Tips Mudik Lebaran Bersama Bayi

Buat teman-teman yang akan mudik, ada beberapa tips mudik lebaran bersama bayi saat corona.

tips-mudik-lebaran



Pemerintah menetapkan cuti bersama lebaran 2021 menjadi 1 hari yang jatuh pada tanggal 12 Mei sehingga total liburan hari raya yang kita dapatkan ada di tanggal 12, 13, dan 14 Mei 2021. Tidak ada pelarangan mudik seperti tahun sebelumnya. Dilansir dari Republika,menurut epidemiolog Laura Navika Yamani, pengurangan hari libur ini dilakukan sebagai langkah pencegahan lonjakan kasus covid-19.

 Menurut Wikipedia, mudik adalah kegiatan perantau untuk pulang ke kampung halamannya. Lebaran dan tradisi mudik ini seperti tak terpisahkan, setiap ada libur Idul Fitri, orang yang tinggal di perantauan biasanya akan meninggalkan kota tempat tinggalnya untuk pulang ke tempat asal. Bagi teman-teman yang sudah menikah, mana nih destinasi yang akan dituju? Oiya, ingat lebaran jadi ingat tulisanku tentang 5 hal yang bikin kangen tiap lebaran.

Tips mudik bersama bayi

Di lebaran tahun 2020 lalu, keluarga kami memutuskan untuk tidak pulang kampung karena adanya pembatasan sosial kala itu. Nah, di hari raya ini suami berencana mengajak kami mudik. Di perjalanan sebelumnya, kondisi badan Tito kurang fit dan akhirnya mabuk. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, dibutuhkan persiapan yang matang. Apa saja persiapannya? Sesuai dengan protokol kesehatan, ada beberapa tips melakukan perjalanan jauh bersama bayi saat pandemi corona seperti ini 

1. Usahakan memakai kendaraan pribadi

Untuk menghindari terlalu banyak kontak dengan orang lain, teman-teman bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor atau menggunakan jasa rental mobil yang bisa dipesan jauh hari sebelumnya. Tetapi jika tidak memungkinkan, gunakan kendaraan umum yang menjamin keamanan penggunanya seperti 
  • Jarak antar penumpang yang tak terlalu rapat
  • Pengukuran suhu tubuh sebelum berkendara, 
  • Peraturan rapid test, Genose maupun PCR
  • Tersedianya tempat cuci tangan atau minimal disinfektan, 
  • Adanya ventilasi yang memadai

2. Pastikan Badan Fit

Saat badan tidak fit, ketahanan tubuh yang berkurang akan menyebabkan badan mudah terserang penyakit. Jaga kesehatan dan pola makan keluarga sebelum melakukan perjalanan. Usahakan menggunakan pakaian yang nyaman saat akan melakukan perjalanan.

3. Pastikan keluarga yang akan dikunjungi juga sehat


Meski sudah divaksin, bukan berarti kita  bebas terpapar corona virus dan 100% kebal virus,  jadi usahakan agar kita dan  orang yang akan kita kunjungi sehat. 

Oiya, untuk mengetahui lebih lanjut tentang keamanan vaksin yang kita gunakan, teman-teman bisa berkunjung ke postinganku tentang Benarkah sinovac, vaksin covid-19 aman

4. Cek kondisi kendaraan

Baiknya cek kondisi performa mobil atau motor yang akan digunakan. Pastikan kondisi ban baik dan cadangannya tersedia, mesin, AC, rem, aki maupun bahan bakar aman dan segera perbaiki jika ditemukan kerusakan.

5. Siapkan P3K

Saat membawa bayi, sebaiknya siapkan perlengkapan P3K seperti minyak telon atau kayu putih, plester, obat sakit kepala, betadine, obat anti mabuk perjalanan, dan obat diare.

Oiya, agar bayi nyaman, teman-teman bisa mampir ke postinganku tentang Tips atasi kembung bayi yaa..

6. Ceklist perlengkapan mudik

list-perlengkapan-mudik


Siapkan daftar perlengkapan mudik yang akan dibawa, terutama kebutuhan bayi. Pastikan jumlah baju yang akan dibawa cukup selama perjalanan dan ketika di kampung halaman. Beberapa list perlengkapan mudik yang bisa mama siapkan antara lain

  • Baju  orang dewasa(celana dalam, bra, t-shirt, gamis, kemeja, atasan, bawahan, jilbab, jaket, kaos kaki)
  • Baju anak ( kaos, jumper, baju hangat, bedong, kaos kaki, popok, topi)
  • Krim ruam, lotion dan bedak bayi
  • Lap pengering atau tissue
  • Perlengkapan minum seperti termos kecil, tumbler, dot, dan susu formula
  • Peralatan dan perlengkapan mandi (handuk, parfum, sikat dan pasta gigi, sabun mandi serta shampo)
  • Selimut bayi
  • Peralatan makan bayi
  • Gendongan
  • Peralatan shalat (mukena, sajadah, dan sarung)
  • Sabun cair atau hand sanitizer
  • Masker
  • Kantong plastik untuk tempat baju kotor 
  • Car seat dan Stroler jika dibutuhkan
  • Perlengkapan lain seperti charger hp, kamera dan powerbank

7. Siapkan makanan atau cemilan favorit anak

Untuk mencegah bayi rewel saat perjalanan, teman-teman bisa menyiapkan bekal makanan untuk bayi yang mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) dan jajan favorit untuk anak yang usianya lebih besar. Hindari membekali anak dengan makanan pemicu mabuk perjalanan seperti susu atau makanan dengan penguat rasa (MSG).

8. Bawa mainan kesayangan

Untuk menghindari jenuh selama di jalan, jangan lupa membawakan mainan kesayangan seperti boneka, rattle atau mobil favorit anak. Bebaskan anak bermain dan bergerak selama tidak membahayakan.

9. Siapkan uang cash

Agar aman, jangan bawa seluruh uang cash dalam tas atau saku ya, sebaiknya teman-teman cukup bawa uang tunai seperlunya dan simpan sisanya dalam ATM atau kartu kredit yang bisa ditarik tunai dimana saja

10. Jeda Istirahat

Perjalanan yang jauh terkadang membuat badan pegal dan otot kaku, usahakan beri waktu untuk beristirahat dan merilekskan otot badan. Mama juga bisa ikut beristirahat ketika bayinya juga beristirahat.

Nah, itu tadi tips mudik lebaran bersama bayi agar tetap aman dan nyaman. Buat saya pribadi, tak masalah ketika barang bawaan mudik terutama peralatan dan perlengkapan bayi yang dibawa begitu banyak, karena yang utama bunda dan anak tetap aman dan nyaman selama bepergian. Semoga tips diatas membantu ya, 

1 komentar