Cara Memperoleh Penghasilan Dari Blog

Di tahun 2019 saya mendapatkan penghasilan pertama saya dari blog, padahal ketika itu blog saya belum TLD ( Top Level Domain). Sempat nggak nyangka ternyata dari blog bisa cuan, karena niat awal membuat blog itu untuk mencari kesibukan di rumah dan media untuk bercerita sekaligus menantang diri untuk mempelajari banyak hal baru. Beberapa kali teman-teman yang mampir ke blog saya menanyakan via whatsapp, kok bisa sih dapat peghasilan dari blog. Ternyata dari blog itu banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Blogger biasanya menuangkan hasil pikiran, ide, gagasan atau opininya melalui platform. Platform menulisnya bermacam-macam. Bisa melalui domain gratis atau berbayar yang disediakan blogger.com, WordPress.com atau juga WordPress.org. Bisa juga melalui platform UGC seperti kompasiana, detik, kumparan, hipwee, medium. 

Pekerjaan blogger ini termasuk fleksibel. Ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan full time, tetapi ada pula yang hanya menjadikannya sebagai hobi. Untuk menjadi blogger profesioma;, mungkin kebutuhan belajar seperti SEO copywriting, fotografi, infografis, pembuatan vlog, bahasa pemrograman dasar, dan kemampuan membangun jejaring kalian perlukan.

Oiya, mampir juga kesini ya!

Manfaat Blog

pekerjaan blog bisa dilakukan kapanpun dimanapun

Banyak sekali privilege yang didapatkan ketika menjadi seorang blogger, apalagi jika branding sebagai blogger profesional sudah dikantongi. Tak jarang, teman-teman blogger banyak yang diundang sebagai pembicara di instansi pemerintah atau swasta, ditunjuk sebagai juri, diundang Google, perusahaan atau instansi pemerintah untuk meliput, mendapatkan produk gratis dari brand ternama, hingga mendapatkan penghasilan melalui review produk maupun dari Google Adsense.  

Sumber penghasilan seorang blogger ternyata bukan hanya berasal dari Adsense, tapi dari banyak hal. Buat kamu yang tertarik mendapatkan penghasilan dari blog, berikut langkah-langkahnya!

1. Membuat Blog

Untuk menghasilkan cuan dari tulisan, ada banyak media yang bisa kamu manfaatkan seperti buku, platform kepenulisan, UGC seperti Kompasiana, Kumparan, Mojok.co, Hipwee, dan The Asian Parent. Namun jika kamu ingin mengelolanya lebih personal, maka blog bisa jadi pilihan tepat untuk menghasilkan rupiah.

Untuk menghasilkan uang dari blog, teman-teman perlu menentukan Niche atau tema blog, membuat blog dan mengatur blog teman-teman agar nyaman dikunjungi. Bagi developer, mungkin bisa dibilang UI/UX nya kudu oke. Atau gampangnya, navigasi blog memudahkan pengunjung blog mengunjungi satu halaman dengan halaman lain, punya loading yang cepat dan tampilannya menarik.

Untuk mengecek apakah blog kamu punya performa yang baik, silahkan kunjungi link berikut >> https://pagespeed.web.dev/ . Setelah mengetahui performanya, langkah selanjutnya adalah memperbaiki script html atau ukuran image dalam blog yang memperberat loading suatu page.

2. Memasang GA4 dan GSC

Untuk mengetahui parameter SEO blog kamu, daftarkan dulu blog kamu di webmaster Google atau Google Search Console dan tautkan dengan Google Analytic. Google Analytic 4 akan membantumu menghitung jumlah visitor, halaman yang dikunjungi serta parameter lain seperti demografi audiens yang meliputi usia, gender, minat, lokasi pengunjung dan halaman mana saja yang memiliki performa terbaik. Dengan demikian kamu akan mudah menentukan tulisan seperti apa yang diminati visitor blog milikmu. 

Google Search Console akan membantu mengkalkulasi keyword atau kueri seperti apa yang mereka cari di blog, performanya di mesin pencari dan besar presentase tampilan dan kunjungan blog. Selain itu GSC juga membantu kamu menganalisis halaman mana saja yang loadingnya lamban dan perlu dioptimasi. Dengan demikian, kamu bisa mengoptimalkan tulisan dengan kata kunci atau topik yang menarik audiens untuk berkunjung ke blog kamu.

3. Menulis sesuai kaidah SEO

Sekarang google makin pintar, menulis sesuai kaidah SEO bukanlah dengan memperbanyak jumlah keyword yang banyak dicari orang (keyword stuffing) tetapi menulis dengan mengedepankan apa yang dibutuhkan user melalui tulisan kita. Meski begitu, ada baiknya buatlah tulisan yang mengandung minimal 500 kata dengan gaya bahasa yang mudah dipahami serta isian yang padat dan jelas.

Sebelum menulis, lakukan riset Keyword terlebih dahulu, bisa melalui Google search atau web seperti >> https://neilpatel.com/ubersuggest/ 

Pilih query dengan volume yang tinggi namun tingkat persaingan yang rendah. Kalau kamu masih pemula, pilih volume yang kurang dari 1000 dan tingkat persaingan kurang dari 50%. Lengkapi tulisan kamu dengan infografis yang menarik dan informatif. Karena terkadang, trafik datang dari infografik atau image yang tersemat pada halaman blog kita.Gunakan pula konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dalam tulisan.

4. Monetasi Blog

sumber penghasilan seorang blogger
Mana kira-kira cara monetasi yang tepat yang ingin kamu pilih?

Pilih cara monetasi blog yang pas buat blog kamu, beberapa pilihan menggunakan blog untuk monetasi seperti

  • Menggunakan blog untuk transaksi jual beli, misal : Menjual printable image, tutorial atau barang melalui blog
  • Mencari cuan dengan memasang iklan seperti Adsense atau platform lain
  • Afiliasi, Menerima pendapatan dari hasil penjualan produk yang rujukannyaberasal dari blog kita
  • Lomba Blog, Dengan mengikuti banyak kompetisi blog
  • Paid Patnership, Kerjasama untuk mengenalkan brand melalui postingan yang kita buat
  • Review atau endorsement produk
  • Content Placement
  • Membuka kelas blogging atau menjadi pembicara
  • Menjadi juri lomba blog
  • Menjadikan blog sebagai portofolio
Agar memperoleh penghasilan dari iklan yang akan tayang di blog kamu, daftarkan blog kamu di Google Adsense. Agar lolos Adsense, perhatikan jumlah tulisan yang sudah tayang di blog kamu serta banyaknya pageviews/PV, yaitu banyak jumlah kunjungan halaman dalam blog kamu per harinya. Jumlah PV ini bisa kalian cek melalui Google Analytic Yaa.. 

Atau jika kamu tertarik menjadikan blog kamu rujukan atau referensi (backlink) bisa banget mendaftarkan blog kamu melalui platform seperti seedbacklink, hiip, sosiago,  Magnetise, Rajabacklink, Intellinfluence, atau buat CV kamu di platform seperti projects.co.id, sribulancer, fastwork atau sociabuzz.

Jika kamu memang suka menulis dan suka berkompetisi, langkah mengikuti lomba blog bisa kalian pilih. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, banyak brand yang mengadakan lomba blog sebagai sarana pemasaran atau mengenalkan produk mereka lebih jauh ke masyarakat.

5. Share Tulisan Kamu Melalui Sosial Media

 Job dari blog yang pertama kali saya dapatkan adalah berupa paid partnership. Yaitu menulis topik mengenai tema yang sedang dilombakan suatu instansi pemerintah. Saya dapat tawaran ini karena sering share tulisan saya di grup Facebook komunitas blog dan melakukan blog walking. Padahal bisa dibilang, trafik perhari tulisan ketika itu masih sangat kecil dan sebagian besar trafiknya berasal dari blog walking tersebut.

Beberapa kali juga banyak audiens menemukan tulisan saya via feed dan story IG atau dari Twitter dan Facebook. Beberapa audiens bahkan berkonsultasi soal apa yang dialaminya karena menemukan tulisan yang saya share di sosial media.

6. Maksimalkan Blog

Maksimalkan jumlah PV dan UV, rasio klik (CTR) jika kamu ingin mendapatkan penghasilan utamanya dari iklan atau Adsense. 

Penuhi pula beberapa syarat yang ditetapkan oleh brand seperti Skor DA/PA, DR, organic view dari Ahrefs, jumlah engagement dari banyak komentar yang masuk di tulisan kamu jika ingin bekerjasama dengan perusahaan.

Skor DA/PA, dan DR biasanya diperoleh karena ada website atau blog atau sosial media yang mereferensikan tulisan kita di halaman mereka. Untuk mendapatkan skor DA/PA yang tinggi, teman-teman bisa melakukan guest post, share tulisan di sosmed, hingga menulis di platform lain dan menyematkan link blog kita di tulisan tersebut. Terkadang, tulisan dari blog kita otomatis mendapatkan link karena ada yang melakukan share link. Tulisan yang dirasa bermanfaat, biasanya akan dishare audiens melalui sosial media mereka dan ini menguntungkan untuk blog kita.

7. Lakukan Audit Blog Secara Berkala

Terkadang, query tertentu menjadi sangat populer atau trending tetapi terkadang juga tidak. Posisi rangking pertama di mesin pencari belum tentu mendatangkan trafik dan impresi yang tinggi ke blog kita.

Untuk mendapatkan CTR sesuai dengan yang diharapkan, teman-teman bisa melakukan audit. Bisa dengan memaksimalkan ukuran image, mengganti atau merubah alt image yang sesuai dengan gambar dan tema tulisan kita, merubah copywriting dan CTA yang menarik, hingga mengganti meta description postingan agar menarik untuk di klik.

Nah, semoga apa yang saya tuliskan mengenai cara menghasilkan uang dari blog membantu kalian mendapatkan cuan ya!. Jika kalian suka dengan tipsnya, jangan lupa share tulisan ini ke sosial media kalian ya!.

Selamat belajar ngeblog teman-teman!!

Next Post Previous Post
1 Comments
  • kaladianraharja
    kaladianraharja 2 Desember 2022 pukul 15.47

    terima kasih tipsnya. Saya baru memulai monetisasi lewat adsense dan sedang mengembangkan blog saya.

Add Comment
comment url