Memilih Sepeda Anak London Taxi, Balance Bike Untuk Latihan Keseimbangan

Sebagai orangtua, terkadang kita bingung mendapati pilihan mana sepeda anak yang tepat untuk melatih kemampuan bersepedanya? Apakah pada sepeda roda tiga (tricycle), sepeda anak dengan pedal dan bantuan roda belakang (training wheel) atau balance bike? Untuk memilih mana yang tepat untuk kebutuhan olahraga fisik anak, sebaiknya teman-teman perhatikan kebutuhan anak, kelebihan dan kekurangan masing-masing model sepeda anak dan keamanannya. Di postingan kali ini aku akan membahas mengenai balance bike yang kini sedang digandrungi orang tua dan menjadi tren orangtua milenial, sepeda anak london taxi.

sepeda anak london taxi

Manfaat Balance Bike

Seperti jenis sepeda anak yang lain, balance bike sengaja dibuat untuk memudahkan anak yang sedang belajar naik sepeda. Balance bike yang punya nama lain training bike, kick bike, run bike, baby bike dan push bike adalah sepeda anak yang didesain tanpa pedal untuk memudahkan anak transisi ke sepeda pedal pada umumnya. Balance bike ini didesain untuk anak berusia 18 bulan hingga 5 tahun. London Taxi, sebagai brand sepeda bukan hanya memproduksi sepeda dewasa seperti sepeda lipat tetapi juga sepeda anak balance bike.

Beberapa manfaat menggunakan balance bike atau kick bike seperti London Taxi antara lain

1. Melatih Keseimbangan dan fokus

Dengan menggunakan balance bike, anak akan lebih mudah belajar melatih keseimbangan dinamisnya. Keseimbangan dinamis adalah kemampuan tubuh dalam menjaga keseimbangan saat anak bergerak seperti berlari, meniti dan naik sepeda. Dengan menggunakan sepeda anak balance bike, anak akan lebih mudah mengontrol gerak tubuhnya. Balance bike diciptakan untuk memudahkan anak mengontrol gerak tubuh. Dimulai dengan berlatih menggunakan balance bike dengan pelan kemudian berangsur bertambah kecepatannya sesuai dengan peningkatan keahliannya menjaga keseimbangan dan mengontrol kecepatan. 

Kini, beragam brand sepeda meliris balance bike, salah satunya sepeda anak london taxi. London Taxi adalah brand sepeda keluaran Inggris dengan desain vintage modern yang simple tapi terkesan elegan. Modelnya yang vintage dan memiliki bahan yang kokoh cukup digandrungi dan menjadi tren saat ini.

2. Membantu melatih motorik kasar

Bukan hanya memudahkan anak berlatih keseimbangan, dengan menggunakan balance bike anak menggunakan kekuatan otot tangan untuk mengatur keseimbangan dan memaksimalkan otot kaki untuk mengayuh balance bike. Anak juga berlatih mengkoordinasikan kaki, pinggul dan tangan untuk bekerja beriringan serta menjaganya untuk belajar fokus.

3. Memacu adrenalin anak

Mengayuh menggunakan kaki tentu saja memacu gerak otot lebih banyak dan membantu menghasilkan adrenalin dengan lebih baik. Adrenalin memacu jantung bekerja lebih keras sehingga keringat yang dihasilkan lebih banyak, begitu pula dengan kalori yang dikeluarkan. Saat adrenalin meningkat, tentu saja kewaspadaan dan fokus anak meningkat.

4. Meningkatkan percaya diri

Berbeda dengan training wheel atau tricycle yang membuat orangtua perlu usaha untuk mengajari anak berlatih naik sepeda sekaligus mendorongnya dari belakang jika ia belum bisa mengayuh, Balance bike memungkinkan anak berlatih secara mandiri dengan tahapan kemampuan dan kekuatan kayuhannya yang bertahap semakin kuat dan kencang. Dengan kemandirian belajar sesuai tahapan yang ia mampu, anak cenderung lebih percaya diri pada kemampuannya.

5. Meringankan tugas orangtua

Tidak semua anak dengan mudah mengayuh pedal saat berlatih naik sepeda. Adanya pedal dan tungkai pendorong terkadang menyebabkan anak enggan melatih kekuatan kakinya dan lebih nyaman didorong dari belakang. Akibatnya, orangtua juga kelelahan ketika melatih anak menggunakan tricycle maupun training wheel. Balance bike meringankan tugas orangtua karena desainnya yang tanpa pendorong dan pedal memungkinkan anak lebih mandiri dalam berlatih bersepeda. 

6. Mengimbangi training wheel dan tricycle

Setiap tipe sepeda anak tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sepeda anak balance bike bisa jadi salah satu pilihan cerdas bagi orangtua milenial yang berharap anaknya lebih cepat belajar dan mandiri dalam berlatih menaiki sepeda. 

7. Ergonomis

Desainnya yang pas dan disesuaikan dengan usia anak membuat balance bike nyaman dinaiki dan anak lebih bahagia dalam berlatih. Banyak pilihan model, bahan dan ukuran balance bike yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa brand bahkan menciptakan balance bike multifungsi dimana balance bike tersebut bisa dipasangi pedal ketika anak sudah mahir.

Memilih Sepeda Anak, Berikut Hal Yang Sebaiknya Diperhatikan

Ada banyak pilihan balance bike yang ada di pasaran, harga balance bike belum tentu mewakili kualitas yang baik. Sebelum memilih sepeda untuk anak, sebaiknya teman-teman perhatikan beberapa hal terkait kualitas dan material yang dipakai. Seperti London Taxi, sepeda impian anak dan orangtua ini lumayan worth to buy. London Taxi menjadi salah satu brand yang sedang naik daun saat ini dan diminati berbagai kalangan. Mengapa? Tentu selain karena modelnya yang cukup disukai dan punya ciri khas, London Taxi juga punya keunggulan soal material dan kenyamanan. Beberapa hal yang bisa teman-teman perhatikan saat membeli kick bike alias balance bike ini antara lain

1. Material dan Ukuran Ban

Beberapa jenis sepeda tanpa pedal memakai roda berbahan karet yang berisi gas, namun beberapa brand balance bike juga menggunakan roda solid yang berisi foam di dalamnya. Kelebihan ban angin berbahan karet terletak pada kenyamanannya ketika melewati medan yang tidak rata karena bisa meredam guncangan. Kelebihan ban solid adalah kepraktisannya, teman-teman tidak perlu mengeluhkan ban bocor atau kurang angin saat anak menaiki sepedanya.

spesifikasi london taxi kick bike
Banyak banget keuntungan memakai push bike dari London Taxi ini

Baiknya saat memilih sepeda, perhatikan pula ukuran lingkar roda sepedanya. Usahakan agar kaki anak dapat menapak di tanah sehingga anak dengan mudah mengontrol kecepatan dan kekuatan kayuhannya. Berikut ukuran lingkar roda sepeda balance bike yang bisa teman-teman pilih untuk anak
Roda berdiamater 12 inchi bisa dipakai untuk anak usia 2-4 tahun
Roda dengan diameter 16 inchi untuk anak usia 3-6 tahun
Roda berdiamater 20 inch untuk anak usia 4-8 tahun.

2. Jenis Rangka


Perhatikan pula frame atau rangka bahan sepeda. Ada yang terbuat dari besi dan baja, dari aluminium dan dari kayu. Masing-masing bahan sama-sama miliki kelebihan dan kekurangan. Bahan besi dan baja biasanya cenderung lebih berat jika ditenteng tapi lebih kokoh, bahan aluminium cenderung lebih ringan dan kuat, ada pula balance bike yang menggunakan rangka kayu dan polimer, namun biasanya kedua material ini dipakai untuk jangka pendek.

3. Ukuran sepeda

Pilih yang ukuran rangka dan tinggi sadel atau tempat duduknya sesuai dengan tinggi anak sehingga anak nyaman ketika menaiki sepeda. Punggung tidak terlalu condong ke depan, kaki tidak terlalu jinjit ataupun terlalu menekuk karena tentunya mengurangi kenyamanan bersepeda.

4. Warna Sepeda

Anak memiliki selera warna kesukaan mereka. Pilih warna sepeda seperti warna yang mereka sukai. Pilihan warna sepeda untuk anak perempuan tentunya berbeda dengan selera anak laki-laki.

5. Harga dan Keawetan

Harga balance bike bervariasi, mulai dari yang ratusan ribu hingga 1 juta lebih. Seperti balance bike London Taxi, sepeda anak London taxi ini dibanderol dengan harga rata-rata 1 jutaan

6. Fungsi Jangka Panjang

Jika teman-teman berharap sepeda balance ini bisa dipakai jangka panjang, pertimbangkan material, ukuran dan fungsi gandanya yang bisa digunakan dengan pedal maupun tidak. 


Ada berbagai merk balance bike yang ditawarkan baik secara offline maupun online. Pilihan London taxi sebagai balance bike kesayangan mungkin bisa jadi pilihan tepat untuk teman-teman berdasarkan keawetan, model rangka, dan material yang dipakai. Semoga postingan ini membantu ya!

Next Post Previous Post
4 Comments
  • iam.umiFuzy
    iam.umiFuzy 15 Mei 2022 22.01

    salam kenal dari blog iamfuzy

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 24 Mei 2022 08.55

      Salam kenal cik

  • Adam Muiz
    Adam Muiz 17 Mei 2022 12.22

    Jadi inget dulu belajar spedaan jatuh berkali kali tapi tetap happy
    Masa kecil memang sangat indah

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 24 Mei 2022 08.56

      yes kak Adam, untung sekarang anak bisa latihan dulu pakai balance bike yah

Add Comment
comment url