Imugard, Herbal Alami Tingkatkan Imunitas Keluarga

imugard tingkatkan imun

Di masa pandemi seperti sekarang, imunitas keluarga menjadi prioritas utama agar jangan sampai salah satu anggota keluarga terpapar covid-19. Mulai dari olahraga, berjemur, taat protokol kesehatan serta memperbanyak konsumsi buah dan sayur berusaha kami upayakan agar badan tetap sehat dan bugar. Di tengah usaha pemerintah menekan jumlah covid-19 melalui vaksinasi, muncul pertanyaan apakah orang yang sudah divaksin berarti sudah 100% aman dari virus corona? Ternyata jawabnya tidak, mereka yang sudah divaksin masih memiliki kemungkinan terpapar covid-19 bahkan setelah tercapai imunitas optimal sekitar 28 hari setelah vaksinasi kedua dilakukan.

baca juga : Benarkah vaksin sinovac aman

Berawal dari kegelisahan tersebut, pada 22 maret 2021 saya mengikuti webinar yang diselenggarakan Deltomed dengan tema "Peran Herbal Indonesia sebagai Imunomodulator alami Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga". Sebelum sesi materi, kami diminta mengisi polling terkait istilah imunomodulator itu sendiri. Ternyata, sebagian besar dari peserta webinar masih banyak yang belum paham tentang apa itu Imunomodulator.

polling imugard

Pentingnya Meningkatkan Imunitas Keluarga

Menurut dr. Inggrid Tania, Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Vaksin  covid-19 bukanlah obat tetapi sebatas media pendorong kekebalan, menyadari hal tersebut, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari covid-19 dengan 

1. Langkah 5M

Ada 5 langkah untuk mencegah tertular virus corona, yaitu membatasi kegiatan di luar, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan

2. Istirahat yang cukup

Dengan istirahat yang cukup dan mengurangi stress, tubuh akan terasa lebih segar dan sehat

3. Olahraga

Aktivitas fisik akan mendorong berbagai hormon menyehatkan seperti adrenalin dan endorfin yang memacu kinerja jantung lebih baik dan mengurangi depresi. Oiya, jangan lupa baca artikelku tentang Manfaat jalan cepat yaa.

4. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat protein serta buah dan sayur dalam porsi yang seimbang akan mendorong pencernaan yang sehat serta meningkatkan imunitas anggota keluarga. 

5. Tidak Merokok

Ada banyak dampak negatif dari kebiasaan merokok seperti terganggunya fungsi saluran pernafasan, resiko kanker bahkan bahaya lain yang tidak baik bagi kesehatan

6. Suplemen dan Vitamin

Fungsi suplemen dan vitamin ini berguna memperbaiki sel tubuh yang rusak, pertumbuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ketika sistem imun tubuh baik, maka berbagai patogen seperti virus, bakteri, jamur dan parasit ini akan disingkirkan sehingga tubuh terbebas dari infeksi. Sistem imun tubuh ini bekerja melalui dua cara yaitu
  • secara alamiah dalam bentuk reaksi berupa batuk, bersin, maupun munculnya sel darah putih di area virus atau patogen masuk dan memberi sinyal ke tubuh berwujud d 
  •  secara spesifik dengan menghasilkan sel B seperti Imunoglobin dan sel T yang bertugas mengalahkan virus saat virus sudah mulai masuk ke tubuh
Pada umumnya, infeksi terjadi karena sistem imun tubuh lemah, jumlah virus terlalu banyak dan virus terlalu ganas. Ada substansi untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dikenal dengan nama imunomodulator.

cara kerja sistem imun


Apa itu Imunomodulator?

Imunomodulator adalah suatu zat atau substansi yang dapat mengubah dan mengaktifkan sistem pertahanan tubuh baik secara alami maupun adaptif. Ada dua jenis imunomodulator yaitu

1. Imunostimulan

Imunostimulan yang bertugas membangkitkan dan meningkatkan kerja respon imun terhadap infeksi atau penyakit. Imunostimulan ini ada yang berasal dari bahan non herbal seperti isoprinosin dan dari bahan herbal seperti meniran, sambiloto, kelor, bawang putih, ginseng, saffron, jahe dan kunyit. Umumnya bahan-bahan herbal ini diolah sebagai jamu atau suplemen penjaga imun tubuh.

2. Imunosupresif

Berkebalikan dengan imunostimulan, imunosupresif ini tugasnya menurunkan respon imun, meredakan radang atau infeksi, mencegah penolakan transplantasi organ dan mengatasi autoimun.

Beberapa bahan herbal yang tumbuh di Indonesia seperti kelor, meniran, bawang putih, jahe, kunyit.  Jika dikombinasikan, beberapa bahan herbal seperti meniran,kunyit dan daun kelor ternyata mampu menghasilkan efek modulasi lebih optimal. Karena kebaikan dari 3 bahan herbal ini maka Deltomed berinisiatif menciptakan imunomodulator herbal bernama Imugard.

Apa Itu Imugard

imugard suplemen herbal


Imugard adalah salah satu sediaan herbal Deltomed yang terdiri dari daun kelor, meniran dan kunyit yang fungsinya meningkatkan daya tahan tubuh serta telah memenuhi standar BPOM, halal MUI dan bersertifikat ISO 9001:2015

Komposisi 

Imugard sendiri terdiri dari 3 bahan alami antara lain

Meniran  (Phyllanthus niruri)

Meniran bersifat imunostimulan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan infeksi .

Kunyit (curcuma domestica)

Berfungsi sebagai sistem imun dengan menghasilkan sel T, bersifat anti radang, memperbaiki sistem pencernaan 

Daun Kelor

Kalau dahulu kelor lebih dikenal sebagai penyelamat dari gizi buruk, ternyata kelor juga mampu meningkatkan imunitas tubuh, kaya akan nutrisi seperti serat,vitamin dan mineral, antivirus alami, antioksidan alami, mencegah radang (anti inflamasi), dan mencegah osteoporosis

Petunjuk Pemakaian

Imugard ini bisa dikonsumsi oleh anak usia 12 tahun keatas, dewasa dan lansia serta aman dikonsumsi jangka panjang. 
Di masa penyembuhan, ada baiknya Imugard ini dikonsumsi 2x /hari dan  untuk pencegahan cukup dikonsumsi 1x sehari. 
Oiya karena Imugard ini baru bisa dikonsumsi anak kelas 6 SD, ada baiknya pakai tips menjaga imun buat anak terutama di picky eater.

Harga

Harga eceran tertinggi untuk imugard ini adalah Rp. 35.000 per blister yang berisi 10 kaplet. Teman-teman bisa mendapatkannya di tokopedia, Lazada, Blibli, Shopee, JD.ID atau di Watson, Century, apotek dan Toko Obat retail.

Kini teman-teman tak perlu khawatir lagi, ada Imugard yang turut serta meningkatkan kerja sistem imun tubuh keluarga. Yuk sama-sama jaga pola hidup sehat agar terbebas dari Covid-19. Sharing juga yuk, apa yang teman-teman lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh anggota keluarga di kolom komentar.

26 komentar

  1. Minum suplemen imugard adalah solusi yg tepat di masa sekarang nah jadi wajib banget nih stik imugard kapan dan dimana pun

    BalasHapus
  2. Dengan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan imunitas tubuh kita, harga yang dipatok sedemikian kurasa tidak terlalu mahal. Imugard harganya sangat terjangkau

    BalasHapus
  3. Praktis ya mba, kalo komposisinya sudah lengkap gini. Takarannya juga pasti sudah terukur. Aku klo herbal2 yang non pabrik, sering was-was soal komposisi

    BalasHapus
  4. karena bahannya alami jadi aman ya buat konsumsi jangka panjang

    BalasHapus
  5. Ternyata kandungan Imugard ini dari bahan2 alami ya jadi ga was2 deh. Khasiatnya baik sekali menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Buat stok di rumah atau dibawa traveling oke juga :)

    BalasHapus
  6. imugard merupakan multivitamin yang cocok untuk menjaga imun tetep stabil, karena imugard ini terbuat dari daun kelor, meniran dan kunyit sehingga aman

    BalasHapus
  7. Makasih mba udah diingetin akan pentingnya 5M dan IMUGARD, saya dan suami jadi langganan nih minum IMUGARD

    BalasHapus
  8. Menjaga dan meningkatkan imun itu wajib banget, apalagi di masa pandemi ini. Mengkonsumi Imugard bisa jadi cara terbaik agar imun kita tetap terjaga.

    BalasHapus
  9. aku selalu minum vitamin c mba, untuk herbal biasanya buat sendiri tapi dengan imugard jadi gak repot lagi untuk racik deh tinggal minum aja apalagi kemasan blisternya bikin praktis dibawa2 dan tetap higenis yah

    BalasHapus
  10. Imugard memang bantu banget untuk bantu imunitas tubuh terutama saat pandemi, apalagi dengan kandungan herbalnya seperti meniran, daun kelor, dan kunyit yang sejak dahulu terbukti khasiatnya.

    BalasHapus
  11. Semakin banyak merk immunomodulator untuk jadi pilihan konsumen ya. Bahan yang digunakan pun bagus-bagus, seperti bahan Imugard ini..

    BalasHapus
  12. Selama ini aku minumnya yang herbal tunggal. Ternyata ada juga yang herbal kombinasi ya. Bahkan kebih banyak manfaatnya. Keren inovasinya!

    BalasHapus
  13. Ridak merokok. Aku terfokus di poin ini. Soalnya merokok kan salah satu gaya hidup nggak sehat yang bikin tubuh rentan akan gangguan kesehatan ya.

    Duh duh ....

    Senang Imugard hadir sebagai salah satu produk suplemen kesehatan untuk bantu jaga daya tahan tubuh di masa pandemi begini.

    BalasHapus
  14. Banyak juga rempah yang terkandung di Imugard ini. Banyak manfaat buat tubuh, harganya juga super terjangkau. Patut dicoba nih, apalagi buat pekerja, anak kost yang ngga sempet olah rempah-rempah jadi minuman sehat. Hihihi

    BalasHapus
  15. Bisa beli secara online, plus dapat diskon memudahkan saya mendapatkan produk ini. Padahal di minimarket terdekat di kampung, Imugard ini blm ada loh

    BalasHapus
  16. Jd pengen nyoba nih konsumsi imugard. Bahan dr herbal jadi lebih aman ya dan ini produk deltomed yang kualitasnya jaminan mutu

    BalasHapus
  17. Berjemur rupanya juga masuk ke pola hidup sehat ya. Malah bagus jadi kebiasaan baik. Semoga terus berlannut walau kelak pandemi ini usai.

    Termasuk memcukupkan istirahat, minum suplemen dan menghindari rokok.

    BalasHapus
  18. Selama ini suka pesen jamu aja di mba mba yang lewat dari depan rumah buat ningkatin imun tubuh. Soalnya kalau mau bikin sendiri, rasanya repot, lama, ribet pula. Hehehe. Untung sekarang ada Imugard ya Ka. Jadi opsi paling mudah untuk konsumsi meningkatkan imun bagi tubuh

    BalasHapus
  19. Imugard bahannya alami ya, kalau herbal gini sih gak perlu khawatir lagi sih ya, secara terbuat dari bahan pilihan yang memang udah lama terbukti khasiatnya ya, harganya pun juga ramah di kantong :)

    BalasHapus
  20. Wah ternyata meniran, kunyit dan daun kelor ini memiliki manfaat yang bagus ya untuk tubuh, untung ada Imugard jadi bisa langsung merasakan manfaat ketiga herbal ini sekaligus

    BalasHapus
  21. Kepengen nyoba deh Imugard ini. Bagus ya? Buat Persian bulan puasa nanti. Biar bisa tamat puasanya. Dan gak gampang sakit juga

    BalasHapus
  22. Istirahat yang cukup dan konsumsi suplemen herbal Imugard menjadi kebiasaan baik dalam menjaga daya tahan tubuh apalagi masa seperti ini.

    BalasHapus
  23. Suplemen alami ini memang bagus juga ya dikonsumsi untuk menambah daya tahan tubuh agar lebih terjaga. Serta prokesnya jangan dilewatkan juga

    BalasHapus
  24. Setuju, yang bisa kita lakukan sekarang agar covid jauh-jauh memang patuhi protokol kesehatan, dan jaga kesehatan dengan menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh dan menjaga stamina. Salah satunya dengan suplemen herbal seperti imugard ini...

    BalasHapus
  25. Kandungan herbal IMUGARD bkin aman buat dikonsumsi setiap hari buat jaga daya tahan tubuh agar dapat terhindar dari virus

    BalasHapus
  26. Jujur saya lebih suka obat-obatan herbal gini mba. Secara kan bahannya alami, jadi besar kemungkinannya aman buat kesehatan

    BalasHapus