Jenis Gigi Palsu, Harga serta Kelebihan dan Kekurangannya

Salah satu solusi kehilangan gigi adalah memakai gigi palsu atau tiruan. Gigi palsu ini banyak jenisnya, baik berdasarkan penggunaannya maupun berdasarkan bahan atau material pembuatnya. Di postingan kali ini, aku ingin membahas jenis gigi palsu, harga serta kelebihan dan kekurangannya. 

gigi tiruan membuat senyum semakin menawan dan menambah percaya diri

Jenis Gigi Palsu


Kehilangan gigi asli menyebabkan seseorang mengalami banyak kesulitan, utamanya dalam hal makan dan berbicara. Seseorang perlu memakai gigi palsu jika kehilangan gigi aslinya secara permanen. Untuk memasang gigi palsu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi terdekat di kota kamu.

Gigi palsu terdapat beberapa jenis. Berdasarkan sifat pemakaiannya gigi palsu dibagi menjadi 2 jenis

1. Gigi Palsu Permanen


Gigi tiruan permanen biasanya dipasang untuk jangka waktu yang lama dan bersifat permanen, sehingga untuk melepas dan memasangnya diperlukan prosedur khusus di dokter gigi dan sifatnya tidak bisa lepas pasang. Dilansir dari beberapa sumber bacaan, gigi palsu permanen  secara umum dibagi menjadi 3 jenis

a. Implan Atau Tanam Gigi


Jika seseorang kehilangan gigi dan ingin menggunakan gigi tiruan yang mirip dengan gigi aslinya, implan gigi solusinya.  Caranya dengan menanam gigi palsu permanen ke dalam gusi.

Dikutip dari damessa.id, ada 2 tahap pemasangan impaln gigi. Tahap pertama, gusi pasien akan ditanam sekrup titanium. Tahap kedua, pemasangan abutment (penyangga) dan crown (mahkota gigi). Biasanya jarak antara tahap 1 dengan tahap 2 sekitar 1,5 bulan.

Kelebihan dari implan gigi ini adalah hasilnya yang mirip dengan gigi aslinya sehingga ketika seseorang menggunakan implan gigi, orang lain akan kesulitan membedakan gigi asli dengan tiruannya. Selain itu, implan gigi juga mencegah deformasi gigi lain akibat kehilangan salah satu atau beberapa bagian gigi.

Sayangnya,  prosedur ini juga memiliki kekurangan. Biayanya yang mahal salah satu kendalanya, sehingga untuk memasang implan gigi seseorang harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, implan gigi juga memiliki resiko seperti terjadinya infeksi karena pembedahan, dapat mengakibatkan terjadinya sinus jika dipasang di rahang atas, terjadinya kerusakan saraf dan prosedur tambahan yang memakan waktu dan biaya yang lebih banyak jika tulang yang akan ditanami titanium tidak cukup kuat.

Biaya yang dikeluarkan untuk implan gigi berkisar antara 8 juta hingga 22 juta rupiah.

b. Crown Atau Mahkota Gigi


Pemasangan crown atau mahkota gigi merupakan alternatif terbaik untuk mengatasi gigi keropos, missing atau patah sebagian akibat kecelakaan atau gigi berlubang. Syarat utama pemasangan crown adalah adanya akar gigi yang masih baik dan utuh. Biasanya, dokter akan membersihkan gigi yang masih tersisa kemudian memasang crown gigi yang sesuai dengan gigi yang telah rusak, baik dari segi warna, jenis dan bahan yang akan digunakan.

Kelebihan dari pemasangan crown ini adalah warna dan bentuknya yang mirip dengan gigi asli baik dari segi ukuran dan warna sehingga akan menambah percaya diri.  Sedangkan kekurangannya, crown gigi ini bisa lepas jika bahan perekatnya sudah aus atau habis. Selain itu, bahan crown tertentu juga bisa pecah atau retak kapan saja. Bahkan untuk orang-orang tertentu bisa menimbulkan reaksi alergi seperti kebas, radang dan nyeri otot.

Biaya pasang crown atau mahkota gigi di klinik gigi bermacam-macam,  tergantung kesulitan dan banyaknya prosedur yang dibutuhkan. Biayanya berkisar antara 1 hingga 6 juta rupiah.

 c. Bridge Atau Jembatan Gigi

Bridge atau jembatan gigi biasanya berbentuk sambungan beberapa gigi yang digabung menjadi satu. Digunakan untuk mengatasi satu atau beberapa celah gigi yang hilang. 

Bridge Atau Jembatan gigi sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain 




2. Gigi Palsu Lepas Pasang
Next Post Previous Post
8 Comments
  • Phai Yunita S Wijaya
    Phai Yunita S Wijaya 28 Mei 2024 pukul 20.27

    Gigi tuh mahkota yang harus banget dijaga. Dulu aku termasuk yang cuek masalah gigi, hingga ketika hamil dan melahirkan masalah gigi selalu menyertai. Sekarang kaykanya tiap bulan aku harus 'finger print' ke dokter gigi. Dan biayanya emang ehemm...

  • Han
    Han 29 Mei 2024 pukul 06.59

    Duh semoga sampe kakek nenek ngga usah pake gigi palsu lah yaa huhu.. takut banget kalo gabisa makan kripik2 lagi wkwkwkwkwk. Btw emang gabisa sembarangan sih yaa kalo mau pasang gigi palsu, kalo bisa ya di ortho

  • junkeisea
    junkeisea 29 Mei 2024 pukul 07.45

    Pasang gigi palsu biayanya lumayan juga ya mbak. di usia segini udah ada yang tanggal dan dicabut, cuma mau masang gigi palsu masih mikir mikir

  • Yonal Regen
    Yonal Regen 29 Mei 2024 pukul 09.34

    Alhamdulillah diamanahkan gigi lengkap sehingga tidak pakai gigi palsu, tapi jika terjadi sesuatu yang mengharuskan menggunakan gigi palsu jadi punya gambaran jenis gigi palsu seperti apa yang bisa digunakan

  • Heni Hikmayani Fauzia
    Heni Hikmayani Fauzia 29 Mei 2024 pukul 10.35

    Membaca artikel ini jadi ingat almarhum ibu saya. Beliau dianetes jadi giginya abis..akhirnya pakai gigi palsu. Gigi palsu harus pandai2 milih dokter giginya yaa biar hasilnya bagus.

  • Windi astuti
    Windi astuti 29 Mei 2024 pukul 11.43

    masha allah ya, baca artikel ini, saya jadi lebih aware sama gigi sendiri. karena harga gigi palsu memang biayanya tidaklah murah.

  • sudut pandang vina
    sudut pandang vina 29 Mei 2024 pukul 13.28

    Aku punya kendala dengan gigi karena gigi tiba-tiba gampang keropos. Udah enggak bisa makan yang manis-manis. Setelah diketahui ternyataa penyebabnya Karena selalu sikat gigi setelah makan yang bikin gigi jadi asam dan lemah. Wahh kalau pasang gigi palsu masih belum berani

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 3 Juni 2024 pukul 15.01

    aku pakai gigi palsu juga mbak, tapi yang lepas pasang, awalnya memang ga nyaman sih, tapi lama kelamaan akan menyesuaikan sih

Add Comment
comment url