NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Kreasi Resep Masakan Dari Olahan Susu Cair

Kreasi resep masakan ini saya buat dari olahan Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go! varian original yang rendah gula dan kaya serat pangan inulin. Saya jadi lega, ketika hidangan buka puasa ini siap ternyata menu yang saya hidangkan membuat anak makan lahap. Resep Makanan Bergizi ini cukup mudah cara membuatnya, bahannya sederhana dan mudah didapatkan.

resep masakan susu cair

Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Di tahun kedua puasa Ramadhan di tengah pandemi covid-19 ini, masjid-masjid mulai ramai. Tetapi suami berinisiatif untuk mengimami sholat tarawih di rumah, mungkin setelah hari ke-15 ketika jamaah masjid mulai berkurang kami baru ke masjid. Selain mengurangi mobilitas, berkerumun, menerapkan protokol kesehatan kami juga mulai membiasakan beraktivitas fisik tiap pagi dan menjaga tubuh agar tetap fit, demikian juga yang kami lakukan untuk anak-anak.

resep camilan favorit anak

Seperti yang saya ceritakan di postingan  Cara menjaga kesehatan anak di masa pandemi kalau Uty dari kecil termasuk pemilih makanan. Kadang kalau moody, dia bisa betah seharian tak menyentuh nasi. Sedih kalau anak tak mau makan dan maunya menu itu-itu saja. Saya sampai berkreasi membuat resep sushi buatan sendiri dan mencari menu pengganti nasi seperti cemilan dari roti tawar, macaroni atau dari jagung. 

Kreasi Resep Dari Olahan Susu Morinaga Chil*Go!

kreasi resep masakan

Di ramadhan kali ini, saya berkreasi membuat resep takjil dengan susu kesukaan Uty. Berbahan dasar susu cair Morinaga Chil*Go! , saya membuat tiga menu mengenyangkan sekaligus bernilai gizi tinggi antara lain Roti Sandwich Ragout, Sup krim jagung, dan Korean Strawberry Milk with Jelly.

Resep Roti Sandwich Ragout Morinaga Chil*Go!

resep roti sandwich ragout
resep roti sandwich dengan susu cair Morinaga Chil*Go!

Roti sandwich ragout ini jadi andalan ketika Uty tak mau makan nasi. Dalam resep ini sudah ada karbohidrat dari roti tawar, protein hewani dari telur dan susu, sayuran, dan serat pangan inulin. Camilan ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi ketika anak susah makan.

Bahan

  • 200 gram wortel, potong ukuran kecil-kecil
  • 200 gram kentang potong dadu kecil
  • 100 gram buncis, iris tipis
  • 6 lembar roti tawar
  • 2 botol susu cair Morinaga Chil*Go!
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm mentega (bisa diganti margarin atau minyak goreng untuk menumis)
  • 2 butir telur kocok
  • tepung roti secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu

  • 2 sdm bawang bombay cincang
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Siapkan wajan, panaskan mentega dan tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum 
  2. Masukkan wortel, kentang, buncis dan masak hingga layu
  3. Masukkan gula, garam, merica bubuk dan tepung terigu
  4. Masukkan 2 botol susu Morinaga Chil*Go!
  5. Tambahkan seledri sambil aduk rata dan masak hingga mengental, angkat
  6. Isi roti tawar dengan ragout sayuran yang telah dimasak tadi lalu tumpuk dengan roti tawar lagi
  7. Celupkan roti ke dalam telur lalu lapisi dengan tepung roti
  8. Goreng hingga warnanya kekuningan, tiriskan
  9. Potong menjadi 4 bagian dan penganan berbahan dasar roti tawar dan susu cair ini siap dihidangkan.
Roti tawar yang lembut berpadu dengan ragout yang diolah dengan susu cair rasanya jadi gurih dan mengenyangkan. Uty sampai nambah lagi.

Bagi teman-teman yang kurang suka isiannya, bisa juga lho roti tawar ini diisi dengan omelette telur sayuran. Caranya juga gampang, cukup kocok telur, garam, 1 sendok makan wortel yang telah dipotong berukuran dadu kecil-kecil dan 1 sendok makan kacang polong kemudian beri 2-3 sendok susu chilgo. Goreng dalam wajan dan hidangkan dengan roti tawar.

2. Sup Krim Jagung Morinaga Chil*Go!

sup-krim-jagung
sup krim jagung 


Bahan

  • 150 gram jagung manis pipil
  • 3 batang sosis, iris 2 cm dan belah bagian tengahnya menjadi 4
  • 100 gram daging ayam (lebih baik fillet)
  • 1 buah wortel ukuran sedang, potong dadu atau menurut selera
  • 1liter air
  • 1 butir telur ayam, kocok
  • 1 botol Morinaga Chil*Go!
  • 1 batang daun bawang dan seledri, ikat
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 1 batang seledri iris tipis

Bumbu

  • 3 siung bawang putih haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam

Cara Membuat

  1. Rebus daging ayam bersama ikatan daun bawang dan seledri hingga mendidih, angkat dan jangan buang airnya
  2. Potong ayam berbentuk kotak berukuran 1 cm
  3. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih hingga harum, angkat
  4. Rebus kembali kaldu ayam dan masukkan pipilan jagung, sosis, merica bubuk, gula dan garam kemudian aduk rata
  5. Masukkan daging ayam, telur kocok, susu Morinaga Chil*Go! dan daun seledri iris
  6. Aduk sebentar, angkat
Akhirnya sup krim jangung Morinaga Chil*Go! ini siap dihidangkan. Sudah ada karbohidrat dari jagung, protein nabati dari wortel, hewani dari susu, telur dan sosis yang siap memenuhi nutrisi si kecil saat nafsu makannya turun.

3. Korean Strawberry Milk with Jelly

korean strawberry milk
Korean Strawberry milkwith jelly ala Morinaga Chil*Go!


Sekali-kali boleh dong membuat menu minuman kekinian dari Korea tetapi masih tetap berbahan susu cair Morinaga Chil*Go! yang sarat gizi.

Bahan

  • Strawberry ukuran sedang 30 biji, cuci bersih
  • Jelly strawberry (meski membuatnya sesuai petunjuk tetapi saya memilih mengurangi gulanya)
  • Gula 4 sendok makan
  • 2 botol susu cair Morinaga Chil*Go! (jika terlalu creamy, teman-teman bisa menambahkan sedikit air atau sesuai selera)
  • es batu

Cara Membuat

langkah membuat minuman kekinian


  1. cincang strawberry kemudian masak bersama gula hingga mengental
  2. siapkan gelas,masukkan jelly strawberry, susu cair Morinaga Chil*Go! kemudian strawberry
  3. tambahkan es batu
  4. Korean strawberry milk siap disajikan

Kandungan Serat Pangan Inulin Dalam Morinaga Chil*Go 

Dr Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritional pada siaran pers 25 Maret lalu memaparkan bahwa saluran pencernaan itu layaknya otak kedua yang perlu kita jaga dengan asupan yang tepat.

Serat pangan inulin adalah salah satu prebiotik kaya serat yang bermanfaat untuk saluran cerna dan bisa menjadi senjata menjaga kesehatan anak apalagi di tengah pandemi sekarang ini.

Rasa-rasanya memilih Morinaga Chil*Go! sebagai pendukung daya tahan fisik anak adalah pilihan tepat. Saya tak perlu lagi khawatir dengan pemenuhan nutrisinya. 

Apalagi susu cair Morinaga Chil*Go! sendiri kaya manfaat, antara lain
  • Mengandung 9 vitamin dan 5 mineral
  • Mengandung serat pangan inulin yang baik untuk usus anak
  • Teruji secara klinis di laboratorium Kalbe dan Morinaga Jepang
  • Telah tersertifikasi BPOM dan berlabel halal
  • Formulanya rendah gula sehingga aman dinikmati anak
  • Mudah dikreasikan menjadi beragam menu kesukaan si kecil
Dengan sederet manfaat yang diperoleh dari susu cair Morinaga Chil*Go! ini, saya jadi yakin deh ngajak teman-teman untuk mencobanya juga. Apalagi susunya mudah dikreasikan menjadi beragam menu keluarga yang enak dan kaya nutrisi. 

Saya tambah jatuh hati ketika Morinaga juga ikut mengkampanyekan program cerdas berplastik (cerdik) dengan menggunakan kemasan botol yang bisa didaur ulang dan telah bekerjasama dengan mitra pengolahan daur ulang sampah plastik.

masakan untuk picky eater
Bahagia menikmati susunya dikreasikan jadi beragam menu

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui beragam  informasi dan  tips dari Morinaga, teman-teman bisa mengunjungi Instagram Morinaga di @morinagaplatinum atau melalui website https://morinagaplatinum.com/id . 

Yuk berbagi keseruan kreasi resep masakan dari olahan susu cair juga teman-teman, siapa tau kita bisa sharing resep. Pengen tau juga hasil kreasi andalan teman-teman selama Ramadhan ini.

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

Click here for comments 94 Comments:

  1. Pas banget buka ini pas lagi mikir bikin apa buat buka :) sekarang chilgo ada yang original ya. Wah, mantap.

    BalasHapus
  2. Hwaaaa ada resep aku suka aku suka. Bisa ditiru nih. Sip banget buat bocahku hehehe. Ada sajian menu karbo pengganti nasi dan sayurnya juga. Minumannya juga tampak bikin ngiler. Hahahhaa. Oke siap insya Allah dicoba

    BalasHapus
  3. Waah mantaap bangeet, pengen aku cobain ni resep makanannya untuk si kecil😍😍

    BalasHapus
  4. Waa menarik sekali 😍😍 kalau anak saya lihat tulisan ini pasti minta dibuatkan. Bahannya juga mudah ya, bikin ah.

    BalasHapus
  5. Enak nih buat persiapan bikin takjil buka puasa. Mau nyontek resepnya ya mbak Sari

    BalasHapus
  6. Wah boleh juga tuh yang sandwich. Bisa dicoba di rumah

    BalasHapus
  7. Wah banyak olahan menu yang bisa di kreasikan dengan susu ya. Yang roti itu aku dulu pernah nyobs kayaknya dan enak.

    BalasHapus
  8. Mbak aku baca ini pagi-pagi jadi ngiler resep masakannya enak2 semua 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sama kak Tri, mana jam ini kan jam sarapan yak, udah deh banyak-banyak nahan sabar kan inget lagi puasa haha

      Hapus
    2. Hehe, ayok bikin buat buka juga mbaa

      Hapus
  9. wahhh boleh ini resepnya tak coba buat buka puasa nanti . ... pasti anak2 suka ini

    BalasHapus
  10. Referensi resepnya menanti banget untuk dicoba. Aku mau coba buat sikecilku. Biar semangat buka puasanya nanti. Tq mak

    BalasHapus
  11. duh kelihatan enak banget, izin recook ya mom...

    BalasHapus
  12. Anakku juga dulu susunya morinaga chilgo. Dia paling suka rasa coklat. Iya yaa bisa jadi olahan minuman dan makanan juga.

    BalasHapus
  13. Aaahh aku ngiler semua... Keliatan menggiurkan banget nih anak anak pasti suka

    BalasHapus
  14. Lihat makanan jadi ngiler nih, saya sebelumnya juga mau rencana nyoba buat sup krim cuman belum kesampean juga. Ntar saya prakterkin deh di rumah

    BalasHapus
  15. wahhh kayaknya enak nih. Jadi pengen coba juga buat di rumah bersama anak saya. Makanannya selain enak juga mengandung gizi lengkap yaa

    BalasHapus
  16. Mba sariiii, dr sekian banyak resep, aku lgs save yg ini, Krn yg gurih2 gini kayak roti ragout dan sup jagung, itu yg paling aku sukaaaaa.

    Menu minumannya menarik juga, utk bukaan puasa.

    Tapi pastinya yg isian ragout sih yg mau aku coba segeraaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaap mba Fanny, makasih udah save resepnya 😍😍

      Hapus
  17. keren nih Morinaga Chil*Go! sekarang punya susu cair

    sehingga bisa diminum langsung atau dikreasi menjadi berbagai makanan

    waktu anak2 saya kecil juga berstrategi agar mereka makan makanan kaya protein

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata anak emang susah makan yah mba,

      Hapus
  18. si adek pasti seneng banget nih dapat banyak makanan bergizi yang pasti rasanya juga lezat. Ternyata susu cair bisa juga untuk diolah jadi makanan yang beraneka ragam gitu ya mbak, selama ini kalau saya ada stok susu, ya langsung diminum aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, diminum langsung doyan,dibikin jajan juga mau anakku

      Hapus
  19. wah ... menu resepnya enak semua tuh ... selain susu bisa diminum untuk kesehatan, ternyata susu cair Morinaga bisa digunakan untuk membua kue dan takjil untuk buka puasa nanti sore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba..bisa buat bikin menu buka puasa kesukaan bocil

      Hapus
  20. Roti sandwich ragout nya bikin ngiler, bisa buat takjil juga ini. Kreasi makanan dengan susu cair Morinaga Chil*Go! jadi menambah ide kreatif di rumah ya

    BalasHapus
  21. Aduh-aduh menu-menunya menyelerakan sekali ini Mbak. Mulai dari roti, sup dan minuman bergizi. Semua tampak lezat dengan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Saya pengen nyoba yang rotinya buat camilan/takjil buka puasa hari ini ah. Sepertinya anak-anak saya bakal suka.

    BalasHapus
  22. Pas banget nih, di bulan puasa gini, bikin kreasi kayak gini akan sangat bermanfaat, buat buka puasa dengan yang bergizi.

    Anak-anak saya juga suka susu Morinaga Chil go, kreasinya juga pasti jadi lebih enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Rey, bisa dikreasikan bermacam-macam menu masakan dan minuman

      Hapus
  23. aku mupeng re-cook sop krim jagung
    moga2 masih ada jagung manis di tukang sayur langgananku dah
    kalo chil*go, daku masih nyetok di kulkas.
    makasii mba Sari

    BalasHapus
  24. Memasak menjadi maksimal dengan suplemen minuman salah satunya dikemreasikan, Chil Go mendukung itu.

    BalasHapus
  25. Duh mba, Maetami tak suruh main rumah tantenya aja nih biar buka puasa di sana. Wkwkwk. Menu-menunya kids-friendly bangettttt. Enak banget kayaknya sup krim jagungnya, kesukaan anak saya tuh.

    BalasHapus
  26. Wah siang-siang baca postingan ini, jadi nambah lapar, hahaha... Apalagi pas puasa, cuma bisa nelen ludah. Boleh juga nih buat hidangan buka puasa, biar lebih bervariasi gitu, soalnya anak-anak biasanya bisa cepat bosan dengan menu berbuka yang itu-itu aja...

    BalasHapus
  27. pas banget punya jagung manis, ada susu juga di kulkas. Ntar sore bisa di coba nih resepnya buat buka puasa

    BalasHapus
  28. Baca artikel ini pas waktu sahur rasanya pengen makan lagi wkwkwk. Btw kalau kita orang dewasa makan menu utk anak itu boleh ga mbak hihi... secara dari tampilannya aja udah menarik gitu. Jangankan anak kecil, orang dewasa juga pasti lahap makan sandwich itu

    BalasHapus
  29. bundanya pinter masak, tampak enak semua sajiannya, pantes kl anak2nya doyan makan dan sehat ya bun..

    BalasHapus
  30. Resepnya cukup mudah ya, Kak. Apalagi bahan-bahannya juga disukai anak, kecuali untuk sayuran. Meski begitu karena dicampur gitu dan penampilannya menggoda. Saya sih yakin, anak-anak nggak bakal mempermasalahkannya. Penting ada susu favorit mereka. Wuih. Langsung sikat pasti.

    BalasHapus
  31. Nyesel deh baca ini pagi2... Jadi auto ngiler 🤭🤭

    Resep2nya bisa nih d cobain. Praktis dan terjamin nutrisinya.

    BalasHapus
  32. Pilihan resepnya sesuai banget untuk anak, karena ada sayurnya. Bahkan si picky juga ga akan melewatkan camilan sedap ini.

    BalasHapus
  33. Habis baca ini kok jadi kepengen bikin bukaan dari olahan susu juga nih..
    Resepnya bikin ngiler kak. Aku contek ya buat bukaan ntar sore

    BalasHapus
  34. Azkiya juga suka bgt morinaga. Biasanya aku buatin yg bubuk mbak, tapi aku biasanya kolak aku kasih susu bubuk morinaga. Tetapi skrg sudah bosen hehe coba aku buatin sup jagung ala mbak hehe berhubung Azkiya juga suka jagung

    BalasHapus
  35. Baru baca aja udah ngeces bayangin hasil masakannya, aku pasti cobain semua resepnya buat menu buka sekeluarga udah kebayang lezat dan kandungan gizinya sangat memengaruhi kebutuhan seluruh keluarga

    BalasHapus
  36. Yummy untuk makanan anak yang penuh dengan gizi, dimasak dengan cinta yang dalam oleh ibundanya.

    BalasHapus
  37. mudah dan gak ribet yaa. boleh dicoba nih resepsi biar menu buka puasa lebih variasi hihihi. baca dan melihat beberapa sampel aja udah ngiler hhahaha

    BalasHapus
  38. pas banget nih mba jadi pengen coba yang korean strawberry nih karena ada bahan-bahannya di rumah :)

    BalasHapus
  39. Mantap banget tuh pasti makannya lahap banget ya
    Saya juga suka berkreasi makanan takjil dengan susu..

    BalasHapus
  40. resep-resepnya mudah dibuat dan pasti disukai anak-anak. apalagi yang mi;k jelly, kalau di rumah saya , auto laku banget itu

    BalasHapus
  41. Resep Sup Krim Jagung nya menarik. Saya mau ah mencobanya untuk teman berbuka puasa.

    BalasHapus
  42. Waaah..menggiurkan smua ini resepnya, ku kira chilgo kemasan ini termasuk sufor lho mba, ternyata semacam uht gitu ya

    BalasHapus
  43. Pengen coba recook yang resep sandwichnya nih hehehe. Izin save ya mbak. Siapa tau nanti kepakai untuk bekal anak.

    BalasHapus
  44. Wah makasih resep Roti sandwich ragout nya ya Mba... bisa jadi alternatif kl si kecil sedang bosen makan nasi. Btw, kudu stok Morinaga Chil Go ah, so yummie nihh

    BalasHapus
  45. waaa....semua kreasinya bikin ngeces, apalagi soup krim jagung

    keren nih Morinaga Chil*Go! bisa digunakan untuk berbagai kreasi makanan dan minuman

    BalasHapus
  46. wah kreatif banget mam, bisa bikin sandwich roti ragout gituu.. kalau aku biasanya ya roti dimakan aja biasa sama anak-anak haha paling banter dipanggang dulu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kadang malah buat bahan nugget juga mba roti tawarnya

      Hapus
  47. Duly sewaktu kuliah aku jualan cracker rougout biasa disebut crackout. Rougutnya ibuku yang buat, Pas nyoba sendiri kok ngga adae rasanya yak XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di tempatku lebih dikenal dengan sebutan roti goreng atau roti gabin mba

      Hapus
  48. Haduduuu...resep-resepnyaenggida banget, apalagi buat anak2 yang suka nyemil, ini tuuu cemilan yang menyehatkan banget, apalgi pake susu cair Chil Go

    BalasHapus
  49. Menu-menunya menarik ya Ka. Kelihatan mudah juga buat dicoba.
    Besok coba ahh

    BalasHapus
  50. Wah banyak bgt mbaaa.. lumayan buat ganti ganti menu buka biar gak bosen

    BalasHapus
  51. Roti sandwich ragout ini bisa untuk menu takjil juga nih, karena bernutrisi dan sehat dengan ada kandungan susu sehingga lebih sehat dikonsumsi

    BalasHapus
  52. Mbakkk ... aku langsung save semua resepnya ini. Btw untuk jelly strawberry pakai merek n***rijell bukan mbak?

    Oia aku baru tau kalau Morinaga ngeluarin Morinaga Chil*Go. Dulu taunya susu chil kid bubuk kaleng aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mba, yg bahannya konyaku, bukan yang agar-agar tapi yang jelly

      Hapus
  53. Aku blm keenakan nyoba bikin sup krim nih, perlu dicoba nih. Besok tak beli jagung coba. Susu dlm olahan makanan ini aku jg jd alternatif karena anak kalau minum susu agak kurang suka

    BalasHapus
  54. Ternyata dari susu bisa jadi banyak menu, apalagi anak pasti suka

    BalasHapus
  55. Susu cair bisa dikreasikan jadi makanan yang lezat begitu ya ternyata. Ini jadi solusi banget nih buat anak yang malas minum susu secara langsung. Terima kasih sharingnya Mbak

    BalasHapus
  56. Susu cair tidak hanya baik dikonsumsi langsung ya tapi bisa menambah nutrisi ketika diolah. Terima kasih sudah berbagi resep, mom ^^

    BalasHapus
  57. wah sup krim jagungnya menggoda bangettt mbak,,, pengen cobain buat buka puasa dehhh

    BalasHapus
  58. menarik banget nih resep makanannya, enak-enak kayaknya. anak-anak pasti pada suka..

    BalasHapus
  59. Ternyata Morinaga Chil*Go bisa dikreasikan juga ya, aku kira hanya bisa langsung diminum gitu aja. Ini sih anak-anak pasti senang sekali ya mbak.

    BalasHapus
  60. Wah, bisa dikreasikan menjadi aneka makanan ya. Jadi anak tidak bosen. Oke, noted banget...

    BalasHapus
  61. Sup Jagung nya, kayanya creamy banget ya mbak kalau dikasih susu cair. Ah jadi pengin buat untuk menu buka puasa hari ini

    BalasHapus
  62. Lihat menunya enak-enak semua mba cara buatnya juga mudah di tambah susu yang penuh bergizi makin kumplit deh... Mau coba bikin buat menu buka puasa deh

    BalasHapus
  63. Duh saat puasa begini liat smua olahannya jadi ngiler mau cobain satu2 ah apalagi ada campuran susu chilgonya anak2 pasti suka smuaa nih

    BalasHapus
  64. Wah.. recomended nih buat menu buka puasa..
    Padahal anak-anak sering minum susu ini cuma belum pernah di kreasikan apa pun..

    BalasHapus
  65. Bisa dicobain nih resepnya, bisa buat sarapan anak-anak juga

    BalasHapus
141222861953258005