatkan kenyamanan pengguna. Dengan struktur yang jelas, pengguna akan mudah melakukan navigasi terhadap artikel atau postingan yang dicari.

Teman-teman bisa cek kecepatan blog, struktur dan pengalaman pengguna (UI dan UX) menggunakan pagespeed dari google, web.dev,  ahrefs.com atau Google search console . Jika nilai kecepatan halaman lebih dari 70%, maka blog termasuk ringan, bagus dan mudah dibuka.

Konten

Banyak yang bilang Konten Is The King, Konten adalah segala-galanya. Saya percaya dengan ungkapan tersebut, pengguna akan betah berlama-lama berada dalam blog kita jika dirasa blog memang bermanfaat baginya. Namun, untuk menemukan pengunjung  setia, blog perlu dikenalkan dengan membuat konten sesuai kaidah SEO. Adapun langkah-langkah membuat konten berkualitas sekaligus ramah mesin pencari google (SEO friendly) menurut Bang Doel adalah sebagai berikut

Riset Keyword (Kata kunci)

Banyak artikel menarik yang kita jumpai di mesin pencari, sayang tidak semua direkomendasikan dan menempati peringkat halaman pertama mesin pencari. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan keyword yang kurang tepat. Sebelum menulis, lakukan riset kata kunci yang biasa internet user/pengguna cari di google. Teman-teman bisa gunakan tool seperti keyword planner, ubersuggest, ahrefs, keywordtool.io, rank math atau melalui saran google. 

Tantangan dalam meriset keyword 

Kompetitor 

Saat menggunakan keyword dengan volume tinggi, ada baiknya lengkapi artikel dengan informasi yang mendukung dan koheren satu sama lain. Misal saat menggunakan keyword “harga hp”, teman-teman bisa informasikan terkait rekomendasi hp, spesifikasi maupun ulasannya.

Search intent ( tujuan penelusuran )

Hindari menggunakan keyword yang tidak menguntungkan, misal ketika mengetikkan kata kunci  halodoc atau facebook, biasanya yang dicari hanyalah alamat webnya saja. Berbeda dengan penggunaan kata kunci misalnya "cara berkonsultasi via halodoc "atau " tips jualan lewat facebook"

Untuk mengoptimalkan penggunaan keyword, teman-teman juga bisa gunakan saran dari GSC ( Google Search Console) dan membuat konten dengan KW turunan, memanfaatkan LSI (Latent Semantic Indexing) atau artikel dengan tema yang mirip.

riset keyword
Untuk membuat artikel koheren satu sama lain, gunsksn ksts kunci seperti yang visitor cari dalam blog kita. Pilih yang viewsnya besar agar kemungkinan dikunjungi juga besar
Image source : Presentasi Bang Doel 

Frasenya Kaku / Tidak Baku

PR seorang blogger adalah ketika ada tantangan menggunakan KW yang tidak baku dan terkesan kaku dalam sebuah konten karena akan mengesankan artikel tidak menarik. 

Persiapan Saat Membuat Konten

  • Buat Search Intent beserta Schema Mark Up (hanya tersedia di blog berplatform wordpress)
  • Hindari keyword stuffing yaitu meletakkan terlalu banyak keyword yang sama dalam sebuah konten.
  • Gunakan Keyword dalam artikel, H2 dan LSI (sinonim dari kata kunci)
  • Gunakan gambar dengan ukuran < 30 KB dengan format .webp (sesuai yang disarankan google)
  • Sertakan internal link menuju link yang masih berhubungan atau koheren dengan isi konten yang dibuat
  • Masukkan external link jika diperlukan

Persiapan Setelah Membuat Konten

  • Pastikan artikel bisa terindeks dengan baik
  • Share ke media sosial setelah terindeks
  • Share ke grup support

SEO Off Page

Merupakan salah satu cara mengoptimalkan nilai blog di mesin pencari dengan optimasi dari luar blog itu sendiri. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk optimasi ini adalah

Membangun Jaringan (Link building)

Bisa dilakukan dengan membuat social profile di media sosial, share artikel di forum atau komunitas yang satu topik dengan blog, membuat landing page, atau menulis di platform besar seperti Kompasiana, Detik, Kumparan, Medium atau media lain

Google Bisnisku

Buat Profil dan bangun link di Google Bisnis

Business listing

Salah satu upaya untuk mendatangkan trafik yang sumbernya dari luar blog adalah menyusun daftar perusahaan yang bekerja sama dengan kita dan menawarkan mereka untuk memasang url web kita dalam web mereka. Istilah sederhananya bisa berupa guest post (menjadi penulis tamu dalam blog teman) atau menampilkan logo dan link blog kita dalam blog atau web yang berhubungan.

Brand mention

Sering gak sih, teman-teman menjumpai postingan Instagram atau Facebook yang mention seseorang atau brand dalam caption mereka? Bukan hanya di Social Media, ternyata brand mention yang dilakukan dalam web forum-forum diskusi, twitter atau web suatu bisa mendatangkan trafik ke blog kita. 

Postingan di Story Instagram misalnya juga mengundang seseorang untuk mengunjungi link yang dituliskan. Syaratnya, buat caption semenarik mungkin agar orang tergugah untuk mengunjungi link yang telah ditautkan.

Nah, itu tadi  rangkuman beberapa tips meningkatkan trafik blog Ala Bang Doel yang saya dapatkan selama mengikuti zoominar. Oiya, disclaimer yah, beberapa diantaranya yang saya tuliskan merupakan tambahan dari saya. Semoga apa yang saya tuliskan di atas bermanfaat bagi teman-teman semua. Salam

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005