Rekomendasi 8 Tempat Makan Bakso Enak di Salatiga

Jalan-jalan di Salatiga kurang lengkap rasanya kalau belum jajan bakso. Bakso merupakan makanan olahan daging sapi yang menurut beberapa sumber berasal dari Tionghoa. Berasal dari kata bak-so yang artinya daging giling. Bakso pada umumnya berbahan daging giling dan tapioka dengan bumbu rempah yang membuat rasanya nikmat dan gurih.

rekomendasi bakso enak di salatiga

Buat kamu yang melakukan perjalanan di Salatiga,  jangan lupa sempetin mampir ke warung bakso. Di postingan kali ini, aku rekomendasikan tempat makan bakso sapi yang enak dan bikin kamu pengen balik lagi ke tempatnya :

1. Bakso Planet

Kalau kamu menginap di kawasan jalan jenderal sudirman, rasanya belum komplit kalau belum mampir ke Bakso Planet. Bakso Planet berlokasi di jalan jenderal sudirman salatiga, lokasi tepatnya berada di sisi selatan masjid Pandawa. Cabangnya ada di Jalan Merak sebelum Galeri Seni Sabar Subardi.

varian bakso komplit di warung bakso planet
Bakso spesial di WM Bakso Planet
source image : Google Local Guide Eka Apriana

Ada banyak menu bakso yang disajikan, mulai dari bakso pangsit, bakso tahu, bakso jumbo hingga bakso spesial include dengan tetesan di dalamnya. Ketika disajikan, kamu akan melihat beragam jenis bakso di dalam mangkuk yang kamu pesan, seperti bakso ikan, bakso halus,  bakso urat dan bakso goreng. 

Rasanya pun enak, kuahnya tidak terlalu kental tapi bikin ketagihan. Rasanya pun terjangkau, mulai dari 13 ribu rupiah kamu bisa menikmati semangkuk bakso yang bakalan bikin kangen. Di tempat ini juga disediakan bermacam camilan seperti gorengan, kerupuk dan tahu bakso.

2. Bakso ABC Sari Roso

Kalau kamu menginap di Laras Asri, atau sekitaran ABC Salatiga, rasanya kurang afdhol kalau enggak mampir ke Bakso legend di Salatiga ini.  Terkenal dengan sebutan bakso ABC, karena di pertigaan ini dulunya terdapat reklame besar baterai ABC yang bentuknya menyerupai wujud asli baterai ABC.

Nah, soal bakso ABC yang lokasinya persis di perkiraan ABC ini, di sini hanya tersedia menu bakso dan mie ayam yang rasanya konsisten, otentik rasa bakso ABC dari tahun ke tahun tetap sama. Ukuran baksonya juga lumayan besar, sayangnya sekarang di meja sudah tidak disediakan acar ketimun yang menambah kesegaran saat makan bakso.

Kamu juga bisa nyobain tahu bakso yang tersedia di meja, rasanya nikmat dan enak dibandingkan dengan baksonya. Jangan heran kalau makan semangkuk bakso ABC bakal membuat kamu kenyang, karena memang tekstur baksonya yang padat dan terasa kemurnian daging sapinya.

3. Oskab Ngalam

Kalau kamu penikmat bakso malang, Oskab Ngalam tentu pilihan yang tepat. Soalnya Bakso Malang di sini emang lezat banget rasanya, bahkan cocok untuk kamu yang pengen merasakan kenyang setelah makan di sini. Mengapa? Karena di tempat ini, kamu bisa request bakso disajikan dengan lontong.

Nama Oskab Ngalam merupakan kebaikan dari Bakso Malang. Berlokasi di deretan toko di depan RS DKT, jalan dr Muwardi 50 Salatiga.  Buat kamu yang pengen mampir, kamu bisa ketik nama Oskab Ngalam di Google Map.

Semangkuk Oskab Ngalam komplit akan berisi lontong, mie, tahu putih, pangsit basah, pangsit kering dan bakso yang bikin kenyang banget. Tidak seperti bakso lain yang cenderung memiliki kuah kaldu yang kental, kuah bakso Oskab Ngalam ini light atau ringan kuahnya. Jadi terasa segar dan nikmat. Kalau kamu suka pedas, di meja biasanya disediakan merica bubuk, sambal, kecap dan saus untuk menambah cita rasa baksonya.

Harga satu mangkuk bakso dengan lontong di sini sekitar 18 ribu rupiah, tapi kamu juga bisa request bakso tanpa mie atau lontong juga. Di meja biasanya juga disediakan gorengan dan kerupuk yang bisa dikonsumsi sembari menunggu baksonya disiapkan.

4. Bakso Iso Babat Pak Tomo

Kalau di Oskab Ngalam kamu menemui kuah yang kental, di Bakso babat Pak Tomo yang berlokasi di jalan Merak, tak jauh dari RS Hermina Salatiga ini, kamu akan merasakan bakso berkuah kental dengan toping jerohan iso dan babat. Rasanya nikmat dan gurih kaldunya.

Selain bakso ABC, bakso Pak Tomo menurutku juga legenda. Soalnya sudah berdiri puluhan tahun. Rasa nikmatnya juga konsisten, khas rasa bakso babat Pak Tomo.

5. Bakso Pak Man

Masih soal jerohan, kalau kamu penikmat bakso iso, sepertinya bakso Pak Man juga akan memanjakan lidahmu. Berlokasi di jalan Semeru, tepatnya di seberang jalan sebelah kanan Wonder Bakery baru. Bakso Pak Man juga buka cabang di jalan Johar Salatiga. 

bakso iso pak man jalan semeru bersanding dengan nasi dan teh hangat
Semangkuk bakso babat dengan tahu bakso coklat dan toping iso yang nikmat

Semangkuk bakso Pak Man berisi bakso halus, irisan tahu bakso coklat, mie, dan toping jerohan yang super nikmat. Di meja biasanya disediakan acar yang menambah kesegaran dan mengurangi rasa enek dari kuah yang menurutku cukup berkaldu. Semangkuk bakso Pak Man harganya sebesar 13 ribu rupiah, harga yang cukup terjangkau untuk semangkuk bakso.

6. Bakso Trikoyo

Menurut saya, bakso Trikoyo ini juga legenda bakso kaki lima yang enak. Pertama kali menjumpai bakso Trikoyo ini di tahun 1990an, bakso Trikoyo berjualan di depan koperasi Yonif 411 yang posisinya di samping kanan (sebelah utara) masjid Pandawa. Ketika pertokoan Makutarama berdiri, bakso ini berjualan masih di titik yang sama, tepatnya di samping bakmi Wiedjaya. 

Saat ini lokasinya sudah berpindah di rumah sendiri, di Jalan Perengrejo 23 Salatiga. Ukuran baksonya besar dengan kuah yang light namun nikmat dengan potongan tahu coklat. Yang istimewa dari bakso Trikoyo ini adalah baksonya yang rasanya pas namun terasa daging sapinya. Tidak terlalu kenyal karena tapioka namun karena daging sapinya. Buat kamu yang kangen dengan bakso halus dari Bakso Trikoyo ini, dibanderol dari harga 14 ribu rupiah per porsinya.

7. RM Bakso Tamansari

Bakso Tamansari berlokasi di Jalan Diponegoro 165, warung bakso ini sepertinya yang tercatat paling tua karena berdiri di tahun 1965. Menu andalan dari Rumah Makan Bakso Tamansari ini adalah bakso babatnya yang sedap. Satu mangkuk bakso komplit Tamansari berisi mie, baksi, jerohan babat dan urat. Per porsi harganya mulai dari 35 ribu rupiah, setara dengan tempatnya yang bersih dan terkesan eksklusif.

8. Bakso Manunggal Roso

Bakso ini bisa dibilang langganannya karyawan SCI karena letaknya di Jalan Argosari Raya 15, atau depan Polsek Argomulyo Salatiga. Buat pecinta pedas, bakso ini pilihannya bermacam-macam, namun masih aman untuk anak-anak karena ada menu bakso lain yang tak kalah enak. Mulai dari bakso biasa, bakso lava, bakso rawit, bakso urat hingga bakso isian telur. Bahkan di tempat ini juga disediakan tambahan menu tetelan yang nikmat. 

Warung Bakso Manunggal Roso selalu ramai di jam makan siang dan jam pulang kerja dan tutup di hari jumat, jadi pastikan kalau ingin menikmati menu di sini, datanglah di jam-jam sepi pengunjung. 

Nah itu dia 8 Rekomendasi tempat makan bakso di Salatiga. Buat pecinta bakso, jangan lupa mampir di bakso tersebut ya!

Nah, kalau kalian ngajak teman dan keluarga terus pengen makan mie ayam, Berikut aku spill Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam Enak di Salatiga!

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Ria Fasha
    Ria Fasha 23 Mei 2024 pukul 17.44

    banyak juga ya kak pilihan tempat makan bakso di salatiga
    sebagai pecinta bakso kayaknya harus coba semuanya nih
    sayangnya jauh euy dr tempatku

Add Comment
comment url