Thursday, July 16, 2020

Rekomendasi 8 Buku Pengembangan Diri Favorit

Sepertinya ini saat yang tepat mengembangkan kemampuan diri, bisa lewat praktek langsung, ikut kelas online atau membaca buku. Aku punya rekomendasi 8 buku favorit tentang pengembangan diri. Dengan masing-masing gayanya, penulis buku ini berusaha memberi inspirasi dan menyampaikan pesannya sehingga membuat langkah-langkah perubahan yang kamu harapkan semakin mudah.

1. Goodbye Things, Hidup Minimalis Ala Orang Jepang

Buku tentang self improvement, goodbye Things
Goodbye Things, Fumio Sasaki

Buku yang ditulis Fumio Sasaki ini lebih menjelaskan bagaimana cara mengubah kebiasaan menimbun barang atau membeli sesuatu yang tak perlu. Fumio Sasaki dengan pengalaman hidupnya berhasil membuat hidupnya lebih bermakna dengan paham minimalis yang ia terapkan. Sasaki juga menjelaskan langkah-langkah untuk memulai kebiasaan ini sehingga kita tak perlu kesulitan untuk memulai hidup minimalis dan bagaimana meninggalkan perasaan tertekan ketika kehilangan barang yang dianggap penting dalam hidup kita.


2. Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat

Sebuah seni bersikap Bodo Amat review
Sebuah seni bersikap Bodo Amat

Mark Manson, dengan gaya bahasanya yang blak-blakan dan lugas menjelaskan bagaimana seharusnya kita bersikap tentang sesuatu agar mampu fokus pada impian kita. Membaca buku ini kita akan terbantu bagaimana memilah dan memilih hal yang penting dan mendesak sehingga lebih terarah mencapai tujuan utama kita.


3. Make it Happen


Melek finansial nyatanya penting agar keuangan bisa terkelola dengan baik. Impian untuk hidup dalam kecukupan, terbebas dari hutang, punya investasi dan simpanan hari tua bisa kalian wujudkan dengan belajar bagaimana mengatur keuangan berapapun gajimu. Setelah keuanganmu stabil, kamu bisa juga lho belajar investasi untuk hari tua dari buku ini.

4. Rich Dad Poor Dad


Buku yang ditulis Robert T Kiyosaki ini menjelaskan tentang ranah yang bisa kamu pilih dalam memutuskan berkarir. Menjadi karyawan, frelancer, pemilik usaha atau investor adalah empat kuadran yang ditawarkan Kiyosaki. Jika kamu berharap ingin menghasilkan lebih banyak uang dan ingin memiliki dana pensiun yang cukup maka menjadi investor adalah pilihan yang tepat.

5. Seven Habit For Highly Effective People


Stephen Covey dalam bukunya Seven Habit For Highly Effective People ini menjelaskan bagaimana cara memanajemen waktu yang baik. Bagaimana membagi waktu untuk kebutuhan yang mendesak, penting, atau tidak penting sama sekali melalui 7 kebiasaan efektif.

6. The Life Changing Magic of Tidying Up


Tak jauh dari Fumio Sasaki, Marie Kondo membantu pembacanya membangun kebahagiaan melalui kerapian. Prinsip kerapian dan berbenah yang ia tulis dalam bukunya bukan dalam skala kecil, tetapi berbenah besar-besaran dengan mengurangi barang yang tidak penting dan membereskan rumah dengan cara dan hasil yang signifikan. Dengan begitu, stress dan pekerjaan melelahkan karena beberes terus menerus bisa dikurangi melalui metode yang ia terapkan.

Baca juga : Konmari, merapikan rumah ala Marie Kondo
                     Perjuangan menjadi ibu rumah tangga minimalis

7. Awaken The Giant Within


Anthony Robbins, seorang biasa yang berubah menjadi luar biasa menjelaskan bagaimana menyusun langkah demi langkah mewujudkan impian. Bahwa keyakinan dan konsistensi diperlukan dalam mengejar mimpi.

8. Mimpi Sejuta Dolar


Alberthiene Endah begitu apik menggambarkan perjuangan Merry Riana kala di Singapura hingga menjadi pebisnis dan akhirnya populer  sebagai motivator seperti sekarang. Di buku ini kita belajar perjuangan Merry Riana sebagai mahasiswa dan menanggung hutang pendidikannya hingga bisa melunasinya dan berhasil dengan kerja kerasnya.

Ada banyak buku self improvement yang best seller sebenarnya. Tapi kali ini cukup 8 buku pengembangan diri saja ya, lain kali akan aku tambah lagi.


2 comments:

  1. Butuh banget asupan motivasi kayak gini. Dari semua buku di atas, saya baru baca satu "sebuah seni untuk bersikap bodo amat" karya mark manson. Dan sumpah... Bukunya keren banget sih😍

    ReplyDelete
  2. dari kedelapan buku yang direkomendasikan, belum ada satu pun yang sudah ku baca. Walah, pantas saja belum berkembang. Ada sih badan yang berkembang karena gak jaga pola makan. Hehe

    ReplyDelete

recent posts

Featured post

Belajar Hikmah perjuangan Cinta Hajar, Ismail dan Ibrahim

Dalam Idul Adha, kita bisa mengambil hikmah perjuangan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar bahwa ketaatan pada Allah adalah sumbe...

Popular Posts