Review Cubroid Artibo, Robot Mainan Edukatif Untuk Anak

Penting bagi orangtua memilihkan mainan edukatif yang bermanfaat, seperti Cubroid Artibo yang merupakan robot pintar buatan Cubroid, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang AI dan memproduksi robot pintar untuk anak.

Mainan Robot Pintar Cubroid Artibo

Hai teman-teman, apa kabar?

Di postingan kali ini aku ingin mengulas tentang mainan impian bernama Cubroid Artibo. Mainan berupa robot pintar dengan teknologi artificial intellegence ini bisa dijalankan dengan koding, sebuah bahasa pemrograman untuk memerintah mesin, aplikasi, robot atau peralatan dengan teknologi tertentu agar sesuai dengan harapan perancangnya. Nah, apa sih kegunaan Artibo itu sendiri? 

Sekilas Mengenal Koding

Di akhir 2019 lalu, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim sempat mengusulkan penggantian kurikulum materi TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) dengan koding, sebuah materi terkait pemrograman  yang lebih dibutuhkan di masa depan. Lihat saja Startup Unicorn seperti Bukalapak,  Shopee, Lazada, Gojek dan Traveloka yang kesemuanya memanfaatkan kecerdasan buatan dan machine learning dalam menjalankan usahanya. Meskipun koding bukanlah ilmu baru, tetapi peranan koding dan pemrograman benar-benar dibutuhkan di masa sekarang.

Gawai yang kita punya, aplikasi pembayaran yang kita pakai kesemuanya dibuat dengan mesin cerdas yang menjalankan pemrograman  dan kita kenal dengan nama artificial intelligence (kecerdasan buatan, biasa disingkat AI). Jadi peralatan, robot, dan aplikasi buatan ini dirancang untuk menjalankan perintah berdasarkan masukan bahasa pemrograman yang telah disusun, baik dengan masukan berupa image, voice, text atau hal lain. Teman-teman tentu tak asing dengan perintah yang kita berikan di smartphone berikut ini

"Ok Google,  suara harimau?"

"Aaaauumm"

"Ok Google, buka aplikasi YouTube!"

Dan tetiba aplikasi YouTube terbuka otomatis oleh perintah suara dari kita. 

Nah, karena perangkat Smartphone kita telah dilengkapi aplikasi android yang bersahabat dengan google. Maka ketika kita berikan perintah berupa suara, aplikasi akan mengenali dan menjalankan program sesuai yang kita perintahkan. Proses pengenalan perintah berupa suara tersebut dalam istilah AI robotics dikenal dengan nama voice recognition. 

Ada pula istilah image recognition yaitu proses identifikasi suatu obyek dalam rekaman gambar digital berupa foto atau video. Setelah proses pemindaian itu, robot kemudian menjalankan tugas sesuai dengan perintah yang diberikan. Contohnya seperti smartphone yang diamankan dengan kunci sidik jari, hanya bisa dibuka oleh si pemilik gawai  dengan mengenali pola sidik jari yang terekam. Atau mesin absensi yang dirancang untuk merekam wajah karyawan ketika masuk kantor. 

Pada intinya bahasa pemrograman itu sarat dengan logika. Di materi pengenalan dasar pemrograman, biasanya kita akan diajarkan tentang deret bilangan dan polanya lalu gerbang logika yang berisi bilangan biner 0 dan 1 hingga pada akhirnya belajar berbagai perintah pemrograman dan aplikasi untuk menjalankannya. Tentu belajar koding ini tak bisa dikuasai dalam semalam. Butuh belajar secara bertahap untuk menguasainya.  

Jika kita sengaja menyiapkan skill dan kemampuan anak kita agar kreatif di masa depan, tak ada salahnya mengenalkan coding for kids yang bisa dimulai sejak anak berusia 4 tahun. Bisa melalui kursus terprogram tentang AI robotics, mengajak anak bergabung dalam komunitas koding untuk anak atau membelikan perangkat atau mainan yang bisa mengasah kreatifitasnya dan berguna untuk masa depannya kelak. Salah satunya dengan robot mainan bernama Cubroid ARTIBO.

Baca juga : Keuntungan Menyimpan Foto Di Google Foto

Mengenal Cubroid Artibo Robot Toys

Apa itu Cubroid ARTIBO? 

Cubroid Artibo adalah robot pintar produksi ARTIBO, sebuah perusahaan yang memiliki visi mengembangkan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Art, and Matematic). Kantornya berpusat di Seoul, Korea Selatan tempatnya para ahjussi yang ganteng-ganteng itu. Robot pintar ini sengaja dirancang untuk anak agar dapat belajar pemrograman dengan mudah dan menyenangkan. Melalui platform aplikasi Stratch dan Phyton, anak-anak dengan mudah menggunakannya. Selain itu, ARTIBO juga mudah dirakit dan dipadukan dengan LEGO sehingga anak bebas berkreasi danerakit sendiri robot AI nya.

Bagian-bagian Artibo 


Artibo terdiri dari 2 bagian utama, yaitu

Head (kepala)

Bagian kepala ini merupakan pusat untuk menyerap informasi dan menjalankan perintah melalui perintah pemograman dari stratch,  menjalankan perintah berupa suara, musik melalui deteksi suara (voice recognition) dan menampilkan perasaan dan text yang ditunjukkan melalui layar kecil di kepalanya. Bahkan, melalui kamera yang dimilikinya Robot pintar ini mampu mengenali gambar (image recognition) di hadapannya dan menyebutkannya melalui ucapan atau pesan text yang ditampilkan di layarnya dalam 13 bahasa, termasuk dalam hal membaca tulisan di poster atau buku.

Body (Tubuh)  

Terdiri dari roda berbahan silikon yang dapat bergerak maju-mundur, ke kanan, ke kiri dan berputar. 

Kecanggihan Robot ARTIBO

Robot AI Cubroid ARTIBO, teman belajar anak
Cubroid ARTIBO dapat dengan mudah dirakit


Robot ARTIBO selain mudah dirakit dan dioperasikan, juga mampu melakukan tugas sebagai berikut

  • Menangkap pesan suara (speed recognition)
  • Mendeteksi gambar (image recognition)
  • Bergerak maju-mundur, ke kanan, ke kiri dan berputar
  • Dijalankan melalui program strach yang mudah dengan hanya drag dan drop
  • Bisa disambungkan dengan laptop, PC maupun tablet
  • Mengenali wajah
  • Berbicara dalam 13 bahasa
  • Menjadi sahabat, menemani anak bermain dan belajar

Harga ARTIBO AI Robot

Artibo bisa diekspor ke 46 negara .  Seperangkat Robot Cubroid ARTIBO dibanderol dengan harga $399 yang bisa didapatkan langsung dari webnya disini


Atau bisa juga dibeli melalui Amazon/www.cubroid.com. 
Jangan khawatir bagaimana merakitnya karena setiap set perangkat robot AI ini sudah dilengkapi user manual yang mudah dipahami dan dijalankan.

Gimana teman-teman, kepincut dengan robot mainan super canggih ini? Cuss langsung ke webnya, disana teman-teman akan mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Robot AI ini. 


Next Post Previous Post
2 Comments
  • julia
    julia 21 September 2020 pukul 19.12

    Wah keren juga ini robotnya. Kalau saya jaman kecil dulu mainannya gembot 😀

  • Astria tri anjani
    Astria tri anjani 1 Oktober 2020 pukul 19.29

    Wah.. Keren banget ya mbk robotnya. Jadi kayak di film-film dimana robot bisa jadi teman yang membantu banget. Zaman sekarang semakin maju teknologi, belajar koding emang oenting dan menjanjikan banget. Saya sempat tertarik tapi ternyata susah juga ya😂 baru seminggu mencoba belajar udah nyerah aja

Add Comment
comment url