NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Perjalanan Dinas Lancar Pakai Jasa Rental Mobil Terpercaya

Melakukan perjalanan dinas ke luar kota selama PPKM itu membutuhkan persiapan lebih. Kalau menggunakan jalur darat, temans bisa pakai jasa Rental Mobil baik bersama drivernya maupun lepas kunci. Simak persyaratan dan tips aman perjalanan luar kota berikut ini

sewa mobil terpercaya

Selama pandemi, terlebih masa PPKM ini, pemerintah menerapkan aturan ketat terkait perjalanan dinas ke luar kota. Menurut Surat Edaran Satgas dari Kemenhub, ada dua persyaratan utama yang harus dipenuhi untuk bisa ke luar kota via jalur darat baik dengan kereta api maupun bus, antara lain

1. Minimal sudah melakukan vaksin dosis pertama

Sebagai bukti sudah pernah vaksin, calon penumpang akan diminta menunjukkan sertifikat vaksin, bisa dalam bentuk kartu yang sudah dicetak maupun lewat aplikasi atau web pedulilindungi.id.

Saran saya, sebaiknya sertifikat vaksin ini tidak perlu dicetak terkait resiko keamanan data di dalamnya. Bagi mereka yang belum bisa mendapatkan vaksin karena alasan kesehatan masih bisa melakukan perjalanan terbatas area Jawa-Bali.

2. Menunjukkan hasil tes swab antigen atau PCR terbaru 1x24 jam

Swab antigen atau PCR ini menjadi syarat mutlak untuk melakukan perjalanan luar kota. Di stasiun sendiri, PT KAI menyediakan layanan swab antigen yang rata-rata bertarif 100-an ribu rupiah, sementara tes PCR di bandara masih terbilang mahal, sekitar 800 ribu rupiah. 

Ketika berangkat, suhu tubuh harus berada di kisaran 37.3 derajat celsius  dan wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan dan tidak berkerumun.

Tips Aman Perjalanan Luar Kota 

Saat melakukan perjalanan luar kota, baik untuk urusan pekerjaan maupun wisata usahakan mematuhi aturan yang berlaku selama PPKM. Ada beberapa tips agar perjalananmu lancar saat ke luar kota :

1. Pilih Kendaraan Yang Aman

Ketika melakukan perjalanan dinas maupun wisata, pilih kendaraan dengan penumpang yang tidak terlalu penuh. Beberapa alternatif kendaraan darat yang bisa teman-teman pilih antara lain shuttle bus, travel, kereta atau menyewa mobil rental.

Pastikan jarak antar penumpang cukup jauh dan sebaiknya pilih keberangkatan di jam sepi penumpang. Jika teman-teman berencana mudik atau pulang kampung, silahkan baca artikel saya yang berjudul Tips mudik lebaran, berisi tips seputar perjalanan sambil membawa bayi. Saya harap artikel tersebut bermanfaat.

2. Membawa Perlengkapan Perjalanan Sendiri

Peralatan dan perlengkapan yang mungkin akan teman-teman perlukan selama perjalanan, antara lain

  • Alat ibadah seperti sajadah, sarung dan mukena
  • Alat makan seperti sendok, garpu, sumpit dan sedotan
  • Tumbler
  • Tissue basah dan disinfektan
  • Hand Sanitizer maupun sabun cair
  • Masker cadangan
  • Sanitary tool untuk menyentuh gagang pintu maupun tombol lift jika dibutuhkan. Sebaiknya hindari menyentuh gagang pintu, jendela maupun gagang kursi penumpang.

3. Kondisi badan fit

Di saat badan kurang fit, imunitas mungkin sedang menurun. Agar tidak mudah tertular virus, sebaiknya hindari dulu bepergian jika dirasa kurang sehat.

4. Gunakan Alat Pembayaran Elektronik

Gunakan e-wallet saat bertransaksi untuk menghindari kontak langsung atau bersentuhan dengan uang tunai dari tangan ke tangan.

Saat ini ada banyak e-wallet yang bisa digunakan untuk transaksi keuangan seperti gopay, OVO, linkaja, dana, maupun ShopeePay.

Tidak seperti sebelum pandemi, pemerintah membatasi jumlah penumpang di kendaraan umum dan memberi spasi antara penumpang satu dan yang lain. Mereka yang tiap hari memanfaatkan moda transportasi umum pasti lebih paham bagaimana rasanya.

Atasan suami sempat menceritakan bagaimana ribetnya akan berangkat ke luar kota waktu itu.

"Wah, ribet ya mas kalau mau ke Jakarta pakai mobil pribadi suka sebel, malas sama macet dan perjalanannya itu lho, bikin capek body  "keluh beliau. Kadang terbersit pengen sewa mobil aja pas udah di kota tujuan, tapi ada nggak ya rental mobil yang bisa diakses lewat aplikasi, jadi pas sampai lokasi tinggal pakai?

Lantas, suami menyarankan atasan menggunakan TRAC, sebuah jasa rental mobil milik Astra group. Reservasi mobil di TRAC ini bisa dilakukan melalui aplikasi dan web. Perjalanan dari Semarang bisa dilakukan lewat kereta atau pesawat kemudian di Jakarta mobil sewanya bisa langsung digunakan. Fisik enggak terlalu lelah seperti ketika mengendarai mobil pribadi. Setidaknya, kita jadi lebih menghemat waktu perjalanan.

Oiya, kalian boleh mampir ke artikel link rekomendasi mobil irit untuk mencari tau mobil keluarga yang irit bahan bakar dan terjangkau harganya.

Memilih tempat rental mobil yang aman memang gampang-gampang susah, untuk memastikan pelayanannya, setidaknya sudah banyak testimoni positif tentang jasanya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang,sebaiknya pilih jasa sewa kendaraan yang menerapkan protokol kesehatan, menyediakan ruang pemisah antara kemudi dan penumpang.

Kriteria Jasa Rental Mobil Yang Baik

Sebelum menyewa jasa rental mobil saat akan bepergian, sebaiknya perhatikan beberapa kriteria sebagai berikut

1. Terpercaya

Pilih jasa sewa mobil yang telah memiliki ijin usaha, periksa apakah perusahaan atau rental tersebut memiliki reputasi usaha yang baik. Apabila jasa sewa mobil tersebut memiliki web atau aplikasi, cek testimoni atau review customer-nya lewat googleplay, google map atau dari komentar dan testimoni yang tertera di kolom komentar web maupun aplikasinya.

2. Akses dan Jaringan Luas

Sebuah jasa persewaan mobil dikatakan taft jika memiliki jaringan yang luas dan tersebar di berbagai kota. Selain itu reservasi atau booking peminjaman mobil bisa dilakukan dengan mudah, baik melalui kunjungan atau datang langsung ke pool, melalui website, aplikasi atau telepon langsung.

3. Aman

protokol kesehatan trac
image source : Web TRAC

Pastikan jasa rental memiliki jaminan proteksi keselamatan penumpang maupun kendaraan. Dengan adanya asuransi, keselamatan dan kenyamanan pengguna terjamin. Pastikan juga mobil yang akan kita sewa bisa dipantau keberadaannya secara akurat dan terjaga kebersihannya. Driver yang kita sewa juga mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menyediakan disinfektan, suhu tubuh normal, dan menyediakan hand sanitizer di mobil.

4. Tersedia layanan 24 jam / 7 hari

Pilih persewaan mobil yang memiliki layanan keluhan pelanggan, pusat bantuan atau informasi pemesanan yang bisa dihubungi 24 jam. Untuk pilihan kenyamanan, jangan lupa cek juga apakah rental tersebut menyewakan mobil bersama drivernya saja atau menyediakan layanan lepas kunci juga.

Suami menceritakan mudahnya memesan mobil sewa di TRAC ini melalui aplikasi TRAC To Go. Jasa sewa mobil yang telah berdiri sejak tahun 1986 ini memiliki jaringan luas di lebih dari 50 kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Surabaya dan di beberapa kota di Pulau Sumatra, Kalimantan, Bali, Lombok dan Sulawesi.

Ada beragam jenis kendaraan yang disewakan sesuai kebutuhan seperti City car, MPV, SUV hingga bus. TRAC juga membuka layanan airport transfer dari dan ke bandara Adi Sucipto, Ahmad Yani, Sultan Mahmud Badarudin dan Ngurah Rai Bali. Cara pembayarannya juga bisa dilakukan secara tunai ketika walk in ke kantor cabang, transfer menggunakan virtual account bank maupun menggunakan e-wallet seperti ShopeePay.

Untuk menggunakan atau menyewa kendaraan di TRAC,teman-teman bisa reservasi melalui

  • Customer service 1500 009
  • Whastsapp 081 111 177 087
  • Instagram TRAC ASTRA
  • Facebook TRAC ASTRA
  • Web www.trac.astra.co.id
  • Aplikasi TRAC To Go
Tapi  menurut saya lebih praktis menggunakan aplikasi. Dari aplikasi, teman-teman bisa memesan kendaraan 12 jam sebelum mobil akan dipakai dan bisa menentukan pilihan mobil yang akan disewa secara cepat dan mudah. Tarif atau harga sewanya juga langsung bisa dikonfirmasi. Selain itu, ada banyak promo menarik bagi pemesan menggunakan aplikasi Trac To Go. 

sistem pembayaran trac
Selain menggunakan virtual account, metode pembayaran bisa dilakukan via linkaja, gopay, OVO, Dana, dan yang terbaru ShopeePay.

Menyewa kendaraan melalui TRAC To Go ini cukup mudah,teman-teman bisa langsung mengunduh aplikasinya di android melalui playstore maupun IOS melalui appstore. Dan untuk pendaftaran akun TRAC ini, persyaratannya mudah. Teman-teman akan diminta data diri, fotokopi KTP dan SIM A.

Berikut link download TRAC To Go

Link GooglePlay Store :

 https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trac.tractogo&hl=en&gl=US 

Link Apple App Store :

https://apps.apple.com/us/app/trac-to-go/id1459840738 

Nah, semoga ulasan tentang pengalaman memilih sewa mobil terpercaya untuk perjalanan dinas di atas bermanfaat ya. Yuk ceritakan juga pengalaman teman-teman menggunakan jasa rental untuk bepergian. Aku tunggu di kolom komentar Yaa.. terimakasih.
Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

Click here for comments 3 Comments:

  1. Bener banget...Mbak semenjak corona datang dari negeri api...praktis gak bisa kemana-mana, mau kemana-mana aja ribet... Dan yang menarik tulisan Mbak sari sedikit banyak mencerahkan kalau ingin traveling lagi...Tengkiu Mbak Sari

    BalasHapus
  2. Aku suka nyari jasa rental, makasih infonya mam. Memang kalau sama keluarga enakan pake rental.

    BalasHapus
  3. Penting banget ini jasa rental yang rekomend karena aku sekeluarga kalau ke mana-mana pasti rental mobil, apalagi kalau pas liburan

    BalasHapus
141222861953258005