NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat dan Terbaik

Masyarakat indonesia sangat erat dengan konsumsi otomotif nya yang terus meningkat tapi tahunnya. Kendaraan merupakan hal yang cukup penting dalam mendukung mobilitas masyarakat indonesia di kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan kendaraan, akan lebih mudah bagi mereka yang memiliki tingkat mobilitas tinggi untuk menjalankan aktivitasnya. Khususnya di kota besar, kendaraan pribadi merupakan hal lumrah yang banyak kita temukan di jalan-jalan protokol. Terlepas dari isu yang ditimbulkan seperti kemacetan, kendaraan pribadi seperti motor dan mobil terus menjamur di jalanan kota besar.

tips memilih asuransi mobil

Dengan adanya peningkatan volume kendaraan tersebut, tentu penting bagi pengendara untuk sadar dalam mengemudi secara bertanggung jawab. Namun, selain memiliki kesadaran mengemudi yang bertanggung jawab, masyarakat juga perlu untuk sadar akan resiko-resiko yang bisa dibilang tinggi selama berkendara. 

Resiko ini mulai dari kecelakaan tunggal maupun tidak, kerusakan mesin, bahkan hingga kehilangan/kerusakan kendaraan akibat oknum kriminal. Oleh karena itu, perlu bagi pengendara/pemilik kendaraan untuk melengkapi kendaraannya dengan asuransi mobil terbaik terlepas dengan segala fitur keamanan dan keselamatan berkendara yang telah dimiliki oleh mobil/motor yang dipunya. 

Asuransi mobil sendiri penting untuk dimiliki karena resiko yang ada yang dapat menimpa kendaraan kita kerap kali tidak dapat kita perkirakan. Misalnya saja ketika kita sudah berkendara dengan baik dan bertanggung jawab, bisa saja kita mengalami pencurian/begal yang menyebabkan kerusakan bahkan parahnya lagi kehilangan kendaraan kita. 

kerusakan akibat kecelakaan

Misal lagi, tidak lupa di ingatan kejadian banjir di tahun 2020 yang lalu, menyebabkan kendaraan-kendaraan hanyut dan harus turun mesin. Hal-hal tersebut terkadang tidak dapat kita hindari serta menuntut kerugian biaya yang sangat besar, bahkan jika hanya kerusakan lecet sekalipun. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyiapkan asuransi mobil atau motor yang dapat menghindarkan kita untuk merogoh kocek terlalu dalam dan meringankan beban kita untuk hal-hal buruk yang menimpa kendaraan pribadi.

Secara umum, terdapat dua jenis asuransi mobil berdasarkan bentuk pertanggungan yang diberikannya, yakni asuransi mobil TLO (total loss only) dan juga asuransi mobil all risk. Keduanya memberikan pertanggungan yang jauh berbeda sehingga jangan sampai kamu salah pilih jenis asuransi mobil untuk melengkapi perlindungan pada kendaraanmu. 

Kelebihan Asuransi Mobil TLO

Asuransi TLO sendiri memberikan perlindungan terhadap mobil yang dapat diklaim apabila kerusakan yang menimpa kendaraan seminimalnya mencapai 75% atau kehilangan mobil akibat pencurian.

Asuransi jenis ini memiliki besar premi yang lebih rendah, dengan uang pertanggungan yang diberikan berdasarkan ketentuan OJK dibagi menjadi beberapa kategori jenis kendaraan dan wilayah kendaraan.

Kelemahan Asuransi TLO

Apabila menggunakan asuransi TLO, kamu tidak dapat mengklaim asuransi ketika kerusakan yang kamu miliki di bawah 75%. Angka 75% sendiri dipilih karena dengan kerusakan sebesar tersebut, mobil bisa dipastikan tidak dapat digunakan lagi. 

Asuransi jenis ini lebih tepat digunakan untuk mobil dengan harga yang terjangkau karena untuk perawatan mobil akibat kerusakan ringan tentu biaya perbaikannya lebih ringan.

Kelebihan Asuransi All Risk

Asuransi mobil all risk sendiri biasa juga disebut asuransi mobil comprehensive, memberikan pertanggungan/perlindungan atas semua resiko yang dapat menimpa mobil peserta asuransi. Asuransi jenis ini akan membayarkan klaim atas segala kerusakan, baik itu kerusakan ringan (lecet, bumper penyok, dsbnya), kerusakan sedang, berat, hingga kehilangan akibat bencana, kecelakaan maupun pencurian.

Kelemahan

Namun, asuransi jenis ini tentunya membebankan premi yang lebih tinggi dibandingkan asuransi mobil TLO. Sama seperti asuransi TLO, asuransi all risk juga memiliki uang pertanggungan yang diatur berdasarkan jenis kendaraan dan wilayahnya.

Bagi pengguna mobil mewah, asuransi All Risk adalah pilihan yang tepat mengingat keuntungan yang diterima terkait perawatan dan perbaikan ketika mobil mengalami kerusakan.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Bagi teman-teman yang hendak mengambil asuransi, berikut tips memilih asuransi mobil yang tepat untuk kendaraan kamu

1. Pilih jenis asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan

Baik TLO maupun All risk, kedua asuransi tersebut akan terasa manfaatnya jika pilihan produk asuransinya sesuai dengan kebutuhan kendaraan teman-teman. Seperti yang tertulis di atas, mobil bekas atau yang harganya terjangkau dengan mobil mewah tentu membutuhkan proteksi yang berbeda terkait biaya perbaikan dan tanggungan yang nanti akan diterima.

2. Pilih Perusahaan Yang Kredibel

Saat memilih perusahaan, pelajari terlebih dahulu tentang premi, pertanggungan, kelebihan beserta kekurangan asuransi sekaligus perusahaannya. Pilih perusahaan yang memiliki reputasi yang baik terkait pelayanan asuransi, nasabah dan bengkel rekananannya sehingga tidak menyulitkan saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan

3. Cermati Syarat Klaim dan Pembayaran

Sebelum mengambil produk asuransi, pelajari aturan terkait pembayaran premi dan klaim yang nantinya akan diterima sehingga tidak menyesal di kemudian hari

Bagaimana dengan penjelasan mengenai asuransi mobil di atas? Apakah kamu suda cukup memahami dua jenis asuransi mobil yang dapat melengkapi perlindungan kendaraanmu? Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk asuransi adalah pilihlah produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu, ya! Jangan sampai salah pilih!


Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005