NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Bootcamp Hacktiv8 Dan Impian Kerja Di Start Up

Buat kamu yang bercita-cita jadi Data Scientist di Startup, Inilah saat yang tepat mengikuti Bootcamp Hacktiv8. Program pelatihan singkat yang bisa membantu kamu mewujudkan impian bekerja di perusahaan impian kamu.

review hacktiv8

Dulu saya sempat bertanya-tanya, bagaimana sebuah enabler e-commerce seperti Sirclo bisa menentukan mana barang yang perlu di diskon dan mana yang perlu di-up penjualannya tanpa menyebabkan toko online yang mereka kelola kehilangan profit, bahkan bisa mengampu brand hingga memperingkat sebagai top seller.

Ternyata jawabannya karena mereka menggunakan machine learning yang secara real time mengamati apa yang pengunjung cari dan butuhkan saat berkunjung di sebuah toko online. Data dari machine learning tersebut akan diolah oleh seorang data analyst hingga bisa menentukan dengan tepat berapa harga produk dan besar diskon yang akan dilepaskan ke konsumen.

Saat ini, pekerjaan dalam bidang Data Science jadi impian banyak orang, termasuk aku, hehehe ini mah karena kebanyakan nonton drakor sama pentengin sosmed kali ya... Siapa yang enggak pengen bisa menerima gaji dua digit dan bekerja di kantor superkeren di kawasan SCBD. Itu tuh kantor di kawasan Sudirman Center Business District yang super mewah dan sempat heboh di media sosial. Kawasan SCBD rata-rata memiliki coworking space yang memang diperuntukkan untuk startup. Interiornya keren dan lingkungannya cukup kondusif untuk bekerja. Kantor yang kondusif dan gaji besar inilah yang menjadi impian anak muda untuk bekerja di startup.

Saking menggiurkannya kesempatan bekerja di dunia IT, sampai banyak yang rela ambil Kursus Data Science dan memilih switching karir. Banyak yang sudah lama berkecimpung dalam dunia akuntan ataupun marketing akhirnya berpindah haluan menjadi analis data dengan mengikuti Sekolah coding.

Beruntung, pada pertengahan Desember 2021 lalu aku berkesempatan mencoba belajar programming untuk pemula di Hacktiv8. Basic Pascal, Matlab, sedikit bahasa koding dan beberapa pengolah data yang pernah kupelajari semoga mempermudah belajarku. Hehe, lumayan kan buat tes ombak, apakah bakat dan minatku di bidang pemrograman masih sebesar ketika di kampus dulu atau akan pasrah setelah mengikuti kelasnya?

Oiya, sebelum mengikuti kelas, ada baiknya kalian simak persiapan masuk kelas data science dulu ya!

Hacktiv8, Asah Digital Demi Karir Gemilang

Hacktiv8 adalah sebuah penyedia pelatihan maupun kursus singkat (bootcamp) pertama di Asia yang akan mendidik dan melatih pemula menjadi expert di bidang IT dan terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR).

CIRR ini merupakan organisasi non profit yang tugasnya mengawasi pembelajaran dan output tiap Sekolah coding. Tugasnya memantau bagaimana bootcamp mendidik siswanya dengan baik sehingga bisa lulus dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang mereka pelajari. Kalau di kampus, mirip semacam tracer study dari BAN-PT gitu sehingga alumnus akan terus terhubung dan terpantau karirnya selepas bootcamp. 

Ternyata mengikuti Bootcamp Hacktiv8 kemarin membuat keinginanku belajar programing semakin besar, belajar menganalisa data dan menemukan hasilnya itu so awesome menurutku dan ini alasan kenapa aku rela menghabiskan berjam-jam untuk belajar dan menemukan kesalahan kode yang akan dibuat grafik.

Aku merasa beruntung banget berkesempatan mengenal python dan mengikuti Full Time Data Science for blogger dari Hacktiv8 ini, kenapa? Karena Belajar Pemrograman Python punya banyak kegunaan. Enggak cuma buat analisa data toko online atau membuat grafik saja, tetapi dengan menguasai koding python, aku bisa mempelajari bagaimana mesin pencari seperti google bekerja sehingga blog yang aku kelola lebih SEO friendly.

manfaat belajar python
Berikut manfaat belajar pemrogaman python, banyak kan manfaatnya?
Image : Instagram @Hacktiv8

Ada banyak bootcamp pemrograman yang bisa diikuti sesuai kebutuhan, kursus di Hacktiv8 bisa dibagi menjadi 3 bagian

Full Stack Immersive

Buat teman-teman yang sedang mencari kursus full stack developer, Coding bootcamp solusinya,  dalam kelas yang terbilang singkat ini, ada 2 pilihan kelas utama yaitu kursus full stack javascript immersive dan data science. 

Profesional Development

Ada banyak pilihan kelas untuk pengembangan kemampuan IT kamu disini. Cocok untuk pemula maupun yang telah ahli dan ingin memperdalam skill kodingnya. Untuk kelas pemula , ada pilihan kursus web developer program, intro to python for data science yang cocok untuk kamu yang ingin belajar programming untuk pemula dan intro to NodeJS. Sedangkan di kelas pengembangan, ada react and react native basic, web service with Golang dan Android with Java Native. 

Yang terakhir, buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan khusus terutama untuk mendesain aplikasi, mengelola web, dan toko online di e-commerce supaya semakin besar seperti Agile scrum, Digital Marketing, Fundamental UI/UX Design, dan Product Owner.

HacktivKidz

Kelas ini dikhususkan untuk anak-anak yang mempunyai ketertarikan belajar koding untuk animasi, game dan seni sedari dini dengan penyampaian yang menarik dan menyenangkan.

Review Hacktiv8 

Output utama dari Bootcamp Batch-X Full Time Data Science ini adalah keberhasilan memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan mampu menganalisa data tersebut. Ada beberapa program yang akan digunakan untuk menganalisis data dan kami diminta menginstall software anacondas, visual code, mendaftar github dan google collab. Bahan dan perangkat untuk penyampaian materi dan komunikasi dengan para mentor dalam Belajar Pemrograman Python ini ada discord, kode.id, dan  zoom.  

Beruntung saya sudah punya akun github dan discord cukup lama. Ini waktu yang tepat untuk mengupdate isi github saya, hehe. Dulu niatnya cuma sekedar social profiler aja alias nge-baclink sambil nyimpan script, sekarang jadi bermanfaat untuk menyimpan repository dan hasil Belajar Pemrogaman Python.

Kelas virtual ini dimulai dari pukul 09.00 pagi dan berakhir jam 06.00 sore. Ada 3 fase tatap muka virtual dalam bootcamp ini, yaitu
  • fase 0 yang merupakan tahapan pengenalan materi dan program seperti python, github, pandas, dasar pembuatan data visualisasi dan belajar aljabar linear
  • fase1 berisi materi vektor, dan streamlit 
  • fase 2 berisi milestone dan lab sesion dimana kita praktik secara langsung memahami,menganalisis sekaligus memvisualisasikan data yang diberikan ,mempresentasikan dalam bentuk story telling 
belajar pemrogaman python
Mas Sardi Irfansyah saat membimbing presentasi milestone belajar koding untuk pemula yang aku ikuti

Yang saya suka dari kursus data science ini, selain ada labs atau praktik koding langsung dipandu host atau tutor secara online, Siswa juga mendapat kesempatan mempresentasikan tugas milestone yang telah dibuat sehingga tahu dimana letak benar atau salah dari data visualization yang dibuat.

Dalam tiap fase tersebut kita akan mendapatkan non graded challenge, soal milestone dan graded challenge untuk menilai sejauh mana tingkat pemahaman masing-masing murid dalam menyerap ilmu yang diajarkan.

Ada pula meet the buddy, merupakan forum diskusi perihal materi yang belum dipahami dengan ngobrol bersama mentor langsung di voice chat discord. Ada 5 buddy yang akan membimbing 5 kelompok yang masing-masing akan dimasukkan dalam grup. Siswa yang belum paham materi bebas bertanya dengan buddy-nya melalui discord setelah sesi mentoring sehingga tidak ada alasan untuk enggak paham materi kan? 

hasil belajar programming untuk pemula
hasil visualisasi data menggunakan pandas

Sebagai Coding Bootcamp Terbaik, Hacktiv8 mengedepankan kualitas siswanya. Tidak ada alasan malu bertanya karena akan beneran sesat di koding, eh* karena instruktur yang humble dan profesional siap membimbingmu. Banyak juga kok yang basic-nya bukan IT namun bisa berkarir di dunia pemrograman dan data science karena kegigihan mereka dalam belajar dan membekali diri selama pelatihan. 

akses kode id di bootcamp hacktiv8
Rasa kewalahan menangkap materi aku imbangi dengan belajar telebih dahulu materi dari yang bisa diakses via kode.id

Sukses tidaknya kita setelah mengikuti bootcamp ini memang tidak bisa terlepas dari peran para instruktur dan keinginan kuat kita untuk belajar jadi aku kasih bintang lima deh untuk review Hacktiv8 kali ini.

Benefit Mengikuti Bootcamp Hacktiv8

Ada banyak kelebihan bergabung dengan Hacktiv8, coding Bootcamp terbaik se Asia ini, apa saja keunggulannya? 

Kurikulum Terupdate

Semua materi yang diberikan, baik ketika kamu mengambil program keahlian tertentu seperti kursus full stack developer atau kursus data science, semuanya telah disesuaikan dengan kebutuhan industri yang tengah berkembang saat ini.

Private Mentoring

Buat kamu yang kesulitan memahami data, mencerna dan mengeksekusi koding, atau kesulitan menemukan solusi saat run time error, buddy siap kamu repotin dengan mentoring 1 on 1 via discord bagi yang belajar online sepertiku. Buat kalian yang mengambil kursus full stack developer offline-nya, kamu juga punya kesempatan mendapatkan tutorial privat secara offline.

Motivasi dan Kesehatan Mental

Bohong kalau belajar koding itu nggak pusing, terutama kalau scriptnya invalid melulu dan gak mau dijalankan. Oleh sebab itu, untuk menjaga kamu tetap waras dan bersemangat dalam tiap fase akan diselingi sesi motivasi dan semangat bernama engineering empathy. Bahkan melalui sesi tersebut, kamu bebas mengajukan pertanyaan ke instrukturnya.

Bimbingan Karir

coding bootcamp terbaik

Gak cuma materi pokok dan empathy, kamu juga berhak mendapatkan materi bimbingan karir. Materi ini berisi bagaimana menghadapi wawancara, menyusun portofolio maupun bahan lain yang dibutuhkan saat akan meniti karir di dunia IT

Penyaluran Kerja

Sebagai coding Bootcamp terbaik, Hacktiv8 juga akan membantumu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kursus yang kamu ambil. Ada lebih dari 350 perusahaan yang telah bekerjasama dengan Hacktiv8 . Tentu dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati, misal dari skor kelulusan yang kamu peroleh dan kesungguhan mengikuti kursus.

ISA ( Income Share Agreement)

Soal ISA ini, aku jadi ingat motivator perempuan yang menginspirasiku, mba Merry Ryana yang berhasil menyelesaikan studynya di Singapura melalui program income share agreement ini. Bagi kalian yang merasa kesulitan soal biaya kursus, Hacktiv8 memberi keringanan dengan perjanjian bagi hasil dengan membayar depositnya terlebih dahulu dan melunasi sisanya setelah mendapatkan pekerjaan.

Garansi Uang Kembali

Ada garansi uang kembali bagi kamu yang belum bekerja setelah 1 tahun lulus dari Hacktiv8.

Keren kaan? Jujurly, aku ngerasa kursus FTDS selama 3 hari kemarin itu membuat aku kepikiran mengenalkan koding ke anak. Biar logika berpikirnya kebentuk sedari dini sehingga mudah memecahkan masalah dan taft menjalani hari-harinya. Apalagi anakku sudah mulai terlihat bakat seninya dan hobi bermain game online.

Nah, itu tadi cerita selama mengikuti bootcamp dan sedikit review Hacktiv8 agar kamu yang bercita-cita bekerja di startup menemukan bimbingan belajar pemrograman terbaik pilihan kamu. Semoga artikel di atas bermanfaat ya teman-teman..Cerita juga yuk, apa impianmu 5 tahun kedepan?
Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

Click here for comments 17 Comments:

  1. Mantul ya kak, hacktiv8 ini komplit banget bahkan ada yang untuk anak-anak nya hihi

    BalasHapus
  2. Hacktiv8 ini menjawab kebutuhan kita akan ilmu dan perkembangan digital yang harus di up date setiap saat apalagi digital ini terus menerus tidak akan berhenti berkembang. Dan terpenting juga ada penyaluran kerjanya

    BalasHapus
  3. Temenku juga ada nih yg ikut kelas data science sampe gadai motor, karena peluang kerjanya yg besar jadi dia maksain tapi ternyata otaknya ga bisa dipaksain 😆
    Harus bener-bener serius ya belajarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sayang ya, jadi emang baiknya sebelum ikut Bootcamp, konsultasi dulu sama pihak penyedianya ,atau nyoba belajar dasar pemrogramanya dulu. Sedih banget kalau sampai setengah jalan.

      Hapus
  4. wih mantap nih, emak-emak makin jago koding nanti makin jago ngodein suaminya, eh.. hehe.. keren mbak, jadi pengen ikutan nih, belajar koding tuh bikin nagih ya kalau penasaran hehe

    BalasHapus
  5. Ternyata dengan pemrograman, bisa bantu kita untuk memanjakan Google biar blog yang kita kelola dilirik dan disayang ya. Wuaaa.

    Jadi data science itu nggak mudah sih, tapi kalau belajar bareng Hacktiv8, kayaknya jadi lebih menyenangkan ya.

    BalasHapus
  6. Menjawab penasaran ku juga nih mba dan jadi kepengen ikut bootcamp nya jga tapi kok roaming duluan dgn bahasa2 coding dan pemograman gitu

    BalasHapus
  7. Hacktive8 keren ya bisa jadi solusi tempat belajar anak-anak yang tertarik koding

    BalasHapus
  8. Seru juga ya kalau bener niat mau belajar serius. Hacktiv8 emang jadi solusi banget ya.

    BalasHapus
  9. Aku tuh suka bingung aja kalo yang namanya coding tapi Hacktiv8 kayanya seru deh ya. Tapi kelasnya padat banget deh dari pagi sampai sore. Takut ngga bisa ngikutin, semoga next lahhh.

    BalasHapus
  10. Wow, kerja di start up? 🤩🤩 Boleh juga nih kalau ikutan bootcamp

    BalasHapus
  11. Jadi banyak belajar ini.. aku sampai baca 2x buat lebih mngerti 😄

    BalasHapus
  12. Jadi iri sama temen yang kmaren sempet ikutan kelas bareng Hacktiv8, soalnya emang Data Science ini next big thing banget sih yaaa, pengen belajar deh

    BalasHapus
  13. saya juga ikut belajar kelas di sini, seru banget belajar data science, belajar koding yang bikin pusing tapi bikin nagih alias penasaran

    BalasHapus
  14. Wah mantap nig bootcamp nya , boleh spill biaya nya gak kak.

    BalasHapus
141222861953258005