Agar anak makan lahap


Banner Instagram makanan



Hai bunda, pernah kepikiran bagaimana reportnya jika si kecil GTM (Gerakan Tutup Mulut) alias tak mau makan? Mau curhat atau sharing ke tetangga atau teman jadi takut karena khawatir dianggap gak bisa ngurus anak..Ups! Tapi tak semua kayak gitu kok ya, oh iya aku mau berbagi tips nih biar anak mau makan.

1. Kenalkan bermacam sayur, lauk dan buah sejak dini

Jika mom ingin mengenalkan MPASI dalam bentuk puree sesuai anjuran WHO, maka sebaiknya perkenalkan anak terlebih dahulu dengan sayur baru kemudian setelahnya buah-buahan. Kenapa? Karena dikhawatirkan jika anak dikenalkan rasa yang manis terlebih dahulu, ia akan menolak jika diberi sayur yang rasanya cenderung hambar. Baru kemudian setelah 14 hari,mom bisa mengenalkan dengan menu MPASI 4 bintang.

2. Buatkan finger food sebagai cemilan

Menu MPASI yang menarik dan
Finger food
Sumber : anekaresepdi.blogspot.com

Latih anak agar mau makan sendiri dengan mengenalkan finger food. Finger food bisa berupa sayur, buah atau biskuit yang mudah digenggam anak sehingga melatih motorik anak untuk memegang makanannya.

3. Kreasikan menu masakan

Menyusun menu MPASI 4 bintang memang gampang-gampang susah. Menu terdiri dari karbohidrat, sayuran, protein hewani dan juga protein nabati. Agar anak suka, buatlah variasi makanan misal pagi hari anak makan kentang keju brokoli dan evoo, maka siangnya mom bisa kenalkan dengan menu nasi, kaldu sapi, kacang panjang dan wortel.

4.  Sajikan menu ala bento

Menyajikan menu berbentuk bento
Menu bento
Sumber : hungrygowhere

Di usia 2 tahun, ketika anak sudah bisa makan sendiri maka mom bisa sajikan makanan dengan tampilan menarik (bento) sehingga si kecil suka.

5. Cerita atau dongeng tentang makanan

Sekarang sudah banyak dijumpai buku cerita yang membantu mom agar anak makan lahap. Atau mom bisa ceritakan masa kecil mom yang makan dengan lahap kepada si kecil agar ia juga tertarik menyantap hidangan yang telah disiapkan

6. Makan bersama

Salah satu cara mendorong si kecil agar mau makan adalah memberinya teladan. Dengan makan bersama anak, maka anak jadi terinspirasi untuk mengikuti cara dan bagaimana mom makan

7.Buat suasana menyenangkan saat makan

Janganlah memberi atau menyuapi si kecil saat badmood atau baru saja menangis. Biarkan si kecil nyaman dan ajak makan pelan-pelan

8. Jangan paksa anak

Jangan sekalipun memaksa anak untuk makan, alih-alih membuatnya mau makan. Hal ini justru membuat anak semakin tidak menyukai makan.

9. Porsi yang cukup

Justru bagus ketika anak sudah mampu menentukan tingkat kenyangnya dari kecil. Jadi, jangan sekalipun memaksa anak agar menghabiskan makanannya ketika kenyang sehingga ada baiknya ambilkan nasi sesuai kebutuhan anak.

Nah, itu tadi 9 tips dari saya, semoga anak gak GTM lagi ya bun..

No comments