ODOP Blogger squad, Tentang Menulis vs Belajar SEO

squad blogger odop seo

Program belajar SEO di ODOP Blogger Squad (One Day One Post ) berjalan hampir 2 tahun , memenuhi bermacam tantangan menulis dan optimasi agar kemampuan blogger meningkat berbarengan dengan kemampuan menulisnya. 

Komunitas ODOP sendiri adalah komunitas menulis yang mewadahi para penulis baik yang pemula maupun sudah mahir untuk berkarya baik sebagai penulis buku, penulis di platform digital seperti storial.co dan kwikku, di media seperti koran Merapi, Solopos maupun Republika serta blog. Untuk bergabung, teman-teman bisa follow terlebih dahulu akun IGnya karena update informasi open recruitment lebih sering disampaikan disana.

Menulis di Squad Blogger ODOP

Ada beberapa rekomendasi komunitas blogger untuk pemula yang bisa teman-teman jadikan pijakan untuk menjadi seorang profesional di dunia bloger. Salah satu komunitas itu adalah komunitas ODOP ini, tempat dimana aku belajar menulis sekaligus optimasi SEO untuk blogku. Banyak materi di squad blogger ODOP ini telah ikut membantu menaikkan trafik alias jumlah kunjungan blogku. Bahkan beberapa tulisan cerpenku yang amburadul saat mengikuti challenge menulis di ODOP jadi mendapatkan pengunjung secara rutim.

 Seperti yang telah aku sampaikan di postinganku tentang tujuanku menulis, baik di Terapi menulis ODOP maupun di postingan Blogger tak cuma bisa menulis, perlunya branding bahwa menulis itu bukan sekedar meninggalkan jejak rekaman perjalanan atau soal curhat secara daring, tetapi lebih jauh bisa menjadi branding agar orang mengenal kita berdasarkan apa yang kita tulis. Di blogku sendiri, aku belum menentukan secara pasti tentang bagaimana dan niche apa yang ingin aku bangun. Tetapi ke depan ada keinginan untuk memisahkan tulisan-tulisanku bertema pendidikan dan lingkungan menjadi satu tempat. Biarlah blog yang ini sebagai sarana pemantas menuju kesana. Yang jelas, semoga menulis membawaku menjadi manusia yang lebih bermanfaat ilmu dan lebih didengar suaranya.

Belajar SEO bersama ODOP Blogger Squad

Selain di SEO Mom Community, tempat belajar SEO keduaku ada di squad Blogger ODOP ini. Materi saja yang aku terima selama mengikuti kelas di tahun pertama dan keduaku ?

1. SEO On Page

on off page seo

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation, yaitu proses optimalisasi kinerja blog agar bisa ramah mesin pencari seperti google, bing, maupun yahoo. Dengan ramah mesin pencari, blog yang kita miliki akan dengan mudah direkomendasikan mesin pencari agar bisa muncul di halaman pertama pencarian ketika seseorang mencari informasi di browser. Ada dua optimasi yang biasa dilakukan, yaitu secara off page dan on page. SEO On Page menekankan optimasi lebih dari dalam blog kita terutama konten tulisan sedangkan off page optimasinya berasal dari luar blog kita. Tips agar kinerja blog lebih maksimal melalui SEO On Page

a. Template Blog Responsif

Memilih tema untuk blog menurutku gampang-gampang susah. Kenapa? Karena terkadang tema blog yang cantik dan tampilannya menarik tidak sesuai standar SEO On Page, sebaliknya template yang SEO friendly kebanyakan desainnya kurang menarik. Tapi jika teman-teman menginginkan desain template menarik sekaligus sesuai kaidah SEO, banyak kok penyedia template baik gratis maupun berbayar seperti template igniel, arlina, dunia blanter atau milik mas sugeng.id. Jika dirasa kurang sesuai selera teman-teman dari segi warna atau font-nya, teman-teman bisa mengutak-atik scriptnya dengan bantuan developer atau googling. Nah, syarat template blog agar sesuai kaidah SEO antara lain :

  • Struktur Blog Rapi (Heading-Sub Heading)

Baiknya saat kita memilih template, uji template tersebut dengan mengeceknya melalui tool seperti SEO Meta 1 Click atau SEOquake. Saat uji template tersebut, perhatikan strukturnya di homepage apakah pemakaian H1 sudah sesuai untuk judul blog, H2 untuk Judul Postingan dan maksimal berjumlah 8, H3 untuk nama widget atau kategori yang kita sematkan dan H4 sisanya.

Kemudian untuk single post ( postingan artikel) struktur H1 untuk judul postingan, H2 untuk sub judul, H3 untuk daftar atau list di bawah sub judul dan widget yang ditampilkan.

  • Responsif

Template blog yang baik memiliki kecepatan loading halaman yang baik saat diakses. Semakin cepat dan responsif blog, maka semakin baik skor SEOnya. Teman-teman bisa mengeceknya melalui web seoptimer.com, seositecheckup, woorank atau melalui page speed google

b. Meta data 

Setelah selesai dengan struktur blog, lengkapi meta data blog kita dimulai dari judul blog. Meskipun google mengijinkan judul singkat, tetapi seo meta 1 click atau alat SEO rata-rata akan menyarankan panjang judul antara 30-65 karakter tanpa imbuhan tanda hubung apapun. 

Isilah meta deskripsi blog dengan rata-rata maksimal 150 karakter yang berisi kata kunci yang berkaitan dengan isi blog kita. Misal : "Blog tentang parenting, gaya belajar anak, stimulasi tumbuh kembang dan permainan" jika dalam blog kita memang membahas artikel terkait yang disebutkan.

c. Membuat Konten SEO

Langkah-langkah membuat konten agar lebih SEO friendly antara lain:

1. Menentukan Tema tulisan dan riset kata kunci yang akan digunakan

Ada beberapa tool yang biasanya dipakai, teman-teman bisa memilih salah satunya atau memadukannya secara bersamaan. Tool tersebut antara lain

- google browser

- google analityc

- google search console

- google keyword planner

- ubbersuggest

- Moz

2. Pelajari artikel yang menduduki peringkat 1

Ada alasan kenapa sebuah postingan bisa menduduki peringkat halaman pertama google, baik dari segi on page maupun dari segi off page. Dari segi on page, kebanyakan posingan yang muncul dari page one google memiliki keyword utama, keyword turunan serta LSI (Latent Semantic Index) dan mewakili jawaban atas informasi yang dicari di google. Agar SEO friendly, baiknya konten tulisan memuat:

- Keyword (kata kunci) utama yang tersebar pada judul, alt image, permalink dan konten tulisan dengan KD (Keyword Density) maksimal 1% dari total jumlah kata yang ada. 

- KW turunan, yaitu kata kunci terkait yang biasa orang cari dan masih berhubungan dengan kata kunci utama. Misal, saat kita mengetikkan kata kunci "Skincare  routine", maka akan muncul kw terkait seperti "apa saja skincare routine", "apa saja skincare untuk remaja", "langkah skincare untuk pemula" "skincare rutin pagi dan malam"

- Latent Semantic Index ini terkait sinonim atau padanan kata dengan KW utama yang kita bidik. Misal kata yang maknanya ganda seperti  apel yang berarti upacara dan yang berarti buah. Jika dalam konten ditemukan padanan kata berupa buah , makanan atau kata kunci terkait apel sebagai buah maka google akan menempatkan artikel ini sesuai dengan keyword tersebut.

 2. SEO Off Page

SEO Off page adalah optimasi website atau blog melalui pihak luar atau eksternal blog. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menaikkan skor Domain Authority blog kita di mata google

- Blogwalking

Dengan berkunjung ke blog teman yang memiliki skor DA tinggi dan mengisikan data URL kita (bukan menggunakan google user atau anonim) dan memberi komentar terkait tema yang dibahas blog, maka link tersebut akan tertaut ke blog kita meski sifatnya no follow

- Guest Post

Menulis di platform atau blog teman dan memberikan link menuju blog kita akan menambah kepercayaan mesin pencari bahwa blog kita layak direkomendasikan ke pembaca

- Social Media Share dan Bookmarking

Menaikkan trafik dan nilai DA blog bisa dilakukan dengan rajin membagikan link artikel kita di media sosial sekaligus menempatkan link blog kita dalam profil media sosial yang kita buat sehingga secara tidak langsung akan ada banyak link yang mengarah ke blog kita. Pillihlah bookmarking di link yang benar-benar terpercaya dan bukan link yang memiliki nilai negatif di mata google.

Nah, itu tadi tulisan terkait apa saja yang telah aku pelajari di ODOP blogger squad tahun pertama dan kedua. Ternyata dengan ketelatenan dan konsistensi belajar yang kita miliki, blog akan dengan sendirinya mendapatkan pengunjung dan ramah mesin pencari. Masih kuat kan, belajar SEO bersama ODOP Blogger Squad dan SEO Mom Community? Kalau aku sih, bangettttt..beruntung banget bisa belajar bersama orang-orang yang semangatnya masyaa Allah dan yang tidak pelit berbagi ilmu. Jadi pengen tahu nih aliran rasa alias testimoni teman-teman dalam berburu ilmu dimana saja? Tinggalkan komentar yuk...


Tidak ada komentar