Sunday, May 31, 2020

Update Informasi Covid-19 di Pusat Informasi Corona Kumparan

Update Informasi Lengkap Seputar Corona di Kumparan

Saat kasus Corona mulai menyebar ke beberapa daerah, aku terkena flu berat. Muncul perasaan takut dan khawatir tertular Covid-19. Layaknya reporter, semua orang bebas membagikan postingan berita yang beredar di WhatsApp, baik itu di grup keluarga, seputaran teman atau bahkan rekan komunitas. Beberapa yang bijak memilah mana yang fakta dan mana yang hoaks. Beruntung menjadi bagian Komunitas Emak Blogger yang literasinya menurutku keren. Beberapa waktu lalu aku terkena batuk kering yang membuat paru-paru dan tenggorokan terasa perih ketika batuk, dan aku mulai berpikir buruk terjangkit Covid-19. Beruntung, aku mendapatkan informasi Corona yang berasal dari sumber terpercaya. Konten dan beritanya yang faktual dan aktual bisa kalian nikmati.

Memahami Keberadaan dan Gejala Virus Corona

Gejala awal batukku mirip dengan Covid-19, tafsiranku kala itu aku terinfeksi. Tenggorokan terasa kering, perih ketika batuk dan sendi jadi nyeri semua. Pernafasan agak sulit karena flu dengan droplet pekat tersebut menyebabkan hidung tersumbat. Hal ini membuatku sampai berpikir keras di rumah adalah siapa saja yang kutemui selama sebulan terakhir. Saat memutuskan berobat, dokter dan yang lainnya lengkap dengan APD memeriksa bahkan menanyakan riwayat perjalananku waktu itu. Perasaan jadi makin resah karena seminggu sebelumnya kami sekeluarga melakukan perjalanan ke Magelang dan sudah beredar fakta ada satu pasien positif terinfeksi Corona. Aku bersyukur ternyata batukku bukanlah salah satu indikasi terjangkit virus corona. Meski demikian, dokter menyarankan aku untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Semenjak itu, berbagai kegiatan menjaga imunitas seperti olahraga, makan bergizi seimbang, konsumsi vitamin, berjemur, rajin cuci tangan, dan memakai masker setiap kali pergi jadi kebiasaan. Sembari melakukan itu semua aku juga mengakses beragam info terkait virus Corona, dari soal gejala, penanganan hingga artikel terkait kegiatan WFH (work from home) dan tinggal di rumah.

Seperti dilansir dari Kumparan, gejala umum yang dialami seorang yang terinfeksi Corona antara lain 
  • Demam
  • Letih dan lesu
  • Gangguan pernafasan seperti batuk, pilek, hidung tersumbat.
  • Beberapa yang lain bahkan hingga diare dan nyeri.

Saat postingan ini aku tulis, muncul istilah baru untuk menyebut orang sehat tetapi terpapar virus Corona yaitu OTG (Orang Tanpa Gejala). Oleh karenanya kita disarankan untuk tetap berada di rumah. Semua sama-sama tak tahu, kitakah yang akan tertular atau menularkan mahluk mungil bernama Corona ini.

Saat Kumparan merilis Kumpulan berita bertajuk Pusat Informasi Corona, aku jadi yang paling bersemangat untuk update informasi terkini tentang Corona dan segala hal yang berhubungan dengan dampaknya. 

Kumparan, Pusat Informasi Corona Terpercaya dan Terlengkap


Meski dirilis tahun 2017, aku mengenal Kumparan saat salah seorang teman membahas tentang event bersama Kumparan di tahun 2019. Saking penasarannya, akhirnya aku mengikuti akunnya di jejaring Instagram.

Berikut tips untuk mendapatkan pengalaman yang lebih personal dari Kumparan :

  • Unduh aplikasi Kumparan di Playstore
  • Buat akun di Kumparan
  • Atur notifikasi sesuai kebutuhanmu
  • Gabung dengan grup WhatsApp teman kumparan
  • Untuk mendapatkan informasi terupdate seputar Covid-19, akses Pusat Informasi Corona di collective

Di Pusat Informasi Corona ini, kita mendapatkan

1. Berita terupdate terkait Corona


Dari mulai yang positif terinfeksi, kasus sembuh, meninggal semua dikemas dalam data yang akurat dan mudah dipahami.

Pusat informasi Corona Kumparan

Data Terkini Pasien Positif Corona dari Kumparan

2. Bermacam tips menghadapi Corona


Bermacam tips seputar kesehatan, film favorit, berkegiatan di rumah kala physical distancing, dan berita utama dari Pemerintah.

3. Info terkait kegiatan donasi


Bersedekah itu selain menyucikan harta juga membuat kita sebagai pemberi merasakan kebahagiaan tersendiri. Kumparan bekerjasama dengan kitabisa juga mengajak kita berdonasi untuk meringankan mereka yang terdampak. 

4. Kumpulan doa yang bisa diamalkan


Rasa cemas yang muncul akibat pandemi bisa dikurangi dengan melafazkan doa sesuai keyakinan masing-masing tentunya. Kumparan menyediakan kumpulan doa agar terhindar dari wabah dan penyakit.

Lengkap kan informasinya? Aku jadi semakin bahagia mengenal Kumparan, sama seperti slogannya kini aku jadi makin #PercayaKumparan.
Kumparan emang bikin tenang, 

Marathon blog Kumparan

Postingan ini aku ikut sertakan dalam Marathon Blog yang diadakan Kumparan.
#TenangUntukMenang #BerkahNulisDiRumah






25 comments:

  1. Aku yang awalnya ga tahu kumparan itu seperti apa sekarang malah sering mengunjungi portal beritanya. Biasanya aku ke portal berita sebelah.

    ReplyDelete
  2. Saya cukup suka baca berita di kumparan. Baik berita yang hard news maupun yang soft news nya 😊

    ReplyDelete
  3. Tos dulu mbak. Kita samaan. Aku juga seneng baca info dr Kumparan, web dan aplikasinya nyaman bgt. Infonya juga update dan kredibel, bermanfaat bgt buat ngusir rasa khawatir di saat pandemi karena kebanyakan info hoax di grup whatsapp. Hhuhu

    ReplyDelete
  4. aku juga suka baca kumparan, desain atau tampilannya simple jadi ga ganggu mata saat baca, selain itu karena ada menu bahas tentang food sama travelling my favorit aku ehheehhe

    ReplyDelete
  5. paling inget kumparan itu pasti muncul di awal dalam halaman yang disarankan. memang kredibel dan patut dijadikan referensi ya.

    ReplyDelete
  6. wah aku baru tau ternyata kumparan ternyata ada bagian khususnya untuk infirmasi khusus corona ya, jadi kita bisa lebih mudah mengaksesnya

    ReplyDelete
  7. beh. nggak kuat aku kalau ikutin informasi update corona. ngeri ngelihatnya. tapi bagus juga sih sama yang info info cara melindungi diri dari corona. nice app!

    ReplyDelete
  8. Kumparan bikin betah baca berita. Semoga mendapat hasil yang terbaik, ya, Mbak. 🥰

    ReplyDelete
  9. Yg ngga kalah penting di saat seperti ini memang harus punya sumber rujukan yang otentik ya mba. Ga cuma click bait, dan Kumparan salah 1 media yg otentik itu.

    ReplyDelete
  10. Teringat waktu cari bacaan bagus..

    ReplyDelete
  11. Saat pendemi ini, kita memang perlu berhati-hati dengan informasi yang didapatkan. Banyak berita hoax yang tersebaran di grup. Adanya kumparan bikin kita membantu kita mendapatkan informasi yang valid.

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk yg sering baca kumparan, soalnya beritanya selalu up to date dan kredibel, channel Youtubenya juga bagus, pokoknya isinya informatif dan inspiratif. Apalagi di masa pandemi ini, harus pintar-pintar memilih sumber informasi supaya nggak terjebak sama hoax dan berita yang nggak bermutu.

    ReplyDelete
  13. Kumparan ini recomended banget berita dan muatan lainnya. Aku juga sering banget baca informasi terkini dari kumparan 🤩

    ReplyDelete
  14. Di saat pandemik seperti sekarang ini memang sangat diperlukan untuk mencari berita-berita yang terpercaya. Hal ini disebabkan banyaknya beredar berita yang jelas. Alih-alih kita teredukasi, yang ada malah kita terjebak dalam lautan hoax.

    ReplyDelete
  15. Kumparan nih salah satu media referensi berita buat saya, selain Narasi dan beberapa yang lain.

    ReplyDelete
  16. Berita aupdate Corona. Bagus juga niy, Mbak, sbg referensi. Biasanya update ttg corona selama ini sy dapatkan Dr website Kota Bekasi. Jadi spesifik hny utk Kota Bekasi saja, jd tahu Kelurahan tempat saya tinggal masuk zona mana.

    ReplyDelete
  17. Ternyata kumparan juga punya update tentang Covid-19. Dulu ingetnya baca kumparan kalau cari info lifestyle sama artis,

    ReplyDelete
  18. Saya juga sering akses ke kumparan. Cari sesuatu d mesin pencari juga banyak muncul dari website kumparan

    ReplyDelete
  19. Di masa seperti ini berita hoax pun masih dan makin banyak. Yg jauh seperti saya ini suka galau mikirin yg d sana, Mb.
    That's why merasa bersyukur ketika ada portal berita yg gak clickbait tapi beneran memberi informasi dg data akurar.
    Saya pun suka kepoin kumparan bahkan jauh sebelum ada covid

    ReplyDelete
  20. Aku paling sebel kalau ada berita hoax tentang corona di WAG, lebih baik baca di Kumparan yang sudah pasti terpercaya

    ReplyDelete
  21. beberapa hari setelah ditetapkannya Corona di Indonesia itu, saya sempat flu juga, demam dan menggigil, Suami malah sempat godain itu corona, huhuhuh.. parno dong pastinya tapi tetap berpositif thinking bahwa itu flu dan demam biasa, duuh gak kebayang deh anak-anak gimana klo emaknya dikarantina dalam situasi seperti ini, hikss.
    Kumparan ini lengkap banget ya dan up to date pula.

    ReplyDelete
  22. Wah baru tau ada gurp whatsappnya juga
    Dibantu siapa ya Mbak kalau mau masuk grup?

    ReplyDelete
  23. sekarang emang banyak aplikasi yang memebrikan informasi ini, dan baru tahu kalau Kumparan pun ujuga bisa akses info tentang corona ini ya mbak

    ReplyDelete
  24. Memang harus hati-hati dgn banyaknya berita ya mbak. Saya awal Covid-19 juga sempat demam dan flu karena masuk angin. Sempat berpikir macam-macam. Tapi syukurlah demam cuma 3 hari. Setelah itu stabil kembali.

    ReplyDelete
  25. Saya juga sering baca artikel di kumparan, entah itu yang ringan maupun yang cukup berat. Baru tahu tapi kalau ada info khusus Corona di sana hehe

    ReplyDelete

recent posts

Featured post

Belajar Hikmah perjuangan Cinta Hajar, Ismail dan Ibrahim

Dalam Idul Adha, kita bisa mengambil hikmah perjuangan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar bahwa ketaatan pada Allah adalah sumbe...

Popular Posts