Tips agar Momen Buka Bersama teman Terealisasi

Kalau dulu semasa kuliah, buka bersama menjadi momen paling ditunggu. Pada saat itu, status sebagai mahasiswa dan anak kos membuat kita lebih fleksibel menentukan jadwal buka bersama. Lambat laun ketika semuanya lulus, bekerja dan menikah, momen buka bersama begitu sulit terealisasikan. Enggak dengan teman sekolah atau teman di kantor lama, yang ada kayaknya perlu mikir panjang kalau sudah punya suami dan anak, apalagi mereka adalah prioritas utama kita. Alasannya sih karena buka bersama di rumah dengan keluarga lebih menyenangkan, hemat dan gak pake ribet segala.

Merealisasikan buka bersama
Buka bersama

Tips agar Momen Buka Bersama teman Terealisasi


1.  Yang diundang sepaket

Kalau kebanyakan dari kita yang mau berbuka bersama telah berkeluarga, maka ada baiknya jika acara buka bersama yang dibuat ditujukan bukan hanya pada teman tapi plus keluarga intinya yaitu suami atau istri dan anak.

2. Tempatnya ramah anak

Bagi yang sudah punya anak, ketika memutuskan ikut buka bersama di luar rumah maka hal ini pasti jadi prioritas karena yang pasti gak mau dong kalau kita ribet dan memutuskan pulang awal gegara anaknya rewel gak betah latena gak ada tempat bermain.

3. Dekat tempat shalat

Kalau aku sih, suka mikir kalau buka bersama terus temen-temennya malah lebih prioritas ke acara kumpul-kumpul aja dan melalaikan shalat maka kupastikan untuk gak ikut acara ini gengs..jadi baiknya ibadah yang utama seperti shalat mahgrib dan isya tetep diprioritaskan. Semisal tempat buka bersamanya di outdoor, maka pastikan ada tempat ibadahnya yaa

4. Hemat

Kalau saya yang emak-emak, pasti kepikiran dong kalau bika bersamanya di resto mahal sementara kebutuhan ketika ramadhan justru diprioritaskan untuk memenuho yang lebih beanfaat.

5. Atur jadwal jauh hari

Ketika bulan ramadhan seperti ini, restoran kebanyakan akan full menjelang mahgrib karena tempatnya akan digunakan untuk berbuka bahkan beberapa udah full booked. Jadi untuk mengantisipasinya, buatlah jadwal yang pasti untuk menentukan kapan, dimana dan bagaimana acaranya. Selain resto atau tempatnya, kita juga perlu mengatur waktu yang tepat agar bosa datang semua.

6. Konsep acara jelas

Ada baiknya acara buka bersama yang disusun memiliki konsep acara yang jelas seperti akan ada kultum atau tidak? Atau sekedar kumpul, ngobrol, makan, lalu pulang

Nah, menurutku sebagai emak-emak  hal inilah yang sering jadi kendala ketika akan membuat acara buka bersama di luar ruangan. Kalau kamu?

No comments