Mengatasi Drama Tumbuh Gigi Pada Anak

Mengatasi Drama tumbuh gigi

Beberapa hari ini Tito jadi sensitif, gampang sekali rewel. Puncaknya kemarin ketika saya, Uty dan Tito bersiap mengantar Uty ke sekolah. Biasanya sih, ketika pup, adek bilang iik ke saya dan memegang popoknya minta diganti. Saat saya berusaha membujuk adek ke kamar mandi, si adek tidak mau dan justru menangis. Karena keburu terlambat, akhirnya saya berusaha menggendong adek ke toilet. Di toilet, saat dibersihkan adek menangis. Selesai dibersihkan dan akan dipakaikan popok adek justru nangis di pojokan, hehe gaya anak milenial sekarang kalau nangis di pojokan. Ibu yang berusaha memakaikan popoknya ditepis tangannya sambil menangis. Akhirnya saya dan kakaknya menunggu hingga tangisan reda.

Seperempat jam lebih adek menangis, kakaknya mulai menggerutu takut sekolahnya terlambat. Beberapa ide bujukan juga tak berhasil, hingga total setengah jam lamanya adek menangis dan akhirnya terdiam karena haus minta minum. Setelah mengantar kakaknya sekolah (pertama kalinya kakak terlambat ke sekolah ) adek minta ASI dan tertidur. Mungkin karena capek menangis, akhirnya adek mengantuk. Sorenya pun kepala adek agak anget, keluar air liur terus menerus sambil sesekali menggosokkan jari telunjuknya ke gusi. Setelah saya amati, ternyata adek akan tumbuh gigi.

Gejala tumbuh gigi pada anak


Di usia 16 bulan ini, gigi gerahamnya mulai tumbuh dan ada beberapa gejala ketika anak tumbuh gigi antara lain

1. Air liur meningkat sehingga sering ngeces

Ini terlihat beberapa hari sebelum kepala dan telapak kaki Tito anget. Bersyukur tidak disertai demam.

2. Kepala agak anget

Kepala adek anget sekitar dua hari sehingga membuat tidurnya tidak nyenyak dan kagetan.

3. Rewel

4. Nafsu makan berkurang

Saat gigi tumbuh seperti ini, biasanya adek yang makannya cukup lahap menjadi ogah-ogahan dan hanya mau beberapa suap saja. Akhirnya agar tetep kenyang, saya buatkan jus jambu di rumah dan cemilan kesukaan.

5. Memasukkan jari ke gusi

Karena mungkin gatal dan sedikit bengkak, adek beberapa kali mengusap-usap kepala dan mengisap telunjuknya hingga ngeces.

6. Menggigit gigit benda yang ditemukan

Kemarin ketika menyapu, saya tak sadar menyapu sesuatu yang ternyata cuilan alas tripod Gorilla mini yang digigit Tito dan baru menyadari ketika tadi adek memegang tripod sambil tiduran di kasur. Hadeeh..

Menggigit benda saat anak tumbuh gigi
Alas kaki tripod Gorilla mini yang digigit adek

Penanganan


Agar anak tetap nyaman, maka yang perlu kita lakukan adalah

1. Memberi parasetamol khusus anak jika dirasa diperlukan.
2. Siapkan cemilan dan makanan yang disukai anak
3. Jauhkan dari benda terutama plastik keras yang rawan digigit anak dan bahkan bunda bisa siapkan teether atau gigitan
4. Jaga kebersihan tangan anak
5. Siapkan celemek atau slabber agar bajunya tak basah terkena air liurnya.

Meskipun masih suka gigit jari, sejak diberi parasetamol panas di kepala dan kakinya menghilang dan adek jadi pulas tidurnya. Alhamdulillah..semoga postingan hari ini bermanfaat moms..

No comments