Rekomendasi Komunitas Blogger untuk Pemula

Buat blogger pemula yang ingin belajar menulis, berinteraksi sekaligus sharing soal blogging, ada beberapa komunitas yang bisa kalian pilih untuk tempat belajar. Apa saja komunitas itu?

komunitas blogger untuk pemula

Heho teman-teman,

Postingan ini aku dedikasikan untuk teman-teman di Squad Blogger ODOP yang telah rela berbagi waktu, ilmu, candaan dengan segala kelucuan dan keluguannya, hehe apalagi bang Zen yang suka bagi koding yang banyak gak kita pahami, haha. 

Aku mengenal blogging sejak jaman kuliah, di tahun 2006 pertama kalinya aku ikut kelas menulis blog di D3 TI fakultasku karena ajakan seorang teman mengajiku, hehe. Dari pengalaman itu, aku berkenalan dengan blogspot, WordPress, multiply dan sosial media seperti friendster hingga fecebook yang sekarang umum digunakan.

Sayangnya, aku tak cukup konsisten belajar. Aku mulai membuat blog lagi ketika berkeinginan membuat sebuah toko online namun akhirnya juga mangkrak. Seperti dipaksa, di tahun 2012 aku mulai membuat blog untuk klinik tempat aku bekerja. Aku sempat belajar soal webmaster google pada seorang teman juga. Namun selepas dari klinik, kebiasaan blogingku berhenti.

Memang ya, biar bisa konsisten butuh teman yang sepemikiran untuk diajak berdiskusi soal blogging.  Di tahun 2018, ketika mengenal Ibu Profesional dan teman-teman dengan segala rupa kesibukannya, aku mendapat jalan terang menuju dunia blog. Ya, aku bergabung di beberapa komunitas blog. Semenak bergabung di komunitas, banyak manfaat yang aku rasakan. Manfaat bergabung di komunitas blog yang aku rasakan sangat banyak, mulai dari pertemanan, penghasilan dari blog hingga bermacam kegiatan belajar, webinar dan lomba blog bisa ikuti. 

Berikut beberapa komunitas blog yang bisa teman-teman ikuti.

1. Komunitas One Day One Post (ODOP)

Kalau kamu suka nulis sekaligus suka ngeblog, ODOP punya grup belajar bernama Squad Blogger ODOP dimana grup belajar tersebut akan mengajak kamu berkembang bersama-sama dari dasar banget. Yang belum paham soal blog dan cara mengaturnya sekaligus nulis yang baik, belajarlah di ODOP ini ya. Aku bersyukur bisa bergabung di Komunitas One Day One Post ini, selain karena membantuku terapi menulis melalui One Day One Post, ternyata aku berhasil memonetisasi blog karena semangat belajar bareng teman-teman disini. 

Ada materi SEO buat naikin trafik kalian, naikin DA PA dan DR,  juga beragam tantangan menulis guyss.. Buat kalian yang ingin bergabung dalam squad, silahkan pantengin waktu pendaftarannya dan daftarkan diri kalian melalui Instagram ODOP  di @komunitas.odop ya gaess

Komunitas ODOP sendiri merupakan wadah para penulis baik yang menulis buku, bloger, maupun mereka yang menulis di media cetak. Ada banyak kelas menulis seru yang diadakan tiap kelas dan seasonnya mulai dari menulis cerpen, feature, menuliskan biografi, puisi, novel, maupun essay. Hasil akhirnya, kalian bisa update blog, nulis di media bahkan banyak teman-teman yang telah berhasil membuat antologi.

2. Komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN)

Siapa bilang ibu-ibu tugasnya cuma di dapur? Ibu-ibu ternyata bisa berdaya dan menginspirasi lewat tulisan lho.

Komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis adalah komunitas penulis perempuan yang menulis dalam berbagai media baik buku maupun blog. Sama dengan ODOP, bedanya pesertanya semuanya adalah perempuan. Komunitas ini sering mengadakan event seru tentang blog, baik untuk yang pemula maupun yang sudah ahli.  

Jika kalian pengen gabung, bisa cek IG @ibuibudoyannulis dan Facebook Ibu Ibu Doyan Nulis Interaktif ya. Jika teman-teman ingin belajar menulis dari nol, belajar menulis review kece baik untuk IG feed maupun blog, dan menulis buku antologi maupun buku kalian sendiri maka IIDN bisa jadi pilihan untuk menuntut ilmu gengs..

IIDN juga sering bikin event nulis bareng, webinar, maupun membagikan informasi terkait blogging dan kepenulisan.

3. Blogger Perempuan

Komunitas blogger yang beranggotakan perempuan dengan logo berwarna pink fanta ini sering mengadakan event seru termasuk lomba blog dan challenge menulis. Jika kalian suka menulis, jangan lupa share postingan kalian di websitenya juga ya, atau ikutan subscribe email-nya karena akan ada info-info seru yang bisa kalian dapatkan seperti update tulisan, info kelas maupun info job.

Seneng banget rasanya waktu aku berhasil memenangkan event 30 hari menulis ramadhan tahun 2020 kemarin. Oiya, di BP ini, ada grup telegram yang bisa kalian ikuti sesuai niche blog kalian! Kalian juga bisa temukan websitenya dengan nama yang sama. Cek terus postingan IG atau subcribe website-nya agar kamu bisa dapat update info seru seputar dunia blog.

Kamu yang concern soal lingkungan, sustainability rasanya akan tepat jika bergabung di Blogger Perempuan.

4. Kumpulan Emak Blogger (KEB)

Didirikan oleh founder Mak Mira Sahid dan mak Injul tahun 2012. Berlogo hijau toska, kumpulan emak blogger ternyata tak hanya emak-emak saja isinya, tapi juga banyak yang masih singlenya. Kalian  bisa share postingan terbaru kalian di Facebook nya sesuai dengan tema yang ditentukan setiap harinya. Misal jika kalian ingin bisa posting link artikel blog rekan-rekan tentang make up atau skincare di Facebook KEB, maka postinglah di hati Selasa karena di hari tersebut tersemat tema beauty

O iya, buat emak yang suka ikut event Pemerintah seperti literasi digital yang diadakan MPR, Kemendikbud, KEB akan sering infokan eventnya di grup Whatsapp.

5. Blogger Crony

Mba Wawa Raji dan mas Satto Raji adalah founder blogger Crony. Berpusat di Jakarta, sebelum pandemi blogger Crony sering mengadakan kopdar nasional dengan beragam acara seru tentunya yang biasa dikenal sebagai Bloggerday. 

Tiap hari akan ada jadwal seru untuk blog walking, iG walking, mutualan Twitter dan masih banyak lagi. Ada grup WhatsAppnya juga, sehingga memudahkan komunikasi ketika ada info terkait blogging atau kegiatan lain. Beberapa admin yang namanya cukup hits di Blogger Crony antara lain ada mba Yayat dan kak Bowo.

6. Mom Blogger Community (MBC)

Didirikan oleh mba Amel ( Amalia Sarah) di Jakarta yang kemudian diteruskan estafetnya oleh mba Yanti Alif dan mba Icha Faizah, ada beragam aktivitas kece yang teman-teman bisa ikuti terutama bagi yang sudah tergabung dalam grup WhatsApp ya.

Tiap hari selain weekend ada kegiatan untuk Instagram walking maupun blogwalking dimana masing-masing dari kita yang ikut ngelist saling berkunjung ke blog ataupun di sosial media.

7. Indonesia Sosial Blogggerpreneur (ISB)

Digawangi oleh teh Ani Berta, seorang akuntan, content writer yang juga blogger dan aktif menulis dalam tema wanita di web female digest nya. Teh Ani sering membagikan tips ngeblog dan branding-nya dalam story instagramnya. Komunitas ISB ini juga sering mengadakan kegiatan seru seputar blogging dan kalian bisa follow IG maupun FB grupnya. Rasanya teh Ani ini brandingnya kuat soal blogger perempuan berdaya yang banyak mengispirasi perempuan-perempuan di Indonesia. 

Admin-admin yang super kocak seperti mas Ardan, kak Adhe Albian, teh Liswanto Pertiwi ikut menambah keseruan belajar dan berdiskusi soal blog di komunitas ini. 

8. Indonesian Hijab Blogger (IHB)

Bagi teman-teman blogger muslimah yang ingin berdiskusi soal beauty atau banyak hal dan mengikuti kajian islami, tak ada salahnya bergabung dalam Indonesian Hijab Blogger. Teman-teman bisa bergabung dan mendaftarkan diri melalui link yang tersedia di akun Instagramnya ya, yaitu  @ihblogger . Dari follow instagram, teman-teman juga akan mendapat tips seputar blogging dan kegiatan islami lain. 

9. Warung Blogger

Warung Blogger merupakan salah satu perintis grup blogger sejak komunitas-komunitas blog bermunculan. Teman-teman bisa bergabung melalui Facebook atau Twitter. Karena kegiatan maupun sharing sering kak Mimin lakukan di twitter. Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui websitenya atau link yang sering dibagikan di Twitternya.

10. Estrilook Community

Foundernya mbak Muyasssaroh Zuhri, seorang penulis buku dan ilustrator yang produktif menghasilkan karya. Lagi-lagi meski tak menutup kemungkinan blogwalking juga diikuti blogger pria yang diadakan tiap hari senin, tetapi di grup WhatsApp berisi member wanita. Tetapi akhir-akhir ini mba Muyass jarang apdet grup Estrilook lagi karena kesibukannya menjadi ilustrator sekaligus penulis buku anak.

11. Komunitas Sahabat Blogger

Diketuai oleh Bu Sumiyati, seorang blogger kawakan yang telah malang melintang di dunia blogging. Komunitas ini sering membagikan kegiatan blognya melalui Instagram @ksb.or.id dan Facebook Komunitas Sahabat Blogger

12. Komunitas SEO Mom

Didirikan karena kebaikan hati mas Qbenk (M Sahlan) dan mba Sari Widiarti dengan misi tulus untuk mengangkat kualitas para mom blogger dari segi pemahaman SEO sehingga bisa sejajar dengan para pejuang lomba SEO yang didominasi kaum laki-laki.

Di komunitas ini, para moms akan diajak untuk mengenal istilah SEO secara lebih luas. Kita ( emak-emak khususnya dan para embak-embak) akan dibantu untuk optimasi blog baik secara offpage maupun onpage. Hal ini dilakukan dengan tujuan jangka panjang menaikkan kualitas blog dari segi DA/PA maupun trafik pengunjung blog. Terbukti di awal tahun 2021 ini beberapa member SEO Mom menang dalam persaingan lomba SEO.

13. 1 Minggu 1 Cerita

Bagi kalian yang belum bisa konsisten menulis blog, bergabung dengan Komunitas 1m1c bisa jadi solusi terbaik karena ada challenge menulis dengan tema penulisan yang dibagikan satu kali tiap bulannya. Selain itu, teman-teman akan dituntun untuk aktif menulis dengan kewajiban minimal satu kali seminggu menulis di blog dan mendaftarkan url artikel (setor link postingan) dalam  web. 

Apabila dalam 6x kesempatan teman-teman tidak setor link, jangan kaget akan diremove dari grup WhatsApp ya. Oiya, setelah posting, kita diperkenankan congkak, pamer tulisan teman-teman agar artikel teman-teman bisa dibaca anggota komunitas.

14. Bloggerhub

Buat teman-teman yang hobi mengikuti zoominar, bloggerhub tiap bulan membagikan kelas gratis dan berhadiah ya mengenai berbagai ilmu tentang blog, mulai dari kelas SEO, meningkatkan kualitas tulisan, memaksimalkan sosial media dan beragam kegiatan seperti saling kunjung blog atau Instagram.

Buatku yang bergabung di banyak komunitas, bahkan juga di komunitas blogger daerah seperti Gandjelrel, komunitas memang begitu memberiku manfaat. Mulai dari ilmu blogging, pertemanan, tempat curhat, dan beragam manfaat termasuk job dan hadiah, hehe.

Di Squad Blogger ODOP, aku gak hanya dapat ilmu, DA/PA naik, tapi lebih dari itu. So makasih banget buat teman-teman Squad yang telah membimbing selama ini,

Bang Zen, mba Ciani, mba Jihan, mba Marita, mba Maria, mba Nuha, mba Atiqoh, mba Cinantya, mba Renita, mas Baim, mba Maftuha, mba Asih, mba Rindang, mba Desi, dan mba  Lulu. Love u all, semoga Squad Blogger ODOP tetep berlanjut jadi ruang belajar Yaa. Salaam

Next Post Previous Post
3 Comments
  • Mas Prim
    Mas Prim 17 Januari 2021 pukul 20.34

    Mostly khusus perempuan dan ibu-ibu ya. Dari semua komunitas ini, cuma Warung Blogger & Blogger Crony yang saya join.

  • <a href="https://www.seribupena.com/2022/11/tips-career-switch-terbaru.html" rel="nofollow">Career Switch</a>
    Career Switch 27 Juli 2021 pukul 23.23

    Blogger sepertinya dikuasai perempuan. Komunitasnya banyak daripada bapak-bapak. Tak jarang mereka kmenjadi blogger solo, alias kesepian. Wkwkwkw....

  • Serendipity
    Serendipity 22 Juli 2022 pukul 11.12

    halo mbak Priyani, terimakasih tulisan nya sangat bermanfaat untuk saya yang baru ingin jadi blogger. berkat tulisannya mbak Priyani saya jadi tau apa itu niche dan bagaimana menentukannya. semoga sehat selalu mbak

Add Comment
comment url