Rekomendasi 8 Tempat Makan Bakso Enak di Salatiga

Jalan-jalan di Salatiga kurang lengkap rasanya kalau belum jajan bakso. Bakso merupakan makanan olahan daging sapi yang menurut beberapa sumber berasal dari Tionghoa. Berasal dari kata bak-so yang artinya daging giling. Bakso pada umumnya berbahan daging giling dan tapioka dengan bumbu rempah yang membuat rasanya nikmat dan gurih.

rekomendasi bakso enak di salatiga

Buat kamu yang melakukan perjalanan di Salatiga,  jangan lupa sempetin mampir ke warung bakso. Di postingan kali ini, aku rekomendasikan tempat makan bakso sapi yang enak dan bikin kamu pengen balik lagi ke tempatnya :

1. Bakso Planet

Kalau kamu menginap di kawasan jalan jenderal sudirman, rasanya belum komplit kalau belum mampir ke Bakso Planet. Bakso Planet berlokasi di jalan jenderal sudirman salatiga, lokasi tepatnya berada di sisi selatan masjid Pandawa. Cabangnya ada di Jalan Merak sebelum Galeri Seni Sabar Subardi.

varian bakso komplit di warung bakso planet
Bakso spesial di WM Bakso Planet
source image : Google Local Guide Eka Apriana

Ada banyak menu bakso yang disajikan, mulai dari bakso pangsit, bakso tahu, bakso jumbo hingga bakso spesial include dengan tetesan di dalamnya. Ketika disajikan, kamu akan melihat beragam jenis bakso di dalam mangkuk yang kamu pesan, seperti bakso ikan, bakso halus,  bakso urat dan bakso goreng. 

Rasanya pun enak, kuahnya tidak terlalu kental tapi bikin ketagihan. Rasanya pun terjangkau, mulai dari 13 ribu rupiah kamu bisa menikmati semangkuk bakso yang bakalan bikin kangen. Di tempat ini juga disediakan bermacam camilan seperti gorengan, kerupuk dan tahu bakso.

2. Bakso ABC Sari Roso

Kalau kamu menginap di Laras Asri, atau sekitaran ABC Salatiga, rasanya kurang afdhol kalau enggak mampir ke Bakso legend di Salatiga ini.  Terkenal dengan sebutan bakso ABC, karena di pertigaan ini dulunya terdapat reklame besar baterai ABC yang bentuknya menyerupai wujud asli baterai ABC.

Nah, soal bakso ABC yang lokasinya persis di perkiraan ABC ini, di sini hanya tersedia menu bakso dan mie ayam yang rasanya konsisten, otentik rasa bakso ABC dari tahun ke tahun tetap sama. Ukuran baksonya juga lumayan besar, sayangnya sekarang di meja sudah tidak disediakan acar ketimun yang menambah kesegaran saat makan bakso.

Kamu juga bisa nyobain tahu bakso yang tersedia di meja, rasanya nikmat dan enak dibandingkan dengan baksonya. Jangan heran kalau makan semangkuk bakso ABC bakal membuat kamu kenyang, karena memang tekstur baksonya yang padat dan terasa kemurnian daging sapinya.

3. Oskab Ngalam

Kalau kamu penikmat bakso malang, Oskab Ngalam tentu pilihan yang tepat. Soalnya Bakso Malang di sini emang lezat banget rasanya, bahkan cocok untuk kamu yang pengen merasakan kenyang setelah makan di sini. Mengapa? Karena di tempat ini, kamu bisa request bakso disajikan dengan lontong.

Nama Oskab Ngalam merupakan kebaikan dari Bakso Malang. Berlokasi di deretan toko di depan RS DKT, jalan dr Muwardi 50 Salatiga.  Buat kamu yang pengen mampir, kamu bisa ketik nama Oskab Ngalam di Google Map.

Semangkuk Oskab Ngalam komplit akan berisi lontong, mie, tahu putih, pangsit basah, pangsit kering dan bakso yang bikin kenyang banget. Tidak seperti bakso lain yang cenderung memiliki kuah kaldu yang kental, kuah bakso Oskab Ngalam ini light atau ringan kuahnya. Jadi terasa segar dan nikmat. Kalau kamu suka pedas, di meja biasanya disediakan merica bubuk, sambal, kecap dan saus untuk menambah cita rasa baksonya.

Harga satu mangkuk bakso dengan lontong di sini sekitar 18 ribu rupiah, tapi kamu juga bisa request bakso tanpa mie atau lontong juga. Di meja biasanya juga disediakan gorengan dan kerupuk yang bisa dikonsumsi sembari menunggu baksonya disiapkan.

4. Bakso Iso Babat Pak Tomo

Kalau di Oskab Ngalam kamu menemui kuah yang kental, di Bakso babat Pak Tomo yang berlokasi di jalan Merak, tak jauh dari RS Hermina Salatiga ini, kamu akan merasakan bakso berkuah kental dengan toping jerohan iso dan babat. Rasanya nikmat dan gurih kaldunya.

Selain bakso ABC, bakso Pak Tomo menurutku juga legenda. Soalnya sudah berdiri puluhan tahun. Rasa nikmatnya juga konsisten, khas rasa bakso babat Pak Tomo.

5. Bakso Pak Man

Masih soal jerohan, kalau kamu penikmat bakso iso, sepertinya bakso Pak Man juga akan memanjakan lidahmu. Berlokasi di jalan Semeru, tepatnya di seberang jalan sebelah kanan Wonder Bakery baru. Bakso Pak Man juga buka cabang di jalan Johar Salatiga. 

bakso iso pak man jalan semeru bersanding dengan nasi dan teh hangat
Semangkuk bakso babat dengan tahu bakso coklat dan toping iso yang nikmat

Semangkuk bakso Pak Man berisi bakso halus, irisan tahu bakso coklat, mie, dan toping jerohan yang super nikmat. Di meja biasanya disediakan acar yang menambah kesegaran dan mengurangi rasa enek dari kuah yang menurutku cukup berkaldu. Semangkuk bakso Pak Man harganya sebesar 13 ribu rupiah, harga yang cukup terjangkau untuk semangkuk bakso.

6. Bakso Trikoyo

Menurut saya, bakso Trikoyo ini juga legenda bakso kaki lima yang enak. Pertama kali menjumpai bakso Trikoyo ini di tahun 1990an, bakso Trikoyo berjualan di depan koperasi Yonif 411 yang posisinya di samping kanan (sebelah utara) masjid Pandawa. Ketika pertokoan Makutarama berdiri, bakso ini berjualan masih di titik yang sama, tepatnya di samping bakmi Wiedjaya. 

Saat ini lokasinya sudah berpindah di rumah sendiri, di Jalan Perengrejo 23 Salatiga. Ukuran baksonya besar dengan kuah yang light namun nikmat dengan potongan tahu coklat. Yang istimewa dari bakso Trikoyo ini adalah baksonya yang rasanya pas namun terasa daging sapinya. Tidak terlalu kenyal karena tapioka namun karena daging sapinya. Buat kamu yang kangen dengan bakso halus dari Bakso Trikoyo ini, dibanderol dari harga 14 ribu rupiah per porsinya.

7. RM Bakso Tamansari

Bakso Tamansari berlokasi di Jalan Diponegoro 165, warung bakso ini sepertinya yang tercatat paling tua karena berdiri di tahun 1965. Menu andalan dari Rumah Makan Bakso Tamansari ini adalah bakso babatnya yang sedap. Satu mangkuk bakso komplit Tamansari berisi mie, baksi, jerohan babat dan urat. Per porsi harganya mulai dari 35 ribu rupiah, setara dengan tempatnya yang bersih dan terkesan eksklusif.

8. Bakso Manunggal Roso

Bakso ini bisa dibilang langganannya karyawan SCI karena letaknya di Jalan Argosari Raya 15, atau depan Polsek Argomulyo Salatiga. Buat pecinta pedas, bakso ini pilihannya bermacam-macam, namun masih aman untuk anak-anak karena ada menu bakso lain yang tak kalah enak. Mulai dari bakso biasa, bakso lava, bakso rawit, bakso urat hingga bakso isian telur. Bahkan di tempat ini juga disediakan tambahan menu tetelan yang nikmat. 

Warung Bakso Manunggal Roso selalu ramai di jam makan siang dan jam pulang kerja dan tutup di hari jumat, jadi pastikan kalau ingin menikmati menu di sini, datanglah di jam-jam sepi pengunjung. 

Nah itu dia 8 Rekomendasi tempat makan bakso di Salatiga. Buat pecinta bakso, jangan lupa mampir di bakso tersebut ya!

Nah, kalau kalian ngajak teman dan keluarga terus pengen makan mie ayam, Berikut aku spill Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam Enak di Salatiga!

Next Post Previous Post
16 Comments
  • sylvianayy
    sylvianayy 21 Mei 2024 pukul 18.17

    bakso ini makanan paling pasaran deh menurutku, semua orang suka dari kalangan manapun kalau lagi ke luar kota pasti ada aja momen mampir nge-bakso, nyobain bakso yang unik-unik dan khas dari berbagai kota

  • Asty Intan Pratiwi Widyanti
    Asty Intan Pratiwi Widyanti 22 Mei 2024 pukul 10.47

    Seger bangettt liat bakso kuah pake sambal tumpah-tumpah gituuu 🤤🤤🤤 kapan-kapan kalau ke Salatiga harus nyobain salah satunya nih

  • Ainun
    Ainun 22 Mei 2024 pukul 11.13

    Banyak banget pilihan warung bakso di Salatiga, asli dah kalau aku ke sana kayaknya bingung mau nyamperin yang mana dulu
    Apalagi kalau liat bakso ditambah daun sawi yang ijo ijo, bikin seger, plus kuah gurih dari kuah baksonya, mantap betul

  • April Fatmasari
    April Fatmasari 23 Mei 2024 pukul 14.52

    Saya termasuk doyan bakso nih. Baca tulisan ini siang-siang jadi kepingin kan. Semoga suatu saat bisa ke Salatiga dan icip bakso di sana. Harganya lumayan terjangkau di sana. Makasih rekomendasinya, Mbak

  • Ria Bilqis
    Ria Bilqis 23 Mei 2024 pukul 17.32

    Makanan favorit aku nih Bakso, seminggu sekali aku makan Bakso, tapi sejak tensiku lumayan tinggi aku ngurangin juga, atau kalau pesan mesti dengan catatan jangan pake tetelan ya . Kayaknya enak semua tuh yang di artikel ini...

  • Ria Fasha
    Ria Fasha 23 Mei 2024 pukul 17.44

    banyak juga ya kak pilihan tempat makan bakso di salatiga
    sebagai pecinta bakso kayaknya harus coba semuanya nih
    sayangnya jauh euy dr tempatku

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 23 Mei 2024 pukul 18.07

    Banyak juga rekomendasi buat ngebakso. Aku sebenarnya gak hobi, tapi kadang bolehlah makan daging kaya bakso ini. Catet dulu siapa tahu berkesempatan buat ke Salatiga

  • mya wuryandari
    mya wuryandari 24 Mei 2024 pukul 06.10

    saya belum pernah main muter-muter di salatiga, seringnya cuma lewat doang, hehe. tapi jadi punya rekomendasi klo milih bakso, thank you

  • Cerita Cantik si Hitam Manis
    Cerita Cantik si Hitam Manis 24 Mei 2024 pukul 06.20

    Lagi batuk baca komen kak sari beuhh langsung pengen nyari bakso. Kangen banget Salatiga dulu waktu masih di jawa sering di ajak bapak ke Salatiga. Orang jawa kalau bikin bakso emang paling enakkk

  • Raja Lubis
    Raja Lubis 24 Mei 2024 pukul 08.28

    Lucu sekali namanya yang Oskab Ngalam, alias Bakso Malang tapi ditulis terbalik. Sebagai penggemar bakso, noted dulu rekomendasi di sini.

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 24 Mei 2024 pukul 10.39

    wah sayang baru baca setelah pulang dari Salatiga, waktu itu aku nyoba bakso apa ya kok lupa namanya, enak juga mbak, murah pula, wkwkwk, porsinya juga banyak, asli puas deh

  • Firmansyah
    Firmansyah 24 Mei 2024 pukul 17.50

    Wah wah wah dibikin ngiler sama baso-basonya. Saya yang di Tangerang cuma bisa nelen ludah nih. Hahahaha. Thanks for sharing. Kalau nanti main ke Salatiga, boleh nih dicoba baso-basonya.

  • Okti Li
    Okti Li 26 Mei 2024 pukul 17.27

    Sebagai pecinta bakso, semua pengen saya coba tuh. Jarang ada bakso unik sampai bentuknya dan rasanya beda dari yg lain.
    Semoga ada waktu dan kesempatan bisa main ke Salatiga

  • Ulfah Aulia
    Ulfah Aulia 26 Mei 2024 pukul 18.17

    Waah bakso-baksonya bervariasi nama-namanya ya Mba, yang paling unik bakso planett… Hehe dan semua pada menggungah seleraku Mba.. Pas banget di sini malam hujan terus ntar mau beli bakso juga ahh

  • rejekingalir.com
    rejekingalir.com 26 Mei 2024 pukul 18.57

    Banyaknya rekomendasi bakso, asiik.
    Buat penikmat bakso bakalan mencoba semua nih, karena pastinya tiap tempat punya keunikan rasa tersendiri

  • lendyagassi
    lendyagassi 26 Mei 2024 pukul 20.23

    Kuliner bakso tuh memang could never be forgotten yaa..
    Dimanapun, kapanpun, suka banget nge-bakso. Paling suka bakso yang banyak lemaknya.
    HUhuhu.. uda tau kalo gak sehat, tapi makin banyak lemaknya tuh makin endeeuuss~~

Add Comment
comment url