Resep membuat playdough homemade

Resep membuat playdough homemade



Beberapa waktu lalu kakak merengek minta playdough. Padahal belum ada seminggu kami membelinya namun karena digunakan bermain dan dicampur dengan plastisin jadilah warnanya gak karuan dan minta ganti. Alhasil ibu berpikir bagaimana agar tetap di rumah tanpa membeli playdough yang harganya cukup mahal kalau keseringan beli. Ketemulah ide membuat playdough sendiri. Berbekal browsing di internet dan YouTube serta mencari bahan yang mudah dan dipunyai di rumah, ibu mulai menyiapkan bahan-bahanya. 

Resep Playdough

Bahan 


- 1 gelas tepung terigu
- 1/2 gelas garam halus
- tepung maizena atau tepung tapioka secukupnya
- minyak goreng secukupnya ( jangan banyak-banyak nanti bisa lembek)
- Air secukupnya
- pewarna makanan

Cara membuat


1. Campur tepung terigu dan tepung maizena atau tapioka ke dalam wadah atau loyang, taburi maizena
2. Tuang air dan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis
3. Pisahkan adonan untuk diberi warna sesuai warna pilihan yang disukai.

Mudah kan cara membuatnya. Agar playdough buatan rumah ini tahan lama, bunda juga bisa masak playdough ini atau simpan di wadah yang kedap udara agar tak mudah jamuran.

Resep playdough homemade
Playdough hasil buatan sendiri

Setelah jadi, mulailah kakak berkreasi dengan adonannya. O ya, kebetulan di rumah stok pewarna makanan ibu hanya warna kuning dan ungu maka jadilah playdoughnya hanya satu warna saja.

Mulai berkreasi dengan cetakan

Karena alat pizza makernya tak sengaja terbuang ketika beberes rumah waktu itu akhirnya kakak bermain dengan beberapa cetakan yang masih terselamatkan. Maaf ya mbak..hehe

Warnanya cantik dan aman
Ketika dirasakan teksturnya, sebetulnya hampir mirip dengan playdough asli. Hehe, jangan diketawain ya, ibu pernah coba mencicipi playdough yang asli dan rasanya juga sama asinnya dengan playdough buatan sendiri. Sekedar informasi, playdough buatan rumahan ala ibu ini insyaAllah aman jika tertelan anak karena dibuat dari bahan  yang aman juga. Jadi bunda tak perlu khawatir. Yuk buat sendiri playdoughmu di rumah, hemat, aman dan jadinya banyak lhoo.

2 comments

  1. Aku tuh biasanya beli playdough di pasar.. Eh, ternyata mudah buatnya. Makasih mbak

    ReplyDelete