Menjadi Blogpreneur dan Belajar Scale Up Bisnis Dari FORTUNE Indonesia Summit 2022

Salah satu tagline sebuah sesi dalam FORTUNE Indonesia Summit dari IDN Media cukup menggelitik rasa penasaranku. Judulnya yang cukup provokatif memancing keingintahuan lebih besar mengenai kegiatan FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang diadakan Majalah FORTUNE, majalah bisnis yang diluncurkan oleh Winston Utomo, pendiri dan CEO IDN Media. 

fortune indonesia summit
Fortune Indonesia Summit 2022 terselenggara 18-19 Mei 2022

                            If You Can Measure it, You Can Improve It

Tips Scale up Bisnis (Blogging)

Sebuah bisnis itu perlu terukur agar mudah dikembangkan. Kalau aset, sumber daya dan output yang dihasilkan bisa diukur nilainya maka bisnis itu bisa dikembangkan. Begitu pula dengan blogpreneur, sebuah kegiatan memperoleh penghasilan dari kegiatan blogging. Untuk mendapatkan penghasilan dari blog, seorang narablog membutuhkan kegiatan SEO campaign yang mendorong artikel yang diposting bisa diterima dengan baik oleh audiens atau pembaca blog.

Menurut Sutanto Hartono, Managing Director EMTK ( PT Elang Mahkota Teknologi Tbk), selama pandemi kegiatan konsumsi di platform digital meroket. Kalau masuk digital first, target audiens harus bisa lebih spesifik sehingga kita juga punya fleksibilitas, ungkapnya. Dan aku yakin ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk narablog yang pekerjaannya berbasis online. Sumber daya yang dimiliki seorang blogger adalah blog, kemampuan menulisnya dan optimasinya sehingga kontennya bisa diterima dengan baik oleh pembacanya. Hasil outputnya adalah capaian Key Performance Index (KPI) yang sesuai seperti yang diharapkan brand dalam konten artikelnya atau organic trafik yang nilainya bisa dihitung. Dengan begitu goal utama untuk menyampaikan informasi dan pihak penyambung kegiatan brand berhasil.

Dari mana seorang blogpreneur mengetahui apakah kontennya akan tepat sasaran? Tentu saja dari research laporan Google Analytic berupa demografi wilayah, usia, jenis kelamin dan minatnya dan konten apa saja yang mendapatkan trafik yang cukup tinggi. Lalu berapa lama audiens bertahan membaca tulisan kita, scroll hingga akhir tulisan dan membagikan tulisan kita. Jangan lupa juga kenali dari sumber atau saluran media sosial mana konten kita dikunjungi. Dengan mengenali siapa audiens, kita bisa mengetahui konten seperti apa yang akan diminati dan mendorong blog kita mendapatkan trafik dan klik. Juga dari query-query yang telah kita sematkan dalam konten.

Belajar Bisnis Dari Business Person Of The Year 

Menurut Ririek Adriansyah, Direktur PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kontribusi dari sektor digital saat ini lebih tinggi dan berkembang semakin besar. Karena itu, bisnis digital ini beliau anggap sebagai bisnis masa depan. Anggapan Ririek ini juga didukung data banyaknya start up yang bertumbuh di Indonesia. Ririek masuk dalam jajaran Business Person of The Year di FORTUNE Indonesia Summit 2022 dengan banyak pertimbangan. Salah satunya karena kelihaian Ririek meningkatkan pendapatan dan laba perusahaan. Tercatat, pada 2020 Ririek telah berhasil membawa Telkom Indonesia memperoleh revenue sebesar 136,46 Triliun, setara dengan kenaikan 60% lebih laba perusahaan. Keberhasilan ini membawa Ririek Adriansyah menduduki 5 besar Business Person of The Year versi majalah FORTUNE.

Ada 20 orang yang mendapatkan awarding sebagai Business Person of The Year dalam FORTUNE Indonesia Summit tahun 2022 ini, antara lain mereka para eksekutif seperti 

  1. Garibaldi Thahir, CEO PT Adaro Energy
  2. Franky Oesman Widjaja, Chairman and CEO Golden Agri Resources Ltd
  3. Anthoni Salim, Presiden Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk
  4. Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur Bank Central Asia Tbk
  5. Susilo Wonowidjojo, Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk'
  6. Andre Sukendra Admaja, PT Mayora Lestari Tbk
  7. Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina
  8. Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur PT AKR Corporindo, Tbk
  9. Alvin W Sariatmadja, Presiden Direktur PT Elang Mahkota Teknologi Tbk
  10. M Arsjad Rasjid, Direktur Utama PT Indika Energy Tbk'
  11. Sunarso, Presiden Direktur PT Bank Rakyat Insonesia Tbk
  12. Wiliam Tanuwijaya, CEO Tokopedia
  13. Ririek Adriansyah, Direktur PT Telekomunikasi Indonesia tbk
  14. Kuncoro Wibowo, Pendiri Kawan Lama Sejahtera Group
  15. Handojo Santosa, Direktur Utama PT Japfa Comfeed, Tbk
  16. Budiarto Halim, Presiden Direktur PT Erajaya
  17. Silmy Karim, Direktur PT Krakatau Steel Indonesia Tbk
  18. Frans Kesuma, Presiden Direktur United Tractor Tbk
  19. Tjiu Thomas Efendi , Presiden Direktur PT Charoen Phokphan IndonesiaTbk
  20. Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk
Goerge Hendranata, CEO Tiket.com menyampaikan bisnis yang baik adalah yang mampu mengcreate value bukan hanya sekedar menghasilkan laba tetapi bisnis yang mampu memecahkan masalah konsumen dengan memberi solusi pada setiap keluhan mereka dan memudahkan hal-hal baik yang belum sempat terpikirkan customer. Hal ini sangat relate dengan tugas seorang blogpreneur yang goal completion-nya adalah inspire dengan menghasilkan banyak konten bermanfaat, educate yang membuat audiens memahami lebih banyak tentang suatu hal atau suatu produk yang ingin mereka coba dan convert yang bisa mengubah mereka yang sekedar mencari informasi menjadi tertarik mendapatkannya.

goal completion
Tujuan akhir seorang blogpreneur dalam post artikel


Mereka Yang Hebat, 40 Under 40 FORTUNE Indonesia

Media sosial merupakan bagian dari dunia digital yang tak bisa lepas dari kehidupan milenial dan generasi Z saat ini. Bahkan penggunaan media sosial ikut mendukung kegiatan marketing dan bisnis. Rafi Ahmad dan Arief Muhammad, dua konten kreator ini telah memanfaatkan media sosial sebagai ladang cuan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Buah usaha dan kerja keras dua orang ini dalam menyajikan konten yang dibutuhkan audiens memberi peluang mereka untuk membuka unit usaha lain disamping berkarya sebagai selebgram, content creator dan youtuber. Bagaimana mereka bisa berhasil? Tentunya dengan kerja keras dan konsistensi dalam berkarya.

40 under 40 adalah nominasi yang diberikan kepada anak muda Indonesia di bawah 40 tahun baik pengusaha, seniman, penggerak sosial dan pemerintahan yang telah berhasil menggerakkan kemajuan ekonomi sesuai dengan bidang yang digeluti. Di bisnis, ada Achmad Zaky, Anderson Sumarli, Anderson Tanoto, John riady, dan lainnya. Di dunia entertainment ada Rafi Ahmad, Rich Brian hingga Nicole Zefanya. Masih ada kategori pemerintahan, sosial dan olahraga juga. Dari Belinda Tanoko, salah satu penerima award 40 under 40 dan Direktur Utama PT Tanrise Property, aku belajar bagaimana menjadikan pandemi sebagai tantangan untuk berinovasi menghadirkan produk baru yang mampu menjawab kebutuhan consumer.  

Tentang FORTUNE Indonesia Summit 2022

FORTUNE Indonesia Summit 2022 adalah sebuah platform yang mengumpulkan para business person dan stakeholder yang diadakan IDN Media tanggal 18-19 Mei 2022 dan diselenggarakan di The Westin Jakarta. Ada 3 tema utama yang diangkat dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang diharapkan bermanfaat untuk ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth. Beragam insightful topic berdasarkan tema tersebut disampaikan dalam sesi talkshow dengan para narasumber ternama. Yang tak kalah seru adalah awarding session bagi tokoh  FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Cara Menghadiri FORTUNE Indonesia Summit

Buat kalian yang ingin belajar scale up bisnis langsung dari narasumber kompeten dengan menghadiri FORTUNE Indonesia Summit, caranya mudah banget. Dapatkan tiket FORTUNE Indonesia Summit dengan berlangganan Majalah Fortune Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia.

Jika teman-teman juga ingin mengetahui lebih banyak seperti apa IDN Media, silahkan mampir ke tulisan saya yang lain berikut ini

Live Streaming App IDN Media

5 Pahlawan Inspiratif Versi IDN Media


Next Post Previous Post
6 Comments
  • tantiamelia.com
    tantiamelia.com 27 Mei 2022 07.40

    FORTUNE Indonesia SUMMIT ini acara bergengsi - mengagumkan ya melihat sepak terjang para orang sukses ini! Jadi termotivasi deh, untuk membuat KOMITMEN - KETEKUNAN - KEDISIPLINAN DAN SETIA DI SATU JALUR SAJA

  • SHalikah
    SHalikah 30 Mei 2022 13.49

    Menjadi blogpreneur sendiri pun ternyata membutuhkan perjuangan dan kreativitas agar dapat terus eksis, memberi nilai dan manfaat ya. Event seperti Fortune Indonesia Submit ini menjadi penting. Karena bisa membawa wawasan baru bagi semua orang yang sedang mengembangkan bisnis, usaha, ataupun brand-nya.

  • Syahri
    Syahri 2 Juni 2022 20.00

    Yups, blogger juga bisa deh sukses kaya mereka. Yang penting tekun dan selalu semangat.
    Nah, ajang seperti ini sangat bagus untuk para pebisnis muda. Selain mendapatkan banyak wawasan dari para pebisnis yang sudah memiliki nama, juga dapat dijadikan tempat untuk memperbanyak klien.

  • deddyhuang.com
    deddyhuang.com 5 Juni 2022 09.08

    jadi blogpreneur pun juga bisa sukses yaa.. sama mbak aku juga lagi rintis buat jadi sukses di blog nih hehe.. harus berani kalahkan rasa malas kayak orang-orang sukses di FORTUNE Indonesia Summit.

  • Musdalifa Hamzah
    Musdalifa Hamzah 9 Juni 2022 13.28

    Waa blogpreneur yaaa... Bismillaah semoga saya bisa terus mengasah kemampuan menulis biar blog saya bisa makin sukses menjadi blogger pro

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 11 Juni 2022 20.36

    Sukses terus ya mba jadi blogpreneur. Aku juga pengen, tapi masih berperang dengan waktu dan si kecil hihi

Add Comment
comment url