NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Pro dan Kontra Menggunakan Mesin Jahit Mini (Portable)

Bisakah memulai hobi menjahit tanpa perlu mengeluarkan banyak uang? Atau mungkin ada penjahit pemula yang ingin teman-teman bantu untuk mulai belajar menjahit? Banyak orang tidak menyadari bahwa mesin jahit portable alias mesin jahit mini bisa menjadi solusi sempurna ketika mencari mesin jahit pertama atau mesin jahit mini untuk proyek kecil dan sampingan.

mesin jahit mini portabel

Mesin jahit portable sangat cocok untuk penjahit pemula. Kebanyakan orang berpikir mesin jahit ini hanya cocok untuk anak-anak atau tidak akan berfungsi seperti mesin jahit “asli.” Bahkan ada yang beranggapan kalau mesin jahit mini tak seawet mesin jahit  konvensional. Mesin jahit portable sama baiknya dan sebenarnya lebih baik untuk beberapa tugas.

Bagi yang hobi berkreasi dengan kain seperti para pecinta prakarya DIY (Do It Yourself), tentu mesin jahit mini ini bisa dipilih untuk menemani teman-teman mengerjakan proyek sederhana yang ingin diwujudkan untuk memperindah dan mempercantik setiap bagian atau peralatan rumah.

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan mesin jahit mini.

Kelebihan

Jahitan mudah

Mesin jahit mini sangat bagus untuk penjahit pemula. Jika teman-teman sedang mencari mesin jahit pertama untuk menjalankan passion, mesin jahit portable bisa menjadi pilihan terbaik untuk teman-teman. Mesin jahit mini mudah digunakan langsung dari kotaknya. Sebagian besar mesin jahit ini dilengkapi dengan semua kumparan dan jarum yang diperlukan untuk segera mulai menjahit. Kelebihan lain dari mesin jahit mini adalah pemilihan jahitannya yang mudah. Dengan jumlah jahitan yang terbatas, seseorang dapat fokus pada desain keseluruhan.

Ringan

Mesin kecil dan portabel ini didesain untuk membuat jahitan rata yang bagus. Karena ukurannya yang kecil dan ringan, alat ini bisa dibawa ke mana-mana, tidak seperti mesin jahit besar tradisional.

Murah

Mesin jahit mini memiliki sebagian besar fitur mesin jahit full-sized dengan harga yang sangat murah. Ini adalah pilihan ideal untuk menjahit pemula, mesin jahit pertama, dan proyek kecil. Ada banyak pilihan mesin jahit portable di pasaran, dari kisaran harga 150 ribuan sampai jutaan, dari yang manual hingga elektrik. Fitur-fitur modern sudah disematkan, sehingga akan sangat menunjang pekerjaan Anda.

Kekurangan

Lebih lambat

Beberapa perbedaan mencolok antara mesin jahit besar dan mini mungkin karena mesin jahit mini sedikit lebih lambat. Ini sebenarnya ideal untuk penjahit pemula yang sedang belajar, namun tidak cocok jika Anda adalah penjahit profesional yang menerima banyak pesanan jahitan.

Sulit mengerjakan kain tebal

Mesin jahit mini juga mungkin memiliki beberapa kendala saat menjahit dengan kain yang lebih tebal. Seperti kebanyakan mesin jahit, mesin jahit mini harus memiliki ukuran jarum yang tepat sebelum menjahit denim dan kain tebal lainnya. 

Kurang otomatis

Banyak mesin jahit mini tidak memiliki ritsleting otomatis atau fitur lubang kancing. Meskipun ini bukan kelemahan besar, itu agak mempersulit teman-teman untuk menyelesaikan pemasangan ritsleting dan lubang kancing. Hemat waktu Anda dan pastikan Anda menggunakan jarum yang disarankan pabrikan untuk pekerjaan itu. Ini akan sangat mengurangi rasa frustrasi ketika menjahit dan karena Anda harus mengganti jarum yang patah.

Masalah kualitas

Beberapa orang merasa pedal kaki pada mesin jahit mini cenderung seperti mainan dan plastik. Ini mungkin benar, tetapi ini juga bisa bagus untuk penjahit pemula.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mesin jahit portable jelas merupakan mesin jahit terbaik untuk penghobi yang ingin mencoba menjahit. Karena ukurannya yang kecil, ini juga menjadikannya mesin jahit pertama yang bagus untuk anak-anak & dewasa pemula.

Mesin jahit portable sekarang juga sudah banyak yang dilengkapi lampu LED, jadi Anda tidak perlu khawatir. Saat menjahit, pencahayaan yang benar adalah hal wajib. Jika mesin jahit portable Anda tidak dilengkapi dengan lampu LED, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli lampu sendiri yang memiliki penerangan baik.

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005