Deposito Bisa Bantu Penuhi 4 Jenis Biaya Persalinan? Kepoin Yuk!

biaya persalinan


Bagi kebanyakan pengantin baru, hamil anak pertama merupakan momen yang paling dinantikan. Ketika momen kehamilan itu datang, kamu pastinya tak sabar segera bisa memeluk bayimu. Namun jangan biarkan kebahagiaan membuat kamu lupa untuk mempersiapkan kehadirannya. Bukan hanya mental, tapi juga finansial. 

Tahukah kamu, bahwa biaya persalinan yang perlu kamu siapkan tidak sedikit. Namun, kamu tidak perlu khawatir selama kamu sudah  mempersiapkan dengan matang, biaya-biaya tersebut pasti akan terkumpul.

Salah satu persiapan yang paling mudah adalah menentukan terlebih dahulu biaya apa yang akan kamu perlukan untuk melahirkan. Secara garis besar, biaya persalinan dapat dibedakan menjadi empat jenis, yang akan mempermudah dalam mempersiapkan biaya persalinan.


4 Jenis Biaya Persalinan

1. Perawatan Selama Kehamilan


Ada beberapa biaya yang terkait dengan kehamilan. Saat kamu baru pertama kali hamil, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan seperti, sering melakukan pemeriksaan minimal sebulan sekali untuk memantau kesehatan bayi.

Harga pemeriksaan ini juga bervariasi. Biasanya, untuk bidan, biaya satu kali kunjungan check up antara Rp. 80 hingga RP. 150 ribu. Sementara biaya dokter bisa mencapai Rp. 500 ribu per kunjungan. 

Serta, jangan lupakan biaya USG yang harganya bisa berkisar antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu. Selain itu, jangan lupa untuk membeli susu kehamilan dan berbagai vitamin untuk menunjang kesehatan ibu hamil.


2. Biaya Saat Melahirkan


Jenis biaya persalinan yang lain adalah biaya saat melahirkan. Sekedar Informasi, biaya persalinan termurah di empat kota besar Indonesia adalah Rp. 2,5 juta, dan termahal Rp. 25 juta, asalkan persalinan normal. Lalu, untuk operasi caesar perlu menyiapkan dana minimal Rp. 5 juta, serta biaya operasi paling mahal mencapai Rp. 50 juta.

Lalu, bagi kamu yang memiliki BPJS, biaya persalinan biasanya bisa ditanggung hingga Rp. 600. Jika terjadi biaya yang berlebihan, kamu harus menanggungnya sendiri. Buat kamu yang ingin menekan biaya persalinan dengan BPJS bisa langsung ke fasilitas kesehatan sesuai yang tertera di kartu BPJS ya.


3. Biaya Setelah Melahirkan


Setelah kamu mempersiapkan biaya persalinan, sekarang saatnya untuk memikirkan biaya apa saja yang dibutuhkan setelah melahirkan. Biaya setelah melahirkan lumayan banyak, perlu persiapkan baju dan perlengkapan bayi. 

Kemudian jangan lupakan vaksinasi dan vitamin untuk kesehatan ibu. Meski ini tidak sebanyak saat melahirkan, setidaknya kamu harus siap mengeluarkan biaya antara Rp. 500 ribu hingga Rp. 700 ribu


4. Biaya Tambahan Lain


Terakhir, kamu perlu bersiap untuk biaya tambahan lainnya, mulai dari kehamilan hingga persalinan hingga persalinan. Kebutuhan biaya ini harus benar-benar kamu siapkan untuk kondisi persalinan yang tidak diprediksi. 

Misalnya, persalinan pasanganmu awalnya diharapkan normal, tetapi kamu mendapati bahwa semakin mendekati hari D, Anda perlu melahirkan melalui operasi caesar. Hal-hal yang perlu kamu persiapkan.

Kemudian pertimbangkan juga pakaian baru yang mungkin perlu kamu beli mengingat perubahan ukuran tubuh. Belum lagi berbagai aksesoris bayi seperti pompa ASI, car seat, dan sleeping bag.

Itu dia empat jenis biaya persalinan yang perlu kamu ketahui sebagai orang tua baru. Nah, jika kamu sedang mengumpulkan dana dengan tempo sebentar, maka menggunakan investasi jangka pendek deposito bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa kalian gunakan. Salah satu bank ternama yang menyediakan investasi jangka pendek tersebut adalah digibank by DBS.


Keunggulan Deposito Online dari digibank by DBS


Program deposito online dari DBS Indonesia bisa jadi solusi saat kamu ingin mengumpulkan dana dengan rentan waktu yang sebentar, seperti 3 hingga 6 bulan. Selain menjadi solusi atas permasalahan yang kamu hadapi, ada empat keunggulan yang akan meyakinkanmu untuk menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

1. Akses 24/7 di Aplikasi

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan setoran deposito online dimana saja dan kapan saja, tanpa harus meninggalkan rumah.

2. Bunga hingga 4,25 persen per tahun

Bunga deposito yang ditawarkan hingga 4,25 persen per tahun, untuk tenor waktu tertentu

3. Deposito mulai 1 juta

Kamu bisa melakukan setoran deposito mulai dari Rp. 1 juta saja.

4. Tenor mulai dari 1 bulan

Selain bisa melakukan deposito dengan Rp. 1 juta, kamu bisa memilih jatuh tempo pengembalian mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Dengan menggunakan program deposito online dari digibank by DBS tentunya akan mempermudah dalam mengumpulkan biaya persalinan, mulai dari perawatan kehamilan hingga biaya darurat pasca kehamilan.


Tidak ada komentar