NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Tips Membeli Motor Secara Kredit : Gunakan Simulasi Kredit Dulu Yuk

Memiliki kendaraan seperti mobil atau sepeda motor merupakan impian ketika seorang sudah menghasilkan pundi-pundi rupiah. Saya rasa, semua orang berkeinginan membeli kendaraan tersebut secara tunai, tetapi bagi yang belum sanggup secara finansial, ada kalanya pilihan untuk membeli secara kredit dengan mencicil angsuran setiap bulan jadi pilihan. Namun, teman-teman perlu cermat dalam memilih membeli motor secara kredit.

tips beli motor kredit

Saya jadi ingat pengalaman seorang teman membeli sepeda motor namun tidak disesuaikan dengan kemampuannya membayar cicilan sehingga setelah menunggak pembayaran sekian bulan, akhirnya motor yang selama ini diidamkan dan telah dipakainya beberapa bulan akhirnya ditarik oleh dealer. 

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya perhatikan  tips membeli motor secara kredit berikut agar hal yang tidak diharapkan seperti gagal bayar, terjadi tunggakan, atau kendaraan ditarik dealer tidak terjadi

Sesuaikan Dengan Kemampuan

Sebelum membeli motor secara kredit, sebaiknya perhatikan kemampuan keuangan teman-teman. Jangan sampai dengan membeli kendaraan bermotor akhirnya justru mempersulit keuangan keluarga. Hitung baik-baik besar pengeluaran dan pendapatan per bulan sehingga teman-teman tidak mengalami kesulitan keuangan ketika berniat mengambil kendaraan secara kredit, terlebih jika kendaraan yang diidamkan membutuhkan dana yang cukup besar. Motor dengan type matic, sport, club maupun bigbike tentu membutuhkan dana yang berbeda satu sama lainnya. 

Jika teman-teman memiliki tanggungan lain yang harus dilunasi seperti cicilan rumah, hitung dengan baik anggaran untuk membeli motor yang diidamkan. Jangan sampai total dari cicilan atau hutang yang dimiliki lebih dari 30% pemasukan karena pada akhirnya akan memangkas pengeluaran pokok yang jauh lebih penting. Misal, dengan gaji 4 juta, maka maksimal cicilan yang ditanggung menurut para pakar adalah sebesar 30% atau sebesar 1,2 juta saja.

Jangan mudah tergiur dengan iklan yang terkadang menyesatkan seperti adanya DP 0 rupiah yang di awal seolah memudahkan tapi akan berubah jadi beban ketika secara finansial belum mampu membayar cicilan yang ditetapkan perbulannya.

Siapkan DP Yang Besar

Sebelum membeli motor, ada baiknya teman-teman siapkan DP yang besar agar memudahkan saat membayar angsuran nantinya. Teman-teman bisa konsultasikan dengan pihak dealer tentang besaran bunga yang akan ditetapkan dengan DP yang akan dibayarkan di awal. Dengan DP yang besar, besaran bunga yang ditetapkan tidak terlalu besar. Rata-rata besaran bunga yang ditetapkan berkisar 1,5% hingga 4%.

simulasi kredit honda

DP atau uang muka yang besar juga akan mempermudah disetujuinya pengajuan kredit ke pihak leasing karena teman-teman dianggap mampu untuk memenuhi kredit dan membayar angsuran yang akan ditetapkan secara tepat waktu. DP yang besar juga meringankan teman-teman karena penentuan tenor atau lamanya waktu untuk mencicil angsuran jadi lebih singkat. Rata-rata DP ideal yang diharapkan pihak leasing agar pengajuan kredit disetujui berkisar 20-40% harga motor.

Gunakan Simulasi Kredit Motor

Simulasi Kredit Motor bertujuan untuk mengetahui besar kemampuan membayar cicilan sekaligus tenor yang ditetapkan. Misal, dengan DP sebesar 5 juta dan gaji UMR 3 juta misalnya, teman-teman akan tahu berapa besaran cicilan  dan lamanya angsuran yang sebaiknya dipilih agar tidak merugikan finansial dan berpengaruh buruk pada keuangan teman-teman. 

Dengan simulasi kredit, teman-teman bisa memperkirakan berapa besar kemampuan mengangsur cicilan dihitung dari pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Apalagi jika kendaraan yang akan dibeli digunakan untuk kepentingan usaha. Tidak ada salahnya jika teman-teman melakukan konsultasi dengan pihak dealer terlebih dahulu untuk mendapatkan perkiraan besar angsuran sesuai dengan motor yang diinginkan agar tidak ada pihak yang dirugikan, baik dealer atau pelanggan. Untuk mengajukan kredit motor seperti scoopy, beat, vario, genio, forza atau kendaraan keluaran Astra lainnya teman-teman bisa berkonsultasi atau menggunakan simulasi kredit yang disediakan oleh website resmi Astra Honda sendiri.

Pihak leasing biasanya menetapkan tenor antara 12 - 36 bulan sehingga dengan simulasi kredit, teman-teman bisa menentukan besaran cicilan dengan mudah.

Untuk mengajukan kredit motor sendiri, teman-teman bisa memilih menggunakan jasa keuangan yang kredibel seperti bank, leasing maupun melalui jasa finance seperti arisan motor yang telah memiliki ijin resmi dari pemerintah.

Semoga informasi diatas bermanfaat ya teman-teman.

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005