5 Hal yang Bikin Kangen Tiap Lebaran

5 hal yang bikin kangen saat lebaran tiba

Semasa anak-anak dulu, mungkin hal yang paling banyak bikin kangen tiap lebaran adalah angpao alias uang fitrah, begitu aku menyebutnya. Aku menerima fitrah ini sampai aku duduk di bangku SMA, dan rasanya senang banget dengan momen nerima uangnya, hehe. Kalau sekarang, ada 5 Hal yang kurindukan tiap Idul Fitri tiba.


5 Hal Yang Bikin Kangen Tiap Lebaran


Ada banyak hal sebetulnya, tapi aku merangkumnya jadi 5 saja ya, antara lain

1. Silaturahmi


Berkunjung ke sesepuh dan sanak saudara jadi salah satu hal yang aku rindukan karena saat silaturahmi ini kita sekaligus menerima doa dan wejangan kebaikan. Beruntung kan, didoakan sekaligus diberi pesan agar tetap Istiqomah dalam Islam.

2. Mudik


Momen yang ditunggu saat THR sudah cair dan suami bisa mengambil cuti adalah segera mengatur jadwal mudik. Anak-anak melepas kangen ke embahnya dan sayapun bisa sedikit rileks tanpa terbeban aktivitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga sekaligus freelancer.

3. Kumpul keluarga

5 hal yang dikangenin saat lebaran tiba
Kumpul keluarga saat lebaran lalu

Saat lebaran tiba, baik di tempat ibu maupun di tempat mertua selalu ramai. Semua anggota keluarga besar mudik dan akhirnya kami bisa ngobrol apa saja setelah lama tak berjumpa.

4. Reuni

5 hal yang bikin kangen saat lebaran tiba
Reuni jadi hal yang ditunggu-tunggu saat lebaran tiba

Siapa yang masih setia dengan teman ganknya? Teman SDku yang lucu-lucu masih sering ngajak reuni, kalau SMP sudah mulai jarang, SMA beberapa dan sahabat karibku SMA hingga kini kalau pas berbarengan mudik, kita biasanya sempatkan untuk bertemu dan ini jadi momen kangen-kangenan buat kami. Mengingat kepolosan semasa SMA dan hal-hal absurd masa itu.

5. Masakan Ibu


Setiap lebaran akan tiba, ibu jadi yang paling sibuk di rumah. Mulai dari bikin nastar, beli bermacam jajan anak-anak dan menyiapkan THR karyawan. Tak lupa di malam takbiran, ibu lembur memasak menu lebaran seperti opor ayam kampung yang disembelih sorenya, sambal goreng kentang, sayur gori (nangka muda), rendang, dan ketupat. Rendang dan opor buatan ibu juara banget rasanya. Begitu juga di tempat mertua, ada menu unik yang selalu ada saat putra-putranya pulang. Namanya Jui Lombok ijo, menu dari tempe dan teri yang menggugah selera makan. Ini jadi favorit selain rendang jengkol dan ayam burus, yaitu ayam bumbu Lengkuas yang mirip serundeng.


Nah, itu tadi kelima hal yang aku rindukan tiap lebaran tiba. Pastinya masing-masing orang berbeda kan kesukaannya? Share yuk yang kamu rindukan kala lebaran di kolom komentar yaa..thank you.


Next Post Previous Post
1 Comments
  • Ammi
    Ammi 26 November 2021 pukul 10.46

    udah 2 tahun ga rasa nikmat lebaran. semuanya angkara covid

Add Comment
comment url