Agar Artikel Searchable Kebiasaan Kecil Ini Sebaiknya Blogger Lakukan

Karena keterbatasan waktu atau mendekati deadline terkadang kita melupakan beberapa hal saat posting artikel. Akibatnya, artikel tidak teroptimasi sempurna, kenyamanan pembaca artikel kita berkurang, tidak tersampaikannya CTA dengan baik dan presentase CTR rendah dan bahkan terkadang tidak terindeks dengan baik di mesin pencari. 

kebiasaan kecil blogger agar artikel seo friendly

Agar artikel yang kita posting lebih searchable, berikut beberapa ceklist kebiasaan kecil yang perlu blogger lakukan sebelum posting artikel agar hasilnya lebih maksimal.

1. Cek Meta Description Artikel

Untuk pengguna blogger maupun WP, meta description ini biasanya muncul di deskripsi postingan yang muncul di pencarian. Tetapi terkadang, Google juga memilih sendiri deskripsi yang menurutnya layak ditampilkan di mesin pencari. Berikut cuplikan contohnya :

contoh meta description yang dipilih google
Contoh meta description yang dipilih Google. Rangking pertama di KW ini justru berupa postingan listicle. Silahkan di cek dengan KW yang sama ya

Kalau teman-teman membaca isi deskripsi yang muncul pada image di atas, bisa ditebak bahwa Google mengambil kalimat tertentu dalam artikel yang menurutnya relevan dengan kata kunci yang dicari audiens. Meta description ini bermanfaat untuk membantu audiens menemukan artikel yang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Meta description sebaiknya tidak lebih dari 150 karakter, berisi CTA (Call To Action) atau ajakan untuk klik artikel, isinya mewakili isi keseluruhan artikel dan mengandung keyword yang dibidik dalam mesin pencari.

2. Cek Title Image dan Alt Image

Sebelum posting, ada baiknya pastikan juga image yang akan diupload. Agar loading halaman kamu cepat, usahakan imagenya berukuran kurang dari 100 KB dan gunakan format image yang ringan seperti .jpg , .jpeg, atau WebP. Agar searchable, gunakan title image yang sesuai. Jika gambar atau grafis yang ada dalam image tersebut bergambar sate ayam, maka kamu bisa ganti namanya yang semula 3247284521.jpg dengan sate-ayam.jpg . 

Bubuhkan pula alt image dan title image sesuai muatan gambarnya. Misal, gambar sate-ayam-madura.jpg yang memuat gambar sate ayam tadi bisa kamu tuliskan " sate ayam khas Madura dan sambal kacangnya" dan titlenya bisa diisi dengan sate Ayam Madura. Ada baiknya, isi pula deskripsi image yang letaknya di bawah image dengan isian yang mewakili isi tulisan dan gambar. 

3. Pastikan Permalink Artikel Sudah SEO Friendly

Salah satu penyebab Bounce Rate tinggi selain isi artikel yang tidak sesuai dengan judul, terkadang juga dipengaruhi oleh permalink atau permanent link. Permalink ini membantu visitor mengetahui perkiraan isi artikel yang mereka cari sebelum akhirnya diklik. Permalink yang baik sebaiknya :
  • Mengandung 2-3 suku kata yang mewakili keseluruhan isi artikel
  • Sebaiknya ditulis dalam huruf kecil dan dipisahkan oleh tanda (-) apabila terdiri dari lebih 2 kata
misal : https://www.sarieffendi.com/makanan-yang-sehat-untuk-anak.html sebaiknya bisa diringkas menjadi https://www.sarieffendi.com/makanan-sehat-anak.html
  • Di Blogger, biasanya strukturnya selalu diikuti bulan dan tahun artikel dibuat sebelum judul postingannya. Ada baiknya, lakukan update berkala jika hal tersebut dijumpai. Untuk WP, perrmalink bisa disetting sesuai keinginan pengguna
misal : https://www.sarieffendi.com/2022/12/makanan-sehat-anak.html

4. Cek Keseluruhan Isi Artikel 

Sebaiknya sebelum publish, cek lagi penulisan judul dan isi artikel sehingga kesalahan penulisan (typo), penggunaan tanda baca, hingga kata atau kalimat yang kurang menarik bisa digantikan dengan kalimat yang lebih nyaman dibaca. Sehingga artikel yang kamu tulis bukan hanya searchable tetapi juga actionable sehingga mendorong audiens blog untuk share, comment ataupun klik link seperti yang kita harapkan.

Dapatkan pula trik dan tips blogging lainnya melalui blog teman saya mba Maria Tanjung dengan meng-klik link berikut


Nah, itu dia kebiasaan-kebiasaan yang terkadang penulis lupa saat akan posting artikel. Dari keempat tips diatas, menurut kalian, mana yang paling penting? Atau adakah kebiasaan yang perlu ditambahkan sesaat sebelum posting artikel? Yuk, sharing di kolom komentar ya!

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Wak Lat
    Wak Lat 15 Desember 2022 pukul 10.27

    moga terus maju buk., hehehe

  • Fela Khoirul
    Fela Khoirul 29 Januari 2023 pukul 12.02

    Wah, ternyata lumayan banyak website yang membahas tentang kecantikan. Selama ini cuma akses yang Female Daily. Tapi kayaknya habis ini mau coba kunjungi website yang lainnya juga deh.

Add Comment
comment url