NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Mengasah Kreativitas Anak Bersama Creative Art Series Dari Faber Castell

Yuk ngacung, siapa yang merasa kreativitas anak selama di rumah mandeg gara-gara gadget? Terbatasnya ruang gerak dan kebutuhan sosial anak selama pandemi membuat banyak problem muncul. Kecemasan, problem sosial dan berpikir, withdrawal (menarik diri) dan stress jadi masalah serius yang hadir saat di rumah. Anak-anak masih butuh ruang gerak yang bebas sementara pandemi tidak memungkinkan anak untuk terlalu sering berada di luar rumah.

asah kreativitas anak

Banyak orangtua yang beranggapan, dua benda kotak bernama smartphone dan televisi jadi penenang kala anak menangis dan penyelamat kala orangtua sedang sibuk bekerja. Padahal penggunaan gadget pada anak secara berlebihan menimbulkan beragam dampak negatif. 

Hal tersebut dipaparkan Yohana Theresia,  psikolog anak dan founder heart of people.id dalam webinar bertema "Soft Skill Yang Diperlukan Di Abad Digital". Dalam kegiatan zoominar yang diselenggarakan pihak Faber Castell indonesia tersebut, saya merangkum ada 6 dampak negatif yang diakibatkan oleh gadget, antara lain

1. Terganggunya Kesehatan Fisik

Postur tubuh yang menunduk saat bermain gadget dan durasi screen time yang lama berimbas terganggunya otot leher dan area tulang belakang. Selain itu kurangnya berkedip dan posisi mata yang terlalu dekat dengan gawai mengakibatkan mata lelah, merah dan kering. Belum lagi efek jangka panjangnya, ada yang akhirnya memakai kacamata di usia dini akibat paparan sinar biru gadget.

2. Terlambat Bicara (Speech Delay)

Kemampuan bicara anak dipengaruhi kemampuan mendengarnya. Ketika anak lebih tertarik pada visual (gadget), fokusnya pada audio berkurang. Tak jarang, anak yang memakai gadget cenderung diam saja ketika dipanggil.

3. Masalah Atensi dan Konsentrasi

Penggunaan gadget dalam jangka waktu yang lama akan mempengaruhi masalah fokus yang pada akhirnya mempengaruhi kemampuannya menangkap materi pelajaran di sekolah.

4. Gangguan fungsi kognitif

Saat anak terlalu lama bermain gadget, kemampuan kognitif seperti fokus, merencanakan, mengerjakan beberapa hal sekaligus akan terganggu dan mematikan kreatifitasnya. Padahal dampak akibat kurangnya kreatifitas pada anak akan mempengaruhi kemampuannya mengambil keputusan dan kemandiriannya.

5. Gangguan perilaku

Ketika anak mulai kecanduan gadget, tak jarang akan berubah jadi tantrum dan agresif ketika gadgetnya diminta dan hal ini bisa berdampak serius di kemudian hari.

6. Kurangnya bonding

Kurangnya interaksi saat anak bermain gadget akan mempengaruhi kedekatan orangtua dan anak. Anak jadi jarang mengobrol karena sibuk dengan gadgetnya.

Selain dampak negatif yang ditimbulkannya, gadget juga punya peran penting dalam mengembangkan kemampuan anak. Tak bisa dipungkiri, sistem belajar online yang saat ini diterapkan membuat anak lebih sering mengakses gadget sebagai media belajarnya. Solusi paling ampuh yang bisa orangtua lakukan adalah membatasi penggunaan gawai dan menyiapkan beragam aktivitas yang mendukung kemampuan berpikir dan kreativitasnya. 

Ada beragam aktivitas yang bisa merangsang kreativitas anak seperti main tebak-tebakan, bermain peran, merakit lego, bermain puzzle, menggambar, memahat, melukis atau bermain clay (lempung).

Salah satu aktivitas seru yang saya lakukan bersama buah hati di rumah adalah merakit prakarya dari Faber Castell. Pada aktivitas prakarya kali ini, kami memakai Creative Art Series II yang berisi beberapa komponen untuk merakit jam bertema Glow in The Dark (menyala dalam gelap).

creative art series faber castell
Glow in The Dark Clock, Salah satu Creative Art Series Faber Castell, Satu kemasan berisi komponen untuk merakit jam siluet dan ada gratis voucher workshop online dari Faber Castell Indonesia
Source : Faber Castell Indonesia

Creative Art Series (CAS) dari Faber Castell ini merupakan rangkaian produk untuk mendukung kegiatan anak selama di rumah yang mampu merangsang kreativitas, melatih kemandirian dan konsentrasi. Satu set seharga Rp. 117.000,- ini berisi lem UHU All purpose 20 ml, Acrylic Glitter Silver 30 ml, Kuas grip, pola siluet, papan mdf, mesin dan jarum jam, bubuk glow ini the dark, petunjuk penggunaan dan bonus voucher workshop.


 Creative art series ini juga mengembangkan motorik kasar dan halusnya.  Merakit permainan dan DIY dari faber castell ini juga bisa mempererat ikatan orangtua dan anak dan bisa jadi kegiatan seru saat quality time bersama anak.

faber castell

Saat merakit produk Faber Castell ini, saya jadi teringat pesan Ki Hajar Dewantara tentang konsep merdeka belajar. Beliau menuturkan "Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah". 

Sejalan dengan konsep Merdeka Belajar, Creative Art Series juga mendukung rasa ingin tahu anak sesuai dengan gaya belajarnya. Terlebih produk Faber Castell ini sangat memperhatikan kebutuhan dan kesenangan anak dalam mewarnai, mengenal warna dan melatih rasa ingin tahunya.

mengasah kreativitas anak
Tugas Orangtua mendampingi proses kreatifnya, Dengan Faber Castell anak jadi makin terasah bakat seni dan keterampilannya

Seperti saat merakit Creative Art Series dari Faber Castell ini,  ketika anak diberi kegiatan yang merangsang kreativitasnya, fokus dan perhatiannya terpusat untuk menyelesaikan apa yang sedang dikerjakannya. Segala kesulitan akan dihadapi dan anak juga rela bersabar terhadap proses belajarnya. Dengan aktivitas tersebut anak makin tangguh dan kepercayaan dirinya tumbuh.

Kamipun bersorak horee ketika mampu menyelesaikan DIY jam yang menyala dalam gelap ini. Teman-teman juga bisa melihat keseruan kami dalam merakit Glow In The Dark Clock dari Faber Castell ini dalam tayangan video singkat berikut

 

Menurut Harsyal Rosidi, Product Supervisor Faber Castell International Indonesia, CAS dihadirkan untuk mengatasi kejenuhan selama belajar di rumah, lebih lanjut ada 4 produk rangkaian Creative Art Series Faber Castell yang bisa teman-teman pilih untuk quality time bersama anak.

asah kreativitas bersama CAS
Produk CAS II, terdiri dari Glow in the Dark Clock, Basketball Arcade, Colour Your Own Drawstring Bag dan Finger Printing Art Set

Creative Art Series ini bisa diorder melalui  shopee dan tokopedia. Silahkan klik link berikut yaa

Faber Castell Official Shopee

Faber Castell Official Tokopedia

Seorang penulis biografi dan ghost writer, Alberthine Endah pernah berkata "Jalan menuju sukses sdalah tantangan yang penuh alternatif, kejutan dan kreativitas". Jangan sampai mama melewatkan peluang untuk mengasah kreativitas anak bersama Faber Castell Indonesia. Salam kreatif!

Referensi : 

https://www.halodoc.com/artikel/penggunaan-gadget-sebabkan-rabun-dekat-benarkah

https://www.faber-castell.co.id/

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

Click here for comments 18 Comments:

  1. Ngacung deh aku mbak. Sejak pandemi anak makin ketagihan main gadget sehingga mempengaruhi fokusnya. Padahal dulu dia senang mewarnai loh. Keren banget nih produk terbarunya fiber castle ada creatives art series nya. Pasti anakku suka. Wajib punya nih untuk mengalihkan perhatian nya dari gadget.

    BalasHapus
  2. Aku paling seneng nih beliin anak creative art begini bisa melatih motorik kasar anak-anak. Ditambah jadi ada kegiatan juga selama pandemi di rumah supaya gak boring ya.

    BalasHapus
  3. Suka banget sama produk-produknya Faber Castell nambah anak-anak kreatif dan produknya berkualitas

    BalasHapus
  4. selama pandemi ini, bukan 1 atau 2 ortu saja yang jadikan gadget sebagai win win solution ya, jujurly saya pun juga sering seperti ini :(
    syukurnya dengan adanya DIY dari Faber-Catell seperti ini bisa buat perhatian anak jadi teralihkan dan sibuk untuk bebikinan demi mengasah kreativitas mereka juga :)

    BalasHapus
  5. Gercep ya Faber Castell bikin edisi baru. Memang butuh butuh banget support kreativitas selama pandemi ini.

    BalasHapus
  6. Kreativitas harus diasah dengan sebaik-baiknya dan sedari kecil. Kalau sudah dewasa jadi terbiasa. Fabel castle ok banget nih Melanie kreativitas

    BalasHapus
  7. Anakku juga suka banget diajak bikin ini. Meskipun sempat rebutan, tapi akhirnya mau kerja sama sampai selesai. Asli, anak-anak anteng banget, loh.

    BalasHapus
  8. Selama pandemi ini anakku bner2 ketagihan sama gadget nih mba susah buat diajak komunikasi apalagi aktivitas kayaknya perlu dicoba buat asah kreativitas dengan edisi baru Faber Castle nih biar bsa sma2 buat jadi ada bonding juga sma anak

    BalasHapus
  9. Benar sekali mba dengan adanya Fabel Castell ini mengajak anak membuat kreasi biar dia juga makin kreatif. Satu sisi juga tercipta bonding ama anak ya mbaa

    BalasHapus
  10. Beneran keren deh Creative Art Series dari Faber Castell ini. Bikin anak-anak suka. Dan produknya pun wow. Jadi kepengen beli seri lainnya biar bisa ngurangin screen time anak-anak dari gadget.

    BalasHapus
  11. wah seru banget bebikinannya mbak
    emang kok, Faber Castle ini teman terbaik untuk asah kreativitas anak

    BalasHapus
  12. Dengan melakukan aktivitas bersama bonding antara orangtua dan anak-anak bisa terjalin ya kak. Faber Castel ini bisa aja deh bikin ikatan kita ke anak makin lengket hihi

    BalasHapus
  13. Anak pasti seneng banget nuh diajak main sambil belajar pake faber castell daripada main gadget terus ya.

    BalasHapus
  14. Adanya art series ini bisa mengalihkan perhatian anak² biar lebih kreatif dan gak monoton dengan gadget. Ah rekomen nih jadinya buat ponakan daku

    BalasHapus
  15. Seneng banget bisa dapet art series kayak gini, anak bisa berkreasi sesuka hati jadinya..

    BalasHapus
  16. Kl mewarnai gini anak2 pasti suka deh ya. Yang penting dijauhkan dl dr gadget.

    Btw cocoknya untuk anak mulai umur brp ya mbk?

    BalasHapus
  17. Sepakat nih ama Mama Sari & Mba Alberthine Endah, bahwa jalan menuju sukses sdalah tantangan yang penuh alternatif, kejutan dan kreativitas. Btw saya langsung kepoin produk CAS II di Shopee, tfs ya

    BalasHapus
  18. seru banget mbak, main tema Glow in The Dark bareng Faber Castell, jadi nggak ada ceritanya lagi mati gaya saat di rumah aja, dan anak makin hepi malahan :)

    BalasHapus
141222861953258005