NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Sama Pentingnya, Berikut 5 Vitamin Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Selain menjaga pola hidup sehat dengan minum air putih, berolahraga, istirahat yang cukup, mengurangi stress dan menjaga kebersihan, tubuh memerlukan nutrisi seperti vitamin dan mineral agar daya tahan tubuh terjaga dan tidak mudah terserang penyakit. 

Apalagi di masa pandemi, selain melaksanakan 5M seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, imunitas tubuh juga perlu dijaga untuk mencegah tubuh terkena paparan covid-19.

vitamin penjaga daya tahan tubuh

Agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi, teman-teman bisa mendapatkannya dengan konsumsi makanan kaya nutrisi serta minum suplemen atau multivitamin yang kandungan vitamin dan mineralnya lengkap.

Berikut 5 vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan tidak gampang sakit

1. Vitamin B Kompleks

Manfaat vitamin B ini sangat penting, terutama dalam hal pembentukan energi dan metabolisme tubuh. Vitamin B kompleks terdiri dari 

Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin B1 bermanfaat  mendorong tubuh menghasilkan tenaga dan menjaga kesehatan jantung, dan juga metabolisme sel sehingga tubuh tetap bugar

Vitamin B2 (Riboflavin)

Selain membantu pembentukan energi, vitamin B2 juga bermanfaat menjaga tubuh dari kanker, katarak dan menjaga kesehatan kulit dan saraf.

Vitamin B3 (Niacin)

Niacin bermanfaat memecah lemak dan protein dalam tubuh dan  membantu mengatasi keluhan sendi, mengurangi resiko diabetes, memelihara kesehatan kulit serta mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 

sumber vitamin
Vitamin dan sumber makanan penjaga daya tahan tubuh
Image : freepik.com


Vitamin B6 (Pyridoxine)

Pyridoxine bermanfaat menguatkan fungsi otak, mencegah depresi, memperbaiki tidur, membantu regenerasi sel darah merah dan menguatkan imun tubuh

Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin B12 bermanfaat menjaga sistem imun tubuh, mengurangi resiko anemia dan membantu metabolisme sehingga tubuh tetap bertenaga.

Vitamin B bisa dijumpai dari beberapa sumber makanan seperti bayam, asparagus, daging, selada, pisang, alpukat, kacang-kacangan, gandum dan produk olahan susu. Teman-teman juga bisa membaca tulisan saya tentang resep olahan susu agar anak-anak suka.

2. Vitamin C

Dilansir dari halodoc,Vitamin C yang terdapat buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, pepaya, bayam,paprika, kangkung dan brokoli berguna untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker, membantu menyembuhkan luka, membantu penyerapan zat besi, membantu tubuh memproduksi sel darah putih dan anti peradangan.

3. Vitamin D

Vitamin yang didapatkan dengan berjemur, konsumsi sumber vitamin D seperti makanan olahan susu, kacang-kacangan, telur dan daging ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan produksi sel T yang membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit, menjaga kesehatan tulang dan mencegah depresi. Oiya,selain itu mencegah mager juga bisa jadi solusi menjaga kesehatan tulang lho.

4. Vitamin E

Selain bermanfaat untuk kekenyalan dan elastisitas kulit dan melawan infeksi, vitamin E juga bermanfaat menjaga imunitas dari serangan penyakit dan radikal bebas yang meningkatkan resiko serangan jantung dan kanker. Beberapa makanan yang tinggi kandungan vitamin E-nya antara lain bayam, brokoli, kacang-kacangan seperti kedelai, kacang hijau, almond dan biji-bijian.

Resiko jantung, imunitas yang turun bisa diperbaiki juga dengan memperbaiki pola tidur.

5. Vitamin A

Vitamin A bermanfaat menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas tubuh dari kandungan antioksidannya yang bisa didapatkan dari sayuran hijau dan buah seperti wortel, labu kuning, ubi, minyak ikan, brokoli, susu, telur dan bayam.

Selain vitamin, tubuh juga membutuhkan mineral seperti seng (zinc) yang mencegah peradangan, zat besi yang membantu menjaga kekebalan tubuh dan membantu menyerap zat penting serta oksigen dalam darah. 

Bagi teman-teman yang sering lembur dan merasa kebutuhan nutrisinya belum terpenuhi dengan baik, konsumsi multivitamin yang kandungan vitamin dan mineralnya lengkap bisa jadi solusi untuk menjaga vitalitas dan kesehatan tubuh. 

suplemen multivitamin
konsumsi suplemen multivitamin bisa jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral secara lengkap

Teman-teman bisa mendapatkan suplemen maupun multivitamin tersebut di apotek terdekat, e-commerce maupun melalui toko online vitamin yang menyediakan vitamin dan mineral sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Semoga kebutuhan vitamin dan mineral kita terpenuhi ya sehingga tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Share yuk di kolom komentar, selain sumber makanan yang saya sebutkan di atas, makanan apalagi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh?

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005