NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Mendengarkan Buku Best Seller di Storytel Audiobook Indonesia

Saya baru saja mengunduh Storytel, Aplikasi Audiobook Indonesia. Mendengarkan buku best seller via Storytel ternyata sangat menyenangkan. Aplikasi Audiobook ini menjawab kegelisahan saya ketika ingin merampungkan buku yang dibaca namun tak punya waktu untuk membacanya hingga tuntas. Padahal insight dari sebuah buku ini jadi bekal untuk mengembangkan skill dan memuaskan rasa ingin tahu.

storytel audiobook indonesia
Bocil ikutan nimbrung ingin mendengarkan buku anak di Storytel

Alasan Tidak Sempat Merampungkan Buku Bacaan

Mungkin ada yang sependapat dengan saya, membaca buku fisik itu membutuhkan ketenangan dan kenyamanan agar apa yang kita baca betul-betul kita rasakan manfaatnya. Soal kepraktisan, e-book mungkin jawabannya karena bisa dibaca kapanpun dimanapun, sayangnya membaca e-book di smartphone kendalanya banyak. Selain membuat mata cepat lelah, membaca buku melalui smartphone juga gampang sekali terdistraksi. Waktu membaca akhirnya terkurangi dengan waktu membalas pesan dan scroll timeline sosial media. Padahal, saya butuh menikmati bacaan dengan cara yang menyenangkan.

Kendala lain yang seringnya saya hadapi adalah soal waktu. Saat siang hari saya lebih sering blogwalking, mengunjungi blog teman-teman saya, merampungkan tulisan yang sudah mendekati deadline atau melakukan tugas domestik rumah tangga. Kalau malam, seringnya karena sudah kelelahan buku berubah peran jadi pengantar tidur. Alhasil kadang satu buku bisa sebulan sampai dua bulan baru selesai dibaca. Sangat lambat bukan? 

Saat di timeline facebook berseliweran review tentang sebuah aplikasi buku dengar saya penasaran lalu mengunduh aplikasi Storytel. Sebuah aplikasi audiobook yang tersedia di android maupun iOS. Aplikasi audiobook ini sudah cukup lama diliris di negara lain namun baru diliris di Indonesia april 2022 kemarin. Buat kamu yang penasaran apa itu Storytel dan seperti apa aplikasinya, cuss kunjungi websitenya aja terlebih dahulu.

Kenalan Dengan Storytel, Aplikasi Audiobook Indonesia

Berbeda dengan aplikasi baca buku online, Storytel adalah aplikasi buku suara, dimana user bisa bebas mendengarkan buku yang dibacakan narator dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi streaming buku audio dan e-book ini dikembangkan di Swedia dan telah dipasarkan di lebih dari 20 pasar di dunia. Ada lebih dari 150 ribu buku yang sudah tersedia di Storytel, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris. Storytel juga menyediakan beragam genre bacaan. seperti buku religi, pengembangan diri, novel fiksi, anak-anak, horor, thriller, Sci-Fi, non fiksi, sejarah, ekonomi dan bisnis, biografi, sastra serta bahasa. Bukunyapun gak kaleng-kaleng, novel best seller seperti Harry Potter bisa kalian nikmati di Storytel.

Buku yang pertama kali saya dengarkan di Storytel ini adalah Filosofi Kopi, yang ditulis Dewi Lestari dan dinarasikan oleh Chicco Jerikho, pemeran Ben dalam film yang sama. Sebenarnya saya sudah lama merampungkan bukunya, namun rasa penasaran pada audiobook ini membuatku ingin mendengarkan narasinya. Chicco Jerikho dengan apik menarasikan bacaan dan mengisi dubbing untuk peran menjadi Ben, Joddy, pengunjung kafe dan penjual kopi tiwus, Pak Seno. Logat Jawanya ketika mengisi suara Pak Seno atau saat menjadi Ben dan Joddy sangat luwes, benar-benar saya nikmati kata demi kata yang disampaikan.

narator storytel audiobook indonesia
Narator profesional dari kiri ke kanan, Petrus untuk Sherlock Holmes, Dewi Lestari dalam beberapa novel best seller-nya dan Dian Sastrowardoyo
Image : Storytel

Enggak cuma Chicco Jerikho, buku di Storytel ini dibacakan oleh narator profesional yang suaranya nyaman didengar, terkadang disertai sound yang membuat pembaca merasakan efek dramatis terutama untuk novel. Narator lain yang saya temukan dalam buku dengar Indonesia di Storytel ini ada Sissy Priscillia dalam novel trilogi Dilan : Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 , Fedi Nuril, pemeran Ayat-Ayat Cinta dan Dian Sastrowardoyo dalam novel Dunia Sophie. Dan masih banyak narator profesional lainnya yang kompeten sebagai pengisi suara audiobook.

Fitur Aplikasi Storytel

Biar makin nyaman menyimak buku yang tengah didengarkan, yuk kenali fitur Storytel terlebih dahulu. Berikut beberapa fitur yang memudahkan user Storytel saat mendengarkan audiobook 

  1. Simpan ( Simbol Heart) untuk menyimpan dalam rak buku bacaan yang ingin diakses
  2. Bookmark dan Komentar untuk menandai dan memberi komentar pada buku yang sedang dinarasikan. Menandai kalimat yang diucapkan Dilan seperti "Rindu itu Berat, Biar aku Saja" jadi gampang dengan bookmark ini.
  3. Mode Tidur,  memudahkan mengatur timer ketika mendengarkan sebelum tidur sehingga tidak memutar hingga pagi.
  4. Kecepatan, untuk mengatur tempo narasi bacaan, bisa dipercepat maupun diperlambat
  5. Baca atau dengar, Simbol headphone untuk mendengarkan (audio) dan simbol buku untuk dibaca (e-book)
  6. Search, untuk menemukan buku bacaan yang ingin dipilih
  7. Listening Goal, untuk merencanakan banyak buku yang ingin diselesaikan per bulan
  8. Statistik, capaian rata-rata buku yang telah didengarkan

fitur storytel audiobook indonesia
Fitur lengkapnya memudahkan kita mendengarkan, memberi tanda, mengulang dan menentukan target audiobook yang ingin didengar

Lengkap bukan fiturnya? Ada cara asyik mendengarkan tanpa boros kuota. Download terlebih dahulu buku yang ingin didengar melalui wifi, lalu putar secara offline. Cara tersebut akan menghemat pemakaian kuota internet di HP.

Kelebihan Storytel

Dibanding buku fisik maupun buku digital, aplikasi audiobook berbahasa Indonesia seperti Storytel ini punya beberapa kelebihan

1. Praktis

Storytel menjawab kebutuhan bahan bacaan di manapun dan kapanpun kita membutuhkannya. Kegiatan mendengarkan novel audio atau buku bisa dilakukan saat di mobil, kereta atau ketika mau tidur. Daripada ngabuburit nggak jelas, Kegiatan ramadhan jadi lebih berarti dengan mendengarkan atau menyimak buku islami misalnya. Beberapa rekomendasi buku islami yang bisa didengar dalam audiobook Storytel antara lain ada Pribadi Hebat karya Buya Hamka, Biografi muslim seperti Khadijah, Maryam, Zulaikha, atau novel islami seperti Ayat-ayat Cinta, Dalam Mihrab Cinta, Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy atau Muhammad milik Tasaro GK. 

2. Meningkatkan fokus

manfaat storytel aplikasi audiobook terbaik
Beragam benefit mendengarkan audiobook melalui aplikasi storytel

Perhatian kita saat membaca buku digital seringkali teralihkan ketika ada notifikasi pesan masuk. Distraksi pesan dan sosial media saat mengakses bacaan dari layar handphone bisa dicegah dengan aplikasi buku audio Storytel ini.

Novel best seller Hunger Games misalnya. Novel yang telah difilmnkan dan sudah tersedia versi audionya ini bisa meningkatkan fokus pembaca. Novel bertema sains fiksi yang terinspirasi oleh mitologi Yunani ini bercerita tentang pengundian remaja laki-laki dan perempuan untuk mengikuti sebuah game dengan mempertaruhkan nyawa hingga terpilih satu pemenang, mirip gladiator. Enggak mudah tentu menyimak sebuah buku sambil mengobrol misalnya. Terlebih buku dengan tema sains fiksi seperti Hunger Games ini. Dengan mendengarkan seksama, Novel audio the Hunger Games bisa kalian nikmati dengan baik sekaligus mempelajarinya dari sudut pandang kepenulisan.

3. Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan

Mendengar dan memperhatikan orang lain adalah etika terbaik saat mengobrol. Namun, seringkali kita lebih senang mendominasi pembicaraan dengan merasa paling hebat atau paling punya banyak masalah saat orang lain curhat. Pun dengan hadirnya handphone yang membuat obrolan jadi terasa garing, memilih sibuk scrolling timeline medsos ketimbang mendengarkan. Ternyata benar adanya ungkapan, sosial media menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Kemampuan mendengarkan yang kurang baik ini juga sudah cukup menjelaskan sebesar apa simpati dan empati kita terhadap orang lain.

Perlu latihan mendengarkan untuk menjadi pendengar yang baik. Salah satu cara ampuhnya adalah berlatih mendengarkan kata demi kata yang disampaikan narator audiobook. Mendengarkan Storytel Audiobook membantu kita meningkatkan kemampuan mendengarkan orang lain dengan lebih baik. 

4. Meningkatkan Intuisi

Dengan mendengarkan narator membacakan buku, kita juga belajar mengenali dan menyelami tokoh dalam novel, alur dan latar peristiwa yang tengah diceritakan. Selain melatih kepekaan, otak kita juga dilatih untuk kritis mendengarkan cerita dan memahami setiap babak ceritanya. Keseruan buku suara Game of Thrones misalnya yang merupakan novel best seller fantasi yang tayang di HBO dan memiliki fans Internasional yang cukup besar. Ceritanya yang penuh imajinasi tentu akan mendorong otak dan mengasah intuisi kita terhadap setiap kejadian bukan?

5. Memudahkan Mereka Yang Kesulitan Membaca

Storytel bisa menjadi sarana belajar terbaik untuk penyitas disleksia maupun tuna netra, karena tersedia banyak buku best seller yang bagus untuk belajar dan mengembangkan diri. Storytel juga membantu mereka yang sedang belajar bahasa asing untuk belajar spelling and listening.

6.  Mengurangi Paparan Sinar Blue Light Dari Gadget


Dengan lebih banyak mendengar ketimbang menatap layar hp, Storytel turut membantu mengurangi paparan sinar blue light yang mengakibatkan gangguan mata seperti glaukoma maupun penyakit retina degeneratif. 

Gak mau kan mata pedih saat menikmati Novel Best Seller Tere Liye dari hp? Storytel adalah cara paling solutif mengatasi kelelahan mata akibat sinar blue light dari gadget. Novel terbarunya berjudul Selamat Tinggal sudah bisa didengarkan di Storytel. Novel Bumi karya Tere Liye bahkan akan diliris dalam waktu dekat. Semoga Novel Tere Liye lain seperti Matahari, Negeri Para Bedebah, Pulang, Komet, Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, dan lainnya juga bisa segera didengarkan di Storytel yah

7. Tersedia Buku Best Seller Nasional dan Internasional


Siapa yang tak kenal Harry Potter karya JK Rowling, buku best seller Internasional ini juga tersedia di Storytel. Kalian diajak berimajinasi tanpa batas lewat Harry Potter Audiobook yang dinarasikan. Lalu buku non fiksi pengembangan diri seperti Sapiens audiobook dan The Subtle Art of  Not Giving A Fuck. Mendengarkan audiobook Seni Bersikap Bodo Amat (The Subtle Art of Not Giving A F*ck) ini mengajak kita untuk mengontrol emosi dan mempedulikan hal-hal yang lebih penting dan bermakna untuk kehidupan kita. Download terlebih dahulu audiobooknya dan dengarkan secara offline saat sinyal kurang bersahabat.

Buat kamu pecinta Novel remaja seperti Mariposa, jangan khawatir karena versi audionyapun bisa didengarkan di Storytel. Novel bergenre teen fiction comedy yang tadinya kondang dalam aplikasi Wattpad ini menjadi film yang juga tak kalah populer. Novel Mariposa yang berarti kupu-kupu, dikisahkan oleh sang penulis sebagai yang ketika dikejar akan menjauh dan ketika dibiarkan akan mendekat. Penasaran seperti apa kisah Acha, tokoh dalam Mariposa itu diceritakan? Dengarkan aja langsung audionya! Novel Negeri Lima Menara karangan Ahmad Fuadi dan masih banyak lagi. Storytel ini bisa jadi referensi kegiatan membaca buku saat ngabuburit bukan?

Atau jika kamu penggemar berat cerita misteri, Novel audiobook Agatha Christie baik yang berbentuk ebook maupun audiobook tersedia banyak di Storytel. Sayangnya sebagian besar narasi dan textnya tersedia dalam bahasa Inggris. Saya yang masih kurang lancar soal listening perlu mendengarkan lebih seksama untuk memahami ceritanya.

8. Terjangkau

Biaya langganan Storytel ini juga lumayan terjangkau, Hingga bulan Juli 2022 ini ada promo potongan 34% hanya 39 ribu per bulan, hemat bukan?. Jika kalian penasaran dengan Storytel ini, tak ada salahnya untuk mengunduh aplikasinya dan manfaatkan kesempatan 7 hari coba gratis sebelum berlangganan yang bisa dibatalkan sewaktu-waktu sebelum hari ke-7. Audiobook kesayangan seperti Divortiare karya Ika Natassa bisa kamu nikmati kapanpun dimanapun dengan harga yang sangat terjangkau.


Bagi kalian yang penasaran isi buku The Subtle Art of  Not Giving A Fuck bisa simak reviewnya terlebih dahulu dalam tulisan saya berikut


Buat kalian yang penasaran ingin mendengarkan aplikasi Storytel ini untuk menemani aktivitas atau perjalanan kalian, silahkan download aplikasinya melalui link berikut


Jangan lupa, baca juga rekomendasi beberapa buku yang pernah aku baca di sini


Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

Click here for comments 50 Comments:

  1. Buku-buku pelajaran ada juga gak sih mbak di storytell. Anakku soalnya audiotory jadi lebih cepat nangkap jika mendengarkan. Solusi juga nih buat nambah ilmu bagi yg males dan matanya cepat lelah ketika membaca. Tinggal dengerin, donlot ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih, tapi lebih ke buku belajar bahasa asing mba. Seperti bahasa Inggris, Jepang atau Korea gitu..

      Hapus
  2. Sambil masak juga bisa sambil mambaca buku novel lewat storytel. Dimanapun berada kita jadi belajar terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess mba, bisa didengerin sambil melakukan aktivitas

      Hapus
  3. iyah banget Mbak, baca buku di handphone, a.k.a. e-book itu godaannya malah lebih banyak, apalagi kalau notif sosmed dan juga chat sudah tang-ting-tung, duuh susah deh untuk bilang tidak agar segera membaca dan membalas, hihih.
    senang banget deh ada Storytell ini kita jadi lebih punya banyak waktu untuk merampungkan buku, apalagi narator-naratornya kece-kece, berasa didongengkan oleh penulisnya langsung ya, seperti Filosofi Kopi itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..trus banyak seleb yang juga terlibat jadi naratornya..makin kece badai deh audiobooknya

      Hapus
  4. saya juga harus segera ngundul Storytel nih,
    kerasa banget sebagai blogger kalo kelamaan gak baca
    gak tau kenapa, sekarang kalo baca buku bawaannya ngantuk
    parah banget ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ambu, berasa langsung ngantuk kalau pas mau tidur sempatin baca buku, hehe

      Hapus
  5. Tersedianya buku best seller lokal dan internasional di storytel ini jadi nilai plus buat para penggemar buku. Jadi g susah nyari lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes teh, buku best seller nya lengkap banget

      Hapus
  6. Wah, storytel ini terobosan baru di dunia literasi. Penasaran nih, bisa sekalian nostalgia. Aku dul waktu remaja suka baca Lupus, Mira W, Agatha Christie, lima sekawan...
    Gak sabar pingin nyobain...
    Makasih ya kak infonya.

    BalasHapus
  7. Sepertinya menjadi pilihan pas meningkatkan kemampuan literasi dengan hadirnya storytell audiobook

    BalasHapus
  8. Enak ya berkat adanya aplikasi storytel bisa baca buku dimana pun Dan kapan pun..udah gitu pilihan bacaannya banyak banget.. jadi betah Cara baca buku dgn metode ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju. Soalnya bukan karena sok sibuk ya tapi emang saya ngerasa lack of time buat sengaja baca buku gitu tanpa terdistraksi.

      Hapus
  9. Pas liburan kayak gini asik nih mendengarkan Storytel, jadi gak berasa bete karena banyak pilihan bacaan sehingga bisa menikmati libur lebaran

    BalasHapus
  10. Serasa dengerin dongeng ya kalau dengerin buku di aplikasi storytel ini, apalagi naratornya juga bukan orang sembarangan, para public figure yang sudah dikenal masyarakat.

    BalasHapus
  11. Sekarang ga ada alasan lagi buat ga tuntas baca buku, ya. Ada storytel yang mempermudah

    BalasHapus
  12. bener banget mbak,aku kalau niat baca buku fisik pengennya nggak sambil ngerjain hal lain, maunya konsen baca. Kadang terkendala waktu juga. Kecuali seharian nggak ngapa-ngapain, pengennya cepet selesai gitu pas baca

    BalasHapus
  13. Wah iya, emang asik kok aplikasi audiobook Storytel ini
    Banyak buku best seller di sini

    BalasHapus
  14. Suka banget sama app Storytel nih soalnya bisa dengerin buku kapan aja

    BalasHapus
  15. Ternyata pengisi suaranya orang-orang keren semua ya. Aku juga suka dengerin cerita di storytell.

    BalasHapus
  16. Storytel ini emang ngebantu banget sih wkwk kalau kemarin ngga kelar baca buku karena Ramadan banyak banget yg mesti dihandle skrg ngga lagi >.< dengerin buku sambil masak, beres2 rumah pun bisa

    BalasHapus
  17. Saya pernah coba nih Storytell ini. Dan saya suka, berasa didongengin ya

    BalasHapus
  18. Menjauhkan dari sinar blue right eh malah radiasi. Asal nggak terlalu sering mendekatkan handphone dengan manusia.
    Aplikasi ini sangat membantu orang orang yang tidak terbiasa membaca buku

    BalasHapus
  19. saya juga menggunakan aplikasi ini kak untuk traveling, sangat bermanfaat kalau mau baca buku, ga harus bawa bukunya

    BalasHapus
  20. Wah seru banget dengerin filosofi kopi di Storytel. Aku sempat dengerin dunia shopie naratornya Dian Sastrowardoyo dong. Emang bagus sih aplikasi mendengarkan buku ini. Berbagai genre ada di sana

    BalasHapus
  21. permasalahan yang sama nih soal susahnya cari waktu untuk baca buku. ikutan challenge baca buku pun selalu gagal karena emang masalahnya di waktu dan distraksi. untuk ada storytel sih, bantu banget kami yang pengen baca buku tapi lack of time

    BalasHapus
  22. Storytel ngebantu aku yang kadang gak punya waktu untuk baca buku.

    BalasHapus
  23. Dulu susah nemu novel yang ada appnya, kek author tertentu aja yang bisa pasang audio, sekarang sudah gampang ya nyarinya 😍

    BalasHapus
  24. Wah sangat membantu nih aplikasinya, saya kalo mau baca buku harus bener bener fokus biar paham apa isi buku yang saya baca, jadi kudu make time gak bisa sambil lalu

    BalasHapus
  25. wah asyik ada potongan sampai bulan Juli 2022
    Walau tanpa potongan, saya tetap akan unduh
    penting banget unduh Storytel bagi blogger
    karena kita gak bisa menulis tanpa membaca

    BalasHapus
  26. Aku membayangkan story tel ini sudah kayak sandiwara radio deh, ada yang bercerita terus kita dengerin. Bener gitu ngga sih? Btw, ini sebuah ide brilian untuk menciptakan sebuah apliaksi baca buku dengan suara.. Jadi ngaa ada alasan lagi untuk nggga baca buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bedanya naratornya cuma satu atau dua, jadi di dalam buku itu kita benar-benar menyimak buku dengar. Bedanya dengan sandiwara radio, sandiwara biasa diperankan lebih dari satu pengisi suara.

      Hapus
  27. Berkat aplikasi audio book Storytel akhirnya saya bisa 'baca' alias dengerin cerita Selamat Tinggal kaya Tere Liye. Soalnya ga tau kenapa pas mau baca bukunya ga sepet mulu. Kelebihan audiobook emang bisa didengerin sambil ngerjain kerjaan lain. Rekomended nih.

    BalasHapus
  28. Dari buku yang dicetak menjadi sebuah audio book sungguh beda sekali. Ada plus minusnya, tentunya yang punya addict dengan audio akan menjadi menyenangkna. Semoga Storytel berhasil menggaet pelanggannya.

    BalasHapus
  29. kebantu banget nih sama storytel, karena akhirnya saya bisa baca dengar buku sambil ngerjain banyak hal

    BalasHapus
  30. Storytel jadi andalan saya saat mudik, mbak. Soalnya lumayan di jalan bisa menyimak cerita favorit seperti seri Harry Potter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba, bisa untuk mengatasi bosan di kendaraan yaa

      Hapus
  31. Aku nih. Biasanya kalau baca buku nonfiksi suka nggak sampai selesai. Terdistraksi banyak hal sampai lupa mau baca buku sampai kelar. Makanya kemarin aku baca buku pribadi hebat dengan aplikasi Storytel. Asyik aja gitu. Nggak perlu terdistraksi apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, meski disambi masak atau setrika gitu ya

      Hapus
  32. Storytel audiobook membantu keluarga dan anak mendapatkan literasi secara baik disaat melakukan kegiatan bersamaan me time

    BalasHapus
  33. Aku udah denger juga tentang storytell ini dan udh nyoba juga aplikasinya bagus

    BalasHapus
  34. Dulu awam banget soal audiobook. Makin kesini makin hits ya audiobook dan bisa jadi solusi buat yang terkendala baca buku fisik.

    BalasHapus
  35. Komplit banget bacaannya, mulai dari best seller dalam negeri dan internasional ada yaa. Terus dengerinnya juga bisa sambil aktivitas, ahhh lebih simpleee ..

    BalasHapus
  36. Bisa jadi salah satu solusi juga aplikasi ini buat mengatasi agar literasi makin naik

    BalasHapus
  37. Jadi seperti mendengar dongeng pengantar tidur ya mbak. Seru juga baca buku via storytell ini. Biaya langganan juga murah ya

    BalasHapus
  38. Ternyata ada fedi nurul juga ya di Dunia Sophie. Kukira dian Sastro doang. Keren sih memang Storytel. Aku sampai berlangganan lho

    BalasHapus
  39. Saya seneng banget dibacain buku Dunia Shopie oleh Dian Sastro, meski cuma bab2 awal lalu bab berikutnya dibacakan narator lainnya, tetap saja jadi menarik, bisa memetik pelajaran filsafat dari buku tebal, kl nunggu saya sempet baca, kapan ya,, hehe

    BalasHapus
  40. Sebagai orang tua yang sibuk nemani batita terkadang gak sempat mau baca buku.... Dengan adanya audio book itu, sangat praktis dan memudahkan kita membaca dengan cara mendengarkan audio... Capcus langsung instal

    BalasHapus
  41. Sekarang mendengarkan cerita bisa lewat storytel ya. Gak perlu baca buku lagi. Mata gak capek lagi. Bisa rebahan sambil dengerin cerita kesukaan. Keren deh

    BalasHapus
141222861953258005