Rekomendasi 6 Tempat Makan Mie Ayam Enak di Salatiga

Kuliner di Salatiga terbilang enak dan murah, seperti mie ayam misalnya,  menu ini bisa banyak ditemukan di warung kaki lima, food court maupun berkeliling menggunakan gerobak dorong. Tekstur, isian dan rasanya pun berbeda antara satu daerah dengan daerah lain.

Mie ayam sendiri merupakan makanan asli yang dibawa orang Tionghoa ke Indonesia.  Kalau dahulu isian utamanya adalah babi, namun di Indonesia menu tersebut sudah dimodifikasi menjadi mie ayam seperti sekarang ini. 

Mie ayam memiliki isian, tekstur hingga rasa yang berbeda dari satu kota dengan kota lain di Indonesia. Di Jakarta misalnya,  mie ayam cenderung berisikan suwiran ayam kampung dengan kuah dan sawit hijau yang disajikan terpisah dengan mienya. Rasanya pun cenderung gurih dan asin. Sementara,  mie ayam Winogiri dan Solo cenderung bertekstur tebal dengan toping ayam yang dibumbui mirip semua, berwarna coklat karena bercampur dengan kecap. Rasanya cenderung gurih asin dan sedikit manis.

Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam Terenak di Salatiga 


Di Salatiga,  mie ayam merupakan kuliner yang cenderung mudah ditemukan, bersanding dengan menu bakso. Beberapa tempat makan mie ayam di Salatiga bahkan memiliki ciri khas yang berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Nah, kalau kamu sedang liburan ke Salatiga dan ingin menikmati beragam kuliner yang ada di Salatiga,  jangan lupa singgah di salah satu tempat makan mie ayam di Salatiga berikut yang Rasanya enak, nikmat dengan bumbu yang gurih dan bikin kangen.

1. Mie Ayam Kemuning


Dinamakan demikian karena mie ayam Kemuning berlokasi di jalan Kemuning Salatiga. Awalnya, mie. Ayam Kemuning berlokasi di sebelah TK ABA Salatiga, namun seiring berkembangnya waktu, mie ayam Kemuning berpindah lokasi di ruko di sebelah masjid Al Ikhlas jalan kemuning yang kini buka cabang di jalan merak.

mie ayam bakso  kemuning
Salah satu menu di Mie Ayam Kemuning, mie ayam bakso dengan toping pangsit goreng


Secara harga, mie ayam Kemuning sedikit lebih mahal dari tempat lain, per porsi mie ayamnya dibanderol dengan harga 10 ribu per porsi. Namun, dibandingkan dengan mie ayam lain, rasa dari mie ayam Kemuning boleh diadu. Mienya kenyal, enak, dengan toping ayam kecap yang ukurannya lumayan besar. Tempatnya bersih dengan ciri khas rasa mie dengan bumbu yang cenderung gurih oleh rasa ketumbar, merica dan jahe di dalam bumbu masakannya, toping ayam dengan bumbu kuning yang nikmat, serta kuah yang segar.

2. Mie Ayam Kridanggo


Mie ayam Kridanggo berlokasi di jalan stadion, depan gedung KORPRI Salatiga.  Awalnya, mie ayam Kridanggo berlokasi di foodcourt depan kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga namun saat bangunan foodcourt tersebut dibangun, mie ayam yang dirintis oleh alm. Pak Sunardi tersebut berelokasi di depan bangunan gedung rumah sakit umum yang lokasinya bersebelahan dengan stadion kridanggo.

Dari dulu hingga sekarang,  mie ayam berkuah kuning mirip soto ini memiliki rasa yang nggak berubah. Enak, segar, mienya kenyal dan potongan ayamnya empuk dan lezat khas mie ayam Kridanggo. Bumbu bawang yang nikmat membuat ketagihan tiap pelancong yang pernah berkunjung ke Salatiga. 

3. Mie Ayam Konco Dewe

salah satu mie ayam enak di salatiga
Salah satu menu mie ayam Konco Dewe Salatiga, mie ayam bakso dengan toping kuah lava yang pedas
image source : facebook mie ayam Konco Dewe

Kalau kamu ingin menikmati mie ayam dengan toping ayam berbumbu kuah yang kental, mie ayam Konco Dewe jawabnya. Kalau kamu sering melintas di RSUD Salatiga, Mie Ayam Konco Dewe ini posisinya berada di kawasan belakang gedung PMI jalan osamaliki yang posisinya di depan RSUD. 

Menu-menunya lumayan komplit, mulai dari bakso. mie ayam ceker, mie ayam bakso dan mie ayam balungan, mie ayam kepala hingga mie ayam kuah lava yang kental dan pedas mulai dari harga 10 ribu rupiah. 
 

4. Mie Ayam Pak Di


Kalau kamu melintas di jalan Patimura Salatiga, jangan lupa mampir makan di mie ayam Pak Di. Posisinya berada di turunan jalan Patimura, samping bakso sopo ngono atau depan waroeng lawas. 

Ciri khas mie ayam pak Di ini ada di mienya yang berukuran sedikit lebih kecil dari mie ayam pada umumnya.  Ayamnya berukuran dadu lumayan besar dan bebas tulang. Kuahnya segar dan gurih, namun pas di lidah. Kalau mie ayam di Salatiga cenderung manis karena kecap, mie ayam pak Di ini lebih terasa gurih ketimbang manis.

5. Mie Ayam Perahu

mie perahu dengan toping ayam manis dan asin
toping manis dan asin
Source : facebook mie ayam perahu

Pernah makan mie dengan toping dan rasa yang cukup unik? Mie ayam perahu mungkin bakal bikin kamu merasakan mie ayam yang beda dengan mie ayam rata-rata di Salatiga. Toping ayam yang biasanya berbumbu minyak sayur dengan perpaduan bumbu antara soto dan semur, berbumbu berwarna coklat, di mie perahu kamu akan menemukan mie ayam yang mirip mie pangsit dengan kuah yang disajikan terpisah dari mienya. 

Ada beberapa varian mie ayam di mie perahu ini, mulai dari mie ayam charsiu (bumbu merah), mie ayam lada hitam, mie ayam manusia, mie ayam asin hingga mie pangsit yang rasanya super lezat. Mie di sini halal, lebih higienis karena dibuat sendiri dan tentunya aman karena tanpa bahan pengawet. 

Lokasinya berada di jalan perahu no 4, kalau dari persimpangan pasar sapi, kamu bisa ambil arah menuju jalan Ahmad yani, lalu ambil belok ke kiri ke jalan lawu kemudian ambil kiri lagi ke jalan perahu. Atau, kalau kamu ada di lapangan alun-alun Pancasila, kamu lewat jalan brigjend sudiarto, lalu ambil kiri sebelum SPBU, kamu bisa menggunakan Google map untuk lebih lengkapnya.

6. Mie Leziz


Jangan ngaku mahasiswa gaul, hits dan beken kalau belum pernah nyobain mie Leziz. Mie ayam ini populer di kalangan mahasiswa karena porsinya yang bar-bar. Mie yang buka jam 12 siang ini, biasanya sudah ludes ketika sore sekitar jam 3 sore. Di jam makan siang, biasanya parkirannya akan penuh dan kamu perlu sedikit mengantre di sini.

Menu di sini cukup komplit, mulai dari mie ayam, bakso mie ayam pangsit, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, yamien, yamien bakso dan yamien. pangsit. Rasa mienya cenderung segar dan gurih, porsinya lumayan banyak dan ada tahu bakso enak pake banget buatku. 

Letaknya di Jalan Kendalisodo Kalicacing, kalau dari arah pasar sapi, kamu bisa belok kiri ketika menemukan gang di depan Koramil. Lalu ambil kiri lagi. Mie Leziz posisi kiri dan kanan dan depannya merupakan rumah warga.

Buat kamu yang suka kulineran terjangkau seperti menu mie ayam dan bakso di Salatiga,  jangan lupa mampir ke tempat-tempat makan mie ayam favorit di atas. Lalu, komentar di sini ya? Atau buat kamu yang pernah kulineran di Salatiga, yuk komentar,  tempat mana yang bikin kamu kepincut pengen balik makan di situ lagi? Yuk, mampir juga ke tulisanku tentang tempat makan di Salatiga yang cozy dan enak 
Next Post Previous Post
26 Comments
  • deamerina
    deamerina 13 Mei 2024 pukul 12.49

    aku suka banget mie ayam!! di deket rumah ada mie ayam enak banget dan porsinya gede. trus bisa pake pentol juga. beh, kombo nggak tuh hihi

  • HendraDigital
    HendraDigital 13 Mei 2024 pukul 19.43

    Salatiga bukannya tujuh ya Mba, hehehe canda Mba. Kalo ngomongin kuliner mie ayam, saya salah satu penggemar berat banget mie ayam. Pokoke di mana ada mie ayam , saya cobain deh rasanya. Bisa jadi rekomendasi nih kalo misalkan seumpamanya suatu saat bisa berkunjung ke Salatiga... Very nice info

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 14 Mei 2024 pukul 08.44

    Wah ini salah satu comfort food aku, mie ayam! Toping favorit aku itu tentu pangsit rebus dan ceker! Nyam, jadi laperr! Oh ya sepertinya memang rata-rata harga mie ayam di Salatiga Rp10rb ya mbak?

  • Rumah Ibuk
    Rumah Ibuk 14 Mei 2024 pukul 11.34

    Mie ayam tu makanan yang jarang gagal kalau dicobain bagi aku. Kalau bakso masih sering nemu yang kurang cocok. Jadi ini rekomendasinya berguna banget kalau suat saat ada kesempatan ke sala tiga

  • Wiwin Pratiwanggini
    Wiwin Pratiwanggini 14 Mei 2024 pukul 15.14

    Wahhh, asyik nih kalo pas jalan-jalan ke Salatiga gak perlu repot cari makanan favorit anak-anak. Karena mereka pada suka mie ayam. Jadi tinggal pilih terdekat yang mana diantara yang direkomendasikan mba Sari ini..

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 14 Mei 2024 pukul 15.58

    Wah di sana 10ribu udah tergolong mahal ya. Sedangkan di sini cari yang seharga segitu gak mudah kak, karena rata² harga mie ayamnya 20rb ke atas huhu

  • Alfida Husna
    Alfida Husna 14 Mei 2024 pukul 16.46

    Mie ayam termasuk makanan favoritku. Kalau sedang jalan-jalan pasti belinya mie ayam. Kalau di daerahku ya mie ayam aja. Tapi, di Salatiga banyak macam-macam variannya ya. Mie Yamin sih aku paling suka 😍

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 14 Mei 2024 pukul 17.33

    Aduh, itu mie ayam kemuning sangat menggugah selera Mbak. Tampak jelas tekstur baksonya hahaha. Sayang sepupu saya sudah tidak tinggal di Salatiga. Tapi semoga kapan-kapan bisa main ke sana.

  • hani
    hani 14 Mei 2024 pukul 18.59

    Yaaah...baru aja Sabtu kemarin saya & suami mampir ke Salatiga. Cuma buat maksi, keliling kota sebentar, dan beli oleh-oleh di Jalan Sukowati. Tau gitu kaan makan mie ayam nih.

  • Lintang
    Lintang 14 Mei 2024 pukul 19.13

    Mie ayam emang merakyat banget sih, dan semua pasti suka. Mie Ayam Kemuning kayanya yummy bangetsss. Kalau masih 10k an sih masih aman banget di kantong yaa. Apalagi kalo menggoyang lidah dengan teksturnya yang kenyal dengan toping ayam berlimpah.

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 14 Mei 2024 pukul 19.27

    Salatiga keknya bakal jadi destinasi seru ya buat liburan. Apalagi banyak rekomendasi tempat makan mie ayam enak di Salatiga ini, duh rasanya nggak afdol kalo nggak mampir. Tambahin fotonya dong, Mbak, biar makin ngiler yg pada baca, xixixi..

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 14 Mei 2024 pukul 19.44

    Mie ayam Kemuning sepertinya enak kalau dari visual foto. Mirip mie ayam abang-abang yang meskipun kaki lima tapi rasanya sudah enak

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 14 Mei 2024 pukul 20.03

    Mie ayam memang favorit banget sih. Kadang kalau lagi travel ke tempat baru, yang kucari memang mie ayam sih. Gimana ya? Mie ayam tuh makanan paling aman dah.

    Kalau ke Salatiga mau dah tuh nyari mie ayam dari rekomendasi ini...

  • Titi
    Titi 14 Mei 2024 pukul 20.05

    Mie ayam dan bakso, entah kenapa saya suka. Paling suka mie ayam jamur

  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar 14 Mei 2024 pukul 20.42

    Mie Ayam itu memang jajanan yang ga pernah ada matinya, di tempatku sampai ada grup facebook infi mie ayam jogja haha. jadi isinya ya info tentang mie ayam yang paling enak di Jogja. Kadang sering lihat aja info disitu

  • Didik
    Didik 14 Mei 2024 pukul 21.41

    Mgkn krn kita sewilayah Mataraman, jd ada kemiripan soal makanan. Ayamnya jg dibumbuin kecap sehingga terasa manis. Beda ama Jkt yg cenderung plain. Tp nemu jg sih ayamnya yg dibumbuin kecap. Emg selera abangnya sih, dan biasanya mereka turun menurun cara mengolahnya, tergantung dari asal pedagangnya.

  • Han
    Han 14 Mei 2024 pukul 21.43

    Waduuhh kemlecer mbaa wwwkwkw, aku penggemar berat mie ayam, bisa gawat kalo tiap hari lewat dan jajan di sono, bakal tiap hari juga tuh makan mie ayam

  • Okti Li
    Okti Li 14 Mei 2024 pukul 22.24

    Mie ayam kesukaan saya dan keluarga
    Kalau lagi santai sering bikin mie nya dengan ukuran seingatnya. Tapi kalau saya bisa nyicipi mie ayam secara bertahap kayanya seru nih

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 14 Mei 2024 pukul 22.31

    Kenapa ya, menu makan yang kalo porsinya bar-bar tuh langsung jadi kesukaan mahasiswa. Apalagi kalau harganya bikin dompet senyum ceria. Senang banget deh dapat rekomendasi tempat makan mie ayam di salatiga.

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 14 Mei 2024 pukul 22.52

    Wah telat saya tau info mie ayam yang enak di Salatiga. Padahal satu tahun yang lalu saya ke Salatiga. Kalau tau ada mie ayam yang enak, diusahakan mampir untuk icip-icip, deh!

  • Lifestyle Blogger
    Lifestyle Blogger 14 Mei 2024 pukul 23.22

    kebetulanbanget saya suka dengan mie ayam, wajib banget cobain semuanya kalau nanti pergi lagi ke Salatiga dan ternyata banyak juga ya tempatnya

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 15 Mei 2024 pukul 00.57

    Mi ayam konco dewe itu rasanya gimana? Unik juga ya namanya. Wkwkwk. Suamiku nih yg pecinta mi ayam. Aku juga suka karena rasanya khas

  • Irra Octaviany
    Irra Octaviany 15 Mei 2024 pukul 01.29

    Kayaknya nikmat banget nih mbak mie ayamnya, aku paling suka mie ayam jenis kayak gini. Kebiasaan makan mie ayam Wonogiri soalnya..

  • lendyagassi
    lendyagassi 15 Mei 2024 pukul 02.55

    Kulineran mie ayam ini nikmat bangeett..
    Karena porsinya juga pas bikin makan jadi lebih nikmat dan santai. Btw, yang porsi ayamnya ga pelit yang mie ayam manakah, ka Sarie?

  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani 15 Mei 2024 pukul 04.24

    Aku lebih suka mie ayam daripada bakso. Bisa nih, kapan2 kalau ke Salatiga nyobain berburu mie ayam yg ada di list.

  • Wilingga
    Wilingga 15 Mei 2024 pukul 12.10

    Waaahhh, aku jadi laper bangettt

Add Comment
comment url