Cara Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi

Tahun ajaran baru nanti kegiatan belajar mengajar beberapa sekolah di zona hijau mulai dibuka. Rasa cemas sekaligus gembira berbaur jadi satu. Pasalnya, aktivitas belajar daring yang membuat guru, murid dan orangtua sama-sama berjuang dan beradaptasi dengan pandemi seakan menemukan titik terang. Di sisi lain, jika dalam perjalanan kegiatan belajar mengajar ini terjadi peningkatan kasus lagi, terpaksa masa sekolah online akan diperpanjang. Sudah siapkah kita dengan kegiatan belajar di sekolah nanti dan apa saja persiapan yang akan kita lakukan dan bagaimana cara menjaga kesehatan anak di masa pandemi?

serat pangan inulin


Mau tak mau ,orangtua harus berupaya agar kesehatan anggota keluarga dapat terjaga dengan baik. Apalagi vaksinasi covid-19 pun hanya bisa diberikan  kepada orang dewasa sehingga anak butuh dukungan nutrisi yang baik agar terlindungi

Seperti yang disampaikan dr. Daeng M Faqih, S.H, M.H, Ketua Umum Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dalam konferensi pers Morinaga Chil*Go! 25 Maret 2021 lalu. Beliau menerangkan bahwa "Daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemenuhan nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. Kesehatan keluarga ini tak lepas dari peran dokter dalam mengedukasi masyarakat. Kekebalan tubuh berkaitan erat dengan saluran pencernaan. Ketika saluran pencernaan bekerja dengan baik, nutrisi akan terserap maksimal sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih baik."

dr Daeng juga berpesan agar orangtua dan dan anggota keluarga memperhatikan pemenuhan nutrisi dengan pola makan seimbang yang terdiri dari nutrisi makro ( karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro ( vitamin dan mineral) , taat protokol kesehatan dengan memakai masker, menghindari keramaian, rajin mencuci tangan, mengurangi stress, tidur yang cukup dan beraktivitas fisik.

Di kesempatan yang sama, dr Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals juga memaparkan bahwa di masa pandemi ini, orangtua perlu memberikan nutrisi tambahan yang tepat, bisa melalui susu, sayuran, maupun buah-buahan untuk membantu meningkatkan daya tahan anak.

dr Muliaman juga menerangkan, serat pangan inulin yang kaya serat dan rendah kalori bisa menjadi senjata utama dalam tumbuh kembang dan menjaga kesehatan tubuh anak-anak. Beliau menegaskan agar orangtua memperhatikan kandungan gula maksimal 6 sendok makan perhari atau setara dengan 50 gram gula. Asupan gula berlebih akan menimbulkan masalah gigi, obesitas, menurunnya daya tahan tubuh.

siaran pers morinaga chil*go!
Konferensi pers via daring Morinaga Chil*Go!


Dalam kesempatan tersebut, chef  Devina Hermawan, finalis Masterchef sesion 5 membagikan keahliannya membuat kreasi menu makanan bergizi berbahan dasar Morinaga Chil*Go! yang ia namakan resep immunobooster yaitu Panna Cotta dan Creamy Baked Broccoli Potato Cheese. 

Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritional turut mengenalkan varian baru Chil*Go! original yang lebih rendah gula untuk mendukung daya tahan tubuh anak selama pandemi. Menutup sesi konferensi pers tersebut, Daru menjelaskan bahwa KALBE Nutritional membantu para bunda seluruh Indonesia menjaga daya tahan tubuh anak dengan membagikan beberapa kreasi resep masakan dengan Morinaga Chil*Go!.

Cara Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi

Adakah yang sepemikiran bahwa menjaga kesehatan anak itu suatu keharusan? apalagi di masa pandemi seperti sekarang, penting memenuhi kebutuhan gizi agar daya tahan tubuhnya kuat.

Setelah mengikuti konferensi pers yang diadakan Morinaga Chil*Go! saya jadi terinspirasi dan menemukan ide memenuhi kebutuhan gizi anak picky eater seperti Uty  yang aktif dan punya gaya belajar kinestetik sehingga cenderung aktif melompat, berlarian serta eksplorasi di alam terbuka. 

Ini menjadi tantangan untuk saya, karena mau tak mau, semua aktivitas yang dilakukan sangat bergantung pada kekuatan fisiknya. Banyaknya energi yang dikeluarkan untuk aktivitas hariannya tentu juga harus didukung dengan pemenuhan gizi yang sesuai agar tak mudah sakit.

Berdasarkan Angka Kebutuhan Gizi (AKG), rata-rata anak usia 5 tahun memerlukan energi dan protein sebesar 1550 kal dan 39 gram. Ini menjadi PR terbesar saya karena tidak semua jenis makanan  Uty suka, padahal prinsip gizi seimbang pada anak usia 5 tahun ini baiknya dipenuhi dengan mengenalkan beraneka ragam makanan. 

tumpeng gizi seimbang
Tumpeng Gizi Seimbang, maksimal 5 sdm gula, 5 sdm minyak, dan 1 sdt garam

Rata-rata kebutuhan gizi harian untuk anak usia 4-6  tahun adalah 3 porsi karbohidrat, 2 porsi sayur, 21/2 porsi buah, 2 porsi protein nabati, 2 porsi protein hewani, 1 porsi susu, gula, garam dan minyak secukupnya.

Agar kesehatan anak tetap terjaga dengan baik selama pandemi, selain aktivitas fisik, menerapkan protokol kesehatan, menjaga berat badan, pemenuhan nutrisi anak tetap harus seimbang. Pada umumnya, picky eater seperti Uty tidak menyukai nasi dan pilih-pilih sayur atau lauk. Tetapi kita bisa menyiasatinya dengan cara :

1. Mengkreasikan menu gizi seimbang


kreasi makanan picky eater
Kreasi makanan yang pernah saya buat untuk Uty


Teman-teman bisa menyiasati pemenuhan gizi picky eater ini  dengan menyusun  kreasi menu makanan seperti 
  • membuat bento yang bentuknya lucu sehingga anak tertarik
  • mengolah sayur atau buah menjadi menu favorit anak, misal nuget sayuran, smoothies, es krim berbahan sayur, makaroni keju, puding susu atau es lilin buah
  • Mengajak anak makan bersama
  • Afirmasi tentang manfaat sayur, buah dan makanan bergizi seimbang
  • Memberi teladan, seperti saat kita makan sayur atau buah
  • Membacakan cerita tentang manfaat makanan bergizi seimbang

2. Beri camilan sehat

Pada umumnya, anak seusia Uty lagi seneng-senengnya mencoba jajanan tak bergizi yang dari segi kesehatan dinilai kurang baik. Faktor yang membuat junk food  menjadi kurang sehat karena adanya kandungan bahan aditif seperti perisa, pemanis,  pewarna makanan dan penyedap serta kurangnya kandungan nutrisi di dalamnya. Teman-teman bisa mengkreasikan camilan sehat yang disukai anak sebagai selingan waktu makannya seperti puding, talam, yoghurt, jus atau smooties.

3. Minum Susu

Tak semua pemilih makanan menyukai sayur atau buah, jika konsumsi sayur atau buah harian kurang maka penambahan susu bisa menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

Ada baiknya, pilih susu yang memiliki kandungan lengkap seperti vitamin, mineral, dan kaya serat pangan.

Morinaga Chil*Go! Punya Varian Baru


Selain kandungan 9 vitamin ( A, D, E, B1, B2, B3, B5, B6, dan B9 ) dan 5 mineral (Kalium, Kalsium, Besi, Fosfor, dan Zink), Morinaga Chil*Go! juga mengandung serat pangan inulin yang menjaga kesehatan si kecil saat pandemi. Morinaga Chil*Go! merilis produk terbarunya yang lebih rendah gula. Terlalu banyak gula pada anak akan mempengaruhi giginya dan gula juga bisa menyebabkan obesitas yang nantinya berdampak kurang baik pada kesehatan anak di masa depan. Varian plain dari Morinaga Chil*Go! ini hadir karena rasa peduli Kalbe Nutritional terhadap tumbuh kembang dan daya tahan anak selama pandemi.

Kemasannya yang praktis, terjaga kandungan nutrisinya serta bersertifikat halal MUI dan lolos uji BPOM membuat Chil*Go ini jadi pilihan yang bisa dibawa kemana-mana. Praktis dinikmati di sela kegiatan anak bermain.

Kemasannyapun ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. Yuk, sukses kan juga program ramah lingkungannya yaa..ada banyak kegiatan keren yang diadakan Morinaga Chil*Go!, teman-teman bisa cek langsung di akun sosial medianya.

Untuk mengetahui lebih lengkap informasi tentang Morinaga Chil*Go! teman-teman bisa follow akun instagram @morinagaplatinum atau websitenya di https://www.morinaga platinum.com/id

Pentingnya Serat Pangan Inulin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Oiya berbicara tentang inulin, seperti yang disampaikan dr Muliaman Mansyur diatas, kesehatan tubuh bersumber  dari pencernaan yang lancar. Inulin menjadi perisai utama menjaga kesehatan tubuh anak.
  
Inulin adalah serat pangan yang berasal dari buah, sayur dan kacang-kacangan dan mengandung karbohidrat kompleks yang tidak dicerna oleh tubuh. Serat pangan inulin ini ternyata memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Memperlancar pencernaan

Serat pangan inulin adalah prebiotik (makanan bagi bakteri baik seperti bifidobacteria) yang ada dalam usus. Inulin juga membantu melancarkan proses buang air besar (BAB).

2. Mengontrol rasa lapar

Ketika melewati lambung, serat pangan inulin diolah  menjadi senyawa kenyal yang memberi rasa kenyang sehingga mengontrol rasa lapar.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Serat pangan inulin mendorong pertumbuhan bifidobacteria dalam saluran pencernaan anak. Jika saluran pencernaan bekerja dengan baik, nutrisi juga terserap dengan baik dan akan meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Setelah mengetahui fungsi inulin yang terkandung dalam susu Chil*Go! kegemarannya, rasanya hati ini lega, bisa menemukan partner hebat menjaga kesehatan anak yang picky eater seperti Uty. Semoga pandemi lekas berlalu, anak-anak dan seluruh anggota keluarga terjaga kesehatannya ya teman-teman. Sharing yuk, apa nih yang membuat teman-teman khawatir saat anak mulai sekolah nanti dan gimana cara teman-teman mengatasinya. Aku tunggu komentar teman-teman ya.. terimakasih


Referensi : 

klikdokter.com
sehatq.com
Nakita. 2010. Sehat & Bugar Berkat Gizi Seimbang. Jakarta: Gramedia

Next Post Previous Post
60 Comments
  • Vicky Laurentina
    Vicky Laurentina 1 April 2021 pukul 18.54

    Waktu dulu anakku picky eater, aku sampai kenalan dengan beragam snack. Malah jadi aku penggemar snacknya, tapi anakku masih picky :))

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.20

      apa karena daya kecapnya masih terbatas ya bu dok, kebetulan kalau bikin masakan yang mengandung kaldu hewani anak-anak suka sih. Kalau cemilan yang serba susu dan keju Uty suka

  • Fionaz
    Fionaz 5 April 2021 pukul 14.01

    anakq gak terlalu doyan makan kak, udah aq ganti-ganti menunya tapi tetep aja masih gitu. makanya aq selalu sedia sufor buat dia biar masih ada gizi yang masuk gitu

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.27

      mungkin picky eater ini dialami hampir semua anak ya mbak, akupun backup gizinya pakai susu juga

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 5 April 2021 pukul 14.51

    di saat pandemi gini menjaga kesehatan anak jadi lebih penting lagi ya mbak
    daya tahan tubuh anak akan terjaga klo asupan nutrisinya tepat

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.28

      benar mba, yang utama emang anak-anak kudu tetap sehat ya

  • sumiyati sapriasih
    sumiyati sapriasih 5 April 2021 pukul 16.03

    inulin merupakan serat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anak, karena serat yang ada di sayur dan buah-buahan itu bisa memperlancar BAB, Jadi kita harus bisa menyiasati makan buah dan sayur pada anak.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.33

      benar mba, yang terpenting pencernaannya sehat dulu kan ya

  • Syamsiah
    Syamsiah 5 April 2021 pukul 21.15

    anak saya juga picky eater. tapi picky eaternya berubah2. kemarin suka makanan dari bahan telur tapi ga suka ayam. sekarang kebalikannya, ga suka telur, maunya yang berbahan dari ayam dan daging. sayur masih agak susah, musti diakal2in.
    nah tips buat masukin sayur jadi bahan buat menu olahan ayamnya bisa saya coba nih. mudah2an aja bisa dimakannya, soalnya lidahnya sensitif banget

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.37

      aamiin. Terkadang kalau lagi susah makan, meski dibuatkan menu macam-macam suka gak mempan kecuaai aku nyuapin adeknya sekaligus kakaknya berbarengan. Tapi kalau mood mereka lagi bagus biasanya mereka mau makan sendiri-sendiri

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 5 April 2021 pukul 22.35

    Kalo anaknya balita kayak anak saya, cukup sediakan aneka camilan yg beda-beda. Gak harus camilan kemasan pabrikan. Camilan buatan emaknya, asal 1-3 jenis sehari. Bikin dikit-dikit aja. Pasti si anak betah. Soalnya seringnya putri saya selain sekarang lagi belajar membaca sama saya, dia ya nonton channel kesukaannya. Nonton gak lengkap rasanya tanpa camilan enak. Hehehe. Ketiga anak saya juga anak Morinaga sejak bayinya. Khusus Child Go, anak saya paling suka rasa pisang dan melon. Sekarang udah ada yg rasa original ya mba.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.41

      iya mba, yang original bisa dikreasikan buat macam-macam ini :-)

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 6 April 2021 pukul 01.13

    Penasaran dengan menu immunobooster kreasi Devina Hermawan, dari namanya Panna Cotta dan Creamy Baked Broccoli Potato Cheese kayanya lezate

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.47

      iya mbak, kindly check di youtube Pers Release Morinaga Chil Go mba...resepnya di share disana

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.47

      iya mbak, kindly check di youtube Pers Release Morinaga Chil Go mba...resepnya di share disana

  • nurul rahma
    nurul rahma 6 April 2021 pukul 06.42

    Memang terwajib kita jaga kesehatan anak dengan semaksimal mungkin ya, Mba
    Semogaaa acara webinar ini bermanfaat untuk para ortu.
    Mantab banget materinya

  • Puspita
    Puspita 6 April 2021 pukul 07.18

    Menyediakan makanan halal memang penting terlebih itu baik untuk kesehatan. Semangat ibu pintar!

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.48

      terimakasih mba Puspita

  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha 6 April 2021 pukul 12.18

    Sampai saat ini, saat jumlah penderita Covid masih meningkat, saya lebih memilih PJJ agar anak terhindar dari terpapar virus. Menjaga kesehatan juga menjadi prioritas meskipun anak berkegiatan di dalam rumah.

    BTW, blog nya cantik banget loh Mbak. Clean dan nice tampilan/settingnya. Fontnya cantik dan enak dibaca. Suka banget.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.53

      waah terimakasih apresiasinya mba..

      Iya mba, semoga mendekati masuk tahun ajaran baru nanti, kasus covid-19 turun ya mba...dan makin banyak yang menerima vaksin

  • diane
    diane 6 April 2021 pukul 13.28

    Aku pengen cobain varian baru ChilGo ini.. Secara anakku aktivitasnya cukup padat meski masih terbatas.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.49

      waah, sama-sama sekolah online juga ya mba...

  • Katerina
    Katerina 6 April 2021 pukul 16.52

    Anak yang bahagia berkat cara asuh yang baik dari orang tuanya, serta memiliki daya tahan tubuh yang baik, insha Allah akan sehat. Syukurlah sekarang ada Chil*Go! original yang lebih rendah gula untuk mendukung daya tahan tubuh anak selama pandemi. Semoga membantu kita menjaga kesehatan anak-anak.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.42

      aamiin...iya mbaa..semoga sehat-sehat terus semuanyaa

  • Aminnatul Widyana
    Aminnatul Widyana 6 April 2021 pukul 20.41

    Menjaga kesehatan tubuh terutama anak-anak selama masa Pendem i memang wajib kita lakukan sebagai orang tua. Salah satunya yaitu dengan memberikan asupan nutrisi yang seimbang disertai dengan tambahan seperti susu. Kalau anakku sih masih mengonsumsi Morinaga yang chil School

  • nurul rahma
    nurul rahma 7 April 2021 pukul 06.15

    Enaaaakkk bgt ini susunya ya Mba
    anakku juga demen
    Trus yg original selain diminum langsung, biasanya daku olah jadi snack/minuman/makanan mbaaa

  • Auda Zaschkya
    Auda Zaschkya 7 April 2021 pukul 07.11

    Asupan makanan anak, terlebih masa pandemi, memang harus diperhatikan banget. Syukurlah ada Morinaga chil go yang dapat membantu menutrisinya.

  • Farida Pane
    Farida Pane 7 April 2021 pukul 07.36

    Harus tetap waspada ya nanti kalau sekolah offline lagi. Berbekal Morinaga Chil*Go! bisa menjadi alternatif.

  • tantiamelia.com
    tantiamelia.com 7 April 2021 pukul 08.31

    Anak anakku banget ini, anak Chilmil, chilkid hihihi
    Baru ngeh bahwa rata-rata kebutuhan gizi harian untuk anak usia 4-6 tahun adalah 3 porsi karbohidrat, 2 porsi sayur, 21/2 porsi buah, 2 porsi protein nabati, 2 porsi protein hewani, 1 porsi susu, gula, garam dan minyak secukupnya.

  • sari widiarti
    sari widiarti 7 April 2021 pukul 08.56

    Uty makannya lahap ya, kalau dibentuk bento jadi semangat makannya, orang dewasa aja seneng kalau penampilan menu makan unyu-unyu, bisa ngeboost nafsu makan

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.54

      iya mba, anak-anak suka makanan yang tampilannya memanjakan mata sepertinya

  • Krisna HF
    Krisna HF 7 April 2021 pukul 13.09

    Betull kak,
    Di Masa Pandemi ini Kesehatan juga perlu Dijaga,
    Terutama anak-anak 😍

    Duh Gizinya rinci banget yak,
    Sangat Menginspirasi 💃

  • Keluarga Biru
    Keluarga Biru 7 April 2021 pukul 22.54

    Memang benar kesehatan anak harus ekstra dijaga selama pandemi ini apalagi jika nanti sekolah tatap muka mulai diterapkan. Makasih sharingnya Mbak.

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 8 April 2021 pukul 07.38

    Sama kayak anaknya Mbak Vicky, anakku juga picky eater. Tapi Alhamdulillahnya, mereka masih masuk makanan sehat. Kayak susu ini. Jadinya gak terlalu khawatir dengan kesehatan saluran cernannya. Di masa pandemi pun. Sayur, buah, dan vitamin masih bisa dikasih

  • Bayu Haryanto
    Bayu Haryanto 9 April 2021 pukul 10.53

    Mengkreasikan menu gizi seimbang dan membuat cemilan yang sehat ini sangat penting apalagi untuk anak-anak agar tidak bosa dan varian menu makanya yang itu itu saja ditambah menunya dengan gizi yang seimbang

  • Rahayu
    Rahayu 9 April 2021 pukul 20.35

    Tipsnya membantu bgtt mbak, bkan utk anak sih tp buat ponakan hehe.

    Soalnya lg pandemi gini aku tkut bgtt ponakanku terpapar juga 😭😭

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 10 April 2021 pukul 15.52

    sangat penting ya mbak, memberikan asupan gizi seimbang untuk anak
    supaya tumbuh kembang anak menjadi optimal dan daya tahannya terjaga

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 10 April 2021 pukul 17.05

    Masa Pandemi kaya gini, anak di rumah aja dan maunya giling mulu. Jadi sebagai Orangtua ya harus pintar-pintar cari solusi buat penuhi gizi mereka, tapi juga gak bikin bosan

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 10 April 2021 pukul 18.02

    Wah ada Devina Hermawan, chef yang keren dan kreatif

    kemarin saya lihat ada channel YouTube tentang resep chicken nugget (lupa nama pemiliknya)

    dia masukin morinaga kedalam adonan. Bener juga ya, anak kan pasti suka nuggets dengan ditambah morinaga maka gizinya akan tercukupi

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 10 April 2021 pukul 22.44

    Nah bener mbak pe-er banget ya menjaga kesehatan anak saat pandemi..karena anak kan aktif ya jadi ga bisa diem hehehe semoga senantiasa sehat ya mbak sekeluarga

  • Henny
    Henny 11 April 2021 pukul 08.55

    Di rumah aja bukan berarti bisa bebas masalah kesehatan terutama buat anak". Tetap harus dibekali dengan asupan gizi dan vitamin yabg seimbang sesuai usia.

  • Waode1453
    Waode1453 11 April 2021 pukul 19.36

    Soal sekolah offline ini, tak bisa dipungkiri memang akan selalu membuat was-was. Tapi in syaa Allah dengan ikhtiar menyediakan asupan bergizi untuk buah hati bisa buat bunda sedikit lebih tenang.

    Yaaa..kita berharap semoga pandemi ini benar2 segera berakhir.

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 12 April 2021 pukul 05.01

    Morinaga chilgo banyak varian rasanya ya mbak Sari, anak-anak pasti doyan. Anakku pernah coba yang melon deh. Memang mamah harus kreatif kasih menu biar anak makin lahap ya mbak.

  • Han
    Han 12 April 2021 pukul 14.07

    Mbak sarii template nya makin keceee ihhh. Haha maafkan jadi salfok. Soalnya sukaaa bacanya dari awal sampai akhir.
    Btw kalau isya suka yg susu kemasannya itu mbaa dari morinaga. Biasanya langsung beli 1 pack isi 16 buat sebulan wkwk

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.43

      waaah mantaap...Isya ternyata suka chil go jugaa.. <3

  • aurabiru
    aurabiru 12 April 2021 pukul 22.16

    anakku pun termasuk picky eater mbak yang pertama dan sekarang mau nyusul yang kedua nih, tapi sejauh ini mau makan sayur dan buah cuma tertentu saja. Susu lumayan sering dan suka varian coklat

  • Antung apriana
    Antung apriana 13 April 2021 pukul 11.30

    anakku juga picky eater, mbak. dia nggak mau makan sayur dan lebih suka ikan ketimbang daging. pr banget nih buat bikin dia suka makan sayur dan daging

  • Auda Zaschkya
    Auda Zaschkya 13 April 2021 pukul 12.59

    Aku belum punya anak, tapi bisalah ya susu morinaga tersebut, jadi referensi yang cocok untuk anakku nanti.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.32

      siip mbaa :-D

  • K. Niken
    K. Niken 13 April 2021 pukul 19.51

    Aku termasuk yang sangat jarang bikin smooties. Padahal itu bisa jadi camilan bergizi buat anak-anak ya.

    Eh iya juga nih ternyata Morinaga Chil Go kandungan gizinya lengkap banget ya.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.44

      iyess mba, plus rendah gula juga

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 13 April 2021 pukul 21.30

    Meragamkan menu makanan itu sangat penting. Jangankan tubuh kita, hutan saja lebih bagus heterogen daripada homogen. Hutan homogen rentan terbakar karena pohon-pohonnya sejenis. Beda dengan hutan heterogen. Sama dengan gizi anak. Kalo kita beri dia makanan yang itu-itu saja, daya tahan tubuh dan sistem imunnya akan semakin lama terbentuk.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 April 2021 pukul 16.31

      iya mbak, selain itu mengenalkan beragam makanan ini juga melatih anak gak milih-milih menu

  • Fadli Hafizulhaq
    Fadli Hafizulhaq 15 April 2021 pukul 08.28

    Seringkali anak tidak mau makan makanan bergizi karena tampak tidak menarik di mata mereka. Nah kalau dibuat dengan bentuk-bentuk yang lucu dan diolah jadi makanan enak, anak-anak juga bakal mau ya Mbak. Selain itu asupan gizinya bisa didukung susu Morinaga Chill Go

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 15 April 2021 pukul 17.21

    Anakku suka banget sama chilgo. Rasanya enak dan kandungan gizinya oke banget ya. Kalau udah sekolah nanti, anakku aku bawain bekal kue dari rumah aja mbak. Khawatir kalau jajan sembarangan

  • Nanik nara
    Nanik nara 16 April 2021 pukul 10.34

    Bagaimanapun, kalau soal makanan, selain rasa, penampilan juga penting ya mbak. Jadi salah satu cara mensiasati agar anak mau makan, ya dengan kreasi makanan dan mengemasnya dalam bentuk yang lucu dan menarik

  • Bang Doel
    Bang Doel 17 April 2021 pukul 13.18

    Selain butuh pengetahuan, untuk menyiapkan asupan bergizi bagi anak juga membutuhkan kreativitas ya. Biar anak mau dan tertarik untuk melahap aneka ragam asupan bergizi yang disediakan. Salut buat para ibu yang kreatif dan banyak ilmunya soal beginian.

  • Nisya Rifiani
    Nisya Rifiani 20 April 2021 pukul 21.28

    Memang susu itu asupan yang penting banget buat anak.
    Saya belum punya anak, sih. Tapi barangkali saya bisa memberi tahu teman-teman yang punya anak kecil, tentang susu chilgo ini...

  • Linda Puspita
    Linda Puspita 10 Mei 2021 pukul 06.01

    Si kecil termasuk gak suka sayur nih, alternatif agar nutrisinya cukup boleh diberikan Morinaga Chil Go. Agar tumbuh sehat ya kak, daya tahan tubuh juga terjaga

  • Andayani Rhani
    Andayani Rhani 16 Juni 2021 pukul 13.17

    setuju banget mba, kadang saat pandemi ini nafsu makan anak jadi turun. para ibu harus pinter-pinter bikin resep dan hidangan menarik biar kesehatan tetap terjaga

Add Comment
comment url