Penyebab Gusi Geraham Bengkak Dan Cara Mengatasinya

Rasanya tidak nyaman ketika gusi geraham bengkak, berikut penyebab geraham bengkak dan tips untuk mengatasinya.

penyebab gusi bengkak


Ketika hamil anak pertama, aku merasa ada yang tak beres dengan gigi geraham bagian bawahku. Jika diperhatikan dari dekat, nampak guratan berwarna coklat, seakan gigi gerahamku itu retak. Benar saja, di trimester kedua kehamilan, gusi geraham bagian bawah bengkak. Setelah memeriksakan diri ke dokter gigi, ternyata gigiku berlubang di bagian samping. Agak sulit perawatannya karena ketika ditambal, tambalannya menghalangi celah gigi di sebelahnya dan justru membuat celah tersebut makin sulit dibersihkan. Akibatnya, lubang di gigiku malah makin besar dan rasanya sakit. Gusi jadi bengkak dan menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Terlebih jika tanpa sengaja terselip sisi nasi atau biji cabe di celah gigi tersebut, bisa ngilu seharian dan terasa cenut-cenut. Di dokter yang berbeda, tambalan tersebut dibersihkan dan diganti yang lebih baru dan nyaman. Setelahnya gigiku baik-baik saja. Sisa makanan di gigi juga lebih mudah dibersihkan dengan flossing dan berkumur dengan mouthwash setelah menyikat gigi.

Gusiku bengkak lagi ketika anak keduaku lahir. Kali ini posisinya di geraham bagian atas. Aku coba menggunakan pelayanan faskes tingkat 1 BPJS kala itu, namun dokter gigi umum tak bisa menemukan penyebabnya. Akhirnya aku dirujuk ke poliklinik gigi di Rumah Sakit Umum. Dari hasil rontgen, ternyata diketahui bahwa gigi geraham bagian paling belakang tumbuh dan mendesak gigi lainnya yang mengakibatkan gusi jadi bengkak. Dokter menyarankan operasi besar untuk operasi 4 gigi geraham bagian belakang sekaligus yang waktunya bertepatan dengan bulan puasa. Tapi aku menolak dan akhirnya hanya satu gigi geraham bagian atas saja yang dicabut sehingga tidak mengganggu puasaku kala itu.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab gusi bengkak ternyata bermacam-macam. Gak cuma karena sakit gigi saja, tetapi ada banyak faktor. Mungkin salah satunya juga pernah kalian alami, diantaranya

1. Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan gusi membengkak. Skorbut atau kekurangan vitamin C terjadi jika tubuh tidak mendapat asupan vitamin C yang cukup. Kekurangan vitamin C selain menyebabkan gusi bengkak, tubuh juga akan mudah lelah dan rentan terkena penyakit.

2. Sariawan

Seringkali sariawan juga menyebabkan gusi bengkak. Bisa jadi penyebab sariawan adalah gangguan imunitas atau serangan bakteri dan virus.

3. Makanan tertinggal di gusi

Sisa makanan seperti biji cabe yang menyelip diantara celah gigi menyebabkan gusi menjadi kemerahan dan jika tidak segera diatasi mengakibatkan gusi jadi bengkak.

4. Radang Gusi (Gingivitis)

Radang gusi berkaitan erat dengan kebersihan gigi. Sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik di sela gigi mengakibatkan plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi ini menjadi pemicu timbulnya radang gusi.

5. Kehamilan

Mengutip dari hellosehat.com, perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan mengakibatkan tubuh memproduksi darah lebih banyak, terkadang hal inilah yang memicu mimisan dan gusi bengkak pada wanita hamil.

6. Impaksi

Seperti yang aku ceritakan di atas, impaksi atau gigi bungsu yang tumbuh tidak menentu mengakibatkan gusi geraham bengkak, terasa nyeri dan kemerahan bahkan hingga badan ikut menggigil saking nyerinya.

7. Menggosok gigi terlalu keras

Menggosok gigi terlalu keras dapat menyebabkan luka terbuka pada gusi yang memungkinkan bakteri masuk dan justru mengakibatkan gusi menjadi bengkak.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

O iya, buat kalian yang ingin mengetahui lebih lengkap informasi mengenai penyebab lain gusi bengkak dan gigi ngilu, klik aja link tulisan berwarna biru di atas. Setelah mengetahu penyebabnya, berikut cara mengatasinya

1. Berkumur dengan air garam

Cara sederhana untuk mengatasi gusi bengkak yang ringan adalah berkumur dengan air garam. Caranya mudah, siapkan satu gelas air hangat yang telah diberi satu sendok makan garam kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Lakukan setelah membersihkan gigi agar hasilnya maksimal.

gambar gusi bengkak
Bengkak pada gusi
Image : Suaramerdeka

2. Kompres dengan Es

Cara lain untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak pada gusi adalah mengompresnya dengan es batu. 

3. Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh yang rasanya masam dan biasa dimanfaatkan untuk sayur asam, kandungan antiseptiknya ternyata bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya, tumbuk halus belimbing wuluh lalu letakkan pada gusi yang bengkak.

4. Bawang Putih

Sejak dulu bawang putih dipercaya sebagai cara alami untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya, haluskan 1 siung bawah putih lalu beri sedikit garam dan tempelkan pada gusi yang bengkak. Cara lainnya adalah dengan mengiris tipis-tipis bawang putih lalu rendam dalam air garam dan tunggu 1 jam. Cairan bawang putih siap digunakan untuk berkumur

5. Cengkeh

Orang jaman dulu juga memanfaatkan cengkeh untuk mengatasi sakit gigi maupun bengkak pada gusi. Caranya, tumbuk halus cengkeh dan tempelkan pada bagian gigi atau gusi yang nyeri.

6. Minum Obat

Jika cara alami di atas tidak dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan gusi yang bengkak, konsumsi ibuprofen yang bisa dibeli di apotek. Dan apabila konsumsi obat juga tidak mengurangi rasa sakit dan bengkak pada gusi, sebaiknya segera kunjungi dokter ya teman-teman.

Oiya, baca juga postinganku terkait gigi di artikel berikut


Semoga informasi mengenai penyebab gusi geraham bengkak dan tips mengatasinya di atas membantu ya teman-teman. Terimakasih
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Priyani Kurniasari
    Priyani Kurniasari 13 Juni 2022 12.32

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Add Comment
comment url