NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Cara Memulai Bisnis Recruitment Atau Headhunter

Recruitment process oleh perusahaan sering dianggap menjadi momok mengingat tahapan ini sangat menentukan kesuksesan perusahaan di masa yang akan datang. Saking sulitnya menentukan kandidat karyawan yang akan direkrut, perlu kejelian membaca CV, mempelajari pengalaman dan keahlian yang dimiliki, mengenal karakter dan personal pendaftar lowongan kerja perusahaan sehingga jasa recruitment atau headhunter mulai banyak dilirik perusahaan untuk menyelenggarakan proses rekrut kandidat baru. Proses panjang melalui info rekrutmen, seleksi CV, tes psikologi dan kecakapan hingga wawancara juga menjadi alasan utama perusahaan menjatuhkan pilihan menggunakan jasa recruitment atau headhunter ini.

cara memulai bisnis recruitment

Cara Memulai Bisnis Recruitment atau Headhunter

Banyak perusahaan yang memilih untuk tidak menyelenggarakan sendiri proses rekrutmen karyawan baru dan memilih untuk menggunakan jasa pihak ketiga. Dan tentunya, hal tersebut menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan jika teman-teman memahami cara untuk memulai bisnis recruitment yang tepat:

1. Membuat Profil yang Terpercaya

Profil adalah nilai jual yang harus sejak awal Anda bangun untuk meyakinkan para calon klien Anda. Ibarat sebuah komoditas barang, profil bagi perusahaan jasa merupakan spesifikasi yang dimiliki perusahaan tersebut.

Ada banyak cara untuk membangun profil meyakinkan bagi calon klien. Beberapa cara yang mudah adalah dengan membangun website resmi termasuk akun sosial media resmi perusahaan. Isi website dan akun sosial media Anda dengan konten yang berkualitas dan menjual. Kalau perlu gunakan jasa copywriter atau content writer untuk menuliskan kontent terkait perusahaan.

Melalui website dan media sosial inilah profil perusahaan Anda di mata konsumen terbangun. Pastikan situs yang perusahaan bangun tersebut terlihat menjual, terpercaya, kredibel dan juga profesional. Pastikan seluruh informasi dapat diakses dengan mudah. 

2. Penyusunan Tim Agensi

Penyusunan tim agensi sebagaimana halnya bisnis lainnya harus dilakukan sejak awal agar nantinya perusahaan dapat langsung bekerja dengan maksimal saat sudah mendapat klien pertamanya. Tim agensi terdiri dari orang-orang yang ahli dan profesional dalam melakukan perekrutan karyawan ke perusahaan.

Carilah orang-orang yang kompeten dan memahami hal-hal yang mendukung perekrutan  agar proses rekrutmen dapat dilakukan dengan lebih maksimal. Sebagai tim utama agensi, pilihlah orang-orang yang memang sebelumnya sudah memiliki pengalaman di bidang HRD perusahaan sehingga dapat langsung bekerja. Intip juga tentang manajemen belajar perusahaan ya.

3. Menerapkan Software Khusus

Cara selanjutnya yang merupakan cara paling direkomendasikan hari ini adalah menerapkan software khusus di bidang rekrutmen kandidat. Saat ini penggunaan software berbasis AI memang sudah dikenal luas oleh perusahaan termasuk agensi recruitment.

Bantu Kembangkan Bisnis Headhunter dengan Software Shortlyst

Anda yang sedang berencana atau sudah mulai membangun agensi recruitment atau headhunter, sebaiknya segera memikirkan untuk mengaplikasikan software berbasis AI ke dalam perusahaan. Software berbasis AI pada hari ini sangat membantu proses rekrutmen menjadi lebih cepat dan efisien. 

Sebagai aplikasi untuk recruiter terbaik, Shortlyst menawarkan beragam tools menarik yang memang sangat dibutuhkan baik oleh tim recruiter dan juga kandidat. Fitur ini dirancang dengan teknologi kecerdasan buatan yang bekerja secara otomatis untuk menyaring profil kandidat yang ada di database

Di dalam database Shortlyst juga tersedia profil para kandidat hingga lebih dari 600 juta data yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Data para kandidat ini terintegrasi dengan berbagai platform utama meliputi Slack, LinkedIn, email dan juga WhatsApp.

Fitur lain dari software untuk rekrutmen karyawan ini adalah fitur untuk memberikan rekomendasi kandidat sesuai dengan kriteria yang sudah Anda tetapkan. Perusahaan atau tim rekrutmen tidak perlu bersusah payah memilah-milah calon karyawan melalui CV yang bertumpuk-tumpuk dan memakan waktu. Fitur selanjutnya adalah fitur saling tag antara kandidat dan recruiter untuk memudahkan kedua belah pihak berkomunikasi dua arah. 

Seluruh fitur yang menarik ini bisa Anda nikmati hanya dengan mengeluarkan biaya yang sangat murah yakni 23 USD saja. Biaya ini jelas jauh lebih murah dibandingkan biaya tools serupa yang beredar di pasaran.

Pastikan Anda menggunakan tools berbasis AI untuk membantu proses seleksi rekrutmen yang diminta oleh klien Anda. Sebagai sebuah agensi, Anda tentu tidak ingin sampai mengecewakan klien yang telah menggunakan jasa Anda. 

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005