Resep Ayam Goreng Dadu Kalasan Kobe Enak dan Mudah

Buat kamu yang cari resep ayam goreng kalasan yang enak dan mudah tanpa air kelapa, ada tips dari kobe agar ayamnya jadi legit dan gurih lho!! simak cara penyajiannya ya teman-teman..

resep ayam kalasan kobe

Bisa dibilang, soal masak-memasak bukanlah hobi saya, emang bisa sih masak namun sekedar menggugurkan kewajiban untuk menyajikan hidangan keluarga, hehe. Meski beberapa teman mengatakan masakan saya enak, tapi memasak tetap bukan favorit meskipun saya doyan makan, hehehe. Karena alasan itulah, saya selalu berusaha menyediakan menu masakan yang praktis dan gampang cara membuatnya mengingat kesibukan sebagai ibu rumah tangga dan pekerjaan freelancer yang kadang menyita waktu.

Soal menyajikan makanan di meja makan, saya berusaha membuat anak-anak dan suami betah dengan apa yang saya masak, masakan yang enak dan menggugah selera bisa mencegah suami dan anak-anak untuk memilih tempat lain untuk jajan. Idep-idep ngirit..kata orang jawa (hitung-hitung berhemat) biar pengeluaran untuk konsumsi jadi nggak membengkak karena sering pesan makan online atau jajan di luar.

Resep Ayam Dadu Kalasan Spesial Ala Kobe 

Nah, di minggu pagi akhir november ini saya baru saja membuat kreasi ayam pakai kobe. Resep kali ini terinspirasi dengan ayam kalasan khas Jogja yang rasanya nikmat, gurih, legit, mmm apalagi ya yang bisa menggambarkan nikmatnya hidangan ini, sebutkan di kolom komentar ya..?

Ternyata olahan ayam pakai kobe yang saya bikin disukai anak dan langsung ludes setelah disajikan. Bahan dan cara membuatnya juga cukup sederhana, kalau ayam kalasan asli biasa menggunakan ayam kampung, kali ini saya menggunakan ayam fillet dari ayam negeri. Resepnya sebagai berikut

Bahan

  • 400 gr ayam fillet
  • 1 bungkus Kobe Bumbu Kalasan
  • 1 buah jeruk nipis
  • Minyak untuk menggoreng
kobe bumbu kalasan
Kobe bumbu kalasan seharga 2000 perak 
image : dokumen pribadi

Cara Membuat

  1. Cuci bersih ayam fillet hingga bersih kemudian potong ukuran 2x2 cm atau sesuai selera. Prefer sih agak gedean soalnya ketika digoreng biasanya ayam akan mengkerut
  2. Kucuri dengan perasan jeruk nipis
  3. Marinasi ayam pakai Kobe Bumbu Kalasan sekitar 10-15 menit.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng hingga matang
  5. Ayam dadu Kobe siap disajikan

Aku sendiri menyajikan menu ayam kalasan Kobe ini bersama lalapan dan sambal terasi yang dimasak setengah matang mirip dengan sambal yang dipakai di warung makan Lamongan. Cara membuat sambal terasi ala Lamongan ini cukup mudah.

Bahan

  • 10 buah Cabe rawit merah
  • 5 siung bawang merah atau sesuai selera
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • Terasi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya, bisa skip misal tidak suka
  • Gula jawa secukupnya
  • Sedikit minyak untuk menggoreng
  • Jeruk nipis jika suka

Cara Membuat

  1. Uleg atau haluskan cabe rawit merah, Iris Tomat
  2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, tomat dan  terasi hingga layu
  3. Angkat dan haluskan dalam cobek bersama cabe tadi, masukkan garam, gula jawa dan penyedap. Teman-teman juga bisa menghaluskannya dengan blender
  4. Sajikan, teman-teman juga bisa menambahkan jeruk nipis jika suka
Endeus disajikan bersama ayam goreng dadu yang saya buat. Ternyata resep ayam kalasan yang aku buat pakai bumbu komplit dari Kobe ini disukai anak-anak dan suami. Kobe bumbu kalasan ini membuat rasa masakan manis, gurih dan berempah. Mirip dengan ayam goreng kalasan yang bumbunya dibuat manual tapi ini versi instannya jadi enggak perlu repot dan ribet terutama untuk teman-teman yang sibuk dan butuh masak cepat saat pagi hari. Rasanya yang pas, membuat makan jadi nambah-nambah, auto gagal ngurangi karbo nih di hari minggu, hehe.

Yang aku suka dari bumbu Kobe kalasan ini selain hemat dan praktis cara membuatnya, bumbu Kobe ini juga tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Teman-teman bisa cek ingredient di belakang kemasan, komposisinya sama dengan rempah-rempah untuk membuat ayam kalasan seperti ketumbar, bawang putih, kunyit, sereh, lengkuas, asam jawa dan bebrapa bumbu penyerta seperti kecap, gula, garam dan penguat rasa. Ketika digunakan untuk melumuri ayam, warnanya natural dan aromanya tidak terlalu tajam (terkadang terlalu banyak bumbu penyedap di dalamnya membuat bumbu marinasi beraroma tajam). 

Satu bungkus bumbu Kobe kalasan seharga 2000 rupiah ini bisa digunakan untuk menyiapkan satu ekor ayam ukuran sedang. Selain bisa dipakai untuk membuat ayam dadu Kobe seperti saya, teman-teman juga bisa gunakan bumbu kalasan ini untuk marinasi ayam bakar atau berkreasi dengan tahu, tempe, telur atau bahan masakan lain. 

ayam goreng dadu kalasan kobe

Warna coklat dan rasa yang dihasilkan dari bumbu Kobe Kalasan ini juga sangat pas. Bikin ayam kelihatan mengkilat dan glow up sehingga makin menggugah selera untuk menikmatinya. 

Tips & Trik Membuat Kreasi Ayam Pakai Kobe

Bisa dibilang, membuat ayam dadu kalasan dari Kobe ini sangat mudah dan bumbunya meresap sempurna meskipun hanya sekitar 10 menit marinasi. Apalagi tekstur ayam filet ini cenderung empuk baik sebelum dan setelah matang. Lalu bagaimana jika ayam yang digunakan memiliki potongan lebih besar?

Bagi teman-teman yang ingin membuat kreasi ayam menggunakan potongan ayam bersama tulangnya, cukup marinasi ayam pakai Kobe bumbu kalasan semalaman. Mama bisa menyiapkan ayamnya terlebih dahulu saat malam lalu masukkan kulkas sehingga tinggal goreng di paginya. 

Seperti bacem ayam atau ayam bumbu kalasan pada umumnya, agar rasanya lebih legit dan gurih, teman-teman juga bisa melumuri ayam dengan bumbu kalasan kemudian tambahkan 100 ml air biasa atau air kelapa untuk mengungkep (merebus hingga airnya habis) kemudian menggorengnya.

Tentang Kobe

Saya pertama kali mengenal Kobe ketika masih SD. Ibu yang kala itu suka bikin ayam goreng membuat kreasi ayam menggunakan tepung bumbu Kobe yang rasanya hingga sekarang masih terbayang enaknya. Sambal terasi yang saya tuliskan di atas merupakan sambal yang biasa ibu saya hidangkan bersama ayam goreng tepung Kobe.

Saya sendiri baru tahu kalau Kobe ini merupakan perintis tepung bumbu di indonesia. Pantas kalau rasanya memang otentik, selalu renyah dan bumbunya pas di lidah. Produk Kobe ternyata bukan hanya tepung bumbu ayam goreng crispy, tapi ada bermacam varian. Mulai dari BonCabe yang berlevel-level pedas dan bermacam varian rasanya, snack makaroni krispi, Mi ramen, saus tiram, berbagai jenis tepung bumbu, breadcrumbs, tepung adonan bakwan, pisang goreng, tempe kriuk, bumbu instan nasi goreng dan bumbu rempah. Bahkan Kobe juga meliris minuman bubuk yang biasa digunakan kafe untuk membuat minuman kekinian.

ayam dadu kalasan kobe
enak dan gampang lagi cara bikinnya
image : dokumen pribasi

Yang bikin saya terkejut, Kobe ini merupakan produk asli Indonesia meskipun namanya seperti nama kota di Jepang. Berdiri di tahun 1979, Kobe mengawali debutnya sebagai home industry di Semarang hingga akhirnya sebesar sekarang. Nama Kobe sendiri merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak, unik kan namannya?

Buat teman-teman yang penasaran apa saja produk Kobe yang perlu dicoba beserta tips dan resep-resep masakan lengkap di dalamnya, silahkan kunjungi website Kobe berikut ya

Official Website Dapur Kobe

IG/FB/Tiktok/Twitter  : @dapurkobe

Saya jadi penasaran nih, siapa yang suka bikin resep masakan menggunakan Kobe juga? Semoga resep ayam goreng kalasan Kobe yang saya bagikan di atas bermanfaat ya teman-teman. Jangan lupa share jika resep ayam goreng kalasan yang aku bagikan di atas bermanfaat buat kamu.

Intip juga

Mie pedas instan Boncabe


Next Post Previous Post
7 Comments
  • Ipeh
    Ipeh 29 November 2021 12.21

    Wah ada tepung baru dari Kobe ya. Aku selama ini udah cocok banget sama tepung kobe karena krispi dan udah ada rasanya. Tepung ayamnya juga cocok buat baluran tempe. Nah kayanya mau coba nih tepung kalasannya

  • nurul rahma
    nurul rahma 1 Desember 2021 05.57

    Wahhh, enak nih kalo produk dari KObe jaminan bikin masakan super yummyyy
    pengin recook juga jadinya akuuu
    kapan2 mau coba ahhhh

  • Turis Cantik
    Turis Cantik 1 Desember 2021 19.45

    Aku juga kebetulan suka ayam kalasan, tapi kalau beli terus bisa berat diongkos heheheh. Skrng enak neh tinggal cemplang cemplung beres krn ada bumbunya.

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 1 Desember 2021 22.25

    Yummyyyy.....
    Saya selalu pakai Kobe, tapi belum pernah nyobain bumbu kalasan
    jadi pinginnnn
    besok beli ah,
    komposisi bumbu Kobe emang juara, mungkin karena itu jadi brand terlama dan terpercaya

  • Kim | Maota Blogger Bukittinggi
    Kim | Maota Blogger Bukittinggi 2 Desember 2021 13.05

    Waw ini keren, semoga aja bisa ditemukan toko terdekat di rumah aku.

  • Untari
    Untari 3 Desember 2021 22.45

    iya kobe memang sudah pengalaman jualan produk yang memudahkan ibu-ibu memasak. Tepungnya yang tepung bumbu ayam goreng putih juga enak lho selain kalasan ini

  • Bowo Susilo
    Bowo Susilo 7 Desember 2021 02.26

    Ayam Goreng Kalasan salah satu menu favorit aku nih kak hehe. Boleh nih kapan-kapan bikin sendiri. Makasih sudah berbagi resepnya kak😊

Add Comment
comment url