Manfaat Penting Learning Management System Bagi Perusahaan

Learning Management System ternyata enggak cuma bermanfaat bagi dunia pendidikan, di Perusahaan sistem pembelajaran ini bermanfaat meningkatkan kualitas SDM dengan lebih efektif dan efisien.

learning management system

Keterbatasan ruang dan akses tatap muka selama pandemi covid-19 membuat perusahaan mencari cara agar tetap bertumbuh dan mampu bersaing dengan dunia global. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menemukan metode training karyawan yang lebih efektif serta efisien. Tentunya training yang diterapkan perusahaan adalah yang membatasi pertemuan secara langsung karena berpotensi menimbulkan kerumunan.

Salah satu cara yang dapat ditempuh perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja karyawan adalah dengan mengadakan pelatihan online. Dengan dukungan teknologi digital, kini setiap orang bisa mengadakan kegiatan tanpa perlu bertemu langsung.

Didukung dengan teknologi yang semakin memudahkan setiap individu atau kelompok melakukan aktivitas meskipun tanpa bertemu secara langsung, pelatihan pun kini juga bisa dilakukan secara digital dimanapun dan kapanpun.

Mengenal Learning Management System (LMS)

Learning management system (lms) adalah perangkat lunak (aplikasi/web) yang dibangun dan dikembangkan sebagai sarana kegiatan belajar mengajar maupun pelatihan secara elektronik. Istilah lamanya e-learning, hanya saja learning management system memuat lebih banyak fungsi pelatihan yang bisa dilakukan secara mandiri. Seorang pemateri bisa mengatur dan mendistribusikan konten pembelajaran sedangkan user bisa mendapatkan materi, diskusi dan pelatihan sesuai dengan kebutuhannya.

Beberapa contoh lms yang telah dikembangkan dan cukup populer sebagai sarana kegiatan belajar mengajar maupun pelatihan karyawan antara lain ruangkerja by Ruangguru, lms yang dimiliki sebagian besar kampus, Edmodo, maupun google clasroom.

Keunggulan Learning Management System

Ada beberapa keunggulan learning management system dibanding dengan sistem pelatihan tatap muka atau offline,antara lain

Praktis dan fleksibel

Pelatihan karyawan kini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tidak terbatas ruang dan waktu sehingga tidak mengurangi produktivitas perusahaan. Karyawan bisa menikmati pelatihan selepas jam kerja maupun ketika weekend secara mandiri melalui laptop, desktop, tablet maupun smartphone yang dimiliki.

Hemat

Secara budget, pelatihan dengan metode leaning management system (lms) akan menghemat anggaran karena perusahaan tidak perlu mengurangi waktu kerja karyawan untuk mengikuti pelatihan, tidak membutuhkan sewa tempat khusus maupun penyediaan akomodasi dan konsumsi.

Terstruktur dan Sistematis

Karyawan bisa menikmati materi pelatihan secara bertahap dari awal hingga akhir sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Materinya pun mudah dipahami dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing divisi.

Terukur dan fokus

Perusahaan bisa memantau secara langsung, materi apa saja yang telah diterima dan dipahami karyawan, durasi materi yang disimak dan hasil pelatihan berupa skor atau nilai quiz setelah mengikuti pelatihan.

Lebih Jauh Tentang Ruangkerja by Ruangguru

Salah satu LMS terbaik di Indonesia yang menyediakan jasa pelatihan online untuk perusahaan adalah ruangkerja by Ruangguru.

lms ruangkerja
LMS ruangkerja by ruangguru

Dengan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran secara digital dengan beragam fitur yang mendukung sehingga karyawan bisa menyimak materi dengan nyaman dan mudah dipahami.

Learning Journey

Fitur ini mempermudah karyawan untuk menyimak dan mengikuti materi sesuai dengan urutan dan sistematikanya. Dalam learning journey ini, terdapat record sejauh mana karyawan belajar dan memberi tahu berapa sesi yang sudah dan harus diikuti agar dapat lulus training.

Learning Plan

Fitur ini memudahkan perusahaan untuk menyusun pelatihan karyawan dengan sistematis sesuai kompetensi yang diharapkan.

Fitur Kolaborasi


Fitur Kolaborasi merupakan fitur yang menggabungkan semua peserta dan pengajar untuk berdiskusi dan berkolaborasi dengan peserta lainnya. Di fitur ini, karyawan bisa menanyakan materi yang mereka pelajari langsung kepada ahlinya.

Leaderboard

Fitur leaderboard merupakan fitur peringkat dan skor yang bisa dipantau langsung oleh perusahaan. Di fitur ini, peserta juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa diunduh ketika telah menyelesaikan pelatihan.

fitur leaderboard ruangkerja

LMS ruangkerja menawarkan solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang mudah diakses tanpa terbatas ruang dan waktu dan telah dipercaya banyak perusahaan seperti Pertamina, Nestle Indonesia dan banyak perusahaan. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang mempermudah user dalam mengakses materi  pelatihan, mengerjakan setiap tugas dan menerima report.

Perusahaan bukan hanya bisa memilih dan menentukan materi, tetapi juga bisa melakukan monitoring sekaligus memberikan penilaian terkait produktivitas dan wawasan yang diharapkan perusahaan. Dengan demikian, karyawan bisa mengikuti training secara online dengan terstruktur, sistematis tanpa mengorbankan jam kerja di kantor.

Ruang kerja juga menggunakan sistem Cloud-based, yaitu sistem penyimpanan yang akan menghemat investasi peusahaan. Untuk dapat go live, perusahaan hanya membutuhkan waktu implementasi kurang lebih dua minggu dan dilengkapi proteksi SSL Security, konten dan data perusahaan sehingga data perusahaan tetap terjaga keamanan dan kerahasiaannya.

Nah, itu tadi manfaat penting Learning Management System (LMS) bagi perusahaan. Dengan memercayakan training karyawan melalui ruangkerja, perusahaan akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan. Selamat mencoba ya

1 komentar

  1. Iya aku inget dulu waktu di bagian Training & Development pernah ditawarin vendor buat bikin LMS untuk program pelatihan karyawan. Cuma karena dulu masih belum pandemi dan digitalisasi masih dianggap sesuatu yang nice to have, alhasil penawaran itu pun berlalu tanpa ada realisasi.

    Ga tau sih sekarang kek gimana. Moga2 aja blio2 yang ada di posisi pengambil keputusan cukup melek digital demi kemajuan perusahaan dan karyawan sebagai salah satu aset mereka.

    BalasHapus