Cara Membuat Telur Dadar Crispy

Untuk mengatasi kebosanan menyantap menu olahan telur, aku membuat telur dadar crispy dari campuran telur dan tepung kentucky super crispy dari Kobe. Gimana cara membuatnya? Simak postingan ini hingga bawah ya?

telur dadar crispy

Telur merupakan bahan masakan yang bisa digunakan untuk membuat bermacam olahan, enggak cuma sebagai bahan adonan kue, telur bisa diolah menjadi berbagai olahan lauk yang praktis dan lezat. Biasanya menu paling simpel yang sering disajikan untuk sarapan pagi atau bekal sekolah adalah telur ceplok atau telur dadar karena selain praktis, lauk telur ini juga cocok dipadukan dengan berbagai olahan sayur, nasi goreng, nasi putih maupun dibuat sandwich.

Telur Dadar Crispy, Solusi Olahan Telur Yang Nggak Bikin Bosan

Aku sendiri sering mengolah telur ini menjadi telur kecap kesukaan anak-anak atau telur orak arik saat kepepet tidak bisa belanja lauk dan stok di kulkas habis. Terlalu keseringan mengonsumsi telur dadar, orak-arik maupun telur ceplok tentu membuat jenuh. Selera makan jadi berkurang karena menunya itu lagi itu lagi.

telur dadar krispi

Agar tidak jenuh dengan olahan telur yang itu-itu saja,  aku membuat telur dadar crispy. Telur dadar crispy merupakan telur dadar yang digoreng menggunakan tepung kentucky alias tepung bumbu serbaguna. Aku memakai tepung Kobe kentucky super crispy untuk membuat telur dadar crispy. Alasanya agar sensasi kriuk dan dobel crispynya kerasa sehingga tetap renyah dan gurih. Rasanya tak kalah enak dan malah hampir mirip dengan kulit ayam crispy yang sering dihidangkan di menu jajan rice box itu.

Resep Telur Dadar Crispy Kriuk dan Lezat

Bahan dan cara membuat telur dadar crispy sangat mudah dan sederhana. Berikut bahan yang perlu teman-teman persiapkan sekaligus langkah membuat telur dadar crispy

Bahan

  • 2 Butir telur
  • Air secukupnya
  • Sedikit garam
  • 1 bungkus Tepung Bumbu Serbaguna Kentucky Super Crispy dari Kobe
  • Minyak untuk menggoreng
step membuat telur dadar crispy
Searah jarum jam, dari kiri atas telur dadar, potongan telur dadar, bahan pencelup, bahan baluran, gorengan telur, telur dadar crispy siap dinikmati

Cara Membuat

  1. Kocok 2 butir telur dan tambahkan garam
  2. Goreng telur dadar menggunakan sedikit minyak
  3. Tiriskan, tunggu dingin lalu potong sesuai selera
  4. Buat bahan pencelup dengan menggunakan tepung bumbu Kobe Kentucky Super Crispy dan air hingga tidak ada yang menggumpal
  5. Siapkan pula tepung supercrispy Kobe untuk membaluri telur
  6. Masukkan telur yang sudah dipotong ke dalam bahan pencelup lalu masukkan ke tepung
  7. Goreng dalam minyak panas, tiriskan
  8. Sajikan hangat

Teman-teman bisa membuat telur geprek crispy dengan menambahkan sambal bawang atau membuat menu ala rice box dengan membuat saus teriyaki terlebih dahulu. Sensasi kress dan renyahnya enak disajikan bersama nasi hangat atau bisa juga untuk bekal ke kantor.

Tepung Kobe Kentucky Super Crispy

Seperti yang telah aku jelaskan dalam artikel sebelum-sebelumnya, Kobe merupakan produsen tepung bumbu pertama di Indonesia yang awalnya berasal dari industri rumahan tetapi berkembang pesat menjadi produsen berskala nasional. Produknyapun bermacam-macam, bukan hanya tepung bumbu namun ada snack, bumbu dapur dan bermacam varian cabe bubuk yang rasanya bisa diuji kelezatannya.

Tepung Kobe sendiri memiliki beberapa varian dan kegunaan, ada tepung tempe kriuk untuk membuat tempe mendoan atau keripik tempe, tepung bumbu putih untuk membuat gorengan bertekstur kristal, tepung serbaguna untuk membuat berbagai olahan gorengan gurih, tepung bakwan dan perkedel serta tepung goreng pisang crispy. Teman-teman bisa intip resepnya di website dapurkobe.

Yang spesial dari tepung kobe super crispy ini adalah kriuk dan renyahnya yang bisa bertahan hingga 8 jam, jadi teman-teman gak perlu takut bekal lauk dari tepung Kobenya bakal melempem sebelum jam maka siang tiba. Tepung kobe kentucky super crispy ini diracik menggunakan formula khusus sehingga rasanya khas, renyah dan garing. Tepung bumbu kobe super crispy ini juga bebas pengawet dan pewarna buatan.

Tepung Kobe super crispy ini aku beli di Indomaret seharga 7000 rupiah untuk kemasan 210 gr, namun karena ada diskon harganya jadi 5100 rupiah. Teman-teman juga bisa membeli langsung melalui alfamart atau supermarket lain dan juga e-commerce seperti Lazada, Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.

Nah itu dia ceritaku membuat telur dadar krispi dari tepung bumbu kobe super crispy. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
3 Comments
  • nurul afiati
    nurul afiati 3 Juni 2022 09.12

    Wah ini sih varian baru, mau coba juga deh bikin telur dadar diginiin mba.. kayaknya anak-anak bakal suka, selama ini kalo gak ceplok di dadar aja udah. Biar g bosen bisa di crispy juga

  • Elin DS
    Elin DS 3 Juni 2022 09.31

    Kelihatannya enak sekali ya mbak. Bisa menjadi alternative memasak telur biar tidak hanya direbus dan digoreng biasa saja. Jadi, anak-anak tidak bosan kalau lauknya telur.

  • Dwity
    Dwity 3 Juni 2022 10.49

    Makasih inspirasinya Mbak. InsyaaAlloh kapan-kapan mau coba

Add Comment
comment url