Rekomendasi Tempat Makan di Salatiga Yang Enak dan Cozy

Saat berkunjung ke Salatiga, tempat mana saja yang enak untuk makan atau berbuka puasa bersama teman dan saudara? Berikut rekomendasi tempat makan terfavorit di Salatiga yang cocok untuk makan bareng-bareng :

1. Star steak Salatiga

Di Salatiga sendiri, star steak berlokasi di dua tempat, yaitu di alun-alun pancasila, tepatnya di depan kampus IAIN di jalan adi sucipto dan di bundaran jam di jalan patimura Salatiga. Kalau ingin kesini untuk berbuka puasa, maka sebaiknya kalian datang lebih awal gengs, karena tempat ini selalu penuh saat menjelang buka puasa. Kalau kita mepet datangnya, bisa jadi menu yang kita pesan tak kunjung jadi karena antreannya yang panjang. Bahkan kadang kita justru tak dapat tempat duduk saking penuhnya karena kebanyakan mereka yang mengunjungi tempat ini tidak reservasi terlebih dahulu. Menu yang ditawarkan adalah berbagai macam steak ayam maupun sapi. Menu andalan di star steak adalah steak iga. Namun kalian bisa menemui menu lain seperti tenderloin steak dengan saus mushroom, blackpepper atau original juga sirloin, tuna dan chicken steak. Buat kalian penggemar crispy steak, Star steak juga menyediakan berbagai pilihan seperti chicken crispy, double chicken crispy, steak udang, steak cumi dan jamur crispy dengan berbagai side dish dan minuman panas maupun dingin. Dengan harganya yang terjangkau, maka tempat ini jadi pilihan bagi mereka yang pengen nyoba steak. Kebanyakan pengunjungnya adalah mahasiswa, sayangnya buat saya ukuran steaknya terlalu mini. But sure, bisa dicoba kok makan di tempat ini.
Foto restoran star steak Pancasila salatiga
Star steak Patimura
Sumber : Local guide Grace Fransiska

2. Warung joglo Bu Rini

Viewnya yang langsung mengarah ke area persawahan, tempatnya yang luas dan asri serta mampu memuat lebih banyak pengunjung menjadi salah satu keistimewaan restoran ini. Warung joglo Bu Rini berlokasi di jalan mawar salatiga. Jika kamu dari jalur semarang solo, maka lokasi warung joglo Bu Rini ada di gang pertama sebelah kiri setelah perempatan jetis. Selain kamu bisa menikmati makanan di gazebo yang berdekatan dengan persawahan, kamu juga bisa memilih di meja di area terbuka yang tempatnya luas dan cocok untuk buka bersama serombongan. Atau kalau cuaca sedang tidak mendukung atau ingin sekaligus membahas rapat di ruangan yang luas dan gak terlalu banyak interaksi dengan orang lain, disediakan ruangan khusus untuk rapat dan berbuka yang luas. Menu yang disediakan di tempat ini macam-macam. Dari seafood hingga lotek, berbagai macam makanan ringan pembuka dan minuman yang bisa kamu pesan. Menu favorit tempat ini adalah Sop Iga Sapinya, enak dan seger banget kuahnya. Karena tempatnya yang luas, tak jarang Warung Joglo Bu Rini sering dimanfaatkan untuk tempat bukber atau halal bihalal di Salatiga.

3. Lawuh Ndeso

Berawal dari pemiliknya yang memiliki usaha catering dan persewaan alat pesta bernama Sinar Mulia, berkembanglah resto dengan konsep masakan Jawa yang bikin kangen. Resto yang berlokasi di pertigaan mrican dan di jalan patimura ini menawarkan menu masakan nusantara yang kebanyakan menu tradisional jawa. Tapi jangan salah, tempat makan ini selalu menjadi jujugan bagi pelancong yang mampir ke Salatiga. Menu-menu yang bisa dijumpai disini antara lain ayam bakar, berbagai macam pepes dan oseng, buntil, asem-asem, sop matahari, berbagai macam lauk dan sayur. Harganya pun cukup terjangkau dan kamu tak perlu menunggu lama kalau mau pesan menu disini. Biasanya saat bulan Ramadhan , Lawuh Ndeso juga membuka gerai yang biasa buka dari jam 2 siang di alun-alun Pancasila tepatnya di sebelah aula jangkungan, dekat dengan Samsat Salatiga. Jadi buat kalian yang lagi gak masak, menu makanan bisa dibeli disini juga lhoo tapi emang khusus bulan Ramadhan aja yaa gengs.

4. Yege Resto 

Yege Resto berlokasi di Jalan Diponegoro, tepatnya di perempatan bangjo Stie AMA Salatiga. Parkirnya yang luas dan sajian musik yang disediakan di Yege Resto menambah keseruan kumpul bareng teman. Yege sendiri konsep restonya semi kafe. Menu-menu seperti steak, steam boat, menu ifthar ketika bulan puasa, cordon bleu hingga sup bernebon dan aneka minuman rempah dengan nama yang eksentrik.

5. Dhawet Resto


Berlokasi di jalan imam bonjol, di depan dinas kehutanan salatiga tak membuat tempat ini sepi pengunjung. Apalagi saat buka puasa, tempat ini selalu ramai dikunjungi terutama mahasiswa. Menu yang ditawarkan juga beragam ada menu western maupun menu nusantara. 

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Attalicious
    Attalicious 8 Mei 2019 17.31

    Wah, boleh dicoba nih rekomendasi resto di Salatiga. Sepertinya menarik :)

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Mei 2019 23.47

      Siiip..mba Attalicious asli salatiga jugakah?

Add Comment
comment url