5 Platform Pelatihan Prakerja Terbaik, Pilih Kelas Onlinemu

Buat kamu yang lolos atau menyiapkan diri mendaftar program kartu prakerja, berikut platform pelatihan yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan skill dan kemampuan kamu. Aku bahas juga persyaratan, insentif yang diterima dan tata cara pendaftarannya.

platform pelatihan prakerja

Prakerja merupakan salah satu program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi. Program tersebut berupa pelatihan kompetensi kerja untuk pekerja atau WNI yang sedang mencari kerja, mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), atau untuk profesional yang ingin meningkatkan skill/kompetensinya di bidang tertentu. Prakerja sengaja dihadirkan sejak terjadi  PHK besar-besaran dan banyak bisnis yang colapse selama pandemi covid-19 , tujuan prakerja untuk meringankan karyawan/buruh mendapatkan pekerjaan lebih layak melalui peningkatan skill

Mereka yang lolos seleksi prakerja bisa memilih kelas prakerja baik secara online maupun offline sesuai dengan minat dan bakat yang ingin ditekuni. Skill yang diperoleh selama mengikuti prakerja diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan produktivitas sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan maupun mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Buat kamu yang penasaran bagaimana cara mengikuti pelatihan prakerja, aku spill dari pengalamanku mendaftar prakeja ya!

Pengalaman Mendaftar Prakerja

Di era perkembangan digital yang begitu pesat, banyak platform belajar online bermunculan. Saat pendaftaran program kartu prakerja dibuka, aku langsung browsing pelatihan prakerja mana saja yang menurutku terpercaya dan bagus untuk meningkatkan skill. Hingga saat artikel ini dibuat, program pelatihan prakerja sudah memasuki gelombang ke-25. Tapi selama 24 gelombang prakerja, aku belum lolos sekalipun, hehe. Padahal bukan sekali atau dua kali saja mencoba ikut seleksi prakerja. 

Tidak mudah memang ikut seleksi prakerja karena enggak cuma ratusan, ada ribuan orang di Indonesia yang juga sedang memperebutkan kursi kelas prakerja. Lumayan kan, bisa ikut pengembangan diri gratis dari pemerintah dan ada insentif pula. Bagi kalian yang ingin kursus online, ada banyak platform prakerja online untuk upskill dan reskill kompetensi teman-teman yang bisa diikuti siapa saja. 

Platform pelatihan prakerja online ini tidak hanya bisa diikuti oleh penerima manfaat kartu prakerja dan karyawan perusahaan tapi juga untuk teman-teman yang ingin mengembangkan skill dengan budget sendiri. Buat teman-teman yang sudah terdaftar sebagai penerima kartu prakerja atau yang belum lolos prakerja tapi ingin mengikuti kursus online, pilihlah platform belajar online yang terpercaya dan mampu memberikan hasil yang memuaskan. Rugi dong, mengeluarkan budget banyak untuk membayar kelas online learning namun tidak merasakan benefit dari kelas online tersebut.

Nah biar semakin mengenal lebih jauh tentang prakerja, manfaat kartu prakerja enggak cuma membantu penerima manfaat mendapatkan pelatihan, tetapi juga meningkatkan skill, meringankan biaya pelatihan dan biaya untuk mendapatkan pekerjaan. Selama 4 bulan, penerima manfaat kartu prakerja juga berhak mendapatkan insentif jika telah berhasil menyelesaikan kelas yang diambil dan memberikan ulasan. Ada beberapa platform pelatihan prakerja terbaik yang cukup populer dan memiliki review positif, apa saja?

Platform Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terpercaya Untuk Meningkatkan Skill Kamu

Dari ratusan platform penyedia kursus prakerja online dan offline, saya hanya akan membahas beberapa platform belajar yang bisa diikuti secara online. Keuntungan menggunakan platform pelatihan prakerja secara online adalah waktu dan lokasi belajarnya yang bisa kapan saja dan dimana saja. Pilihan kelas online juga jauh lebih terjangkau, tidak perlu daftar ulang kelas pelatihan prakerja yang pernah diikuti karena materi kursus online bisa diakses selamanya meski kita sudah lulus dan menerima sertifikat. Berikut 5 platform pelatihan online terbaik yang bisa teman-teman ikuti. 

1. Skill Academy by Ruangguru

Salah satu platform pelatihan prakerja online yang cukup populer adalah skill academy by ruangguru. Start up yang didirikan Adimas Belva Delvara dan Irman Usman ini enggak cuma menyediakan kursus online untuk para pelajar lewat aplikasi ruangguru yang mereka bangun tetapi juga mewadahi para mahasiswa, pekerja kantoran, penerima manfaat kartu prakerja, profesional atau mereka yang ingin mengupgrade kemampuan melalui skill academy. Banyak pilihan kursus prakerja online yang bermanfaat dalam skill academy by ruangguru ini, mulai yang berhubungan dengan hobi seperti baking, hidroponik, fotografi, sinematografi hingga bisnis dan profesi seperti marketing specialist dan data analyst.

kelas pelatihan prakerja skill academy
Beberapa kelas paling populer di skill academy, ada tentang strategi pemasaran, office hingga content creator


Skill Academy menawarkan benefit berupa 
  • Tersedianya ratusan kelas online 
  • Materinya komplit, bersertifikat dan bisa diakses selamanya berupa video, pdf dan atau PPT
  • Diampu langsung oleh ahlinya, mulai dari artis, publik figur, content creator hingga praktisi
  • Gratis bimbingan karir dan usaha
  • Ada bonus cashback berupa pulsa setelah menyelesaikan ulasan kelas online yang diambil.

2. Karir.Mu by Sekolah.Mu

Rata-rata penyedia platform prakerja juga merupakan platform edukasi,seperti Karir.Mu by Sekolah.Mu. Seperti namanya, penyedia e-learning prakerja ini sebagian besar materinya terkait dengan pengembangan kompetensi guru dan pengembangan bisnis seperti materi pembelajaran, seputar digital marketing, dan fotografi produk. Karir.Mu juga bekerja sama dengan lembaga lain seperti Skill Academy, Baking World, Cakap, Kampus Guru Cikal, dan YEC untuk menyediakan lebih banyak kelas yang dibutuhkan penerima prakerja.

3. Qubisa

Side job sebagai seorang blogger dan kreator konten mengharuskan saya belajar banyak hal, mulai soal copywriting menarik, cara meningkatkan trafik blog, foto produk, digital marketing, SEO, dan membuat infografis yang kece agar apa yang saya tulis di blog tersampaikan dengan baik. Qubisa menjawab apa yang saya butuhkan dengan menyediakan ratusan kursus online yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Aku merasakan bahagianya mengikuti kelas personal branding gratis dari Qubisa.

Ada 3000 lebih konten gratis yang bisa teman-teman pelajari dalam aplikasi/website Qubisa. Kelas berbayarnya pun harganya juga cukup terjangkau, materinya bagus untuk meningkatkan skill. Buat kamu yang ingin mengetahui kemampuan digital dan Adversity Quotient untuk meraih sukses, ada asessment Keterampilan Sukses Milenial dan Keterampilan Digital Milenial yang bisa diakses gratis. 

Ingin jadi instruktur pelatihan prakerja? Qubisa, Platform e-learning di Indonesia ini  juga membuka kesempatan bagi teman-teman yang ingin berbagi ilmu dan mendapatkan penghasilan dengan dibukanya pendaftaran instruktur Qubisa, menarik bukan?

Qubisa, platform e-learning di Indonesia
Salah satu pelatihan gratis yang pernah saya ikuti di Platform belajar online prakerja Qubisa adalah kelas personal branding dari coach Bayu 

Ada banyak keuntungan menggunakan platform Qubisa ini antara lain
  • Tersedia materi video dan pdf yang bisa diakses kapanpun
  • Banyak kelas gratisnya
  • Sertifikat kursus
  • Harga kelas terjangkau
  • Bekerja sama dengan Universitas, lembaga profesi dan industri untuk menyusun konten
  • Konsultasi karir
  • Penilaian bakat pengguna
Nah, buat teman-teman yang penasaran ingin mengikuti pelatihan prakerja atau ingin menjadi instruktur Qubisa, silahkan unduh terlebih dahulu aplikasi Qubisa melalui link berikut, lengkapi profil  dan daftarkan diri teman-teman dalam aplikasinya y



4. Cakap

Sama seperti Skill Academy, Cakap memiliki 2 jenis platform yang berbeda. Mulanya, Cakap adalah sebuah platform edukasi untuk belajar bahasa asing untuk anak dan dewasa seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea dan Indonesia dimana siswa bisa memilih bermacam metode belajar seperti chat, club, private dan semi private. Upskill Cakap sendiri merupakan program inovasi Cakap untuk mewadahi mereka yang ingin mengupgrade skill melalui program prakerja. Ada bermacam kelas yang Upskill Cakap buka seperti kelas fotografi, data science, engineer. Cakap juga menggandeng penyedia prakerja lain seperti Tech in Asia, Arcademy, Zenius dan lainnya dalam aplikasi online learning yang dikembangkannya. Buat kamu yang suka programming, sepertinya aplikasi Cakap bisa jadi pilihan.

5. ZenPro

ZenPro  merupakan salah satu Platform e-learning di Indonesia  dari Zenius. Banyak pilihan e-learning untuk meningkatkan skill bagi lulusan baru, penerima kartu prakerja, atau profesional. Pelatihan prakerja yang dibuka Zenius antara lain pemasaran digital, kemampuan manajemen, layanan pelanggan dan wirausaha. Beberapa kelas dengan ulasan rating tinggi dan diikuti ribuan siswa antara lain kursus Makeup Artist, Mengelola Media Sosial untuk bisnis, dan menjalankan toko online untuk bisnis. Cara daftar prakerja dalam platformpun cukup mudah. Setelah membuat akun dan memilih pelatihan, teman-teman bisa melakukan pembayaran melalui mitra prakerja dengan menekan button pembayaran. Lalu pertanyaannya, berapa kelas yang bisa diambil dengan insentif yang diterima?

Insentif Kartu Prakerja

Untuk teman-teman yang belum pernah lolos program  kartu prakerja, tentunya bertanya-tanya berapa besar insentif prakerja yang diterima dan berapa yang bisa dicairkan? Total insentif prakerja yang diterima oleh penerima manfaat prakerja adalah Rp. 3.550.000 dengan rincian
  •  Insentif prakerja = Rp. 600.000 x 4 bulan = Rp. 2.400.000,-
  •  Insentif ketenagakerjaan = Rp. 150.000,-
  •  Saldo untuk pelatihan = Rp. 1.000.000,-
Saldo untuk pelatihan sebesar 1 juta rupiah ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil kelas di platform prakerja. Dengan budget 1 juta, ada banyak pilihan kelas dari yang gratis seperti yang dimiliki Qubisa hingga yang harganya jutaan. Sesuaikan pilihan kelas prakerja dengan kebutuhan teman-teman ya! Teman-teman bisa membuat akun melalui platform pelatihan prakerja langsung atau melalui mitra prakerja seperti Tokopedia, Pintaria, Sekolah.Mu, Bukalapak, Pijar Mahir terlebih dahulu untuk memilih beragam kelas yang disediakan.

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

Untuk bisa lolos, prakerja ada baiknya patuhi syarat kartu prakerja berikut
  • WNI berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal seperti SMK atau kuliah D3, S1 dan S2
  • Sedang mencari kerja, terkena PHK atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi
  • Bukan penerima bantuan sosial lain selama pandemi Covid-19
  • Bukan pejabat negara, ASN, TNI/Polri, Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN atau BUMD
  • Maksimal jumlah penerima manfaat kartu prakerja adalah 2 NIK dalam 1 KK 
  • Termasuk difabel, semua bisa mendaftar asal memenuhi persyaratan di atas

Cara Mendaftar Prakerja

Cara daftar prakerja cukup mudah, setelah membaca syarat kartu prakerja, teman-teman cukup menyiapkan email, KTP dan hp untuk melakukan pendaftaran, berikut langkah-langkahnya

1. Buka Web Prakerja

Cara mendaftar prakerja online lewat hp cukup mudah, kunjungi portal https://www.prakerja.go.id. Jangan coba-coba mengakses akun prakerja palsu ya! Sempat beredar pesan whatsapp yang mengatasnamakan prakerja dengan web tidak resmi yang menawarkan beragam keuntungan .Web resmi pemerintah adalah yang berakhiran .go.id. Bahaya mengklik laman prakerja selain milik pemerintah adalah pencurian data yang bisa dimanfaatkan untuk kejahatan. Jangan sampai karena terburu-buru mendaftar, teman-teman jadi mengabaikan kehati-hatian saat membagikan data diri.

2. Buat Akun di Prakerja

Lakukan pendaftaran dengan mengisikan nama lengkap sesuai KTP, email dan kata sandi lalu lakukan verifikasi akun melalui pesan email yang masuk setelah melakukan pendaftaran

3. Lakukan Pendaftaran Kartu Prakerja

  • Setelah proses verifikasi akun lewat email selesai, lakukan cara berikut
  • Login akun prakerja dengan email dan pasword yang telah didaftarkan . 
  • Lengkapi data NIK, KK dan tanggal lahir. Dalam satu KK hanya diijinkan maksimal 2 anggota keluarga yang mendaftar.
  • Lengkapi data seperti nama pendaftar, nama ibu kandung, pendidikan terakhir, jenis kelamin, status bekerja, kategori pekerjaan, status pernikahan, dan jumlah tanggungan
  • Verifikasi KTP. 
  • Upload foto KTP dan swafoto bersama KTP. Usahakan foto terlihat jelas dan menggunakan kamera belakang. Soalnya aku coba menggunakan kamera depan berulang kali gagal meski resolusi kamera hp cukup tinggi. 
  • Verifikasi nomor telepon lalu submit. Pastikan nomor hp yang didaftarkan sama dengan e-wallet yang teman-teman miliki
  • Isi pernyataan kondisi kamu saat ini. For your information, baik yang berstatus sudah bekerja ataupun yang belum sama-sama berkesempatan lolos seleksi karena tujuan prakerja sendiri bukan untuk menggaji mereka yang jobless atau menganggur tapi untuk upskill/ meningkatkan keterampilan. Jadi gak perlu khawatir terkait data yang kamu isikan.
  • Isi survey lalu submit
Mudah kan cara daftar prakerja ? Agar kemungkinan lolos prakerja semakin besar, ikuti langkah-langkah  pendaftaran kelas dengan baik dan isi dengan data lengkap agar nama dalam sertifikat yang nantinya akan didapat dipublish dengan benar. 

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja

Setelah mempelajari bagaimana cara daftar prakerja yang benar, pelajari juga cara mengikuti pelatihan prakerja yang aku tulis berikut
  • Setelah data sudah lengkap, lakukan tes seleksi prakerja melalui hp. Pertanyaan seleksi prakerja cukup mudah, jadi gk perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu. Waktu pengerjaan maksimal 25 menit.
  • Pilih batch dan sesuaikan dengan lokasi tempat tinggal
  • Tunggu proses evaluasi pendaftaran
Karena kuota tiap gelombang terbatas, hanya mereka yang memenuhi syarat dan prioritaslah yang akan mengikuti pelatihan prakerja. Tapi tak perlu khawatir karena kesempatan untuk daftar prakerja masih terbuka luas dan tiap bulan selalu diadakan. Gimana? Setelah membaca ulasan mengenai platform pelatihan digital untuk prakerja di atas dan mempelajari cara mengikuti pelatihan prakerja, apakah teman-teman semakin tercerahkan? Semoga informasi di atas bermanfaat ya!
Next Post Previous Post
54 Comments
  • Pradita Cyntiawati Yoga
    Pradita Cyntiawati Yoga 5 April 2022 02.49

    thanks kak infonya aku langsung searching tentang qubsia soalnya aku baru pertama kali denger

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 10 April 2022 11.30

      Sama-sama kak

  • Deris Afriani
    Deris Afriani 5 April 2022 11.08

    Apa masih bisa daftar prakerja ya Mbak? Aku udah 2x gagal. Semoga kalau masih bisa, dapat kesempatan lulus. Perlu persiapan juga nih ikut pelatihan khusus di QuBisa.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 10 April 2022 11.32

      Bisa mbak, next prakerja gelombang ke-26 semoga berhasil ya mbak, aku juga berharap bisa diterima

  • deddyhuang.com
    deddyhuang.com 5 April 2022 16.43

    banyak ya platform untuk belajar online, aku sendiri juga ada di skill academy. enak buat belajarnya mbak bisa di mana aja.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 10 April 2022 11.34

      Iya koh, sekarang makin banyak platform pelatihan online dengan beragam kelas yang bisa dipilih

  • Tulisan MQ
    Tulisan MQ 5 April 2022 17.55

    Menggiurkan, aku auto daftar prakerja nih kak. Tapi seleksi nya lumayan ketat ya..berapa kali nyobain ga pernah lulus wkwk

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 5 April 2022 19.04

    Eih, ternyata bukan hanya melalui Skill Academy, tapi juga QuBisa dan berbagai platform lainnya yang bisa dipilih untuk mengambil program prakerja ya.

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 5 April 2022 19.45

    Senang banget kalau bisa lulus dapat bantuan dari pemerintah dan dananya bisa digunakan untuk pelatihan prakerja dan menghasilkan pekerjaan yang terbaik.

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 5 April 2022 20.53

    Pelatihan para kerja ini bermanfaat banget ya buat calon tenaga kerja ,.karena bisa menambah keterampilan kerja pastinya

  • Lintang
    Lintang 5 April 2022 22.34

    Dulu pernah ikutan Prakerja dan nyobain kelas di Skill Academy. Banyak banget kelas buat blogger. Dulu belum ada QuBisa sih. Sekarang udah ada yah, enak nih banyak pilihan kelas buat upgrade skill.

  • CacaDit
    CacaDit 6 April 2022 01.14

    Referensi baru ini. Oiya semua pelatihan gratis ya mba? Kelas menjahit gimana?

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 6 April 2022 06.40

    Ada cukup banyak ya ternyata aplikasi yang menyediakan pelatihan kerja. sejauh ini yang pernah aku coba baru ruang guru sih.

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 6 April 2022 07.12

    bersyukur banget sih bisa dapat Kartu Prakerja, kesempatan buat nambah skill. Sekarang makin banyak ya platform yang kerjasama, jadi makin banyak pilihan

  • Zakia Widayanti
    Zakia Widayanti 6 April 2022 07.23

    Program prakerja ini bermanfaat banget si untuk meningkatkan skill. Tapi suka bingung pilih pelatihan dan platform karena banyak pilihan. Kalau ada rekomendasi gini jadi nggak bingung lagi deh pilihnya.

  • Sendy Yunika
    Sendy Yunika 6 April 2022 07.34

    Ewah, enak banget ya yg bisa lolos prakerja. Bisa milih pelatihan yang diinginkan dan dibiayain. Mau coba daftar ah, kali aja rejeki :D

  • Arai Amelya
    Arai Amelya 6 April 2022 14.45

    Aku termasuk alumninya program Prakerja nih, tapi waktu tahun 2020 kemarin belum banyak pilihan platform buat upgrade skill, sekarang makin banyak yak

  • Mei Daema
    Mei Daema 6 April 2022 16.43

    Zenpro ini saya belum pernah nyobain kak, wajib cobain aplikasi ini niy penasaran, btw saya belum nyobain daftar ikut prakerja ini, pasti bermanfaat banget ya

  • Han
    Han 6 April 2022 22.05

    Aku dari tahun lalu dah ikutan kelasnya QuBisa nihh, alhamdulillah suka banget karena pas itu dapat gratis kelas public speaking yang kalau bayar tuh mahalnya mintak ampun wkwkwk

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 6 April 2022 22.09

    Saya udah daftar 2x, tapi belum lolos, Mbak. Mungkin harus daftar ke-3, 4, 5 dan seterusnya baru lolos ya, hehehee.
    Btw, saya juga hobi ikut pelatihan di QuBisa. Materinya enak dan gak kaku.

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 7 April 2022 03.37

    Wah sudah 25 gelombang yaa. Aku malah belum pernah coba daftar :D dulu kupikir cuma buat mereka yang kena PHK, makin kesini ternyata banyak juga Bloger yang mendaftar. Ternyata dapat insentif uang tunai juga, kupikir dapat modal pengembangan skill aja.

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 7 April 2022 08.11

    Banyak manfaat yang didapatkan ya mba dengan mendaftar di prakerja aku berharap bisa lolos nih kalau dibuka kembali karena bbrapa kali gagal heheeh

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 7 April 2022 09.32

    Ini salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan ya mbak, mengikuti program pelatihan prakerja dari Qubisa lumayan banget ini banyak yang bisa dicoba ya untuk mereaka yang ingin menambah pengalaman.

  • Nathalia DP
    Nathalia DP 7 April 2022 09.33

    Banyak ya platform yang menyediakan latihan prakerja... Penasaran, yang terpilih, diseleksinya dari apanya ya...

  • Antin Aprianti
    Antin Aprianti 7 April 2022 11.30

    Skill Academy dan Qubisa aku pernah coba, asik banget bisa menambah wawasan di mana saja dan kapan saja, banyak pelatihannya yang gratis lagi. Tapi aku belum daftar prakerja lagi nih, sebelumnya pernah daftar tapi ditolak

  • Nuny Penguin
    Nuny Penguin 7 April 2022 15.08

    Pernah coba sekali daftar prakerja, eh gagal..dan belum mencoba lagi. Padahal luamyan kalau bisa mendapatkan kartu ini, bisa mengupgrade skill lagi.

  • Dyah Ummu AuRa
    Dyah Ummu AuRa 7 April 2022 16.04

    Aku baru ikutan daftar prakerja gel 23 kemarin mbak, itupun karena iseng eh gak lolos. Ya udah. Trus pas ada bukaan gel 25, iseng klik lagi ternyata lolos. Sepertinya aku mau ambil pelatihanan yang mbak infoin aja biar gak sulit carinya

  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi 7 April 2022 17.07

    Banyak pilihan platform yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan skill kita, ya Kak. Apalagi ada fasilitas insentif juga, pastinya makin produktif

  • Eni Martini
    Eni Martini 7 April 2022 21.35

    Wah, ini paltform pelatihannya aku sudah tahu sangking hitsnya ya, hehehe, makaih mba infonya, ini sangat bermanfaat sekali buat yang membutuhkan. Jadi langsung tahu mana yang rekomend

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 8 April 2022 03.10

    jujur aja, saya penasaran pengen ikutan daftar prakerja juga, sayangnya saya gak bisa daftar

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 8 April 2022 05.09

    Kesempatan dapat skill bagus dengan mengikuti pelatihan, apalagi ini belajarnya bisa via online ya

  • sarrahgita
    sarrahgita 8 April 2022 08.01

    Saya belum pernah daftar prakerja dan jadi pengen coba daftar juga. Bte saya kepoin ah platform belajar onlinenya, dari list yang disebutkan di atas saya baru kenal skill academy sama qubisa aja

  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas 8 April 2022 09.26

    Sekarang makin banyak ya platform pelatihan prakerja, tinggal pilih aja mana yang cocok. Btw, aku kok masih gagal terus kalau mau daftar prakerja. Suka kelupaan sama jadwalnya, tiba-tiba udah close hehe.

  • Dila
    Dila 8 April 2022 12.54

    Dari semua platform, yang paling lama saya tau adala Ruangguru dan taunya itu sebagai kursus online untuk siswa. Setelah berjalannya waktu, ternyata aplikasi ini udah berkembang banget yah, terbukti dari adanya Skill Academy dari ruangguru yang membantu mahasiswa, pekerja atau yang mencari kerja untuk menambah skill.

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 8 April 2022 15.58

    wah ada pealtihan prakerja lagi, semoga bisa tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat ya

  • Happy Hawra
    Happy Hawra 8 April 2022 19.08

    aku pengin nyobain daftar. waktu itu gak selesai malah ke-skip apa gitu jadi lupa wqwq

  • Si Umi
    Si Umi 9 April 2022 05.24

    Saya pernah coba skill academy dan qubisa, lumayan bagus materinya

  • Siti Faridah
    Siti Faridah 9 April 2022 18.52

    Banyak pilihan kelas dan kursus untuk para peserta prakerja ya, Mbak. Kursusnya pastinya bermanfaat untuk para peserta prakerja.

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 9 April 2022 21.39

    di platform belajar QuBisa ini kita jadi bisa belajar ilmu ngeblog biar makin oke ya, secara banyak banget kelas-kelas yang support karir blogger ini :)

  • Dennise Sihombing
    Dennise Sihombing 10 April 2022 19.42

    Di ruangguru ada pelatihan untuk Sinematografi? Mau banget nih untuk ponakan yang baru tamat kuliah. Kebetulan dia minat di sinematografi. Keren nih Ruangguru, harganya juga terjangkau ya

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 10 April 2022 21.42

    Sejauh ini, platform belajar yang saya kenal baru Skill Academy dan QuBisa saja. Rupanya ada lagi yang lain ya.

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 11 April 2022 05.07

    Seneng ya kalo bsa lolos prakerja platform buat belajarnya banyak pilihannya tapi paling sreg sama Platform belajar Qubisa karena bnyak yg review bagus .mau coba daftar pra kerja lagi siapa tau bsa lolos

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 11 April 2022 08.19

    Ada ragam pilihan buat meningkatkan kompetensi diri dengan ikut pelatihan Prakerja, tinggal cari aja yg dibutuhkan yang mana

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 11 April 2022 09.03

    saya juga suka belajar di QuBisa, selain ada kelas berbayar, banyak pula kelas gratisannya dan materinya tetap daging dong meski gratisan :)

  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi 11 April 2022 10.02

    Semoga dengan prakerja ini, akan memantik pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru sehingga semangat dan dukungan pemerintah bisa berbuah manis bagi semua. Asiknya belajar online dengan platform yang bisa dipilih untuk meningkatkan kompetensi ya, Kak

  • Indri
    Indri 11 April 2022 12.55

    Wah semuanya punya keunggulan dan fitur yang menarik ya, bikin galau ingin berguru kemana biar cepat pintar dan terampil

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 11 April 2022 23.53

    Banyak kelas yang menarik ya di QuBisa ini, sampai dilema mau milih yg mana, pinginnya sih ambil beberapa kelas, akhirnya yang benar2 dibutuhkan dalam menyiapkan diri memasuki dunia kerja ya.

  • Kesih Latief
    Kesih Latief 12 April 2022 04.09

    Wah mks infonya, bingung kalau d suruh milih pelatihan d situs PRAKERJA, karna bnyk bgt. Semoga ini bs jd alternatif ya. Mks rekomendasinya .

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 12 April 2022 21.10

    bagus banget program kartu prakerja ini ya?

    karena lowongan kerja itu banyak, sayangnya yang dibutuhkan perusahaan kerap gak bisa dipenuhi pelamar kerja

    dengan adanya pelatihan prakerja, kebutuhan tsb terpenuhi

  • Han
    Han 12 April 2022 22.28

    Pengen ikutan public speaking lanjutan xixixi kemarin dapat dari QuBisa tapi pengen ikutan lagi yg lebih dalam gitu wkwkwk ada ngga yahh

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 13 April 2022 08.53

    Wah ternyata ada banyak ya pelatihan prakerja
    Kalau aku dulu tahunya hanya Skill Academy dan Qubisa saja

  • Apura
    Apura 13 April 2022 13.05

    Aku pernah gabung belajar di sekolah.mu waktu itu dapat beasiswa guru gratis. Luar biasa manfaatnya untuk mengembangkan diri.

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 13 April 2022 15.53

    Wah asiknya kalo lolos seleksi kartu prakerja bisa dapat insentif dan ikut pelatihan-pelatihan prakerja ya.

  • Meriskapw
    Meriskapw 15 April 2022 02.32

    Ternyata Ruang guru dan Sekolah.mu juga punya platform untuk pelatihan prakerja ya, ku kira cuma menyediakan bimbingan belajar untuk anak sekolah aja. Tapi di antara platform di atas, tertarik dengan Qubisa karena skill yang diajarkan sesuai dengan pekerjaan sebagai blogger.

Add Comment
comment url