Hoala & Koala, Lagu Anak Indonesia Yang Sarat Makna

Hoala & Koala merupakan channel kumpulan lagu anak Indonesia yang  ditayangkan di youtube dan bisa diperdengarkan di platform musik seperti spotify, itunes dan deezer. Apa saja kelebihan dari Hoala & Koala ini?

hoala koala lagu anak indonesia

Assalamualaikum  teman-teman, adakah yang merasakan kegalauan karena tayangan youtube yang ditonton anak tidak sesuai usianya?

Saya baru saja menemukan sebuah channel YouTube berisikan lagu anak dengan tampilan visual 3D yang sangat menarik, namanya Hoala & Koala. 

Hoala & Koala adalah nama karakter seorang gadis kecil berusia 3 tahun dan sahabat kesayangannya. Channel ini berisi lagu anak Indonesia yang bisa dinikmati anak segala usia, mulai dari bayi, paud, TK maupun Sekolah Dasar. 

Rasanya senang ketika Hoala & Koala hadir di tengah kelesuan industri musik anak Indonesia. Seakan kehadirannya menjawab kegelisahan para orangtua dengan minimnya lagu anak-anak yang seharusnya diwarnai keceriaan, motivasi dan mengandung pesan moral. Sebenarnya, ada banyak manfaat mendengarkan lagu kepada anak antara lain

Merangsang Kemampuan Berbahasa

Anak yang diperdengarkan lagu memiliki kemampuan berbahasa dan kosa kata yang jauh lebih baik. Dengan mengenalkan lagu sejak dini, anak akan beragam kosa kata dalam lagu yang dinyanyikan.

Melatih fungsi otak dan mempertajam daya ingat

Lagu sering dimanfaatkan sebagai media pembelajaran karena mempermudah anak dalam menghafalkan materi, mempertajam daya ingat sekaligus merangsang perkembangan otak kanan

Memberikan ketenangan

Musik memberikan efek menenangkan, bahkan pada orang dewasa, sebuah jurnal psikologi menyebutkan bahwa musik dapat mengurangi stress dan memperbaiki mood.

Menumbuhkan karakter

biskuit favorit hoala koala
Hoala Koala sarat dengan pesan moral, Di gambar Hoala sedang menikmati biskuit Chocola favoritnya

Menurut Munif Chatib dalam bukunya yang berjudul Sekolahnya Manusia, musik dapat melejitkan potensi anak sekaligus menumbuhkan percaya diri, rajin, aktif dan kreatif. Biasanya para pencipta lagu anak juga akan menyisipkan pesan moral positif yang juga bermanfaat membangun kepribadian dan karakter yang baik untuk anak.

Nah, ternyata selain memperbaiki mood, mendengarkan lagu juga bisa menumbuhkan karakter positif seperti anak jadi rajin, suka makan sayur, menjaga keberrsihan, pemaaf, suka mengucap terimakasih dan mengetahui beragam hal yang baik. Tetapi, apakah semua lagu di youtube bisa didengarkan untuk anak?

Miris, Lagu Dewasa Lebih Dihafal Anak

Saya jadi teringat, ketika setahun lalu berkunjung ke rumah mertua. Di depan sekolah yang tak jauh dari rumah, beberapa anak usia SD sedang bermain bersama sambil bersenandung, suara mereka merdu. Sayangnya, lagu yang mereka nyanyikan bukanlah lagu anak-anak tetapi lagu dewasa yang bermuatan percintaan, patah hati dan terkadang sarkasme. Anak-anak tersebut belum tentu paham makna lagu yang mereka nyanyikan. Saya pikir, tidak semua lagu dewasa “pantas” didengar apalagi dihafal anak karena beberapa diantaranya memberi pesan moral yang kurang baik. 

Semenjak terjadi pandemi, perkembangan dunia digital semakin pesat. Anak-anakpun turut merasakan bermain dan bersekolah secara daring menggunakan gawai. Tugas kita sebagai orangtua adalah mengarahkan dan mendampingi anak dalam memilih saluran yang tepat sebagai media hiburan dan belajar.

Kalau jaman kecil saya dahulu, lagu-lagu ciptaan Pak AT Mahmud, bu Kasur, Papa T Bob dan beberapa lagu anak Sherina Munaf-lah yang saya dengarkan, sekarang giliran anak saya menikmati channel youtube Hoala & Koala yang berisi kumpulan lagu anak Indonesia dan bisa dimanfaatkan untuk media belajar.

Berkenalan Dengan Hoala & Koala, YouTube Lagu dan Animasi Anak Indonesia

Tak banyak channel YouTube lagu dan animasi anak yang digarap dengan serius dan matang di Indonesia. Berawal dari cita-cita mengembangkan lagu dan animasi anak secara profesional, CEO PT. Amnar Awandi yang juga pengembang akun Hoala & Koala, bapak Rendyady Amnar Harahap memutuskan membangun channel lagu anak berbahasa Indonesia dengan visualisasi 3D yang edukatif tetapi menyenangkan.

karakter hoala koala
Ada bermacam karakter pendamping Hoala Koala, seperti Om Pong, Bu Aya, Serigili, Burhan, Miss Jeruk, Hyu Ban, Om Bre, Lincul dan Rubin 

Ada banyak karakter lucu yang pandai bernyayi nan menggemaskan dalam Hoala & Koala ini seperti

  • Tokoh utama, Hoala Awandi, gadis kecil berusia 3 tahun yang suka menyanyi
  • Koala, sahabat Hoala yang berasal dari negeri Mykonos
  • Orang tua Hoala, papa Amar dan mama Nara Awandi
  • Teman Hoala & Koala seperti sii macan bernama Om Pong, singa keren bernama Om Bre, miss Jeruk yang baik hati, Rubin, si pemalu, Lincul yang ceria, Burhan yang menyukai sulap, Bu Aya yang bijaksana, Serigili yang baik hati dan Hyu Ban

Kelebihan Hoala & Koala

Bagi teman-teman yang sudah pernah mampir ke akun Youtube Hoala & Koala, pasti akan tahu kelebihan dari akun ini, menurut saya pribadi ada beberapa kelebihan Hoala & Koala, antara lain

Dikemas profesional dan modern

Tampilan visual 3D yang dimiliki Hoala & Koala sangat menarik. Dari segi pemilihan tampilan warna, Hoala & Koala memilih warna yang disukai anak-anak dan kontras yang pas sehingga tidak menjemukan, timing dan spacing juga tepat sehingga emosi dari masing-masing karakter terlihat. Visual yang ditampilkan juga smooth sehingga tidak ditemukan gerakan yang patah-patah dan terlihat lebih natural.

Kualitas vokal bagus

Meski Hoala & Koala dikhususkan untuk anak-anak, tetapi dari sisi penggarapan vokal, Hoala & Koala melibatkan banyak instrumen dan musisi Internasional. Dan serunya genre yang dibawa tidak sekedar pop tetapi juga jazz, swing, hip hop, hingga etnik. Menarik kaaan? Bukan hanya memanfaatkan alat musik digital, album Hoala & Koala digarap menggunakan instrumen seperti saxophone, terompet, bass, trombon, cello, klarinet, gamelan bahkan angklung dan banyak melibatkan musisi ternama yang teman-teman bisa intip di channel youtube maupun akun tiktoknya. 

Setiap lagu dan animasi sarat makna

Setiap lagu dan animasi anak yang ditampilkan dalam youtube-nya mengandung ajakan dan pesan moral kebaikan. Dalam masing-masing playlist, dijelaskan deskripsi dan ajakan untuk melakukan hal positif lengkap disertai lirik lagu. 

Saya pribadi merasa bahagia Hoala Koala bisa menyuguhkan tayangan lagu dan animasi anak Indonesia dengan nuansa kekinian yang disukai anak tetapi tetap mengutamakan edukasi. Jika teman-teman ingin mengetahui Hoala dan Koala secara lengkap, cuss intip saja akun media sosial Hoala & Koala ini di tiktok, instagram, youtube ata bisa didengarkan langsung melalui spotify, iTunes, deezer dan bermacam platform lain.

Sharing yuk, selain Hoala & Koala, adakah rekomendasi akun youtube lagu anak Indonesia yang sering ditonton anak-anak di rumah? Atau mungkin teman-teman juga salah satu subscriber akun youtube Hoala & Koala juga? Bagikan juga kelebihannya di kolom komentar yaa!

Tidak ada komentar