Blogger Tak Cuma Bisa Menulis, Perlunya Kemampuan Branding

Pekerjaan blogger kalau gak menulis apalagi dong? Ya, jadi blogger itu harusnya tak cuma bisa menulis tapi juga menginspirasi.

Blogger bisa menulis dan branding diri


Branding Diri Lewat Menulis

Wah, apalagi ini? Yup, menulis itu tak sekedar menulis apa adanya seperti yang aku tuliskan saat ini. Menulis harus punya nilai sebagai branding diri, sumber inspirasi. 

Dari menulis blog, orang membaca tulisan kita dan mengenal siapa kita. Dari tutur bahasa dan apa yang kita sampaikan, orang menjadi paham tujuan kita menulis. Menjadi seorang blogger memang berat, apalagi jika di balik tulisan-tulisan itu ada mimpi terselip. 

Harapanku untuk Squad Blogger ODOP gak banyak kok, karena sudah berhasil membuat kami yang di dalamnya mendapat lecutan semangat, berbarengan dan bergandengan menaikkan DA/PA dan trafik blog serta merutinkan kebiasaan menulis. Lebih dari itu, pengen banget sih kita diajarin membranding diri lewat tulisan, agar punya karakter, ciri khas,tulisan  kita menginspirasi dan bermanfaat untuk semua orang. Bukan sekedar menulis untuk menghasilkan cuan saja.

Eh tapi caranya gimana?

Nanti semoga bisa kita rembug bareng yuk, siapa tau ada hari khusus untuk membahas KBBI, sinonim, Antonim atau hal lain yang berhubungan dengan literasi. Atau membranding blog kita agar makin otentik, hehe. 

Ide Meningkatkan Skill Blogger

Jadi ada ide nih gimana cara meningkatkan skill blogger, siapa tau tulisanku ini jadi program kerja Squad Blogger ODOP kedepannya, hehe

1. Blog walking khusus Squad

Selain untuk membuat backlink no follow, blog walking juga bisa memperkaya kosakata dan ide Blogger untuk membuat konten. Jadi sepertinya blog walking atau berkunjung ke postingan blog sesama Squad bisa nih dilakukan.

2. Saling share postingan

Selain menaikkan trafik teman sesama squad, hal ini juga berguna bagi kita untuk meningkatkan engagement sosial media kok.

3. Bedah Postingan Bergilir

Dengan membedah postingan rekan kita, berarti teman sesama squad bisa saling memeriksa dan memperbaiki penulisan postingan blog.

4. Sharing ilmu antar Squad terjadwal

Bisa sharing ilmu tentang apa saja seperti membuat infografis yang baik, membuat konten blog yang bagus, riset keyword dan bahan tulisan mana yang tepat, menulis sesuai kaidah SEO, menulis sesuai KBBI dan yang lainnya. Karena bagaimanapun konten itu tetap yang utama, jadi mau gak mau blogger juga butuh tempat belajar memperbaiki konten tulisan juga nih.

Nah, itu tadi harapanku terhadap Squad Blogger ODOP. Menurut teman-teman gimana?



Next Post Previous Post
2 Comments
  • Mas Prim
    Mas Prim 17 Januari 2021 pukul 20.32

    2 questions mbak:
    - Squad ODOP itu apa ya? Semacam komunitas blogging gitu kah?
    - Backlink no follow itu apa sih? Trus apa hubungannya sama BW?

    Thanks.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 21 Januari 2021 pukul 20.34

      Halo Mas Prima, ODOP itu singkatan dari One Day One Post, sebuah komunitas menulis yang bisa diikuti melalui instagram atau blognya. Sering mengadakan challenge dan kelas menulis. Pendaftaran komunitas ini gratis tapi waktunya tertentu dan di komunitas ini kita bisa memilih fokusnya kemana, misal sebagai penulis buku, blogger atau penulis di media. Jadi squad blogger ODOP itu dikhususkan bagi anggota komunitas yang minatnya di blog.
      Agar blog kita dipercaya google dan ramah mesin pencari, diperlukan optimasi blog baik on page atau off pagenya. Salah satunya caranya dengan membuat link ke arah blog kita (backlink internal) maupun keluar (backlink external). Ketika melakukan blogwalking, backlink yang kita peroleh biasanya no follow. Artinya mesin pencari mengabaikan link yang tertanam di komentar kita. blogwalking ini tetap bermanfaat buat SEO baik bagi pemilik artikel maupun bagi kita yang berkomentar

Add Comment
comment url