Rekomendasi Tempat Kuliner Malam di Salatiga

Kamu lagi cari tempat kuliner malam di Salatiga? Baca postingan ini yuk, biar malam kamu bisa seru menikmati sajian makan malam bersama temN maupun kolega.

Rekomendasi tempat kuliner malam salatiga dari kaki lima hingga resto


Salatiga terkenal dengan kotanya yang sejuk dan kulinernya yang enak dan terjangkau. Kota yang terkenal dengan banyak bangunan peninggalan Belanda ini bahkan terkenal sebagai kota pensiun, kota toleransi, kota gastronomi hingga kota penghasil vanili menurut beberapa sumber. Tak jarang, kuliner di kota Salatiga banyak dipengaruhi dari beragam budaya dan sejarah.

Saat bermalam di Salatiga dengan hawanya yang sejuk terkadang membuat perut terasa melilit, lebih lapar karena efek cuaca dingin. Rasanya kurang nendang kalau cuma ngemil keripik. Nah, buat kamu yang pengen keluar penginapan untuk mencoba kuliner malam di Salatiga,  berikut rekomendasinya

1. Sate Sapi Suruh

Sate sapi Suruh sebelumnya pernah aku bahas di postingan Makanan Khas Salatiga Yang Perlu Kamu Coba karena memang sate sapi ini legendanya Salatiga. Mulai dari ukuran satenya yang cukup besar dengan sambal kacang khas Suruh yang begitu nikmat. Rasanya sajian malam ini sayang untuk dilewatkan ketika kamu mampir di Salatiga.

Jika kamu membawa kerabat yang kurang menyukai sate sapi, tempat ini juga menyajikan bakso, mie ayam dan sate ayam.  Jadi jangan sampai ketinggalan nyobain satenya ya!

Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di Ruko F1 Pasaraya 2 Salatiga, sekitar 300 meter dari Hotel Quality Salatiga. Kalau berkunjung kesini, usahakan jangan terlalu malam ya, karena sate sapi Suruh buka dari jam 9.30 pagi hingga 9.30 malam.

2. Sate Ayam Pak Mail

Kalau kamu menginap di Hotel Le Beringin, rasanya tak lengkap kalau belum mencoba kuliner kaki lima di depan hotelnya. Sebenarnya ada banyak kuliner enak di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Hotel Le Beringin seperti jagung rebu, Toko Roti Tegal, Sate Padang hingga rondenya. Namun kali ini, aku ingin merekomendasikan sate ayam Madura buatan almarhum pak Haji Ismail yang kini telah dilanjutkan generasi keduanya.

Rasa sate ayam ini pas, tidak terlalu enek dan terasa nikmat saat dinikmati saat malam hari. Sate ayam ini buka mulai pukul 4 sore hingga habis.

3. Nasi Goreng Pak Joko

Nasi goreng pak Joko terkenal karena porsinya yang bar-bar, banyak banget seporsinya. Lokasinya ada di depan SMP Negeri 4 Salatiga, jalan Patimura 43. Di sini kamu bisa menemukan menu nasi goreng dan menu lain yang super enak. Ada nasi goreng ayam, nasgor babat, nasgor pete, semoga ghodhog alias nasi rebus, bakmi goreng dan kuah, serta cap cay.

Yang unik di tempat makan ini, kalian bisa minta campuran ayamnya utuh atau disuwir. Belum lagi, di sini juga ada kulit goreng krispinya. Nasi goreng di sini cukup unik karena masih dimasak pakai tungku arang. Biasanya nasi goreng Pak Joko buka dari jam 5 sore hingga habis. O iya, jangan lupa kalau mau datang dan nggak pengen antreannya panjang, datang aja sesudah jam 8 malam ya teman-teman. 

4. Nasi Goreng Pak Minto

Salah dua nasi goreng yang cukup terkenal dan proses memasaknya masih menggunakan tungku ada di Jalan dr Muwardi. Tepatnya di samping alfamart yang lokasinya di depan RS DKT Salatiga. Buka mulai dari pukul 5 sore. Nasi goreng yang dibuat merupakan menu nasi goreng tradisional Jawa yang rasanya enak dan nikmat.

Kalau kamu datang pukul 7 malam, jangan kaget sama antreannya ya, soalnya memang nasgor di sini favorit banget. Meskipun berjualan kaki lima dan kini merupakan generasi kedua, tapi rasanya tetap konsisten dari tahun ke tahun. Menu yang ditawarkan selain nasi goreng ada nasi ruwet (campuran nasi goreng dengan bakmi goreng), bakmi goreng dan bakmi ghodog.

5. Angkringan Pak Sus Senjoyo

Buat kamu yang pengen menemukan menu angkringan kaki lima seperti nasi kucing, nasi tempe, sate usus, ayam, tahu bacem dan gorengan serta menikmati es teh krampul atau wedang susu jahe yang hangat sambil ngobrol dengan teman, kamu perlu nyobain angkringan yang berada di Jalan Senjoyo Salatiga, tepatnya di bagian ujung tanjakan, di trotoar utama Jalan Senjoyo.

Menu di sini lumayan banyak dan kalau pas tidak hujan, yang makan di angkringan ini cukup banyak. Di sekitar angkringan disediakan tikar agar kalian bebas menikmati malam dan lebih nyaman duduk lesehan di sini. Buka dari mahgrib, sekitar pukul 6 sore hingga habis.

6. Angkringan Sinten Remen

Ingin merasakan sensasi makan menu angkringan di resto, Sinten Remen jawabnya. Terletak di Jalan Langensuko 1, tepatnya di seberang sebelah kanan Hotel quality Salatiga. 

Menu di sini lumayan komplit, mulai dari beraneka jenis nasi seperti nasi sambal teri, nasi sambal cumi, nasi bakar gongso, nasi sambal jamur juga disediakan beraneka macam lauk seperti sate usus, sate ayam, sate limpa, sate kulit, sate frozen seafood, baceman ayam, indomie rebus. Di sini juga tersedia berbagai macam minuman seperti es jeruk, es teh krampul, susu jahe, kopi, dan minuman sachet yang siap racik. 

Kalau bosan dengan menu angkringan, kalian juga bisa pesan menu nasi goreng, nasi ghodhog, beraneka jenis gorengan dan snack seperti jamur crispy, kentang goreng atau nugget. Angkringan Sinten Remen buka dari jam 12 siang hingga habis. Tempat duduknya juga nyaman, mau makan di meja dengan kursi atau lesehan yang cozy dengan bean bag di dalam ruangan tetap nyaman.

7. Lentera Grill And Steak

Kalau kamu penggemar streetfood, di seberang Angkringan Senjoyo terdapat tempat makan steak kaki lima yang telah puluhan tahun berdiri bernama Lentera Grill and Steak. Menu favorit di sini ada nasi goreng chicken crispy. Nasi goreng ini cukup unik karena disajikan bersama ayam crispy, kentang goreng, wortel dan saus steak dengan porsi yang lumayan melimpah. Ada juga menu ayam bakar cola, chicken gordon bleu, burger, udang dan juga cumi crispy yang enak dan lumayan bar-bar posinya. Bisa dibilang, Lentera Grill And Steak ini hidden gem yang bisa kalian temui di Salatiga. Harga makanan di sini juga terjangkau. Gak sampai 100 ribu untuk makan berdua sama pasangan. Tempat ini buka mulai pukul 17.00 hingga habis. Biasanya ramai pada jam makan malam, sekitar mahgrib hingga jam 8 malam.

8. Ronde Jago

Suasana dingin pada malam hari di Salatiga akan terhangatkan dengan minum ronde. Minuman khas Salatiga ini bisa kalian temui di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Salatiga. Namun, ada satu ronde yang paling terkenal di Salatiga. Ronde Jago namanya, terletak di belakang pasaraya 2 Salatiga. Tepatnya di belakang ruko deretan Sate Sapi Suruh. Untuk wedang otentik di sini ada wedang ronde sekoteng dan wedang kacang. Di sini juga tersedia batagor dan mie kopyok yang rasanya enak. Ronde Jago buka dari jam 1 siang hingga 9 malam. Jadi, kalau mau berkunjung kesini, sebaiknya jangan malam-malam ya guyss.

9. Ronde Ny.Ong

Buat kamu yang menginap di Hotel Grand Wahid Salatiga, selain dekat dengan kuliner malam lesehan di depan hotel, sate sapi Suruh, Ronde Jago, dan angkringan Sinten Remen, tak jauh dari hotel juga terdapat kuliner malam di Jalan Langensuko. Sekitar 200 meter di belakang Grand Wahid Hotel kamu bakal menemukan tempat minum wedang ronde dan sejenisnya. Terkenal dengan nama Ronde Ny. Ong, di tempat ini disajikan berbagai kudapan yang super lezat dengan resep tradisional dengan harga yang terjangkau.

Kalian bisa memesan wedang ronde, wedang kacang, wedang kacang hijau, wedang tahu dan wedang roti. Nah, buat kamu yang pengen ngemil, tersedia beragam menu olahan singkong, olahan kentang, risoles, molen dan tahu petis.Tempatnya terkesan bersih, modern dan luas. Di tempat ini, kalian juga bisa sekalian membeli oleh-oleh cemilan cookies untuk dibawa pulang.

Nah, itu dia 9 rekomendasi kuliner malam yang bisa kalian coba di Salatiga. Kasih ide yuk, tempat kuline mana lagi yang kira-kira menarik dikunjungi saat malam hari di Salatiga?

Next Post Previous Post
14 Comments
  • Tati Suherman
    Tati Suherman 22 Mei 2024 pukul 05.42

    Waaahhh terima kasih info nya save dulu next kalo main ke Salatiga bisa nyobain angkringan disana

  • Bayu Haryanto
    Bayu Haryanto 22 Mei 2024 pukul 10.38

    Menarik sekali jika inging ke Salatiga maka ada referensi untuk mencari kulineran. Karena kalo jalan-jalan tanpa berkulineran kurang seru juga

  • khairiah
    khairiah 22 Mei 2024 pukul 21.41

    Semuanya enak-enak,menggoda untuk dicoba aku belum pernah ke salatiga apa semuanya jaraknya berdekatan?

  • Helenamantra
    Helenamantra 27 Mei 2024 pukul 05.55

    mau cobain wedang ronde dong, favoritku!
    gimana yah rasanya ronde di Salatiga... sampai terkenal gini nih
    kepingin banget berkunjung ke Salatiga soalnya di sana ada sekolah anakku

  • Raja Lubis
    Raja Lubis 27 Mei 2024 pukul 18.36

    Dari angkringan, ronde, nasi goreng, hingga steak, lengkap dan variatif juga kuliner malam di Salatiga. Tapi Ronde sih wajib kalau malam-malam, sangat hangat untuk dinikmati.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 27 Mei 2024 pukul 20.05

    Wuah ada yang menyiapkan sate frozen seafood juga, bakalan bikin ssmangat deh menikmati kulinernya. Apalagi rekomendasinya kak Sari ini ciamik semua ya buat dicobain

  • Sam Leinad
    Sam Leinad 27 Mei 2024 pukul 20.26

    Udara Salatiga yg sejuk bikin makan apa aja jadi enak sih. Minum ronde pas malam hari pasti nikmat ya

  • Yuniari Nukti
    Yuniari Nukti 27 Mei 2024 pukul 22.06

    Ciri khas Jawa Tengahan ya menunya. Ada ronde, ada angkringan. Kalau nasi goreng di mana-mana ada, hanya di Surabaya saja yang punya ciri khas nasi goreng warnanya merah hehe

  • Mommy Ossas
    Mommy Ossas 28 Mei 2024 pukul 16.23

    Langsung bookmark. Saya belum pernah ke Salatiga, tapi sudah masuk wishlist. Kulinernya ternyata beragam juga ya...saya ga sabar cobain per-sate-annya.

  • Endah Kurnia Wirawati
    Endah Kurnia Wirawati 28 Mei 2024 pukul 18.00

    Terakhir kali saya ke Salatiga kapan ya? Kayaknya sudah lama banget. Jadi sepertinya harus diniatkan kembali traveling ke Salatiga.

    Rekomendasi kuliner malam Salatiga ini oke banget listnya buat saya yang memang lebih senang suasana kota di malam hari. Langsung bookmark deh.

  • lendyagassi
    lendyagassi 28 Mei 2024 pukul 21.10

    Minuman wedhang ronde ini juara sih yaa..
    Malem-malem sambil nge-ronde di Salatiga, endeess banget.
    Apalagi dengan rasanya yang legend.
    Baru ngebayanginnya aja uda kerasa "hangat"nyaaa...

  • Maria Etha
    Maria Etha 29 Mei 2024 pukul 08.10

    Pernah menginap di Salatiga beberapa kali... Wedang ronde dan angkringan sih the best banget menurut aku ... Belum lagi harganya .... Pas di kantong.

  • Maria Etha
    Maria Etha 29 Mei 2024 pukul 08.11

    Pernah menginap di Salatiga beberapa kali. Ronde dan Angkringan mah paling okeeeee

  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas 29 Mei 2024 pukul 09.13

    Julukan kota Salatiga keren-keren, ya, Mba. Buat saya yang malam harinya suka kulineran, sepertinya nggak perlu pusing kalau suatu hari mampir ke Salatiga, ya.

Add Comment
comment url