Wednesday, June 10, 2020

5 Cara Terbaik Mewujudkan Self Love


5 cara mewujudkan self love

Cobaan yang menerpa kadang membuat iman kita jatuh bangun. Bermacam kesedihan maupun kebahagiaan akan mampu kita lewati dengan Self Love yang kita bangun bersama support system yang mampu membimbing kita jadi lebih kuat dan lebih baik. Lalu bagaimana mewujudkannya?

Nyatanya memang tak mudah hidup dalam lingkup sosial. Ada yang mendukung tetapi ada pula yang kadang justru mencoba menjatuhkan. Kadang keinginan kita untuk maju dan berkembang itu membuat seorang atau sekelompok golongan menjadi dengki dan menyebarkan berbagai rumor. Belum lagi ditambah cibiran yang membuat hati perih mendengarnya. Namun, semua itu bisa kita atasi dengan bermacam cara yang mampu membangkitkan kembali semangat dan keinginan untuk maju.

Jadi sebenarnya self love itu apa sih? Self love adalah perasaan syukur, menerima dan menghargai diri sendiri atas apa yang dimiliki lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada.
Ada yang beranggapan bahwa self love itu semacam memanjakan diri, tapi menurutku self love bukan soal bermanja, narsis atau terlalu PeDe (Percaya Diri) tetapi lebih bagaimana kita menghargai diri dan fokus pada pengembangan diri kita. Apalagi jika kita punya dukungan yang mampu menghangatkan semangat melewati hari.

Penyebab Rendahnya Self Love


Menurutku ada beberapa penyebab kenapa kita kurang bisa mencintai diri sendiri, antara lain

  • Kurang Bersyukur

Perasaan kurang bersyukur itu ibarat kita minum air garam, tak pernah puas dengan apa yang dimiliki. Rasa tersebut hanya akan memicu berbagai hal negatif seperti marah, iri, dengki dan kufur nikmat. Padahal ketika kita legowo, Allah justru melimpahkan nikmat dan kemudahan yang sangat banyak, termasuk kelapangan  rezeki.

  • Tak punya tujuan hidup

Seseorang yang tak punya tujuan hidup yang matang hanya akan mudah limbung ketika cobaan menerpa dan mudah iri melihat orang lain berhasil.

Contoh 1 :

X adalah tetangga Y. Si X diterima di PTN jurusan hukum, karena iri maka jadilah Y masuk di jalur yang sama meskipun bukan minat dan bakatnya. Si X karena usaha dan kecerdasannya menjadi lulusan terbaik dan Y menyesal karena tak mengikuti pasionnya waktu itu. Si Y yang kurang bersemangat pada studi yang bukan minatnya tersebut akhirnya malas melanjutkan skripsi hanya karena dosen pengampunya memintanya revisi berulang-ulang. 

Contoh 2 : Bu Desi adalah seorang ibu rumah tangga dan suaminya bekerja sebagai staf di sebuah instansi. Ia bertetangga dengan bu Fina yang bekerja dan suaminya seorang manager perusahaan multinasional. Karena tuntutan pekerjaan, Bu Fina membeli mobil baru sementara Bu Desi yang iri juga membeli hanya karena melihat bu Fina memiliki. Akhirnya Bu Desi mengalami kesulitan keuangan karena cicilan angsuran mobil yang dibelinya 

  • Mr Yessman

Seseorang yang mengabaikan kepentingan primernya hanya karena merasa sungkan akan mengalami banyak kesulitan membagi prioritas dan akhirnya membuat peran serta tujuan hidupnya kurang maksimal dijalani. Tak semua ajakan selalu diiyakan, fokus pada tujuan dan belajar untuk berkata tidak terhadap hal yang tak penting.

  • Terlalu Perasa

Overthingking terhadap suatu ucapan atau perbuatan orang lain hanya akan menguras energi, membuat hilang fokus dan tidak produktif. Selain itu, kita akan jadi mudah depresi dan insomnia karena memikirkan sesuatu yang terkadang tak bermanfaat. Kritikan seseorang bisa kita jadikan renungan jika memang hal tersebut benar, tetapi berlebihan menganggap sindiran, kritikan dan cibiran orang lain itu hanya akan menjatuhkan mental dan membuat kita takut melangkah.

  • Inner Child

Kenangan buruk yang belum tuntas saat kecil pada sebagian orang akan berakibat rendahnya menghargai diri, minder dan insecure ketika berhadapan dengan orang lain. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah menyelesaikan inner child agar tak menjadi beban dan menghambat pengembangan diri.

                   Inner Child dan Solusinya

  • Sulit Memaafkan

Seseorang yang memiliki sifat sulit memaafkan baik atas kesalahan dirinya maupun orang lain akan sulit mencintai dan menghargai diri sendiri. Memaafkan kesalahan diri maupun orang lain akan meringankan beban dan memudahkan langkah.

5 cara mewujudkan self love


  • Perfeksionis

Tuntutan untuk selalu sempurna itu bagus tapi jika hal tersebut membuat kita berlebihan dalam merespon suatu hal yang ada  akhirnya justru membuat kita kelelahan dan rentan depresi. Tak semua harus berjalan sesempurna mungkin, ada banyak hal di luar kendali yang kadang membuat keinginan kita belum terwujud. Misal, sebagai seorang ibu rumah tangga dengan dua anak kecil dan tanpa asisten, keadaan rumah yang berantakan itu memang tak baik tetapi harapan agar rumah selalu rapi dan bersih tiap saat misalnya akan membuat kita rentan stres, memarahi anak dan kelelahan karena terlalu fokus pada kerapian itu.

Cara Mewujudkan Self Love

Mencintai diri sendiri ternyata ada tehniknya dan cara masing-masing orang berbeda. Berikut beberapa cara yang aku terapkan

1. Miliki Support System


Support System terbaik di dunia itu hanyalah Allah buatku, tetapi tak ada salahnya kan kita juga membagi perasaan dan keluhan kepada seorang yang kita percaya semisal suami. Sebagai seorang yang introvert (tertutup) tentu tak mudah membagi perasaan ke orang lain apalagi jika orang tersebut gemar bercerita. Bisa jadi, aib kita juga diikutsertakan sebagai bahan rumpian kan. Karena suami atau saudara hanyalah faktor luar maka faktor pendukung terbaik yang ada hanyalah diri sendiri. Bagaimana diri bangkit adalah karena kemauan diri untuk berubah dan lepas dari kesedihan. Yakinlah bahwa kita mampu, layak dicintai dan banyak yang menyayangi.

2. Perbanyak Bersyukur


Dengan bersyukur dan menerima segala apa yang diberi dengan lapang justru menambah nikmat yang ada. Contoh mudahnya,  keadaan saat pandemi ini misalnya, banyak yang akhirnya harus bekerja di rumah bahkan dirumahkan. Respon negatif akan memicu keluhan dan menimbulkan stress karena penghasilan berkurang, kehilangan pekerjaan yang akhirnya membuat stress dan depresi. Tetapi jika kita menganggap pandemi ini sebagai tantangan, maka di tengah situasi ini banyak yang justru bisnisnya meluas karena kreatif membuat inovasi atau memanfaatkan masa pandemi untuk memperbaiki diri dan menambah potensi diri.

3. Susun Rencana Hidup


Beberapa orang beranggapan bahwa menyusun rencana hidup itu adalah sesuatu yang sulit diwujudkan karena takut gagal. Buatku bermimpi tinggi itu boleh, bekerja keras iya. Jadi selain merencanakan, kita juga perlu menyusun langkah apa dan bagaimana mencapai mimpi tersebut.

4. Memaafkan


Memaafkan kesalahan diri dan orang lain adalah cara meringankan masalah yang dihadapi. Dengan memperbanyak introspeksi, maka kesalahan yang sama tak akan terulang.


5. Mengakui


Sulitnya mengakui segala kelemahan dan kekurangan serta menuntut diri untuk sempurna menyebabkan kita akan sulit bersyukur dan mencintai diri. Self love akan hadir di tengah perasaan menerima, so be yourself!!

Referensi : Dari berbagai sumber

3 comments:

  1. Kalau untuk saya pribadi, sadar diri hehe.. kadang terlalu ngoyo mengejar sesuatu sampai memaksakan diri dan bikin kita terus tidak puas yaa :(..

    thank sharing nya kak :)

    ReplyDelete
  2. Masya Allah mbak.. tulisan mbak tentang Self love ini mengingatkanku akan rasa syukur pada Allah ya mbak.ingat ucapan guruku tentang, penerimaan keadaan dan terus berjuang sampai datang pertolongan Allah. Terima kasih mbak^^

    ReplyDelete
  3. Dan yang tak kalah penting adalah melakukan hal2 yang disukai oleh diri sendiri.

    ReplyDelete

recent posts

Featured post

Belajar Hikmah perjuangan Cinta Hajar, Ismail dan Ibrahim

Dalam Idul Adha, kita bisa mengambil hikmah perjuangan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar bahwa ketaatan pada Allah adalah sumbe...

Popular Posts