NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Gratitude Journal Bersama Buku Catatan Unik Hibrkraft, Bantu Jaga Kesehatan Mental

Ketika buku catatan unik dari Hibrkraft yang aku pesan datang, pikiranku terbang menuju masa ketika masih berstatus mahasiswa . Di masa itu aku pernah membuat handmade journal, bersampul sejenis kertas sampul kotak hampers berwarna hijau yang cukup tebal berukuran sepertiga folio, terlihat mirip kulit sintetis dan aku susun menggunakan kertas HVS 70 gsm sisa dari kertas di percetakan milik ortu. 

buku catatan unik hibrkraft

Jurnal yang aku maksud disini adalah buku berisi catatan keseharian, planner, hasil olah pikir, ungkapan syukur atas capaian dan curhatan yang bermanfaat untuk menasehati diri, penyemangat, atau ungkapan perasaan yang ingin aku pendam rapat-rapat, bukan laporan penelitian ilmiah ya teman-teman.

Manfaat Menulis Bagi Kesehatan Mental

Meski tomboy dan introvert , aku ternyata lebih nyaman mencatat ide untuk blog, curhat dan menulis rencana-rencanaku dalam buku harian ketimbang di gawai. Menulis diary atau buku harian sendiri banyak manfaatnya bagi kesehatan mental, antara lain 

1. Self Healing

Mengutip dari sebuah jurnal phsycologycal science, Pennebaker JW menyebutkan bahwa mengekspresikan perasaan atau trauma melalui tulisan mampu membuat mental dan fisik jadi lebih baik. Pennebaker juga mengatakan dalam jurnalnya yang lain, dengan menulis seseorang akan dengan mudah mengelola emosi dan menyelesaikan masalahnya.

Jadi enggak cuma untuk self healing tetapi juga untuk menemukan kebenaran terkait hal yang kita alami dan membantu mengelola emosi lebih baik. Dari menulis, baik itu dalam diary, jurnal maupun lewat blog, perasaan menjadi tenang dan terkontrol. Menulis bisa jadi ajang flasback, mengingat-ingat kejadian dari sisi berbeda. Seperti yang pernah aku tulis tentang caraku bangkit dari masa lalu. 

2. Membangun Self Esteem & Mood Booster

Mood negatif yang mungkin bisa disebabkan karena perasaan bersalah misalnya, dapat diatasi lewat menulis. Menulis syukur akan meningkatkan mood positif sedangkan menuliskan negatif dalam catatan pribadi akan membantu seseorang menyadari perasaannya dan membuatnya mampu berintrospeksi menjadi lebih baik, membuat lebih bersemangat dan membangun self esteemnya.

Hindari menuliskannya dalam status atau story sosial media ya teman-teman, reaksi balasan netizen dari sosial media terkadang justru membuat masalah semakin kompleks, meningkatkan kecemasan dan kita semakin sulit menemukan kebenaran. 

 3. Meredakan Kecemasan dan stress

Menurut penelitian yang dilakukan British journal of health pschycology, menuliskan emosi positif maupun negatif sama-sama bisa meredakan stress dan kecemasan. Mengekspresikan perasaan mampu membuat perasaan lebih lega, masalah ibarat minyak di atas air, ketika moody kita bisa menuangkan minyaknya agar air dalam gelas bening kembali dengan menulis.

Suatu hari seorang teman membagikan ceritanya membuat gratitude journal yang membuat saya tertarik mengetahui lebih banyak. Mampirlah saya ke blog tentang journaling milik kak ewafebri.com dan dari situ mulai tertarik tentang gratitude Journal.

gratitude journalling hibrkraft
Menulis jurnal menjaga kesehatan mental dalam jangka panjang

Jurnal syukur / gratitude journal adalah jurnal atau buku harian yang berisi ungkapan syukur atas segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah pada kita. Notabene, peristiwa buruk, luka atau trauma 8x lebih kuat diingat otak ketimbang kejadian membahagiakan. 

Dengan gratitude journal, setidaknya kita jadi lebih fokus terhadap rasa syukur ketimbang mengeluh atau bersedih. Lebih banyak merenung dan bermuhasabah. Dari menulis gratitude journal, kita bisa melihat luka dari sudut pandang lain sambil memaknai lebih dalam doa Nabi Yunus berikut

Subhanaka Inni Kuntu Minadz Dzolimin, Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzalim. (Doa Nabi Yunus :QS Al Anbiya 87)

Dari menulis, kita lebih banyak introspeksi, luka atau musibah adalah hasil pilihan atau perbuatan yang pernah kita lakukan.

Dan kemudian mengingat-ingat banyak nikmatnya, seperti yang tertulis dalam QS Ar Rahmaan

Fabi Ayyi Aalaaa'i Rabbikumaa Tukazzibaan , Maka nikmat Tuhan manalagi yang akan kau dustakan (QS Ar Rahmaan : Diulang 31 kali dalam surat tersebut)

Dari dua ayat tersebut kita belajar bagaimana menyikapi cobaan dan segala hal yang datang kemudian mengambil pesan positifnya. Faktanya, kenikmatan yang tak terbilang tersebut seringkali lupa kita syukuri.

Ada banyak kesenangan saat menulis gratitude journal, apalagi ketika buku catatan unik dari Hibrkraft ini ditempel dengan stiker, foto, potongan koran atau majalah, bunga kering dan diwarnai sesuka hati. Bahkan teman-teman yang hobi menulis hand lettering bisa berkreasi dengan spidol atau pen dengan berbagai font style dan ditambah kreasi doodle. Buku yang saya miliki ini banyak jenis, model dan bahannya.

handmade journal hibrkraft
Beberapa contoh jurnal dan agenda buatan Hibrkraft, pocket journal, handmade journal, amabilis, jurnal tenun, cardboard
Image by Hibrkraft.com

Hibrkraft sendiri merupakan usaha lokal yang didirikan Ibrahim Anwar tahun 2011 dan berlokasi Bojonggede, Bogor. Hibrkraft fokus mengerjakan merchandise terutama jurnal atau agenda dan produk lain seperti pouch, totebag, dan gantungan kunci untuk personal maupun lembaga. Selain melayani pasar lokal, customer hibrkraft ternyata juga berasal dari luar negeri. 

Tidak seperti buku catatan buatan pabrik, keunikan hibrkraft ini terletak pada penggarapannya yang manual dan asli buatan tangan. Bahan sampul (cover) agenda dan jurnalnyapun macam-macam, ada yang terbuat dari kain tenun, kulit asli maupun kertas tebal. Jenis kertas isiannya pun beragam, ada HVS, kertas samson dan beberapa jenis kertas lain yang bisa di-custom sesuai gaya kesukaan kamu seperti vintage, modern maupun simple.

jurnal syukur hibrkraft
Kesan klasik dan unik membuat hibrkraft menjadi pilihan banyak konsumen

Hibrkraft juga berkomitmen mengerjakan setiap pesanan konsumen dengan serius dan terus-menerus melakukan pengembangan produk dan kualitas, terbukti banyak institusi yang mempercayakan pemesanan agendanya pada Hibrkraft. Beberapa institusi yang pernah memakai jasa Hibrkraft antara lain Sucofindo, Dompet Duafa, BCS Logistics, Badan Restorasi Gambut dan masih banyak lagi. Keren kan?

Nah, bagi teman-teman yang telah membaca ulasan saya dari awal, yuk bikin juga gratitude journal versi kalian bersama Hibrkraft. Untuk kalian yang penasaran harga dan bagaimana cara mendapatkannya, silahkan buka website dan sosial medianya ya

Website :  https://hibrkraft.com/

Instagram : @hibrkraft

Phone dan WA: +6281511190336

Email: hibrkraft@gmail.com

Atau bagi teman-teman yang berlokasi di Bogor, silahkan mampir di kantornya yang berlokasi di Kampung Parakan Jati RT 02 RW 03 No 08A, Ds. Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Jawa Barat. Indonesia. 16920. 

Happy journalling teman-teman!

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005